Pantai Tapak Antu

Pantai Tapak Antu

Batu Belubang, Kec. Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia

19 Ulasan

Kepulauan Bangka Belitung ternyata memiliki banyak destinasi wisata pantai yang indah, salah satunya Pantai Tapak Antu. Meski masih membutuhkan pembenahan, tapi pantai ini sudah cukup bagus untuk dijadikan tujuan berakhir pekan.

Pantai Tapak Antu menawarkan pesona pantai yang biru dengan jejeran batuan granit. Uniknya, di salah satu batu granit tersebut, konon ada jejak mistis yang dipercaya warga sekitar sebagai jejak makhluk gaib.

Selain itu, pantai ini terkesan masih sangat alami dengan adanya pohon-pohon pinus yang tumbuh di sepanjang pantai. Di samping menjaga area pantai dari erosi, adanya pepohonan tersebut membuat suasana di pantai Tapak Antu tetap sejuk sepanjang hari.

Sejarah Pantai Tapak Antu Bangka Belitung

Pantai Tapak Antu

Dari dulu hingga sekarang, Pantai Tapak Antu menjadi sumber ekonomi penduduk Desa Batu Belubang. Setiap hari, warga desa menggantungkan hidup dari hasil tangkapan ikan di Pantai Tapak Antu.

Selain itu, dibukanya kawasan pantai sebagai tempat rekreasi juga menjadi berkah bagi masyarakat. Dengan ramainya wisatawan yang liburan ke Pantai Tapak Antu, warga bisa mengais penghasilan tambahan dari berjualan aneka makanan dan minuman.

Pantai ini dinamai Tapak Antu karena di salah satu batuan granit terdapat bekas kaki yang dipercaya sebagai kaki dewa. Hingga kini, bekas tapak kaki tersebut masih bisa dilihat meskipun tak sejelas dulu.

Pantai Tapak Antu atau sebagian orang menyebut dengan pantai tapak Hantu memang populer dengan cerita mistis turunnya makhluk gaib. Namun, Anda tidak perlu takut karena hal-hal mistis tersebut hanya ada dalam hikayat sejarah.

Buktinya, kawasan Pantai Tapak Antu setiap hari selalu ramai oleh para wisatawan. Dan, hingga kini tak pernah ada hal-hal mistis atau kejadian menyeramkan yang terjadi di Pantai Tapak Antu.

Yang ada hanyalah pemandangan indah dari hamparan pasir putih berpadu birunya air laut. Ditambah lagi, jejeran batu-batu granit serta hijaunya pohon pinus membuat nuansa alami semakin terasa di Pantai Tapak Antu.

Harga Tiket Masuk Pantai Tapak Antu

Harga Tiket Pantai Tapak Antu
source: instagram.com/tutikpujiastuti/

Sama halnya dengan Pantai Tanjung Tinggi, dulunya wisatawan bisa masuk ke kawasan pantai tanpa perlu membeli tiket masuk.

Namun, saat ini para pelancong diwajibkan membayar retribusi atau tiket masuk Pantai Tapak Antu yang dijual dengan harga Rp. 5000 per orang.

Selain itu, wisatawan juga harus membayar retribusi parkir jika datang menggunakan kendaraan pribadi. pengguna roda dua harus membayar sebesar Rp. 2000, sementara pengguna roda empat harus membayar sebesar Rp. 5000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tapak Antu

Rute Ke Pantai Tapak Antu
source: instagram.com/wangibangkacraft/

Pantai Tapak Antu beralamat di Desa Batu Belubang, Kec. Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Lokasi pantai ini sangat dekat dari pusat kota dengan jarak hanya 4 kilometer dari komplek kantor Gubernur Bangka Belitung.

Mengenai rute ke Pantai Tapak Antu, Anda tidak perlu bingung karena saat ini sudah ada banyak papan penunjuk jalan.

Setelah sampai di pusat kota, aktifkan saja aplikasi Google Maps untuk menemukan rute terbaik sesuai arah kedatangan.

Yang perlu diperhatikan, saat ini akses jalan ke kawasan pantai masih cukup memprihatinkan. Di mana, sepanjang 2 kilometer ke lokasi pantai, jalurnya masih berupa tanah merah yang kadang berlumpur dan sangat licin saat musim hujan.

Karena itu, persiapkan kondisi kendaraan Anda jauh-jauh hari sebelum berlibur ke Pantai Tapak Antu. Pastikan kendaraan yang Anda gunakan masih sehat dan ban nya masih baru.

Obyek Wisata di Pantai Tapak Antu

Ada beragam aktifitas yang bisa pengunjung lakukan saat liburan di Pantai Tapak Antu. Sebagai referensi, berikut obyek wisata serta kegiatan menarik yang bisa pengunjung coba:

1. Pemandangan Pantai

Alamat Pantai Tapak Antu
source: instagram.com/phing_swarovski/

Perlu diketahui bahwa Pantai Tapak Antu menurut kami tidak cocok untuk berenang. Hal ini karena kondisi pantainya yang berlumpur.

Sebagai gantinya, Anda bisa menikmati waktu dengan duduk santai di atas gazebo-gazebo yang berjejer di pinggir pantai.

Dari atas gazebo, Anda bisa menikmati pemadangan indah Pantai Tapak Antu sambil bercengkerama dengan ke anggota keluarga.

2. Spot Foto

Sejarah Pantai Tapak Antu
source: instagram.com/suryanayeyet/

Di sela-sela menikmati pesona alam Pantai Tapak Hantu, Anda juga bisa mengabadikan setiap momen ke dalam tangkapan kamera.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu bingung mencari spot foto karena pengelola ternyata sudah menyediakan beberapa spot swafoto di sekitaran pantai.

Salah satu spot foto yang bisa dicoba adalah spot ayunan berlatar tanda hati atau love. Selain itu, ada juga spot dermaga kayu berlatar pohon bakau yang dapat menghadirkan kesan alami dalam foto.

Dan jangan lupa, formasi batuan granit di sepanjang pantai juga cocok dijadikan background foto. Coba saja berfoto di area tersebut dan Anda akan takjub dengan hasilnya.

3. Mancing

Lokasi Pantai Tapak Antu 1
source: instagram.com/and_rians/

Aktifitas selanjutnya yang bisa dilakukan saat rekreasi di Pantai Tapak Antu adalah memancing. Bagi Anda yang hobi mancing, jangan lupa bawa peralatan memancing dari rumah.

Selain terkenal karena kisah mistinya, jangan lupa bahwa pantai tapak antu menyimpan kekayaan laut yang melimpah.

Berbagai jenis ikan bisa Anda dapatkan di pantai ini mulai dari ikan-ikan kecil, cumi-cumi, ikan teri, hingga ikan ekor kuning.

4. Kuliner Khas

Pantai Tapak Antu Belitung
source: samudranesia.id

Menjadi hal biasa jika berlibur ke pantai kita pasti menemukan warung-warung penjual makanan ringan maupun makanan berat.

Nah, saat liburan di Pantai Tapak Antu, Anda pun bisa menikmati berbagai hidangan kuliner khas pantai di warung-warung yang ada.

Pilihan menu yang tersedia umumnya berbahan hasil tangkapan para nelayan atau seafood. Menu lainnya, Anda juga mungkin akan menemukan kuliner bernama gangan yang merupakan kuliner khas bangka belitung.

Jika ingin yang lebih seru, Anda bisa membeli ikan-ikan dari para nelayan lalu memasak atau membakarnya sendiri di pinggir pantai.

Jika dilakukan beramai-ramai bersama teman-teman, pastinya ini jauh lebih menyenangkan dan menjadi pengalaman berharga yang sulit terlupakan.

Fasilitas di Pantai Tapak Antu

Fasilitas Pantai Tapak Antu
source: instagram.com/enypuji_/

Meskipun masih dikelola oleh warga sekitar bersama anggota karang taruna Desa Batu Belubang, tapi di pantai ini sudah tersedia fasilitas umum yang cukup memadai.

Adapun fasilitas-fasilitas yang akan Anda temukan di Pantai Tapak Antu yaitu:

1. Toilet

Ada beberapa toilet di Pantai Tapak Antu yang tersebar di sekitaran pantai. Hanya saja, menurut pengakuan beberapa wisatawan, kondisi toilet di pantai ini masih kurang terawat.

Pengelola sepertinya perlu meningkatkan kontrol serta perawatan terhadap toilet yang ada. Selain itu, wisatawan juga perlu menyadari pentingnya menjaga kebersihan saat menggunakan toilet.

2. Gazebo

Tempat duduk berupa saung atau gazebo juga sudah disiapkan pengelola. Anda bisa menemukan gazebo-gazebo ini di sepanjang Pantai Tapak Antu.

3. Area Parkir

Area parkir ini lokasinya tidak jauh dari kawasan pantai. Demi keamanan, jangan takut membayar biaya parkir sebagai balas jasa pada tukang parkir yang menjaga kendaraan Anda.

4. Mushola

Fasilitas ibadah seperti mushola juga sudah tersedia di Pantai Tapak Antu. Namun, kodisinya hampir sama dengan toilet yang nampak seperti kurang terawat.

Nah, demikian ulasan singkat tentang harga tiket Pantai Tapak Antu beserta obyek wisata dan fasilitasnya. Pantai ini sangat cocok sebagai alternatif destinasi wisata  keluarga di akhir pekan.

Akhir kata jika Anda tertarik untuk berlibur ke Pantai Tapak Antu Belitung, jangan lupa selalu jaga kebersihan agar suasana pantai tetap nyaman dan enak dipandang.

19 Ulasan untuk Pantai Tapak Antu, Bangka, Bangka Belitung

  1. Pantai ini memberikan kesan yang berbeda dibandingkan pantai disekitarnya, disini banyak batu-batu cantik, spot buat selfie. Dan sekarang sedang dibenahi terus. Hanya saja jalan menuju lokasi yang kurang begitu bagus, meskipun jaraknya cukup dekat dari kota. #LetsGuide

  2. Pantai Batu Belubang atau Pantai Tapak Antu di Bangka ini memiliki panorama alam yang indah karena terdapat banyak formasi batu granit yang besar di sisi pantai. Sekitar pantai juga banyak tanaman pohon bakau. Dinamakan Tapak Antu karena sejarahnya di salah satu granit terdapat lubang yang menyerupai telapak kaki.

  3. Untuk tempat ini lumayan Bersih, Karang2 Di Pinggir Pantai bagus untuk spot foto tetapi pantai nya berlumpur, untuk fasilitas Toilet saat saya berkunjung di pagi hari toilet nya masih terkunci

  4. Tempat nya sungguh segar pemandagan yg menganggum kan,bgi yg suka jaln2,atau refresing pergi la ke telapk hantu gk rugi de klau ke sana

  5. Ada sejarah kenapa pantai ini sebut pantai telapak hantu… Karna dulu terdapat jejak seperti jejak kaki di atas batu di pantai tsb.. 1 berukuran besar yang 1 lagi kecil.. Dan ada jga jejak seperti roda sepeda… Penduduk sekitar mempercayai ada dewa yang turun ke bumi menggunakan kereta nya sehingga terdapat jejak seperti roda kecil dan jejak kaki mereka…

  6. Bagus, harus bawa sepatu boot kalo mau jalan di pinggir pantai ini supaya kaki tidak becek lumpur

  7. Pasir pantainya putih dan asri…Zzz cocok untuk bersantai bersama keluarga tercinta

  8. sayangnya kurang perawatan padahal lumayan bagus tuk dijadikan tempat liburan..

  9. Tempatnya sangat bagus, tidak seseram seperti namanya, hehe. Cukup dekat dengan ibukota provinsi, sehingga hanya memerlukan 10-15 menit menuju ke sini. Parkiran sangat luas untuk menampung cukup banyak roda 4. Kekurangannya hanya pada akses jalan masuk yang masih berupa tanah merah, dan akses akomodasi/ konsumsi pengunjung yang kurang beragam. Terlebih, dampak dari penambangan timah pinggir pantai membuat pesisir pantai tertutup lumpur yang agak tebal. Jadi jika anda berencana berenang di pantai, tempat ini mungkin bukan yang anda cari

  10. Pantainya sebenarnya bagus, cuma sayang banyak sampah nya, dear pengunjung pantai tapak antu jangan suka buang sampah sembarangan yaa, udh bnyak disediain tempat sampah padahal

  11. pantai nya indah banyak batu. ada kantin. parkir teratur baik untuk motor mobil. kurang bangunan mushola. ada wc tp ga terlalu bersih. ramai terus.

  12. Areal luas, kurang inovasi dan pembenahan, Jalan masuk masih jalan tanah. Semoga mendapat perhatian yg lebih dari pemerintah.

  13. Sudah terkelola dengan lumayan baik, jalan akses masih kurang baik, aspal yang bolong-bolong dan jalan tanah berkerikil yang berdebu di musim panas

  14. akses jalan yang kurang bagus. fasilitas penunjang seperti toilet kurang terurus. lebih baik ke pantai2 lain.

  15. Bermodalkan google map bisa sampai kesini. Akses ke sini masih jalan tanah dan batuan merah, pantainya berlumpur dan banyak sampah plastik. Karcis retribusi mobil tertera disitu Rp 2000 tapi sama oknum petugas diminta Rp 5000. Masih bagus pantai Tj Kerasaknya Bangka Selatan, dan masih gratis pula…

  16. Kalau airnya pasang pas lagi airnya jernih enak di lihat . Punya cerita mistis sampai di namai batu tapak hantu (dewa) banyak pohon dan saung tempat beristirahat musola yg nyaman dan pemandian air bilas setalah mandi air laut

  17. Tempat cukup bagus, akses masuk ke lokasi perlu diperbaiki, sarana umum musholla, kamar mandi & toilet perlu ditingkatkan fungsi & kebersihannya.

  18. Masih kurang dikelola dengan baik, jalan menuju lokasi masih tanah merah, namun dibalik semua itu pantainya yg indah jd salah stau alternative tempat bersantai di sore hari

  19. Pantai yang cukup indah, cocok utk santai atau acara gathering / camping, fasiltas sudah lumayan lengkap dg toilet, musholla, listrik dll

Tinggalkan Balasan