Pantai Tongaci

Pantai Tongaci

Kampung Pasir Sungai Liat, Sinar Baru, Bangka, Kabupaten Bangka 33211, Indonesia

10 Ulasan

Bangka Belitung merupakan pulau yang dikenal memiliki sejumlah pantai dengan panorama alam yang sangat indah. Jika Anda berkunjung ke Bangka Belitung, belum lengkap jika Anda belum mengunjungi Pantai Tongaci.

Pantai ini sangat cocok bagi anak-anak maupun orang dewasa yang ingin berwisata sekaligus menambah pengetahuan. Karena melalui wisata pantai ini, Anda dapat melakukan wisata sejarah, wisata pendidikan dan wisata budaya.

Sudah penasaran dengan pesona Pantai Tongaci? Simak uraian di bawah ini ya. Pasti Anda ingin segera memesan tiket ke Bangka!

Pantai Tongaci Bangka Belitung

Pantai Tongaci Bangka Belitung

Pantai Tongaci merupakan salah satu pantai yang bersih dengan pasir putih yang populer di Bangka Belitung. Selain menikmati pemandangan laut, pantai Tongaci ini pun menawarkan berbagai aktivitas untuk wisatawan.

Selain panoramanya yang indah dan wahana yang seru, ada satu hal yang perlu Anda ketahui. Yaitu sejarah Pantai Tongaci.

Pada awalnya, kawasan ini merupakan tempat penangkaran tukik atau penyu.  Setelah melakukan pembenahan dan pembangunan yang dikelola dengan baik, maka Pantai Tongaci ini menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pantai yang dibuka pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 18.00 WIB ini memiliki karakteristik yang berbeda dari pantai yang ada di Bangka lainnya. Karakteristik yang bisa kita temukan yaitu pantai ini tidak memiliki banyak batuan granit. 

Harga Tiket Masuk Pantai Tongaci

Pantai ini dikelola dengan baik sehingga untuk dapat memasuki Pantai Tongaci, Anda harus membeli tiket masuk masuk terlebih dahulu.

Harga Tiket normal ke kawasan pantai adalah Rp 10.000 per orang. Sedangkan tiket De Locomotief sebesar Rp 20.000 dan tiket masuk ke Museum garuda yaitu Rp 25.000.

Harga tiket ini berlaku sama untuk para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tongaci

Harga Tiket Pantai Tongaci
source: instagram.com/sudar_ma/

Pantai Tongaci berada di Kampung Pasir, Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai ini berjarak kurang lebih 3 km dari Pantai Matras.

Untuk sampai ke Pantai Tongaci rute yang ditempuh yaitu dari pusat kota Pangkalpinang Anda dapat memilih rute ke Jl. Bahagia. Kemudian Anda bisa menuju Jalan Sungailiat Belinyu.

Lanjutkan perjalanan tersebut hingga ke kawasan Sinar Baru. Ikuti jalan tersebut dan Anda akan sampai di Pantai Tongaci.

Perjalanan ini pun hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Objek Wisata di Pantai Tongaci

Apa saja yang bisa Anda nikmati di pantai ini? Berikut objek wisata yang bisa Anda nikmati di PantaI Tongaci.

1.   Pesona Pantai Tongaci

Rute Ke Pantai Tongaci
source: instagram.com/diansuryaningsih_k/

Jika Anda berkunjung ke pantai Tongaci, maka Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Memiliki panorama dengan hamparan pasir putih bersih, air laut yang jernih dan dikelilingi oleh batuan vulkanik.

Suasana yang cukup tenang menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Waktu yang pas untuk menikmati pesona pantai ini ketika senja tiba, karena Anda dapat menikmati sunset yang memukau.

2.   Penangkaran penyu

Daya Tarik Pantai Tongaci
source: instagram.com/musiparadisotour/

Di Kawasan Pantai Tongaci terdapat kolam  dan bak-bak penampungan yang berisi penyu-penyu hijau dan penyu sisik maupun tukik. Selain itu terdapat juga beberapa penyu yang sudah langka dan dilindungi.

Penyu-penyu yang berada di Pantai Tongaci merupakan penyu konservasi yang dijalankan oleh Yayasan Tukik Babel. Jika Anda beruntung, pada jam-jam tertentu Anda dapat menyaksikan penyu-penyu tersebut diberi makan oleh para petugas.

3.   De Locomotief Bangka

Lokasi Pantai Tongaci
source: instagram.com/orienyuanita/

De Locomotief merupakan restoran seafood yang terkenal di Bangka Belitung. De Locomotief adalah wisata yang unik dan menarik.

Wisata ini dibuka untuk umum setiap harinya mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 22.00 WIB. Ketika akan memasuki De Locomotief Anda akan disambut dengan payung tradisional Cina berbahan kayu yang menggantung di bagian atas jalan sebagai hiasan.

Di situ juga terdapat patung-patung yang sedang berbaris layaknya sekelompok prajurit. Pada malam hari, Anda bisa melihat pembuatan cinderamata yang dikerjakan oleh masyarakat setempat.

Bahkan Anda juga bisa berbelanja cinderamata tersebut sebagai oleh-oleh untuk teman atau saudara di rumah lho.

4.   Museum Garuda

Wisata sejarah yang ada di Pantai Tongaci yaitu Museum Garuda. Museum ini memamerkan koleksi benda kuno dan juga artefak tembikar.

Berbeda dengan De Locomotief Bangka, Museum Garuda ini dibuka setiap hari hingga pukul 21.00 WIB saja.

Ketika berada di dalam Museum Garuda, Anda juga bisa melihat barang-barang antik peninggalan dinasti China. Seperti piring, mangkuk, bahkan hingga alat telekomunikasi zaman dahulu.

Melalui museum Garuda ini, Anda bisa mengetahui bagaimana awal kedatangan Suku Hakka ke Pulau Bangka Belitung. Selain itu Anda juga bisa melihat karya-karya para seniman yang menakjubkan dan menarik.

5.   Perpustakaan Garuda

Alamat Pantai Tongaci
source: instagram.com/eva_angela78/

Di sebelah Museum Garuda, Anda dapat menemukan sebuah perpustakaan mini. Perpustakaan mini ini merupakan sarana edukasi yang dibuka umum untuk para wisatawan.

Anda dapat bersantai dengan membaca koleksi buku yang ada di perpustakaan mini ini. Perpustakan ini dilengkapi dengan buku-buku sejarah zaman dahulu. Seperti Museum Garuda, Perpustakaan Garuda juga buka hingga pukul 21.00 WIB.

6.   Event Outdoor Perform

Adanya panggung hiburan yang berdiri di kawasan pantai menjadikan pantai ini tak pernah sepi pengunjung.

Melalui panggung hiburan ini, para wisatawan akan disuguhkan berbagai pertunjukan maupun live musik yang telah disediakan oleh pengelola.

Fasilitas di Pantai Tongaci

Fasilitas Pantai Tongaci
source: instagram.com/etika_bagstore/

Ternyata fasilitas yang ada di Pantai Tongaci sudah cukup lengkap lho. Apa saja sih fasilitasnya?

1.   Spot foto

Selain disuguhi panorama keindahan pantai, disini Anda juga bisa mengabadikan momen liburan pada beberapa spot foto yang menarik.

Pengelola Pantai Tongaci menambahkan beberapa hiasan-hiasan yang bisa digunakan untuk berfoto sehingga terlihat Instagramable.

Namun ingat, jika Anda berfoto jangan lakukan hal yang akan merusak barang atau hiasan yang ada di sana ya, agar tetap terlihat indah dan terjaga.

2.   Mushola

Berlibur ke Pantai Tongaci akan terasa tenang dan nyaman. Karena Pantai Tongaci juga menyediakan fasilitas ibadah seperti mushola yang bersih dan terawat.

3.   Area parkir

Lokasi area parkir tidak jauh dari kawasan pantai. Pengelola telah mempersiapkan area parkir, sehingga jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dapat menaruh kendaraan di area parkir tersebut.

Jangan takut untuk membayar biaya parkir sebagai balas jasa pada tukang parkir yang berjaga di Pantai Tongaci ya. Itung-itung berbagi dengan sesama.

4.   Toilet

Fasilitas lainnya yang ada di Pantai Tongaci yaitu toilet. Ada beberapa toilet yang tersebar di sekitaran pantai yang bisa digunakan untuk buang air kecil atau membilas diri.

5.   Restoran dan Cafe Bar

Ketika malam menjelang, wisata Pantai Tongaci ditutup. Namun jangan risau, Anda tetap bisa menikmati suasana dinginnya angin malam di kawasan pantai ini kok.

Wisatawan bisa mengunjungi restoran atau bar cafe yang berada di sekitar kawasan pantai. Restoran bar cafe ini menyediakan berbagai kuliner khas Pulau Bangka yang lezat.

6.   Hotel atau penginapan

Sama halnya dengan wisata pada umumnya, Pantai Tongaci juga dilengkapi dengan hotel dan penginapan yang mudah dijangkau.

Jadi, jika Anda menikmati restoran yang ada di Pantai Tongaci hingga malam hari, Anda bisa singgah di fasilitas penginapan ini.

Anda bisa memilih berbagai penginapan dengan harga yang bervariasi. Jadi Anda bisa menyesuaikan sendiri dengan budget yang Anda miliki.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Pantai Tongaci di Bangka Belitung. Sudah siapkah Anda untuk berangkat ke Bangka?

Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bangka Belitung karena memiliki berbagai macam fasilitas pendukung yang lengkap.

Kalaupun belum puas, Anda bisa melanjutkan liburan ke pantai-pantai lain di Pulau Belitung seperti Pantai Penganak, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Pesona, dan yang lainnya.

10 Ulasan untuk Pantai Tongaci, Bangka, Bangka Belitung

  1. Pusat konservasi dan pengembangbiakan penyu… Dari mulai anakan hingga dewasa,agak mirip dengan Mooncot Sari nya Bali. Ada juga museum buku dan barang antik. Tempat yang sangat bermanfaat semoga kedepan lebih berkembang dan tambah jaya

  2. tempat yang indah disertai banyak hiburan mulai dari pantai yg bagus , ada de locomotif , penangkaran penyu serta adanya pusat water sport.

  3. Wisata keluarag

  4. Pantai di wilayah Sungai Liat Kepulauan Bangka yang cukup populer bagi wisatawan. Banyak yang berjualan makanan dan minuman, jd jangan takut untuk kelaparan ataupun kehausan pas disana. Banyak jg wahana permainan untuk anak kecil. Terdapat jg penangkaran penyu. Fasilitas watersport juga ada.

  5. Bgus keren

  6. asli keren keren banget pantai pantai di Bangka ini , bakalan nagih kalau udah menginjakkan kaki di pulau Bangka , see you next time pengen kesini lagi untuk menikmati wisata nya. so kalian juga yg pengen nyari tempat liburan bisa nih ke pantai tongaci Bangka yah

  7. Pantainya bersih dan dikelola dengan baik, harga tiket masuknya 10k perorang dan kendaraan parkir gratis, banyak spot foto yang bagus, bagi yang berlibur ke Bangka wajib datang ke sini

  8. Pengelola sedikit memodifikasi pantai dengan membuat tambak bagi penyu

  9. bagus tp sayang sepi n fasilitas permainan ga ada

  10. Tempat yg nyaman..debur ombak tidak besar ..yg saya suka ada batu pembatas jd aman untuk anak anak bermain dipantai.. Dengan pasir yg berwarna putih

Tinggalkan Balasan