Pantai Kasap

Pantai Kasap

Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia

11 Ulasan

Berlibur adalah salah satu kebutuhan yang wajib kita penuhi diantara penat-nya pekerjaan yang kita lakukan tiap harinya. Perasaan stress, bosan mengindikasikan bahwa Anda perlu meluangkan sedikit waktu untuk melakukan aktivitas diri dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan di sela waktu kesibukan.

Fakta-nya kegiatan berlibur bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih sehat dan bahagia. Kinerja juga akan semakin membaik karena jiwa dan pikiran seperti diisi ulang, dengan efisiensi yang lebih ditingkatkan.

Jadi rencanakan sesegera mungkin membuat jadwal liburan. Tidak perlu liburan panjang bahkan bepergian di akhir pekan juga bisa sangat bermanfaat untuk Anda.

Istirahat pendek secara fisik dan psikologis juga dapat memberi Anda sesuatu yang sangat tubuh Anda butuhkan. Nah, salah satu aktivitas itu adalah dengan melakukan perjalanan wisata alam atau pergi ke pantai untuk menenangkan pikiran.

Salah satu wisata pantai yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengunjungi pantai Kasap yang ada di Pacitan, Jawa Timur. Silahkan simak ulasan lengkap tentang pantai Kasap di bawah ini.

Pantai Kasap

Indonesia memiliki banyak keindahan alam yang tiada habisnya, dan salah satu pesona alam yang paling banyak diminati adalah pantainya. Di antaranya pantai terletak di Kabupaten Pacitan yang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal akan wisata pantainya.

Pantai Kasap Pacitan 1

Pantai Kasap adalah salah satu pantai favorit dan masih sangat alami di Kabupaten Pacitan. Pantai ini terletak di Desa Watukarung, Dusun Ketro, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Kasap memiliki pemandangan yang mirip dengan salah satu pantai di Indonesia yang sangat populer yaitu Pantai Raja Ampat yang ada di Papua.

Daya tarik pantai ini bukan dari pasir putih dengan ombak atau ombak-nya, tetapi pemandangan bukit-bukit dengan hamparan laut Samudra Hindia yang luas.

Harga Tiket Masuk Pantai Kasap

Untuk dapat memasuki kawasan ini, Anda cukup membayar biaya yang cukup murah yakni Rp 7000. Dimana Anda bisa memasuki Pantai Kasap sekaligus Pantai Watu Karung dengan sekali bayar.

Untuk biaya parkir, apabila Anda memakai kendaraan bermotor maka dikenakan biaya Rp 2000 sedangkan untuk kendaraan roda empat di kenakan biaya Rp 5000.

Untuk jam operasional kunjungan yakni dibuka mulai pukul 06.00 sampai 17.30. Namun sebenarnya kawasan wisata ini bisa Anda kunjungi selama 24 jam.

Hanya saja saat malam beberapa fasilitas sudah tidak tersedia dan juga minim penerangan. Umumnya hanya di manfaatkan untuk lokasi camping para anak muda.

Rute Menuju Pantai Kasap

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Kasap jarak tempuh yang Anda butuhkan dari pusat Kota Pacitan adalah sekitar 26,5 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Anda bisa menggunakan rute menuju Pantai Watukarung.

Hal ini disebabkan Pantai Kasap jaraknya berdekatan dengan Pantai Watukarung yang juga secara bersama-sama dikelola oleh  pihak Desa Watukarung.

Dari gerbang Pantai Watukarung, Anda dapat membayar tiket hanya satu tujuan saja, tidak di kenakan double tarif.

Setelah itu Anda ke arah kiri dengan medan jalan yang bebatuan dan sebagian sudah di cor. Kemudian lurus terus mengikuti papan petunjuk sekitar 1,5 kilometer dimana jalan hanya bisa di lalui oleh motor dan mobil saja karena kondisi jalan yang sempit.

Ikutilah jalan ini mengikuti papan petunjuk yang telah tersedia hingga sampai ke tujuan yakni Pantai Kasap, Pacitan.

Objek Wisata Pantai Kasap

Pantai Kasap masih tergolong alami dan belum banyak dikunjungi orang karena pemerintah setempat juga belum secara penuh mengelola tempat ini. Namun pantai ini pernah mencatat kunjungan mencapai 1000 orang lebih saat musim liburan.

Walaupun wisata pantai ini belum cukup terkenal namun keindahan laut-nya serta deburan ombak yang menghantam karang menjadi favorit tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu Pantai Kasap juga mempunyai pasir putih alami yang sangat cocok di jadikan lokasi bermain atau berjemur di tepian pantai.

Kebersihan di pantai dan bukit masih terus terjaga karena pengunjung dilarang untuk membuang sampah sembarangan di kawasan wisata ini. Warga desa setempat juga secara berkala melakukan pembersihan di lokasi wisata seminggu sekali.

Gelombang ombak di Pantai Kasap ini tergolong cukup besar seperti halnya kebanyakan pantai lainnya yang berada di garis tepi Samudra Hindia.

Oleh sebab itu wisatawan di harapkan berhati-hati dengan ombak laut yang bisa saja datang secara tiba-tiba.

Walaupun di kelola seadanya, namun pengelola Pantai Kasap telah menyediakan fasilitas-fasilitas pendukung yang tergolong lengkap untuk para wisatawan.

Fasilitas tersebut melingkupi toilet, mushola, tempat parkir yang luas, warung makan apabila Anda merasa lapar, gardu pandang dan juga camping area.

1. Menikmati Pemandangan

Pemandangan Di Pantai Kasap

Pantai Kasap ini memiliki keindahan alam yang unik dimana pemadangan alamnya mirip seperti kawasan wisata populer Pantai Raja Ampat yang ada di Papua.

Gugusan-gugusan batu karang yang terhampar di tengah lautan membuat penampakan menyerupai deretan pulau-pulau kecil di tengah laut.

Terdapat pulau karang tersebut lumayan banyak dan terletak sekitar 50 hingga 100 meter dari bibir pantai.

Untuk bisa menikmati pemandangan tersebut, Anda harus menuju ke puncak bukit di sebelah pantai yang jaraknya sekitar 200 meter dengan berjalan kaki.

Sesampainya di puncak bukit, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang cukup keren yaitu hamparan beberapa pulau di tengah laut.

Selain berjalan kaki menaiki puncak bukit, Anda juga bisa menikmati karang secara keseluruhan dengan menaiki gardu pandang yang telah di sediakan oleh pengelola pantai.

Beberapa pulau karang ditumbuhi rerumputan sehingga terlihat kehijauan yang begitu menarik untuk dinikmati. Dijadikan latar belakang pengambilan gambar sehingga terlihat instagramable.

2. Menikmati Sunrise dan Sunset

Sunset Di Pantai Kasap Pacitan

Pantai Kasap merupakan salah satu pantai yang memiliki penampakan sunset sekaligus sunrise yang menakjubkan.

Kondisi menjadikan pantai ini sebagai salah satu spot pantai terbaik untuk menikmati tenggelam-nya matahari di barat maupun terbitnya matahari di timur.

Sunset dan sunrise yang mempesona yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya. Karena keindahan Pantai Kasap terlihat begitu berbeda dengan lokasi lainnya.

3.Spot Foto

Selain Anda bisa mengabadikan pemandangan alam Pantai Kasap yang masih alami, Anda juga bisa berfoto dengan spot foto buatan yang disediakan oleh pengelola.

Mulai dari spot foto sepeda ontel di atas bukit, ayunan spot ‘I Love U‘ dan wahana berfoto kekinian lainnya.

Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan gardu pandang sebagai spot foto yang unik. Foto spot ini terbuat dari kayu dan di lengkapi dengan tangga dan juga jembatan kecil di atasnya.

Kemudian ada juga spot foto yang mirip dengan sebuah gerbang menuju bukit. Gerbang ini terbuat dari tumpukan dahan dan akar kayu, dimana diatas bukit tersebut wisatawan akan mendapati sebuah kafe.

4. Berkemah

Buat Anda yang hobi berkemah dengan mendirikan tenda sambil menyeruput kopi menikmati keindahan malam di pesisir pantai, maka Anda dapat melakukan aktivitas tersebut di pantai Kasap ini.

5. Naik Perahu

Anda dapat menyewa perahu milik nelayan setempat dimana selain bisa berkeliling menikmati indahnya pantai Anda juga bisa melihat lebih dekat pulau-pulau yang ada di Pulau Kasap ini.

Bagi Anda yang datang dari jauh jangan merasa khawatir, karena di Pantai Kasap juga tersedia penginapan meski tempatnya agak jauh dari pantai. Biaya tarif juga sangat beragam, sehingga Anda bisa memilih harga sesuai dengan selera.

Begitulah ulasan seputar Pantai Kasap yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jika Anda merasa penasaran dengan keindahannya maka jangan tunda lagi untuk merencanakan perjalanan ke Pantai Kasap ini.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Kasap Pacitan Jawa Timur. Di Wilayah ini masih terdapat pantai-pantai yang indah lainnya seperti pantai Klayar yang juga indah.

Jangan lupa mempersiapkan segala sesuatunya demi kenyamanan dan kelancaran perjalanan Anda saat liburan nanti.

11 Ulasan untuk Pantai Kasap, Pacitan, Jawa Timur

  1. Pantai Kasap adalah salah satu pantai yang menawan di daerah Pacitan, Jawa Timur..Tanah tempat kelahiran presiden SBY ini memang memiliki julukan kota 1001 Goa tapi tak hanya Goa Pacitan juga memiliki pantai yang banyak dan menawan salah satunya yaitu pantai kasap. Pantai kasap adalah pantai yang katanya orang-orang biasa menyebutnya Raja Ampatnya pacitan karna kalau kita naik di atas bukitnya ada berbagai macam view kayak di Raja Ampat Papua sana. Ada pulau-pulau kecil yang apik dan enak di pandang dari atas. Perjalanan untuk menuju bukit tersebut medannya lumyan tidak sulit tetapi juga bikin ngos”an waktu tempuh untuk sampai keatas bukit tersebut ±15 menitan lah.. nggak rugi kok kalau udah nyampai di atas pemandangannya emang Wahgelasih!!! Banget pokoknya. Dan kalau ingin naik kapal keliling pulau-pulau tersebut cukup hanya membayar 17.000/orang juga nikmat pokonya bisa keliling pulau dan susur sungai dan rasakan sensasinya ngedrift pake kapal itu Wagelasih!!! Banget pokoknya gak rugi dan nyesel adanya cuma senang..senang..dan senang karna nikmat tuhan yang disuguhkan begitu elok dan epic banget pokonya. Buat kalian yang belum kesini wajib coba.. nikmatilah hidumu dan bersyukurlah karna telah lahir di Indonesia ini.. cukup.sekian opini pribadi saya tentang pantai Kasap ini kurang lebihnya mohon maaf… #pesonaIndonesia #piknikmurahasik

  2. Pantai Kasap adalah salah satu pesona pantai favorit di Pacitan. Pantai ini masih sangat alami. Pantai ini terletak di Dusun Ketro, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur.. . Pantai yang berada di sebelah persis pantai Sruni ini memiliki karakteristik khas di pantai Selatan. Yakni karang, kemudian pasir putih dan ombak yang deras. Seperti halnya karakter pantai-pantai Pacitan bagian barat, Pantai Kasap ini juga berpasir putih dan berombak dahsyat. Garis pantainya cukup sempit berbentuk teluk berpasir melengkung dan diapit tebing pada sisi kiri dan kananya.. . Pantai ini memiliki pemandangan yang mirip dengan salah satu Pantai di Indonesia yang cukup populer yaitu Pantai Raja Ampat. Untuk Menikmati view yang mirip dengan Pantai raja Ampat Anda harus naik ke bukit di sebelah pantai ini dengan melewati jalan setapak. Sesampainya di atas bukit Anda akan di manjakan dengan pemandangan yang cukup keren yaitu beberapa pulau kecil yang ada di tengah laut.. . Pantai ini masih tergolong alami dan belum di kelola penuh oleh pemerintah. Pantai ini memang belum banyak dikunjungi orang. Di tepi pantai ini anda bisa bersantai merasakan angin yang semilir sambil menikmati deburan ombak pantai selatan. Tak hanya itu, jika Anda kesini pada sore hari, maka Anda bisa menyaksikan sunset dari bukit sekaligus mangabadikannya dengan kamera.

  3. Pertama kali pengen banget kesini karena postingan temen di iG tentang nih pantai…. View nya sekilas mirip raja ampat… Dan dr bbrp bulan kemarin pengen banget kesini dan akhirnya kesampaian…. 😂😂😂. Dari semarang-pacitan…. Untuk HTM nya kmrn masih gratis.. entah karena datang kepagian atau gimana.. cuma bayar parkir mobil 10rb.. Untuk akses jalannya bisa 1 mobil.. kalau papasan ada yg kudu mlipir…. Buat bis besar susah lewat… . Ga nyesel deh kesini… 😍😍😍

  4. Keren banget pantai ini, banyak sekali spot foto yang instagramablee… Salah satu destinasi wisata pantai di pacitan. Pemandangannya gak kalah dengan pantai pacitan lainnya.. wajib kesini!!!

  5. pantai kasap merupakan salah satu pantai yang ada di Desa Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. jadi kalau kita masuk pintu gerbang wisata Watukarung cuma satu kali bayar tapi dapat view pantai dan pemandangan yang banyak, piye penak tho? ada pantai kasap, pantai pasir hitam (disini ada TPI dan bersandarnya perahu nelayan), ada pantai pasir putih yg biasa buat surving, ada pantai pandan yg kemarin buat syuting film Ku Berlari Ke Pantai, ada sungai cokel dll. di sungai cokel ini kita bisa naik perahu sampai ke pulau-pulau yang seperti raja ampat itu, keren deh. di pantai kasap selain pemandangan yg indah, warung makannya jg murah dan terjangkau harganya.

  6. Mendapat julukan “Raja Ampatnya Pacitan”. Pantai yg terkenal di Pacitan Jawa Timur ini menyuguhkan pemandangan yang tak kalah dr pantai lain. Meskipun perjalanan cukup lama untuk mencapai tempat ini. Sedikit usaha kita bisa melihat pemandangan yg begitu indah. Disana juga terdapat menara yg memang di siapkan oleh pengelola untuk spot foto. Saran saya sih datang saat sore aja (Karna bisa melihat sunset di tanah Pacitan 😂)disana kita bisa juga melihat kapal2 kecil milik nelayan yg bertarung melawan ombak. Saat kemarin saya berkunjung ada juga yg menjadikan pantai ini sebagai tempat foto entah prewedd atau semacamnya sih (saya agak lupa😅) Kita juga bisa menyewa kapal nelayan untuk sampai di karang yang ada di tengah itu. Silahkan masukkan ke list perjalanan anda saat berkunjung ke Pacitan. Terimakasih

  7. Raja ampatnya pulau jawa…
    Perjuangan yg tdk begitu berat,krn menanjak bukit yg lmyn tinggi..dengan kontribusi tiket masuk Rp 3.000…kita di suguhkan pemandangan yg wow dan luar biasa…..
    Utk rute menuju pantai ini,dr pantai watu karung hanya berjarak kurang lebih 5-7menit.
    Usahakan kalo datang pagi….krn kalo siang hr air laut mulai surut,dan perahu (dengan hrg tiket 20rb/org) yg akan membawa kita pasti kandas di ujung pantai…
    Datang aja dech…nikmati sensasi dan biarkan imajinasi menari nari di pikiran kita sendiri…

  8. Kata org sih.. raja ampatnya jawa timur… tempat ini seru.. pagi2 buta buat sunrise di atas jg uda rame bae… tp skrg naik k atas ini berbayar 3rb.. ada spot selfi yg instagramable deh.. mau camp jg ada areanya. Toilet banyak bgt.. warung jg.. g perlu kwatir.. next pengen camping dsitu… thank you

  9. Raja Ampatnya Jawa Timur! Pantai Kasap terletak di tanjung berbukit batu. Untuk menikmati keindahan, anda harus naik ke bukit itu, kurang lebih 300m. Jalan masih berbatu dan tidak ada pagar pengaman. Jika membawa anak-anak, tolong diperhatikan. Harga tiket sangat murah dan pemandangan begitu bagus. Banyak spot foto. Diharapkan untuk mendatangi Pantai Kasap dengan extra hati-hati, angin kencang menerpa pantai. Cocok untuk menikmati Sunrise. Pantai ini juga memiliki jasa perahu. Mantap!

  10. Raja ampat nya Jawa beneran deh ini keren bangeeeeeet.
    Sunset hunter wajib banget kesini.
    Kalo ngecamp, pilih di lokasi atas pantai, gaperlu di bukit, view nya di atas pantai udah keren kok.
    Pantainya ada dua, satunya yg berkarang sebelah utara dengan ombak bersahabat, yang gaada karangnya sebelah selatan tapi ombaknya agak gede. Kalo menurutku sibagus yg selatan🙈
    Tapi biaya tambahannya kalo mau ngecamp ya lumayan dibanding pantai gunung kidul hehe, terus kalo ngecamp dibatesin sampe jam 9 pagi doang huft.

  11. Rekomendasi banget buat yg suka foto2 🙂 pemandangannya disini emang asli cantik banget, lebih bagus waktu pagi atau siang yg warna air nya keliatan jelas banget… Tiket masuk udah termasuk sama watukarung dll 5k per orang, parkir kalo mobil 10k
    Untuk yg naik elf masih cukup sampai ke area parkir pantai nya tapi kalo yg naik bus udah harus naik kendaraan yg lebih kecil
    Kalo mau naik ke atas biar dapet view yg luas bayar lagi 3k per orang dan yg mau naik perahu, 20k per orang
    Makanan disekitar (didaerah pantainya) juga masih harga wajar, ga terlalu mahal ..

Tinggalkan Balasan