Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi

Desa Air Itam, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung 33149, Indonesia.

22 Ulasan

Pantai Pasir Padi merupakan salah satu pantai yang berada di Pulau Bangka. Pantai ini pun menghadap langsung ke Laut Natuna.

Yang menjadi kelebihan dari pantai ini adalah menjadi salah satu kawasan pariwisata yang paling potensial dari Kota Pangkalpinang.

Selain itu pantai ini juga unik. Karena memiliki garis pantai yang panjang, sekitar 100 hingga 300 meter dengan ombak yang tenang. Berbeda dengan kebanyakan pantai yang tersebar di Bangka, Pantai ini memiliki tekstur pasir yang padat.

Sejarah Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi

Wilayah pesisir Pantai Pasir Padi dahulu banyak ditumbuhi pohon kelapa dan bekas persawahan. Karena kawasan ini menjadi lahan uji coba penanaman padi oleh pemerintah Hindia Belanda pada masanya.

Untuk mendukung uji coba penanaman padi tersebut, Pemerintah Hindia Belanda juga membangun pengairan yang tidak hanya diperuntukkan bagi kepentingan proyek pertambangan, tetapi juga dapat digunakan untuk kepentingan persawahan.

Menurut cerita sejarah, pada saat itu upaya meningkatkan produksi padi melalui sistem persawahan perlu dilakukan dengan penggarapan ladang yang tidak teratur dan berpindah-pindah yang dikerjakan oleh peladang pribumi sebagai akibat dari perang Bangka.

Hal ini menyebabkan persediaan padi menjadi menipis dan melakukan uji coba penanaman padi di kawasan pantai.

Oleh sebab itu kemudian sungai dan kawasan pesisir pantai dinamakan “Pasir Padi” walaupun saat ini tidak ditemukan tanaman padi di kawasan Pantai Pasir Padi.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi Belitung
source: instagram.com/yoki_tin2/

Untuk bisa menikmati keseruan berwisata di Pantai Pasir Padi, Anda dapat mengunjunginya setiap harinya dan pantai ini dibuka untuk umum selama 24 jam.

Agar Anda dapat merasakan suasana indah di Pantai Pasir Padi ini, Anda akan dikenakan biaya masuk Rp 2000 untuk pengguna motor dan Rp 4000 jika berkendara menggunakan mobil.

Rute Menuju Pantai Pasir Padi

Pantai ini terletak di Jalan Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai ini pun berjarak sekitar 7 Kilometer dari Kota Pangkalpinang dan sekitar 3 Kilometer dari Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung.

Jika Anda dari Bandara Depati Amir, akses menuju ke Pantai Pasir Padi ini tidaklah sulit.

Anda bisa memilih menggunakan mobil pribadi, mobil rental, atau juga menggunakan angkutan umum yang tersedia.

Objek Wisata Di Pantai Pasir Padi

Sekilas sudah kami sampai keindahan yang dimiliki pantai ini. Lebih jelas lagi berikut objek wisata yang bisa Anda nikmati.

1. Bermain Air

Alamat Pantai Pasir Padi
source: instagram.com/inceestari/

Pantai ini memiliki tipe gelombang yang tenang sehingga aman dan nyaman untuk dipakai berenang ataupun bermain air.

Anda bisa mengajak anak-anak maupun teman untuk bermain air di pantai ini.

2. Jalan-jalan di Kawasan Pantai

Rute Pantai Pasir Padi
source: instagram.com/bunda_ufeh/

Aktivitas lain yang dapat Anda lakukan untuk menikmati suasana pantai Pasir Padi yaitu jalan-jalan.

Tidak jauh dari bibir pantai Anda akan melihat sebuah pulau kecil yang indah, pulau itu bernama Pulau Punai.

Dimana Anda bisa sampai ke lokasi tersebut hanya dengan berjalan kaki saja. Namun jika keadaan pantai sedang surut ya.

Pulau ini terbentuk dari karang dan bebatuan dan berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai. Karakteristik Pulau Punai dengan ditumbuhi pohon dan memiliki permukaan bebatuan.

Pemandangan pulau ini akan terlihat  lebih cantik lagi dengan pesona sunrise. jika Anda beruntung, Anda dapat melihat matahari terbit di pulau Punai yang dapat bisa Anda dokumentasikan melalui kamera.

3. Motocross

Harga Tiket Pantai Pasir Padi
source: instagram.com/triski_januardi/

Dengan kontur pasir pantai yang unik ini, warga dan pengunjung banyak memanfaatkan untuk berbagai aktivitas. Bahkan pada saat waktu tertentu, warga setempat menggunakan pantai ini sebagai arena adu balap motor.

Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan motocross ini.

4. Peh Chun

Obyek Wisata Pantai Pasir Padi
source: palapanews.com

Pantai ini menjadi tempat upacara ritual Peh Chun. Peh Chun merupakan salah satu upacara adat yang dilaksanakan oleh masyarakat Tionghoa yang berada di kota Pangkalpinang dan daerah-daerah lainnya di Bangka Belitung.

Berasal dari Bahasa Hokkian, Makna aslinya adalah mendayung perahu naga. Walaupun perlombaan perahu naga tidak hanya dikemudikan oleh kalangan Tionghoa yang tinggal di Indonesia, tetapi Peh Cun tetap digunakan untuk menyebut festival ini.

Acara tersebut digelar setiap tanggal dan bulan ke 5 pada penanggalan Cina atau Imlek. Pada tanggal tersebut, uniknya air laut mengalami puncak pasang surut yang sangat jauh, bahkan hingga mencapai sekitar 1 kilometer.

Masyarakat Tionghoa beramai-ramai mengikuti ritual Peh chun di Pantai Pasir Padi. Ritual di mulai dengan sembahyang kemudian dilanjutkan beramai-ramai mempersembahkan kue Chang ke laut.

5. Camping

Kawasan ini sangat ramai dijadikan lokasi berkemah pada saat akhir pekan atau liburan panjang. Tempat ini memang cocok untuk berkemah karena memang memiliki kawasan pantai yang cukup luas.

Fasilitas di Pantai Pasir Padi

Fasilitas Pantai Pasir Padi
source: instagram.com/puputra19/

Untuk menunjang pariwisata di kawasan Pantai Pasir Padi, telah dibangun sarana dan prasarana pendukung di kawasan Pantai. Beberapa fasilitas yang dibangun meliputi:

1. Mushola

Walaupun sering digunakan untuk ritual Peh chun bagi masyarakat Tionghoa, namun pengelola telah melengkapi fasilitas dengan membangun fasilitas beribadah bagi muslim berupa adanya mushola. Sehingga, jika berlibur di pantai ini, bagi Anda yang beragama islam tetap dapat melakukan ibadah.

2. Toilet dan Kamar Ganti

Salah satu fasilitas yang wajib Anda temui yaitu toilet. Pengelola juga sudah membangun toilet yang tersebar di beberapa sisi kawasan Pantai Pasir Padi.

Jadi, jika Anda bermain air di pantai ini tidak perlu risau, karena di toilet ini Anda dapat melakukan bilas dengan air yang cukup bersih.

Toilet ini pun dilengkapi dengan kamar ganti agar bisa dipergunakan oleh para wisatawan maupun masyarakat yang sedang mengikuti berbagai acara di pantai ini.

3. Pos Keamanan Serta Pusat Informasi

Pantai Pasir Padi juga dilengkapi dengan adanya pos keamanan dan pusat informasi yang dijaga oleh pengelola.

Hal ini dapat membantu memudahkan para wisatawan ketika Anda membutuhkan informasi mengenai Pantai Pasir Padi maupun informasi wisata sekitar Pantai Pasir Padi.

Jika Anda datang ke Bangka Belitung, tak ada salahnya untuk menyempatkan mengunjungi pantai ini, mengingat jaraknya cukup dekat dari pusat kota.

Akhir kata, semoga ulasan ringkas diatas dapat membantu Anda untuk lebih mengenal Pantai Pasir Padi Belitung.

Jika masih ada waktu, Anda bisa mengunjungi pantai-pantai lain pulau yang seperti Pantai Batu Banyak, Pantai Tambak, dan Pantai Penyabong. Selamat berlibur!

22 Ulasan untuk Pantai Pasir Padi, Bangka, Bangka Belitung

  1. Suasananya cukup nyaman… bagi pengujung yg suka dgn suasana yg tenang… diwaktu pagi blm begitu byk pengunjung.. sehingga kita bisa menikmati susana laut …

  2. Hamparan pantai surut di siang hari yang bahkan bisa bermobil ke arah laut melewati Hamparan pantai yang sedang surut. Nice place Tapi kurang greget..mungkin dengan waterboom yang baru dibuka akan menjadi lebih ramai..

  3. Siip kemarin pas kesana ada mobil plat merah tenggelam d pantai….. Sampai masuk koran itu mobil. Tempatnya bagus penjual disana ramah semua..

  4. pantai yg terletak.dipesisir pulau bangka ini,cocok.banget buat bersantai sore,dan menikamati makanan seafood dr restoran dan.kafe” yg ada dipinggiran pantai,cocok banget buat acara kumpul relax diakhir.pekan.bareng klrga ataupun.teman kerja

  5. Satu-satunya pantai di kota pangkalpinang. Di dominasi pasir yang luas. Terdapat bebatuan disebelah selatan. Memiliki pemecah ombak buatan, berupa timbunan balok cor bebentuk kubus. Menjadikan pantai tenang, aman bagi anak-anak. Memiliki fasilitas yang komplit seperti masjid, kamar ganti dan bilas, wc /toilet, restouran, rumah makan khas pantai, hotel, pondok-pondokan/gazepo sampai taman air/waterpark.

  6. Pantai ny tenang, ombak ny tidak besar, cocok untuk family time yg bawa anak kecil. Banyak warung kecil di pinggir pantai jd bisa langsung jajan kalo laper. Parkiran jg ad, tp tdk terlalu luas. Hanya saja tong sampah sedikit.

  7. Pantai ini, salah satu pantai yg terdekat dgn kota Pangkal Pinang. Di pinggir pantai banyak sekali yg berjualan jagung bakar, kelapa muda, serta snack dan minuman. Selain itu ada jg beberapa tempat penginapan. Sayangnya pada saat sy ke sana air sedang surut dan sepi pengunjung.

  8. tiket masuk nya murah, 1 mobil Rp.4.000. banyak t4 kuliner, pantai berpasir kendaraan bisa di bawa ke bibir lantai yg berpasir

  9. Salah satu pantai terdekat dari kota pangkal pinang, dengan kondisi pantai yang sekarang semakin banyak tempat duduk dan para pedagang disekitaran pantai pasir padi dengan tiket masuk yang murah buat yang ingin santai sambil makan jagung bakar dan ga mau keluar jauh dr pangkal pinang disini cocok

  10. Dari botanical garden trs lanjut ke pantai ini, lumayan buat hiburan dan cari angin pantai. Saya liat gelombangnya cukup besar disoni krna udah ada penahan gelombangpun jalanan pinggir pantai banyak terendam air.

  11. Bagi yang berenang di pasir padi harap hati2. Ada banyak paku/kawat sisa proyek break water yang belum di bersihkan

  12. Salah satu Pantai yang terletak di Kota Pangkalpinang, dengan keistimewaan memiliki garis pantai sepanjang lebih kurang 300 meter dengan hamparan pasir putih sepanjang 2 km, merupakan salah satu destinasi unggulan bagi wisatawan. Selain menikmati panorama alam pantai yang indah, wisatawan juga bisa berenang, bermain layang-layang, berolahraga seperti sepakbola, voli, motorcross atau sekedar menikmati keanekaragaman seafood, selain itu pengunjung dapat mengunjungi 2 pulau kecil (pulau panjang dan pulau semujur) yang terletak tak jauh dari Pantai Pasir Padi

  13. Hebat. Pasir pantai landai. Agak padat. Bisa belajar setir mobil atau main cross. Tiket masuk dihitung hanya perkendaraan. 1 mobil pribadi hanya 4 ribu rupiah. Keren.

  14. Pantainya biasa aja si, tp lumayan untuk sekedar menyepi sambil melihat hamparan laut yg tenang. Ngga pake tiket masuk karena pantainya sepanjang jalan. Rekomended utk dinikmati pagi sambil melihat matahari terbit.

  15. Pasir padi adalah pantai utama yang paling sering di kunjung, pada Hari sabtu dan minggu tempat ini selalu ramai. Di pantai ini sering diadakan balapan, pantai ini juga mempunyai restoran yang tak biasa pada umumnya. Restoran di sini bentuknya seperti kapal layar yang sangat besar, menunya yaitu makanan khas Bangka. Selain restoran di sini tersedia juga mini car racing untuk anak-anak.

  16. Dulu sering jadi tempat camping, sekarang kayaknya gak mungkin bisa camping di sini lagi karena banyak pedagang di sepanjang pantai.. Sayangnya trotoar dan pondok permanen yang dibangun pemerintah tidak bisa dimanfaatkan untuk jogging dan istirahat karena sudah dikuasai pedagang

  17. Di sekitar sini ada yang jual otak-otak enak. Di dekat tulisan Pantai Pasir Padi, ada warung terbuka. Bisa beli kelapa muda atau minuman lainnya. Yang jual otak-otak ada disebrang jalan, di depan warung ini. Biasa bu ya di tempat lain, cukup makan lima otak-otak. Di sini, saking enaknya, siap-siap makan 10 sampai 20 otak-otak per-orang.

  18. Pantai yg Indah deburan ombak selat karimata membuat hatiku terpesona mengingat lokasi tsb tdk berapa jauh dari Kalimantan barat dan Nikmatnya Air kelapa muda disaat teriknya matahari menambah romantis suasana suatu saat akan kembali lagi

  19. Pantai yang lokasinya dekat dengan pusat kota, cocok untuk berlibur bersama keluarga tercinta. Bahkan skarang sudah masuk alfamart dan indomart di sekitaran pantai. Banyak juga yang berjualan jagung bakar, bakso, kelapa dan jajanan lainnya. Air pantai nya juga tidak begitu dalam, apalagi ketika sedang surut. Jadi sangat bersahabat untuk anak kecil

  20. Pantai ini satu-satunya pantai yang berlokasi di kota Pangkalpinang tepatnya di Kelurahan Temberan. Tiket masuk 4000 untuk mobil dan 2000 untuk motor. Namun bisa gratis untuk warga yang tinggal di sekitar pantai. Pantainya tidak terlalu indah jika dibandingkan dengan pantai lain di Pulau Bangka ataupun Belitung. Pasirnya cenderung berwarna gelap, dan nyaris tidak ada batu-batu granit seperti yang biasa ditemui di pantai Pulau Bangka maupun Pulau Belitung. Nilai plus dari pantai ini karena berada di pusat ibu kota Provinsi, hanya 15 menit dari Bandara sehingga bagi warga Pangkalpinang ataupun pendatang yang hanya punya waktu yang singkat di kota Pangkalpinang, dapat menjadikan pantai Pasir Padi sebagai tujuan wisata. Namun, jika wisatawan yang punya rencana berlibur yang lebih panjang, pantai Pasir Padi bisa menjadi hidangan pembuka untuk menikmati keindahan pantai di Pulau Bangka.

  21. Tempat nyantainya keluarga bangka, pantainya yg landai dan ombaknya terbilang gak ada membuat tidak membahayakan anak2 saat berenang, hamparannpasir putih yg luas seringkali dijadika event balap motor. Kemudian bisa juga dibuat arena bermain bola. Ada 2 Rumah Makan populer di pasir padi, ada Hotel dan Villa di panti tersebut, kemudian kalo ke ujung kanan dari pintu masuk itu ada cafe atau tempat hiburan malam, kalo malam2 lewat sana banyak Mbak2 yg bakal manggil2 kamu hehhee

  22. Tempatnya asik buat berlibur bersama keluarga, acara mandi mandian pasti seru, dilengkapi fasilitas umum yang bersih, ada juga kursi kursi yang disediakan untuk tempat nongkrong sambil menikmati es kelapa muda.. Mantabs laaah..

Tinggalkan Balasan