Pantai Penyabong

Pantai Penyabong

Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung 33452, Indonesia.

16 Ulasan

Berbicara tentang pantai di kawasan Bangka Belitung memang tidak ada habisnya. Pulau Bangka terkenal memiliki deretan pantai dengan jumah yang tak terhitung dan mempesona.

Salah satu keindahan pantai yang perlu Anda ketahui adalah Pantai Penyabong. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan liburan yang menyenangkan, maka pantai satu ini merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi.

Dikarenakan terdapat banyak hal menarik dan unik yang dapat Anda temukan di pantai ini. Berikut kami akan memberikan ulasan singkat mengenai Pantai Penyabong.

Pantai Penyabong

Pantai Penyabong Bangka

Berdasarkan cerita yang berbeda, wilayah Membalong atau kawasan pantai ini adalah kawasan yang sedikit tertinggal dibandingkan dengan kawasan Belitung yang lain. Dikarenakan kawasan ini bukanlah wilayah penambangan timah.

Namun, sejak kenaikan harga komoditas lada di tahun 1990-an yang diikuti dengan pembukaan perkebunan sawit, maka kehidupan masyarakat dan perekonomian di wilayah ini menjadi lebih baik dari sebelumya.

Terletak di Membalong, pasti Anda penasaran kenapa pantai ini diberi nama Pantai Penyabong. Apa sih maksud dari penyabong?

Menurut masyarakat setempat, pantai ini diberi nama Pantai Penyabong diambil dari kata Penyabong, yang memiliki arti โ€œpenghubungโ€. Dikatakan penghubung karena pantai ini merupakan sebuah pantai yang menghubungkan antara daratan dan lautan.

Di pantai ini terdapat batuan granit raksasa dan panjang. Batuan ini saling berdekatan bahkan menyambung dan menjorok ke laut. Batu granit yang besar dan panjang inilah yang menjadi penghubung antara daratan yang menjorok hingga sekitar 50 meter ke laut.

Harga Tiket Masuk Pantai Penyabong

Hingga saat ini, tidak ada retribusi atau harga tiket masuk. Anda hanya perlu menyiapkan tenaga dan keperluan pribadi untuk menikmati liburan di Pantai Penyabong. 

Rute Menuju Lokasi Pantai Penyabong

Indahnya Pantai Panyabong

Bertempat di Dusun Batu Lubang, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Pantai Penyabong in berjarak sekitar 70 kilometer dari Tanjung Pandan. Anda akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Tanjung Pandan menuju pantai ini.

Untuk mencapai Pantai Penyabong Anda tinggal memanfaatkan aplikasi Googleโ€‹ Maps untuk memilih rute terbaik. Untuk menuju pantai ini juga sudah banyak papan penunjuk jalan yang sudah dibuat untuk memudahkan para pengunjung yang akan berlibur ke Pantai Penyabong.

Walaupun Anda harus menempuh jarak yang cukup lama, namun ketika Anda dalam perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah. Anda dapat melihat perkebunan kelapa sawit dan hijaunya pepohonan.

Indahnya pemandangan yang disuguhkan menjadikan perjalanan Anda tidak akan terasa lama. Ketika Anda telah melihat batu yang besar maka artinya perjalanan Anda semakin dekat dengan Pantai Penyabong, ya batuan itu adalah Batu Beginde.

Menurut legenda, Batu Beginde diceritakan sebagai asal muasal Pulau Belitung. Legenda tersebut menceritakan bahwa Pulau Bali terpotong dan potongan Pulau Bali hanyut hingga ke Sumatera.

Sehingga nama Belitung berasal dari Pulau Bali yang terpotong dan kemudian berubah dan diberi nama menjadi Belitung.

Objek Wisata di Pantai Penyabong

Objek apa yang yang bisa dilihat di pantai ini? Tentu saja Penyabong menawarkan berbagai keindahan, seperti:

1. Pemandangan yang Indah

Wisata Pantai Penyabong

Anda dapat melihat keindahan pesona lautan dan juga pemandangan pulau-pulau yang berada di tengah laut. Salah satu pulau yang bisa dilihat dari pantai ini yaitu Pulau Belatuk.

Pulau ini terlihat memanjang dan ditumbuhi dengan pepohonan yang hijau. Selain itu, di kawasan pantai ini sendiri juga terdapat pepohonan hijau. Hal ini akan menambah suasana liburan Anda terkesan asri dan alami.

2. Batu Granit

Wisata Pantai Penyabong Bangka Belitung

Pantai ini terkenal dengan gugusan batuan granit yang besar. Tepatnya di sebelah timur pantai, terdapat satu batu granit raksasa yang membentuk sebuah tanjung yang menjorok ke laut.

Bahkan Anda bisa mencoba menaiki batuan granit yang besar tersebut lho. Namun utamakan keselamatan ya, jangan sampai lalai.

Bagi Anda yang berani berada di ketinggian, batuan ini bisa Anda naiki, untuk sejenak melepaskan diri dari kepenatan bekerja maupun hiruk pikuk perkotaan.

Jika Anda menaiki batuan granit tersebut, kami menyarankan agar tetap berhati-hati, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Dikarenakan batuan tersebut cukup tinggi dan menjorok ke laut, sehingga tekanan udara dari angin laut cukup kencang.

Selain itu, di sebelah barat pantai ini juga terdapat bongkahan batuan granit kecil yang akan menambah nuansa keindahan Pantai Penyabong

3. Berfoto

Keindahan Pantai Panyabong

Berada cukup jauh dari pusat kota, pantai ini ternyata belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pemerintah daerah pun belum mengelola wisata pantai agar menjadi lebih baik lagi.

Hal ini menjadikan Pantai Penyabong masih tetap alami dan sepi. Anda bisa memanfaatkan pemandangan pantai ini dengan berfoto.

Foto Anda akan terlihat cantik dengan backgroundโ€‹ pemandangan pantai, karena kamera Anda akan terfokus dan terasa berada di pantai milik Anda sendiri.

4. Perahu Nelayan

Pantai Penyabong Bangka Belitung

Masyarakat setempat menjadikan pantai ini menjadi salah satu sumber mata pencaharian mereka. Dengan menangkap ikan, para nelayan dapat menjual ikan tangkapannya dan menjadikan tambahan perekonomian.

Para nelayan akan memarkirkan perahunya di bagian sisi tengah pasir pantai. Hal ini menjadikan nuansa khas pantai Belitung.

Fasilitas di Pantai Penyabong

Pantai Penyabong ini sebenarnya merupakan kawasan yang agak terpencil. Meskipun belum dikelola secara maksimal, Anda masih bisa menemukan beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan, seperti:

1. Toilet Beserta Tempat Bilas

Anda tidak perlu khawatir mencari toilet karena Pantai Penyabong memiliki beberapa toilet yang tersebar di kawasan pantai.

Selain toilet, Anda juga dapat menemukan tempat bilas yang bisa juga digunakan sebagai tempat mandi.

2. Mushola

Pengelola pantai juga sudah menyediakan mushola bagi Anda yang hendak menjalankan ibadah. Mushola ini sederhana yang terbuat dari papan kayu.

3. Warung

Jika Anda menghabiskan waktu berlibur di Pantai Penyabong, Anda tak akan kelaparan. Karena terdapat warung-warung lokal yang menyediakan berbagai macam makanan ringan. Warung-warung ini didirikan dengan menggunakan kayu yang beratap terpal.

Anda dapat mencoba memesan makanan yang dijual di warung sederhana tersebut milik masyarakat setempat. Beberapa masakan seafoodโ€‹ dan juga minuman khas pantai yaitu air kelapa muda.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Pantai Penyabong yang memiliki keunikan berupa adanya batuan granit raksasa hingga memanjang ke lautan. Menutur kami, pantai ini sangat layak masuk ke dalam daftar wisata favorit di Bangka.

Selain Pantai Penyabong Anda juga bisa berkunjung ke pantai-pantai lain di Belitung, sebut saja misalnya Pantai Tambak, Pantai Parai Tenggiri atau Pantai Tanjung Pesona yang menjadi unggulan pariwisata  setempat.

16 Ulasan untuk Pantai Penyabong, Bangka, Bangka Belitung

  1. Pantai Penyabong ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan. Pantainya masih bersih dan indah. Recommended untuk dikunjungi. Cuma jaraknya cukup jauh dari Tanjung Pandan (sekitar 70 Km). Sinyal handphone juga tidak ada begitu sampai di daerah pantainya. Jalanannya cukup sempit pas pasan dan berliku liku, tapi rata-rata uda di aspal dengan baik. Untuk uang masuk mobil dikenakan 20 rb rupiah sama penduduk setempat.. Saran saya: kalau datang ke sana bawa perlengkapan air minum, air bersih untuk cuci-cuci, makanan, tissue basah dan perlengkapan lainnya karena tempatnya jauh dari mana2 dan tidak banyak yang jual air bersih. Kalau datang jangan sore ke malam karena jalanannya gelap dan mencekam, usahakan pagi-pagi sudah jalan dan siang jam 3 an uda balik ke kota. Di lokasi ada warung untuk beli makanan seperti seafood, tapi tergantung tangkapan nelayan. Jangan lupa untuk bawa sunblock dan anti nyamuk, serta bawa alas kaki yang baik karena banyak daun pandan berduri di pantainya.

  2. Ombak besar, tidak nampak seorg pun yg mandi air pantainya, jdi ga berani juga mandi air pantainya… Hanya berfoto2 selfi saja.. tiket masuk 20rb per mobil rasanya terlalu mahal

  3. Pantai bagus dengan batu2nya, masih alami, jarak dr pusat kota sangat jauh (1jam waktu perjalanan), fasilitas penunjang wc dan air bersih kurang mewadahi, lebih baik datang pagi, tiket masuk 20rb

  4. Pantai yg masih alami. Di sarankan untuk datang pagi hari kalau mau dapat feel ‘my own beach’. Datang kemari pukul 8, pantai benar2 sepi dan hanya kami

  5. Kalo liburan kebelitung jangan lupa kemari yah.. Omejiiii pemandangam diatas bebatuannya cantiiik banget.. Kesini jgn siang2 yah… Puanaasss ๐Ÿ˜ซ๐Ÿ˜ซ. Sore aja.. Bisa liat sunset ๐Ÿ˜‚ jamiiiin deh yg suka denger deburan ombak ga mau pulang ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ . Hehe.. Lebih baik lagi klo kita bawa bekal.. Bisa skalian piknik diatas batu nya ato Ditepi pantai nya yah.. . Pssst: jangan lupa sampah makanan di bawa lagi yah.. Buang sampah pada tempatnya lhaaa..โ˜บโ˜บ Kan udh gede semua tohhh yg bisa manjat batu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚. Kalo pun ga punya waktu buat siepin bekal.. Ga usah ribet disana juga ada warung makan.. Empek2nya enak… Cuma jual nya aga sore.. Apa karena hari biasa yah kesana jya ๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค”. Eniwei.. Mudah2an jadi tempat backpaker murah meriah yahhh ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž

  6. Sarana prasarana blum lngkap…wc n musola krn air bersih blum trsedia…wajar krn pntai ni masih baru

  7. Kren abis banyak ppohon” ditambah lagi warung nya enak

  8. Pantai penyabong Luar biasa indah nya… Batu2 ajaib yg mengagumkan

  9. Cantik batu di pinggir pantai,tp sayang gak kerawat aja banyak sampah di pinggir pantai . .. .

  10. Sekilas nampak seperti pantai wisata tanjung tinggi karena terdapat bebatuan granit besar, tempatnya masih alami dan wajib untuk dikunjungi.

  11. Pantainya sangat indah dengan batu2 granit besar namun sayang kurang terawat dan minim fasilitas

  12. Pantai2 di belitung memang ruaaarrrr biasa indahnya…batu2 besarnya itu dan lautnya yg bersih…semoga selalu terjaga kebersihan pantai dan lingkungannya

  13. Airnya jernih, ombaknya juga tenang. Ada spot unik berenang. Batu-batu nya besar, ini yg unik dan menjai ciri khas. Dari Tanjungpandan sekitar 60an KM, bisa sekalian menuju ke Teluk Gembira. Ada tempat makan, warung-warung yang dikelola masyarakat setempat. Ikan jebung bakar nya boleh dicoba, harga lumayan. Kondisi sekitar pantai agk kotor dengan sampah-sampah, kesan kurang terawat.

  14. Pantai yg bagus…cuman kalo dri pusat kota memang agak jauh…tpi lumayan bagus

  15. Cantiknya pantai ini, banyak pohon.
    Pasirnya putih.
    Banyak batu-batu granit khas daerah sini.
    Sisi kanan ada perahu nelayan.
    Ada lahan untuk parkir mobil namun belum terkelola dengan baik.
    Tidak ada toilet bersih (ada toilet namun tidak ada air).
    Fasilitas umum kurang, pantai tidak ramai ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ mungkin karena letaknya jauh dari kota

  16. Pantai Panyabong, surganya pantai Belitung.. sebelum kesana sempat browsing2 liat poto2nya indah siih jadi penasaran pengen kesana.. tapi pas kesana.. Luarrrr biasa.. melebihi ekspetasi dari keindahan liat potonya.. sulit diungkapkan dgn kata2 pokoknya indah dan ingin berlama2 memandang hamparan pantainya dgn batu2 granit yg indah dan airnya yg biru ditambah dgn pepohonan semuanya enak dipandang mata..

Tinggalkan Balasan