Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam

Jalan Kemuning, Parit, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33411, Indonesia

14 Ulasan

Adanya deretan pantai yang tersebar di Belitung membuat daerah ini layak disebut sebagai surga dunia. Berlibur ke Bangka Belitung tidak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantainya.

Anda harus menyempatkan untuk mengunjungi salah satu objek wisata populer yaitu Pantai Tanjung Pendam. Terletak di pusat kota, menjadikan pantai ini mudah dijangkau sehingga ramai oleh wisatawan.

Terlebih lagi, pantai ini merupakan pantai yang sudah dikelola oleh pemerintah setempat sehingga sudah tertata dan terasa nyaman. Bagaimana suasana di pantai ini? Yuk baca sampai akhir.

Tak seperti pantai lainnya, pantai Tanjung Pendam ini tidak memiliki bibir pantai yang landai namun ada tembok beton yang berada di sepanjang pantai untuk menahan dari abrasi air laut.

Nah, Apa saja sih daya tarik wisata Pantai tanjung Pendam? Jika Anda penasaran, kami akan mengulas secara ringkas dibawah ini

Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam

Keindahan Pantai Tanjung Pendam sudah diakui sejak lama, bahkan sejak dari zaman Hindia-Belanda. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai foto peninggalan sejarah ketika wisatawan mengunjungi pantai ini.

Menurut sejarah, pada awal abad ke-20, pantai ini sempat menjadi perumahan elit perusahaan timah milik NV.GMB. Kemudian keindahan pantai ini cukup menarik para pekerja timah dan juga wisatawan, sehingga mereka memilih mendirikannya di kawasan Tanjung Pendam.

Pada masa itu juga, mulai dibangun hotel oleh perusahaan untuk para investor dan wisatawan. Lokasi hotel tersebut sekarang berada di samping kanan panggung utama Tanjung Pendam, di balik pagar di halaman aset PT. Timah.

Seiring berjalannya waktu, banyak perusahan timah yang berdiri di kawasan ini. Hal ini menjadikan Bangka Belitung lebih makmur.

Karena keindahan pantai dan letaknya yang cukup strategis, pemerintah setempat bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Bangka Belitung untuk mengelola pantai ini dengan membangun beberapa fasilitas pendukung.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam Belitung
source: instagram.com/nanatasus/

Untuk bisa memasuki kawasan Pantai Tanjung Pendam, Anda cukup membayar Rp. 2.000 per orang. Anda pun bisa berkunjung ke pantai ini kapanpun, karena pantai ini dibuka setiap hari 24 jam.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam terletak di Desa Tanjung Pendam. Tepatnya berada di Pusat Kota Tanjungpandan.

Dengan lokasinya yang dekat dengan pusat Ibu Kota kabupaten Belitung maka akses jalan menuju tempat ini tentunya sudah bagus. Jalur masuk hingga ke dalam kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam sudah beraspal, disertai jalan setapak dari batu untuk pejalan kaki.

Anda yang berangkat dari daerah yang jauh, bisa naik pesawat dan menuju Bandara H.A.S. Hanandjoeddin terlebih dahulu. Dari bandara ini silahkan lanjutkan perjalanan ke Pantai Tanjung Pendam dengan waktu sekitar 25 menit.

Objek Wisata Pantai Tanjung Pendam

Apa saja yang bisa Anda dapatkan di kawasan wisata ini?

1. Sunset

Htm Pantai Tanjung Pendam
source: instagram.com/ftmahsity/

Inilah yang menjadi primadona pantai Tanjung Pendam, yaitu pemandangan sunset yang begitu cantik.

Kalau matahari terbit terbaik dimiliki Pantai Serdang, ternyata matahari terbenam paling cantik dimiliki Pantai Tanjung Pendam ini. Posisi pantai yang menghadap ke arah Barat membuat ini sangat strategis untuk melihat keindahan matahari terbenam.

Bagi Anda penikmat senja, wajib banget mengabadikan momen bersama yang tersayang disini. Selain itu, Anda juga dapat mengabadikan momen tersebut dengan kamera Anda, pasti hasilnya begitu memukau.

2. Menikmati Pemandangan

Obyek Wisata Pantai Tanjung Pendam
source: instagram.com/dikkisgetaway/

Walaupun memiliki keistimewaan sunset yang begitu menawan, Pantai Tanjung Pendam juga tak kalah terlihat indah di pagi maupun siang hari.

Pemandangan lain yang bisa Anda lihat ketika berada di Pantai Tanjung Pendam adalah Pulau Kalamoa, yang mana pulau tersebut terlihat sangat hijau.

Pulau Kalamoa tampak begitu indah dan ternyata pulau tersebut menyimpan misteri cerita masa lalu hingga membuat penasaran. Bahkan, Pulau Kalamoa memiliki sebuah kelenteng, bangunan menara pandang yang dibuat pada masa kolonial Belanda dan terdapat makam seorang ulama.

3. Relaksasi dan bersantai

Rute Pantai Tanjung Pendam
source: instagram.com/ferrydp/

Pantai memang merupakan salah satu tempat terbaik untuk melepas lelah dan penat. Dengan sajian panorama alamnya yang indah, melihatnya saja akan membuat segala jenuh dan penat langsung hilang.

Meskipun Pantai Tanjung Pendam ini terbilang pantai yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan di Belitung, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan relaksasi.

Sebab, pantai ini memiliki fasilitas pendukung dan juga menampakkan panorama yang indah. Nah, dari situlah membuat Anda bisa bersantai di beberapa spot yang ada.

4. Panggung Terbuka

Selain menikmati suasana pantai dengan ombaknya yang tidak terlalu besar, para wisatawan juga dapat menikmati  berbagai hiburan yang ada di sekitar pantai.

Anda dapat bersantai sembari menikmati sajian hiburan yang diadakan pada waktu tertentu. Inilah yang menjadi hal mengasyikkan ketika di pantai Tanjung Pendam.

Selain itu, jika Anda ingin menikmati malam yang tak terlupakan di kawasan pantai, jangan lupa untuk melihat music live yang dapat Anda saksikan ketika malam hari.

Namun sayangnya tidak setiap malam live music in ada. Jika beruntung Anda bisa datang saat ada festival atau pertunjukan.

5. Buang Jong

Pantai Tanjung Pendam yang dikelola Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung ini memiliki beragam tontonan menarik yang ada di sepanjang pantai.

Salah satu acara yang bisa Anda tonton yaitu Acara tradisi Buang jong. Buang jong diadakan di tepi pantai pada waktu-waktu tertentu oleh suku Sawang.

Bagi Anda yang ingin Buang jong, Anda dapat mengagendakan mendatangi Pantai Tanjung Pendam sekitar bulan Agustus sampai November.

Fasilitas di Pantai Tanjung Pendam

Fasilitas Pantai Tanjung Pendam
source: instagram.com/ngetrip.community/

Pantai yang dikelola oleh pemerintah setempat dan juga Dinas pariwisata ini pun sudah memiliki berbagai fasilitas pendukung bagi para wisatawan yang sedang berkunjung, diantaranya sebagai berikut :

1. Wi-Fi

Berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Tanjung Pendam memiliki fasilitas yang jarang ditemui di objek wisata pantai, yaitu tersedia Wifi untuk mengakses internet.

Jadi, di pantai ini Anda bisa internetan menggunakan Wifi yang tersedia sambil bersantai.

2. Artshop

sebagai alternatif lain ketika mengunjungi Pantai Tanjung Pendam, Anda dapat mengunjungi galeri-galeri pasar seni yang ada di dalam kawasan wisata ini.

Terdapat gerai-gerai milik warga setempat yang menjual berbagai galeri seni. Selain galeri seni lukisan, di sini Anda juga dapat membeli beraneka hasil kerajinan yang unik hasil karya masyarakat sekitar.

3. Warung Makan dan Minum

Tak lengkap rasanya jika berwisata ke Belitung tanpa mencicipi hidangan seafood-nya. Cara terbaik menikmati makanan ini adalah dengan bersantai di tepian pantai.

Anda dapat memilih warung seafood di dekat pantai untuk memesan makanan dan minuman yang begitu khas, sehingga Anda tak akan kehabisan energi.

4. Jogging Track

Kawasan pantai ini memiliki jalan yang mulus, lebar serta bersih. Sehingga banyak juga wisatawan yang berolahraga seperti jogging atau bersepeda di trek tersebut.

Hari Minggu menjadi waktu yang paling pas jika Anda ingin berolahraga di kawasan ini.

5. Taman Bermain

Fasilitas pendukung lainnya yang ada di pantai ini adalah taman bermain. Taman ini bisa digunakan untuk bermain anak-anak. Taman bermain inipun dilengkapi dengan lampu lampu yang ada di sekitar jalan.

Anda pun bisa menikmati pesona pantai dengan bersantai duduk di taman bermain ini sambil merefresh pikiran.

6. Toilet

Fasilitas satu ini tentunya juga sudah tersedia di Pantai Tanjung Pendam. Kondisinya pun masih cukup bagus karena selalu dirawat oleh pengelola.

7. Musholla

Pantai Tanjung Pendam juga memiliki fasilitas tempat ibadah yaitu mushola. Dengan adanya berbagai fasilitas pendukung ini akan membuat liburan Anda terasa lebih optimal.

Nah, bagaimana ulasan diatas, sangat menarik bukan? Semoga menambah referensi Anda mengenai informasi Pantai Tanjung Pendam Belitung. Yuk, segera atur jadwal liburan Anda untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung ini.

14 Ulasan untuk Pantai Tanjung Pendam, Bangka, Bangka Belitung

  1. Pantai yang sangat unik dan nyaman untuk bersantai di sore hari ditemani berbagai macam jajanan dan tempat yang pas untuk menikmati family time dan senam/jogging di pagi hari dengan pepohonan hijau di sepanjang kamla yang akan memanjakan mata Anda saat berkunjung disana. Ditambah lagi panggung hiburan yang bisa Anda sewa untuk melangsungkan acara kantoran atau event* besar lainnya. ……..selamat berkunjung……….. Dan tetaplah jaga kebersihan di sekitar

  2. Mini Sanur, mini Kuta, mini Ancol, tapi lengkap lho.. ada hotel2, ada cafe2 live music, ada warung2, ada playground buat anak2, ada kereta2an, odong2, byk gazebo buat duduk2 santai. Pantainya landai tanpa ombak sprt pantai2 di Belitung yg lain. Salah satu pantai yg terletak nggak jauh dr pusat kota, cmn 10menit smp. Jadi bisa maen ma keluarga tiap hari kesini. Tiket masuknya pun cuman 2rb. Murah meriah tapi anak seneng. Sering ada expo ma pameran kebudayaan juga. Acara musik juga.

  3. Semacam Kuta tapi lebih tenang. Dan di sini jadi semacam arena kumpul keluarga. Ada wahana main anak kaya sewa mobil-mobilan, juga taman yg ada slide dan ayunannya. Banyak cafe dg live music juga dekat dengan lesehan menu ikan laut fresh.. . Nyaman stay di sekitaran sini.

  4. Salah satu objek wisata terbaik di pulau belitung. Pantai ini terletak di pusat kota tanjungpandan. Kalau mau masuk ke sini, mesti bayar tiket 2.000/orang. Pantainya sih biasa saja, cuma view pas sunset bagus, jadi saya suka ke sini pas sunset saja.

  5. Wisata pantai yg berlokasi tdk jauh dr pusat kota tanjungpandan.cocok untuk wisata keluarga…hrg tiket masuk 1.000 rupiah per orng…kendaraan tdk dihitung dan parkir bebas di area pantai…ada bbrp permainan untuk anak2 seperti kolam pancing kecil,odong2,mobil keliling,kereta api kecil,rumah balon dan mobil remote…hrg tiap permainan mulai dr 5rb s.d 15rb…. Car free day tiap minggu dari jam 6 s.d 9 pagi…ada bbrp kuliner jg…

  6. Favorite place buat ngeliat sunset. Ini jadi sasaran spot foto wisatawan dari luar kalo ke Belitung, karena emg pantainya bagus dan bersih. Lokasi juga strategis ada di tengah kota Tanjungpandan. Pembenahan fasilitas seperti toilet juga semakin meningkat. Good 👌

  7. Garis pantai yang mudah dibuat jalan-jalan sangat luas dengan pasir putih namun pemandangan air dan pasir, tidak ada pohon, perahu yang menambah keindahan. Di sekitar banyak kafe, bisa nongkrong di malam hari sambil menikmati semilir angin.

  8. Pantai buat menikmati sunset katanya, tapi saya belum beruntung datang kesana sudah terlalu sore,jadi tidak bisa menikmati sunsetnya. Hari kedua kesana masih siang hari. Pantai bersih.. tp untuk toilet bisa ditingkatkan lagi..

  9. Deket dgn pusat kota asyik buat sekedar nongkrong sore.. minggu pagi suka ada sunmor

  10. Pantainya bersih, banyak tempat makan, cocok kalau bawa anak kecil kalau berenang di pantai, karena sama sekali ga ada ombak dan dangkal

  11. Tempat yg sangat direkomendasikan utk liburan bersama keluarga dan bsa menikmati berbagai macam kuliner di hari minggu pagi

  12. Tempat yang cukup bagus untuk menikmati sunset, di sekitar pantai juga ada tempat bermain anak-anak. Terletak di pusat kota tanjung pandan, jadi jika berwisata dan menginap di tanjung pandan, tidak ada salahnya untuk mampir menikmati sunset disini.

  13. Buat santai makan siang, ada pondok2 kecil…toiletnya baru..bersih…

  14. Pantai yg cocok untuk santai ndak jauh dari rumah juga dekat dngn pusat kota belitung . Pokoknya santuy tempat nya dapat lihat sunset juga

Tinggalkan Balasan