Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia.

21 Ulasan

Jika Anda penggemar film Laskar pelangi, ingatkah Anda ketika adegan Lintang menyambut ayahnya ketika tiba menggunakan kapal dari menangkap ikan di laut? Nah, lokasi tersebut berada di Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai yang terletak di Kabupaten Belitung ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur dengan suasana damai dan nyaman. Pantai Tanjung Kelayang memiliki hamparan pasir putih yang lembut serta air laut yang jernih.

Bagi masyarakat setempat, pantai ini merupakan salah satu pantai yang istimewa karena pantai ini memiliki sejarah sendiri. Sejarah apa yang menjadi istimewa menurut warga sekitar? Kami akan mengulas sejarah dibalik pantai ini hingga objek wisata yang bisa dikunjungi.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Nama Pantai Tanjung Kelayang diambil dari salah satu nama burung yang ada di pantai ini. Dikarenakan di kawasan pantai ini terdapat burung-burung kelayang yang berterbangan.

Selain itu ada juga keunikan tersendiri yang menghiasi pantai ini. Terdapat beberapa batu granit raksasa yang bertebaran yang berbentuk dengan kepala burung garuda.

Yang unik lagi batu granit tersebut seperti tengah berendam dengan posisi menghadap arah barat. Warga sekitar pun beranggapan bahwa batu raksasa tersebut memiliki kekuatan mistis.

Tidak hanya warga setempat yang meyakini hal tersebut, para arkeolog pun juga menyukainya karena memang terlihat unik.

Menurut legenda, batu granit yang berada di Pantai Tanjung Kelayang berasal sejak zaman megalitikum. Uniknya, walaupun terkena deburan ombak, batu granit ini tetap pada posisi awal dan tidak pernah berubah.

Berkat keindahan pemandangan yang eksotis, pada tahun 2015 pemerintah menetapkan pantai Tanjung Kelayang Bangka Belitung sebagai salah satu pengembangan destinasi pariwisata prioritas atau biasa dikenal dengan 10 bali baru.

Seiring berjalannya waktu, 3 tahun setelah menetapkan pantai ini sebagai destinasi pariwisata prioritas. Presiden Republik Indonesia menetapkan Pantai Tanjung Kelayang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata geostrategis pada tahun 2019.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Kelayang

Obyek Wisata Pantai Tanjung Kelayang
source: instagram.com/andra_sbp/

Untuk memasuki kawasan wisata Pantai Tanjung Kelayang, Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu untuk menikmati keindahannya.

Harga tiket masuk pantai ini sangat murah, Anda cukup membayar Rp. 8.000 per orang sudah dapat menikmati wisata keindahan pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Kelayang

Pantai ini berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka. Berjarak 27 km dari kota Tanjungpandan, Anda dapat menempuh waktu 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Jika Anda sedang di Tanjung Pandang, Anda juga bisa menggunakan bus gratis yang telah disediakan oleh pemerintah daerah setempat untuk menuju ke Tanjung Kelayang.

Obyek Wisata Pantai Tanjung Kelayang

Ada banyak spot yang bisa digunakan untuk berekreasi atau sekedar menikmati pemandangan.

1. Pemandangan Pulau

Pantai Tanjung Kelayang Belitung
source: instagram.com/agus_hidayat_eo/

Pesona pantai akan terlihat indah dengan adanya beberapa pulau- pulau kecil. Ketika berada di Pantai Tanjung Kelayang, Anda akan dihadapkan dengan pemandangan Pulau Babi yang berada di sebelah kiri pantai.

2. Island Hopping

Htm Pantai Tanjung Kelayang
source: instagram.com/witatourdenpasar/

Hal lain yang menjadi unggulan di Pantai Tanjung Kelayang yaitu Island Hopping, yang merupakan kegiatan menjelajahi pulau di sekitar Tanjung Kelayang.

Untuk menikmatinya, Anda harus mempersiapkan uang Rp. 450.000 untuk menyewa per satu perahu yang bisa dinaiki hingga 12 orang. Adapun pulau yang akan kita lalui selama island hopping adalah sebagai berikut:

Pulau Garuda

Dengan menggunakan perahu yang telah Anda sewa dari Pantai Tanjung Kelayang, Anda akan menuju Pulau Garuda.

Pulau ini menjadi trendsetter di Pantai Tanjung Kelayang karena adanya batuan granit yang membentuk seperti kepala burung garuda.

Sayangnya, pulau ini tidak boleh untuk disinggahi, jadi kita hanya bisa menikmati pemandangan dengan tetap berada di atas kapal. Namun, jangan ragu, karena Anda akan tetap terpesona dengan keindahan alami yang ada.

Pulau Pasir

Tujuan kedua Island Hopping yaitu Pulau Pasir. Anda akan menemukan bintang laut yang bertebaran di sekitar pulau ini. Namun, kami menyarankan agar Anda jangan memegang bintang laut tersebut.

Kami menyarankan agar Anda mengunjungi di pagi hari, dikarenakan ketika hari semakin sore, pulau ini akan lenyap karena naiknya permukaan air laut.

Pulau Lengkuas

Ketika Anda sampai di Pulau Lengkuas, pulau ini memiliki batuan granit yang bertebaran. Anda juga akan bertemu dengan mercusuar yang menjulang tinggi.

Di Pulau Lengkuas juga terdapat kolam alami yang diberi nama Telaga Bidadari. Uniknya, kolam ini akan terisi air ketika laut sedang pasang saja.

Selain itu, di Pulau Lengkuas ini, Anda akan disuguhi spot snorkeling. Spot snorkeling di pulau ini sangat indah, Anda akan melihat ikan beragam dan berwarna warni.

Pulau Kepayang

Setelah melakukan perjalanan dan mengunjungi 3 pulau yang memiliki keunikan beragam tadi. Anda akan sampai di Pulau Kepayang.

Selain melihat pesona keindahan pulau, Anda juga bisa menikmati berbagai pilihan makanan seafood yang lezat.

Pulau Berlayar

Disebut Pulau Berlayar karena lagi lagi adanya bentuk batuan granit yang unik. Ada sebuah batu granit yang menyerupai layar sebuah kapal yang sedang berlayar.

Pulau Berlayar ini menjadi rute terakhir dari island hopping, sebelum kembali lagi ke Pantai Tanjung Kelayang.

3. Jembatan

Pantai Tanjung Kelayang Bangka Belitung 1
source: instagram.com/prastlife/

Pengelola sengaja membangun jembatan bagi para wisatawan. Anda dapat mengunjungi jembatan ini untuk lebih menikmati pemandangan pantai.

Beningnya air laut menambah keindahan. Bahkan saking beningnya Anda bisa melihat ikan-ikan yang sedang berenang.

Selain itu Anda juga bisa memancing dari atas jembatan tersebut.

Namun apabila Anda akan memancing ikan, kami sarankan untuk membawa peralatan memancing sendiri dan tetap berhati-hati saat memancing agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

4. Bermain Air dan Pasir

Rute Ke Pantai Tanjung Kelayang
source: instagram.com/alsmie_alias/

Air laut yang jernih menjadikan Pantai Tanjung kelayang terlihat  memiliki kedalaman laut yang landai. Hal ini menjadikan para wisatawan senang bermain air.

Selain itu, hamparan pasir putih yang lembut juga melengkapi pesona pantai ini. Anda dapat bermain pasir bersama anak-anak.

5. Kapal Nelayan

Lokasi Pantai Tanjung Kelayang
source: instagram.com/shinta_h/

Pantai ini juga menjadi dermaga kapal-kapal nelayan. Mereka memarkirkan kapal dengan sangat rapi. Anda pun dapat memanfaatkan momen ini sebagai salah satu spot foto yang akan menambah koleksi liburanmu.

Fasilitas Pantai Tanjung Kelayang

Fasilitas Pantai Tanjung Kelayang
source: instagram.com/soviaazzahra25/

Pihak pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas penunjang dikala Anda berlibur di Pantai Tanjung Kelayang ini. Fasilitas tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penginapan

Saat berada di Pantai Tanjung Kelayang, Anda akan merasa betah karena suasananya yang nyaman. Hal ini menyebabkan pertumbuhan hotel atau penginapan di sekitar kawasan pantai begitu pesat.

Melalui kawasan ini, Anda dengan mudah menemukan berbagai pilihan penginapan yang cukup nyaman mulai dari hotel hingga resort.

2. Hall dan Amphitheater

Menjadi salah satu tempat pengembangan pariwisata berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, beberapa acara besar telah terlaksana di Pantai Tanjung Kelayang.

Tak heran jika di pantai ini terdapat hall yang dapat menampung banyak orang untuk acara besar. Selain itu, di pantai ini juga dilengkapi amphitheater sehingga dapat menampilkan pertunjukan yang menarik.

3. Taman

Di sekitar hall terdapat taman dengan penataan yang rapi. Taman ini pun terus dikelola agar terlihat bersih.

Anda juga bisa bersantai di taman ini, karen terdapat beberapa pohon yang membuat suasana tenang. Tetapi jangan membuang sampah sembarangan ya.

4. Toilet

Salah satu fasilitas yang wajib ada yaitu toilet. Pantai Tanjung Kelayang memiliki fasilitas toilet dan tempat bilas yang bisa dipergunakan. Sehingga, sebaiknya Anda juga menjaga kebersihan di tempat ini, termasuk toilet agar tetap bersih.

5. Musholla

Pantai Tanjung Kelayang juga telah dilengkapi fasilitas dengan adanya tempat ibadah yaitu mushola. Jadi jika Anda berlibur di pantai ini, tidak usah ragu akan kesediaan  fasilitas yang ada.

Itulah ulasan singkat mengenai sejarah, harga tiket masuk, rute, objek wisata serta fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Kelayang.

Pantai Tanjung Kelayang ini bisa menjadi salah satu pilihan utama ketika berlibur di Bangka lho. Dikarenakan, pantai ini masih alami, asri dan mempesona.

Jika punya waktu liburan yang lama, Anda juga bisa melanjutkan liburan ke tempat wisata di Belitung lainnya seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tongaci atau ke Pantai Parai Tenggiri.

21 Ulasan untuk Pantai Tanjung Kelayang, Bangka, Bangka Belitung

  1. Mirip pantai di belitung. Pemandangannya indah. Pasir pantainya halus. Ombaknya tenang. Sayangnya belum ada sarana transportasi publik dan akomodasi yg menunjang utk wisata ke sini

  2. Indah dan sejuk

  3. Indah, asri, alami

  4. Pantai alami bagus

  5. Sangat memuaskan, tempat yang cocok untuk berlibur keluarga dan sahabat. Pemandangan yang asri, dan jauh dari keramaian, menjadikan pantai tanjung kelayang menjadi pilihan yang pas untuk mencari ketenangan, dengan menyusuri bibir pantai sembari mencari spot indah untuk berfoto.

  6. Tempat yg indah belum banyak terjamah

  7. Tmpat bagus nih buat yt cari pantai masih alami

  8. Pantai cukup sepi enak untuk menikmati viewnya, pantai juga cukup bersih

  9. Pantai Masih Bersih, Sepi, cocok utk bersantai atau Berenang dan kumpul sama klrg dan tmn2

  10. Ampun keren bgt pantai ny, rekomended bgt pkk ny main ksni

  11. Bagus, patut harus dikunjungi, tpi sayang perlu dipromosikan lebih agar bnyk turis sehingga secara langsung memperkenalkan wisata indah indonesia

  12. Bagus banget sih. Tapi masa sampe bayar parkir 3x 😑

  13. Pantai yang indah….bisa meniknati sunset…pantai yang landai aman buat anak-anak…saya sekeluarga sering bersantai di pantai ini..

  14. Pemandang bagus bgt

  15. Pantai ini memiliki ciri khas alam yaitu batuan batuan besar yang ada disepanjang pantai. Bentang alam batuan besar menjadi karakter unik yang hanya ada ditempat ini. Ombak yang tenang bisa anda manfaatkan untuk sekedar surfing atau berenang. Cocok untuk menikmati indahnya sunset di sore hari. Yang masih minim adalah masalah fasilitas dan pengelolaannya. Secara keseluruhan pemandangan yang disuguhkan sangat menawan.

  16. Pantai paling asik buat rekreasi keluarga. Ombaknya tidak terlalu besar, cocok buat mandi. Ditepi pantai banyak pohon-pohon rindang sangat cocok untuk bersantai, apalagi kalau punya hammock enak banget. Kalau sore sunset kelihatan dari pantai ini, batu2 besar ditepi pantai menambah keindahan pantai tanjung kelayang.

  17. Pantainya masih alami indah pasir putih dan air lautnya bersih, belum ada pembangunan bener2 masih alami lebih indah lagi kalau sudah ada penataan

  18. Letak pantai bersebelahan dengan Pantai Turun Aban, tapi sekarang pantai ini sudah milik pribadi.

  19. Salah satu tempat wisata di kabupaten Bangka. Tempat ini cocok untuk spot foto dan diving. Kalau untuk mandi di pantai kurang cocok karena banyak batu dan garis pantainya pendek. Disarankan membawa bekal dari rumah, karena tidak ada yang jual makanan dipantai ini.

  20. Udah lumayan tertata, tersedia toilet juga walaupun bit airnya kecil, cuma sayang mungkin kurang promosi, pdhal lumayan apik pemandangannya

  21. Asyiiik banget pantainya,indah bersih..hanya belum di kelolah dengan baik,seperti misal ada permainan air,perahu atau apalah gitu,masyarakatnya sangat bersahabat

Tinggalkan Balasan