Pantai Srau

Kota Pacitan sebagai salah satu kecamatan di Provinsi Jawa Timur ini tidak hanya terkenal sebagai spot macet saat terjadi liburan panjang atau mudik lebaran saja, namun juga terkenal dengan berbagai nuansa alam yang tentunya mempesona jutaan pengunjung yang datang melihatnya dimana kota Pacitan ini merupakan surga bagi 65 garis Pantai yang mengelilingi nya.

Diantara 65 Pantai yang mengitari kota Pacitan terdapat Pantai Watu Bale dengan batu karang nya yang khas, Pantai Banyu Tibo beserta air terjun dari pegunungan yang alami hingga Pantai Srau yang khas akan sunset nya sehingga warga kota Pacitan tentu merasa terhibur di tengah kota yang padat dan sibuk untuk dijadikan sarana rekreasi dan tempat relaksasi yang pas karena suasanya yang tidak terlalu ramai.

Pantai Srau ini seraya dibentengi deretan pohon kelapa sehingga dapat juga disebut sebagai palm beach karena nuansa nya yang terasa bak di pulau-pulau terpencil atau film lawas barat The Blue Lagoon yang memiliki keasrian dan lokasi yang masih jarang dikunjungi sehingga kawasan masih sejuk dan bersih dari sampah dimana sangat direkomendasikan bagi para pelancong yang ingin menghabiskan hari dari rutinitas.

Jarak daratan ke garis laut di Pantai ini terbilang sempit karena sebelum daratan sempit dengan pasir coklat yang lembut tersebut terpapar lahan hijau nan asri yang luas dengan berbagai macam pepohonan terutama pohon kelapa yang berjajar bak benteng penangkal ombak. Selain itu, Pantai Srau ini juga dikelilingi perbukitan dan batu karang besar sehingga semakin terlihat eksotis.

Pantai ini juga memiliki bongkahan batu karang yang menyerupai jembatan sehingga kealamian Pantai dan seisinya masih benar-benar terjaga. Faslitas umum hanya berupa kamar mandi terbatas serta deretan rumah makan yang sedikit jauh dengan ikan panjo dan nasi tiwul yang merupakan makanan khas Pacitan tersedia di sini.

Harga Tiket Masuk di Pantai Srau

Untuk dapat memasuki lokasi wisata bahari Pantai Srau yang merangkap dengan berbagai fasilitas alam bak film The Blue Lagoon ini hanya dikenai tariff sebesar Rp 5.000 per orang dengan jam operasional selama 24 jam non-stop sehingga pengunjung dapat dengan leluasa memanfaatkan momen relaksasi tanpa gangguan waktu.

Rute Menuju Lokasi Pantai Srau

Detail lokasi Pantai Srau ini terletak di Desa Candi terpatnya di Dusun Srau, Kacamatan Pringkulu, daerah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur dimana pengunjung yang datang dari Pacitan dapat mengambil Jalan W.R. Supratman yang nanti akan lewat Pantai Telengria. Setelah itu di pertigaan Tumpang Rinjing, anda belok kiri dengan bantuan GPS.

Bagi pengunjung yang datang dari Surabaya dan sekitar dapat berangkat melalui Mojokerto sementara yang datang dari Jawa Tengah, Jawa Barat dan Yogyakarta dapat melalui jalur Tol Cipali dan Nasional III hingga sampai di Pacitan mengikuti petunjuk yang sama seperti di atas. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah medan nya yang cukup sulit sehingga pengunjung dihimbau untuk waspada.

Obyek Wisata di Pantai Srau

1. Perbukitan karang

Bukit karang di Pantai Srau ini terbagi atas 3 spot yaitu di bagian timur, barat dan selatan yang merupakan tempat favorit bagi pengunjung untuk berkemah, melihat sunset hingga hanya mendengarkan nyanyian ombak yang menenangkan jiwa dan pikiran.

2. Spot sunset

Bukit karang yang hijau dan eksotis bagian timur merupakan tempat yang pas untuk melihat sunset. Pantai di bagian selatan Provinsi Jawa Timur ini memiliki keindahan sunset yang setara dengan keindahan sunset di Pulau Dewata dengan warna oranye berpadu merah dan kuning yang membuat setiap pasang mata terpana.

3. Spot camping

Tidak hanya untuk melihat sunset dan pemandangan dari atas, bukit karang yang menyerupai sabana ini juga dapat dijadikan sebagai spot camping yang asyik dengan tambahan api unggun untuk menghangatkan diri dan memasak hidangan ala campers serta diiringi iringan music berkemah dan nyanyian ombak laut.

4. Sumber air tawar

Selain sunset nya yang indah, spot diving dan surfing, perbukitan karang, di Pantai ini juga terdapat sumber air tawar yang terletak sejauh 800 m sehingga bagi pengunjung yang ingin berkemah sangat direkomendasikan.

5. Spot renang, diving dan surfing

Ombak Pantai dan biru laut juga sangat cocok digunakan untuk berenang, diving hingga surfing dengan menggunakan peralatan sendiri karena belum tersedia tempat penyewaan. Selain itu untuk dapat melakukan ketiga aktivitas tersebut dibutuhkan keahlian dan kewaspadaan karena belum banyak terdapat lifeguard. Batu karang besar di dalam air juga terkenal licin sehingga harus tetap waspada.

Pantai Srau merupakan Pantai yang menjadi surga bagi para penikmat wisata bahari dan ketenangan dimana keasrian dan ketentraman Pantai ini masih terjaga dengan ditemani bukit karang dan biru laut yang bening.

Ulasan Pengunjung

  • Imam Fahmi
    sebulan yang lalu
    Ada 3 pantai disini, bisa menikmati sunrise sunset dan bermain air di pantai ini, akses jalan sudah sangat mudah, sampai pantainya pun sudah beraspal, cocok utk ngecamp juga, tempat parkir luas, kamar mandi jg sudah tersedia, ada mushola, banyak warung makan di pinggir pantai, pantainya sejuk karena banyak pohon kelapanya..bisa naik ke atas tebing karang jg utk lihat laut lepas dan lihat penduduk sekitar mancing ikan, kalo mau main sepak bola juga cocok, ada tanah luas rerumputan yg teduh karena banyak pohon kelapa, pasir pantai bersih, putih, dan bibir pantainya lumayan panjang..ada akses utk semua kendaraan..banyak penduduk sekitar yg jual ikan hasil pancingan..cocok utk bersantai bersama keluarga, teman, dll..toilet lumayan bersih dan bayarnya murah..ada gazebo juga untuk tempat bersantai..tiket parkir murah, dengan dengan rumah penduduk dan dg pantai klayar, disini daerah kedap sinyal jadi hanya khusus utk refreshing saja..spot foto juga sangat banyak, di setiap pantainya ada tebing yg bagus utk didaki dan menjadi spot foto, ombaknya juga tidak terlalu besar jika dibanding pantai klayar, namun ttp berhati-hati saja karena termasuk pantai selatan..ada tebing yg berbentuk seperti jembatan yg dibawahnya bisa dipakai utk cibung-cibung tp harus ttp berhati-hati karena licin dan banyak karang yang tajam, kalo tidak hati-hati bisa bisa pas cibung-cibung ntar terluka wkwk..sekian pengalaman saya di pantai srau, yg jelas pantai ini recomended buat melepas penat dr rutinitas sehari-hari
  • Josh F Levante
    dalam minggu terakhir
    Bagi anda yang suka menjelajah tebing dan memancing anda bisa sekalian mengunjungi Pantai Srau 3 ini. Salah satu yang ditawarkan yakni mendaki ke bukit tebing untuk menyaksikan sunrise begitu yang dipromosikan jasa wisata. Untuk mendaki anda tak perlu kuatir akan tersesat atau jatuh karena jalur trekking masih aman dari bibir tebing. Diatas anda bisa foto2 atau apabila anda gemar memancing anda bisa saja memacing ikan laut dari atas tebing. Bila anda mau membeli anda bisa saja menawar kepada para pemancing lokal yang anda jumpai. Setelah anda tiba di Srau 3, bila ingin mendaki, ambil jalur kiri sebelum bibir pantai, ikuti kontur dan jalur trekking. Di atas bukit anda bisa mengambil beberapa spot, salah satunya yakni menghadap ke Srau 3 yang ada di photo. Selamat berekreasi.
  • Terpokeng vlog
    2 bulan lalu
    Salah satu pantai yang tak boleh kamu lewatkan saat sedang piknik ke Pacitan adalah pantai Srau. Pantainya cantik banget Pantai Srau berada di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur Hampir semua pantai yang ada di Pacitan memiliki pasir putih dengan ombak yang cukup besar. Tak terkecuali pantai yang satu ini. Deburan ombak yang ada di pantai Srau mebuatnya menjadi tempat yang pas untuk surfing. Tidak hanya peselancar lokal saja yang sering pamer aksi disini. Wisatawan bule juga banyak yang datang ke pantai Srau untuk sekedar berselancar Selain ombak besar dan pasir putih lembut yang begitu menggoda, daya tarik lainnya dari pantai Srau adalah keberadaan bukit-bukit karang yang memperindah pemandangan pantai. Jika air sedang surut kita juga bisa berjalan menuju batu-batu karang untuk mencari spot foto terbaik Pantai Srau berjarak sekitar 25 km dari kota Pacitan. Butuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor untuk bisa sampai ke lokasi pantai Srau. Lokasinya yang cukup “ndelik” membuat pantai srau tidak terlalu banyak pengunjung. Keberadaannya bahkan belum diketahui banyak orang. Pas banget untuk kamu yang menyukai pantai-pantai sepi. Untuk yang sering nge-camp, pantai srau juga merupakan tempat yang sangat asik untuk seru-seruan bersama teman sambil nge-camp. Karna nge-camp tidak harus di gunung
  • Chanel OWL
    2 bulan lalu
    Meski lebih dikenal dengan sebutan kota seribu goa, kabupaten Pacitan di Jawa Timur nyatanya punya banyak pantai-pantai cantik yang sangat menggoda iman Salah satu pantai yang tak boleh kamu lewatkan saat sedang piknik ke Pacitan adalah pantai Srau. Pantainya cantik banget Pantai Srau berada di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur Hampir semua pantai yang ada di Pacitan memiliki pasir putih dengan ombak yang cukup besar. Tak terkecuali pantai yang satu ini. Deburan ombak yang ada di pantai Srau mebuatnya menjadi tempat yang pas untuk surfing. Tidak hanya peselancar lokal saja yang sering pamer aksi disini. Wisatawan bule juga banyak yang datang ke pantai Srau untuk sekedar berselancar Selain ombak besar dan pasir putih lembut yang begitu menggoda, daya tarik lainnya dari pantai Srau adalah keberadaan bukit-bukit karang yang memperindah pemandangan pantai. Jika air sedang surut kita juga bisa berjalan menuju batu-batu karang untuk mencari spot foto terbaik Keberadaan bukit-bukit karang di pantai Srau membuat pantai ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pantai yang bisa digunakan untuk bermain-main air dan pasir adalah bagian yang paling barat. Di bagian pantai sebelah barat ada sebuah sumber air tawar. Konon, tempat ini cukup angker. Dulu ada sebuah villa di tempat ini namun kini sudah kosong. Pemilik villa memilih untuk meninggalkan villa karna sering dihantui oleh makhluk aneh. Hiii Pantai Srau berjarak sekitar 25 km dari kota Pacitan. Butuh waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor untuk bisa sampai ke lokasi pantai Srau. Lokasinya yang cukup “ndelik” membuat pantai srau tidak terlalu banyak pengunjung. Keberadaannya bahkan belum diketahui banyak orang. Pas banget untuk kamu yang menyukai pantai-pantai sepi. Untuk yang sering nge-camp, pantai srau juga merupakan tempat yang sangat asik untuk seru-seruan bersama teman sambil nge-camp. Karna nge-camp tidak harus di gunung Di sekitar pantai Srau tidak ada penginapan resmi. Jika ingin menginap, selain tidur di tenda, kamu bisa “numpang” di rumah-rumah penduduk yang ada di sekitar pantai Sunsetnya gimana?. Tak perlu khawatir. Datang saja ke pantai Srau pada sore hari saat cuaca sedang cerah. Silakan lihat sendiri bagaimana cantiknya sunset disana. Siapkan kamera yang bagus
  • Marc MarUans
    3 minggu yang lalu
    Pada saat datang waktu malam krn memang niatnya mau camping ma keluarga,jalan agak membingungkan krn mngkn saya yang kurang paham maklum perjalanan malam.Setelah samapai memdirikan tenda trus istirahat.Paginya liat sunrise dipinggir pantai yang anginya agak kncng.Deretan pohon kelapa disepanjang pinggir pantai cukup membuat suasana jd lebih berkesan.Untuk acara camping kecil²an bolehlah ke pantai srau.Disebelah tmpt camping ada pantai srau 2 yang bisa diexplore setelah puas menikmati sunrise😉