Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia

8 Ulasan

Seiring populer-nya Pantai Tanjung Tinggi yang tampil dalam salah satu bagian di Film Laskar Pelangi, pantai-pantai lain di Kepulauan Bangka pun mulai dikenal keberadaannya.

Di luar dugaan, kepulauan yang ada di timur Pulau Sumatera ini, ternyata memiliki banyak obyek wisata pantai dengan keindahan yang membuat takjub siapa saja.

Salah satu pantai yang merupakan andalan di sektor pariwisata Kepulauan Bangka adalah Pantai Parai Tenggiri. Pantai berpasir putih dengan warna air biru tosca ini, kian hari kian diburu wisatawan yang gemar menghabiskan waktu libur di kawasan pantai.

Nah, kali ini kami akan mengulas tentang Pantai Parai Tenggiri yang dulunya konon sering dikunjungi Presiden Soekarno. Kami akan ulas lengkap mulai dari sejarahnya, harga tiket masuk, hingga apa saja daya tarik yang dimilikinya.

Pantai Parai Tenggiri Bangka Belitung

Pantai Parai Tenggiri
source: instagram.com/bangkaearthfocus/

Awalnya pantai ini dikenal dengan nama Pantai Hakok. Sebagaimana kebanyakan pantai di Kepulauan Bangka, Pantai Hakok pun menjadi sumber mata pencaharian penduduk sekitar.

Dulu, kawasan pantai setiap harinya dipenuhi kapal-kapal nelayan. Pantai ini pun selalu ramai karena menjadi titik temu antara para nelayan dan para pedagang ikan.

Pantai Hakok kemudian berganti nama menjadi Pantai Parai Tenggiri. Nama ini konon diberikan oleh Presiden Soekarno yang menurut cerita sering berkumpul dan berdiskusi bersama teman-temannya di kawasan pantai.

Tentu ada alasan dibalik penamaan pantai ini dengan nama Pantai Parai Tenggiri. Lagi-lagi menurut cerita sejarah, kata “Parai” dipilih Presiden Soekarno untuk mengungkapkan keindahan Pantai Hakok.

Lalu kata kedua yaitu “tenggiri”, konon dipilih karena sang presiden bersama teman-temannya sering menangkap dan membakar Ikan Tenggiri di pinggir Pantai Hakok.

Namun demikian, saat ini di Pantai Parai Tenggiri sudah tidak ditemukan lagi kapal-kapal nelayan. Setelah dibuka sebagai tempat rekreasi, yang ada di pantai ini hanyalah fasilitas serta wahana wisata saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Parai Tenggiri

Sejarah Pantai Parai Tenggiri
source: instagram.com/bangkaearthfocus/

Untuk memasuki kawasan pantai, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp. 25.000. Harga tiketnya mungkin terbilang mahal, tapi sudah sepadan dengan keindahan, fasilitas serta wahana yang akan Anda temukan di kawasan Pantai Parai Tenggiri.

JenisHarga
Tiket MasukRp 25.000
Tiket ParkirRp 5.000 (Motor) – Rp 10.000 (Mobil)

Rute Menuju Lokasi Pantai Parai Tenggiri

Gambar Pantai Parai Tenggiri
source: instagram.com/fs.siska25/

Pantai ini beralamat di Desa Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Bagi wisatawan luar pulau, akses ke lokasi pantai bisa melalui jalur udara dengan tujuan Bandar Udara Depati Amir.

Kemudian setelah tiba di bandara, perjalanan bisa dilanjutkan via jalur darat dengan jarak kurang lebih 40 kilometer.

Wisatawan luar pulau tentu belum mengetahui rute ke Pantai Parai Tenggiri. Karena itu, saran kami gunakan saja jasa travel yang nanti akan mengantarkan Anda langsung ke lokasi pantai.

Obyek Wisata di Pantai Parai Tenggiri

Jejeran saung, pasir putih, dan air laut biru tosca akan menyambut kedatangan Anda di Pantai Parai Tenggiri. Selain itu, batu-batuan granit yang menjadi ciri khas pantai-pantai di Kepulauan Bangka, juga melengkapi pesona keindahan alam di pantai ini.

Umumnya wisatawan yang datang ke Pantai Parai Tenggiri akan menghabiskan waktu dengan bersantai dan mencoba aneka macam wahana wisata.

Berikut akan kami uraikan deskripsi wahana wisata yang ada beserta kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Parai Tenggiri Belitung:

1. Berenang

Deskripsi Pantai Parai Tenggiri
source: instagram.com/fea_corp/

Aktifitas pertama yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Parai Tenggiri adalah berenang. Aktifitas ini didukung oleh air laut yang cukup bersih dengan ombak yang tenang.

Anda bisa berenang maupun berendam di pinggir pantai. Ajak serta anak-anak karena mereka pun bisa berenang dengan aman di pantai ini dengan catatan tetap diawasi oleh orang tuanya.

2. Snorkeling

Tidak hanya kawasan pantainya saja yang indah. Namun, taman air bawah laut Pantai Parai Tenggiri juga tak kalah mempesona.

Cobalah snorkeling untuk menyelami indahnya panorama bawah laut. Peralatan snorkeling bisa disewa di pengelola dengan biaya beberapa ratus ribu saja.

3. Huting Foto

Deskripsi Pantai Parai Tenggiri
source: instagram.com/debbymasrury/

Landscape Pantai Parai Tenggiri yang indah tentu memiliki banyak spot foto. Anda bisa menjadikan setiap sudut pantai ini sebagai background foto.

Selain itu, di sekitaran pantai juga ada spot foto buatan dalam bentuk panggung-panggung dan ayunan. Spot lainnya, area dengan formasi batuan gratit di tepi pantai juga cocok sebagai latar foto.

4. Mancing

Pantai ini memiliki kekayaan laut berupa terumbu karang dan ikan-ikan segar. Anda bisa mendapatkan ikan-ikan tersebut dengan cara memancingnya.

Bagi Anda yang hobi memancing, tentunya sensasi saat umpan ditangkap dan ditarik oleh ikan-ikan merupakan momen yang sangat menyenangkan.

Namun begitu, nampaknya belum ada penyewaan peralatan mancing di Pantai Parai Tenggiri sehingga Anda harus membawa peralatan memacing dari rumah.

5. Jelajah Laut

Keindahan Pantai Parai Tenggiri
source: instagram.com/kemenparekraf.ri/

Aktifitas seru lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunung ke Pantai Parai Tenggiri adalah menjelajah laut dengan aneka wahana air.

Di pantai ini sudah tersedia penyewaan perahu wisata dan banana boat. Tapi kalau Anda menginginkan sensasi yang lebih menegangkan, silahkan coba sewa dan jelajahi setiap sudut pantai dengan jetski.

6. Huting Kuliner

Kuliner Pantai Parai Tenggiri
source: instagram.com/parai_bangka/

Yang terakhir sebagai penutup, Anda bisa memanjakan lidang dengan aneka menu kuliner khas pantai di restoran maupun warung yang ada di sekitar Pantai Parai Tenggiri.

Menu-menu kuliner yang bisa dinikmati umumnya menu seafood seperti ikan bakar, cumi bakar, gangan, hingga kepiting bakar. Lalu untuk minumannya, Anda bisa memesan es teh atau es kelapa muda.

Fasilitas di Pantai Parai Tenggiri

Fasilitas Pantai Parai Tenggiri
source: instagram.com/1vstagram/

Wahana wisata yang lengkap serta adanya fasilitas umum yang memadai menjadi daya tarik tambahan obyek wisata Pantai Parai Tenggiri.

Di pantai ini, pengelola sudah menyediakan fasilitas umum dengan kondisi terawat diantaranya area parkir, mushola, kamar bilas, gazebo, restoran, dan penginapan.

Untuk penginapan Anda bisa memilih berbagai tipe dengan tarif sewa sesuai fasilitasnya.

Yup, demikianlah ulasan tentang Pantai Parai Tenggiri yang ada di Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

Pantai ini bisa dicoba sebagai alternatif tambahan setelah mengunjungi pantai lain di Belitung seperti Pantai Tanjung Tinggi atau Pantai Tapak Antu.

Akhir kata semoga bermanfaat dan menjadi tambahan referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang Pantai Parai Tenggiri.

8 Ulasan untuk Pantai Parai Tenggiri, Bangka, Bangka Belitung

  1. Lumayan bersih tempatnya sejuk gak panas” amat ada tempat jual makanan” ringan jadi bagi yang kelaparan bisa beli walaupun agak mahal ya itu menurut saya kalo bagi kalian mau tau lebih detail langsung aja datang ke tempatnya

  2. Pantainya bagus, tapi sebenarnya itu di bibir pantai banyak sekali sampah(ambil foto dari jauh jadi biar gak keliatan sampahnya). Rumput dan tanaman disekitar pantai serta penginapan tidak terawat. Padahal mereka punya banyak staff yang bisa mengerjakan hal tersebut. Sayang sekali…

  3. suasanya asik…. tiket masuk murah.. rasanya VIP tp harga Economy Class hehhe

  4. Berkali kali kesini tapi bungalow2nya Ga sebagus dulu..perawatannya ditingkatin lagi👌🏻overall tetep bersih pantainya👌🏻

  5. Pertama kali ke pantai Parai itu 10 th yang lalu, kondisi nya cantik dan terawat. Sekarang mengunjungi nya lagi, sedih karena kurang terawat, banyak sampah, cat2 dinding sudah pudar. Semoga akan segera dipercantik lagi agar semakin banyak yg ingin menikmati keindahannya..

  6. Ombaknya tenang, jd cocok utk berenang, meski airnya ga jernih2 banget, tp di bagian pantai masi keliatan jernih dikit airnya. airnya ijo. Di sebelah kiri resort ada batuan besar2 spt di belitung. Kl bawa anak kecil, aktivitas disini plg hanya berenang. Resortnya langsung ngadep pantai

  7. Pantai berbatu, itu jenis pantai dalam buku IPA (untuk anak yg seumuran dilan pasti tahu, anak jaman now pakai tematik jadi mungkin gak tahu buku IPA). Disebut pantai berbatu karena dominasi batu yg besar di pantainya, daripada lumpur atau pasir (bila dominasi pasir biasanya disebut pantai pasir). nnPantai wisata ini terletak si sebuah tanjung dan teluk, jadi secara pemandangan pasti menarik. Hiburan selanjutnya adalah sunrise, jadi bangunlah pagi pagi (jangan biarkan rejekimu dipatok ayam). Uniknya selanjutnya pemandangan penambangan timah di laut (seharusnya ini efeknya bikin keruh perairan). nnSoal fasilitas hotel, sebaiknya ditingkatkannnNote: sebaiknya dikurangi penambangannya gak usah sampai laut, biar gak mengganggu indah dan nyamannya biota laut (terumbu karang, lamun, ikan dll)

  8. Urusan pantai, bangka ga usah ditanya lagi deh. Juara pokoknya……

Tinggalkan Balasan