Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban

Sinar Baru, Kelurahan Matras, Sungailiat, Bangka Provinsi Bangka Belitung

16 Ulasan

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan Pulau Bangka? Ya, pulau ini terkenal memiliki berbagai tempat wisata pantai yang mengagumkan, salah satunya adalah Pantai Turun Aban.

Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya. Anda bisa menemukan hamparan batuan granit hitam yang besar tersebar di tengah pantai.

Sebenarnya pantai ini bentuknya mirip dengan teluk. Karena memang banyak batu granit yang mengapitnya. Karena itulah, pantai ini cocok dikunjungi oleh anak-anak karena relatif aman dari terjangan ombak.

Sejarah Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban Bangka
source: instagram.com/bambbambang/

Pantai ini dulu dikenal dengan sebutan Pantai Teluk Limau. Namun, dahulu ada rombongan mahasiswa yang melakukan KKN dan memperbaiki fasilitas pantai ini.

Mereka mengganti papan nama serta papan penunjuk arah dengan sebutan Pantai Turun Aban. Nah, sejak saat itulah pantai ini dinamai demikian.

Namun, ternyata Pantai Turun Aban menyimpan kisah tersendiri bagi masyarakat sekitar. Di sisi sebelah kiri serta di tengah pantai memang berserakan batuan granit dengan berbagai ukuran.

Namun, terdapat sebongkah batu ukuran kecil yang terletak di atas bebatuan besar tersebut. Masyarakat menyebut batu itu sebagai akek antak, yang mana merupakan sebutan bagi kakek antak. Entah dari mana asalnya batu tersebut dinamai akek antak.

Harga Tiket Masuk Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban Belitung
source: instagram.com/hgphotograph72/

Berapa harga tiket Pantai Turun Aban? Sebelum memasuki kawasan wisata pantai ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 5000 untuk satu orang.

Sementara biaya parkir-nya sendiri adalah Rp 2000 per motor dan Rp 5000 per mobil, cukup murah dibandingkan dengan apa yang bisa Anda nikmati di kawasan pantai.

Rute Menuju Lokasi Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban berada di Sinar Baru, Kelurahan Matras, Sungailiat, Bangka Provinsi Bangka Belitung.

Jika dilihat dari posisi geografis maka pantai ini terletak diantara dua pantai elok lainnya, yaitu Pantai Parai Tenggiri serta Pantai Matras.

Kedua pantai tersebut memang sudah terkenal terlebih dahulu. Namun Pantai Turun Aban juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Jarak pantai ini dengan kota Pangkalpinang adalah 42 Km. Jika ditempuh dengan transportasi darat hanya membutuhkan waktu satu jam saja.

Sedangkan jarak pantai ini dengan Kota Bangka Belitung adalah sejauh 136,9 km yang bisa ditempuh dengan waktu 2 jam 43 menit.

Rute yang bisa ditempuh wisatawan mulai dari Kota Pangkalpinang via jalur darat yaitu dari Jl. Raya Pangkalpinang-Sungailiat. Jika sudah sampai di Bundaran Air Mancur Juang Sungailiat, maka bisa menuju Simpang Empat Sungailiat.

Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jl. Belinyu-Sungailiat. Ikuti jalan terus sampai bertemu dengan persimpangan Jl. Parai Indah.

Nah, dari jalan tersebut Anda akan melewati Pantai Parai Tenggiri. Tidak jauh dari pantai tersebut, Anda akan segera tiba di Pantai Turun Aban.

Namun untuk sampai di pantai ini, Anda harus berhati-hati. Karena pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing. Tetapi jangan khawatir, kerja keras akan terbayar dengan indahnya Pantai Turun Aban.

Objek Wisata di Pantai Turun Aban

Pantai ini sangat menarik dikunjungi baik bersama teman maupun anggota keluarnya. Di lokasi pantai, anda bisa menikmati indahnya panorama pantai serta melakukan berbagai kegiatan seru.

Berikut obyek wisata di Pantai Turun Aban serta aktifitas yang bisa Anda lakukan:

1. Pemandangan Pantai

Harga Tiket Pantai Turun Aban Bangka
source: instagram.com/bukan.traveller/

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pantai ini memiliki pesona yang tiada duanya. Pasalnya pantai ini memiliki pemandangan batuan granit hitam yang menambah keeksotisan alam. Ditambah dengan pasir pantainya yang putih pasti membuat semakin betah berlama-lama menghabiskan waktu libur di Pantai Turun Aban.

2. Spot Foto

Rute Ke Pantai Turun Aban
source: instagram.com/andariisset/

Tentu saja pantai ini memiliki banyak spot foto yang unik dan menarik. Anda bisa menjajal spot-spot swafoto instagenic baik di sekitaran pantai ataupun di depan batu granit yang menjulang tinggi.

3. Perahu Nelayan

Pantai ini juga digunakan oleh para nelayan untuk melaut. Ketika kapal-kapal nelayan bersandar, Anda bisa berfoto di dekatnya. Warna warni kapal tersebut pasti akan menambah keindahan foto Anda.

Selain itu, perahu-perahu tersebut juga melayani wisatawan yang ingin menjelajah laut naik perahu. Anda bisa minta izin kepada para nelayan dan membayar sewa beberapa puluh ribu saja.

4. Berenang

Alamat Pantai Turun Aban
source: instagram.com/bangdi_bae/

Karena diapit oleh batuan granit raksasa, pantai ini tidak memiliki arus yang deras. Itulah mengapa pantai ini cocok digunakan untuk mandi atau berenang.

Tapi jangan sampai terlena, tetaplah waspada karena bisa saja ombak besar datang secara tiba-tiba.

5. Tanjung

Di Sebelah selatan pantai terdapat perbukitan yang membentuk sebuah tanjung. Anda bisa naik ke bukit tersebut untuk menikmati keindahan Pantai Turun Aban dari ketinggian.

Selain menjadi lokasi yang strategis untuk menikmati landscape Pantai Turun Aban, perbukitan ini anda juga cocok sebagai spot untuk berfoto.

Fasilitas Pantai Turun Aban

Fasilitas Pantai Turun Aban
source: instagram.com/anggitavermata_15/

Fasilitas yang dimiliki Pantai Turun Aban ini cukup memadai. Di lokasi pantai Anda bisa menemukan fasilitas umum seperti:

1. Toilet dan Kamar Mandi

Tidak perlu takut untuk mandi atau sekedar bermain air di Pantai Turun Aban. Sebab, pantai ini sudah dilengkapi fasilitas toilet serta kamar mandi sebagai tempat ganti baju atau tempat bilas.

2. Area parkir

Pantai ini memiliki area parkir cukup untuk kendaraan roda dua dan empat. Namun Anda harus hati-hati dengan barang bawaan jika tidak ingin terjadi apa-apa. Ya karena pantai ini masih tergolong sepi pengunjung.

3. Tempat Ibadah

Meskipun Anda sedang menikmati liburan, tapi jangan sampai melupakan kewajiban beribadah kepada yang maha kuasa. Nah, untuk keperluan ini pengelola Pantai Turun Aban sudah menyiapkan mushola yang cukup terawat dan sudah ada pula perlengkapan sholat yang tersedia.

Demikian uraian singkat mengenai wisata Pantai Turun Aban Bangka Belitung yang bisa kami sajikan. Jika Anda berencana berlibur ke pantai ini jangan lupa persiapkan kamera ya.

Jangan lupa juga untuk membawa baju ganti jika ingin merasakan sensasi dingin-nya mandi di pantai eksotis ini.

Dan satu lagi, jangan lupa juga jaga kebersihan pantainya, ya. Pantai yang bersih pasti lebih menyenangkan dan membuat nyaman, bukan?

16 Ulasan untuk Pantai Turun Aban, Bangka, Bangka Belitung

  1. Pantai Turun Aban, sebuah pantai yang sangat eksotik dengan nuansa bebatuan kapur karang yang teronggok berserakan dengan ukuran besar dan kecil. Topografi pantai berbatu dan rimbunan tanaman pandan liar membuat nuansa pantai ini sangat spesial. Hijau kebiruan warna air diterpa angin menimbulkan ombak berdebur yang enak terdengar telinga. Jalan masuk ke pantai iniasih berupa jalan tanah menembus gerumbul tanaman.

  2. Pantainya enak buat santai. Banyak perahu nelayan bersandar. Dan waktu saya ke situ, beli ikan Ciw yang lumayan murah. Alhamdulillah. Oiya, air pantainya juga bening. Sebening hatimu. Hehehee..

  3. Pantaiinya cantikk.. seneng bgt liburan di bangka walaupun udaranya panas bgt.. tp terbayar semua dg pemandangan pantai yg indahh .. i love it

  4. Pantainya masih alami, ada kapal2 warna biru💙💙 batu2an jg byk, walau blm tertata tapi pantainya recommended bgt n instagramable

  5. Nice for photo shoot. But not to swim. . Biaya masuk cukup Rp. 3.000 / Orang.. Biaya kendaraan tidak dikenakan alias Parkir Gratis. . Saran : Diberika Toilet / Kamar Bilas & Kamar Ganti yang layak.. . Sepertinya tidakkan masalah jika toiletnya juga berbayar, dari pada pengunjung merasa sulit untuk kembali kesini. Tak salahlah untuk memfasilitasi lagi lebih baik. . Terima Kasih

  6. kl kesini kalian bs naik ke salah satu batu granit yg paling gede disisi utara guys.. . ntr kl dh sampe atas kalian bs menikmati keindahan laut timur pulau bangka & kecantikan pantai tanjung kelayang dr kejauhan.. viewnya amazing!!. walopun naeknya penuh perjuangan sih… Tetep jaga lingkungan dgn tdk buang sampah sembarangan ya guys!!!

  7. Teduh dengan pemandangan pasir putih tumpukan bebatuan besar dan air laut yg jernih

  8. Tempatnya asyik…laut biru dan batu karang..hati2 kalo anak2 mandi..sbb air dalam dan ombak besar

  9. Pantai nya biru, masih bersih, dan banyak spot foto kece, orang-orang/nelayan nya juga ramah ke pengunjung. Saran sih bisa bahasa bangka dikit hehe atau punya temen orang bangka biar lebih enak lagi. Akses nya juga mudah dari pusat kota ke lokasi jalannya bagus mulus deh, dan bisa dijangkau pakai mobil.. tempat parkir nya juga g jauh dari pantai nya. Rekomen pokoknya buat vitamin sea, datang pas weekday aja biar puas lihat pemandangannya 😍

  10. Ini pantainya masih belum kena campur tangan manusia banget, tempatnya agak nyelempit gitu, jadi wajar kalo belum terawat dengan baik, mushola nya kotor banget kmrin, jd kalo misal anda muslim mending sholat sebelum singgah disinii

  11. Tempat nya sangat bagus ,tapi sayangnya air untuk bilasnya kotor dk di laut nya banyak batu karang dan air laut nya sedikit kotor

  12. Pemandangannya bagus sekali. Airnya cukup tenang, pantainya jg tdk terlalu ramai, cocok utk piknik bersama keluarga dan teman. Kekurangannya ada bangkai ikan di pinggir pantai, dekat batu2 shg menimbulkan bau yg kurang sedap

  13. Mantap, pantainya masih asri, ademmm, banyak batu2 jd spot foto hihii restribusi masuk cuma 3rb bisa sampe ke pantai mantras!💕

  14. Pantai yang alami dengan batu-batunya, pasir agak kasar sehingga membuat air laut tidak terlalu keruh ketika berombak

  15. Pantai yang indah dan spot yang bagus untuk orang” mau foto” sunrise. Namun kekurangan dipantai ini adalah pantainya banyak sampah.

  16. Pantai Indah, laut biru. Pasir putih. Batuan megah. Karang buat snorkeling indah… Photoable…

Tinggalkan Balasan