Pantai Tambak

Pantai Tambak

Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung 33514, Indonesia.

18 Ulasan

Potensi wisata di negeri yang terkenal dengan warung kopi ini sangatlah beragam. Anda dapat menemukan banyak hal yang akan dijumpai selain wisata sejarah.

Yang tak kalah menariknya dibanding nikmatnya kopi Belitung yaitu wisata pantai. Jika berkunjung ke Kabupaten Belitung Timur Anda bisa mengunjungi Pantai Tambak.

Pantai ini merupakan pantai yang berhias pasir putih nan halus, ditambah dengan rindang-nya pohon cemara semakin menambah indah panorama. Jika Anda penasaran dengan keindahan pantai ini, simak uraian berikut ini.

Pantai Tambak Bangka Belitung

Pantai Tambak

Pantai Tambak atau yang juga disebut dengan Pantai Kuale Tambak punya cerita yang menarik. Menurut cerita warga setempat, Pantai Kuale Tambak dahulu digunakan sebagai tambang timah milik PT. Timah.

Di sekitar pantai Anda bisa menjumpai  beberapa bangunan rumah milik orang Belanda yang bekerja di pertambanga timah tersebut.

Namun saat ini, penambangan timah tersebut sudah tidak aktif beroperasi. Kini masyarakat memanfaatkan potensi sumber daya alam di Pantai Tambak dengan mencari hasil tangkapan laut sebagai nelayan.

Pada pagi hari banyak kapal nelayan yang menepi di seputaran bibir pantai. Ketika berkunjung ke Pantai Tambak, Anda pun bisa membeli ikan hasil tangkapan para nelayan setempat.

Beberapa hasil laut yang ada di Pantai Tambak adalah jenis udang. Banyaknya hasil udang, menyebabkan pantai ini kerap disebut sebagai Pantai Tambak Udang.

Harga Tiket Masuk Pantai Tambak

Hingga saat ini, tidak ada tarif yang dipatok untuk masuk ke kawasan Pantai Tambak. Anda bisa mengunjungi pantai ini secara cuma-cuma.

Namun Anda harus menjaga kebersihan pantai seperti tidak membuang sampah sembarangan agar kebersihan serta keindahan pantai tetap terjaga, ya.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tambak

Pantai Tambak Belitung
source: instagram.com/kate_antami/

Pantai Tambak terletak di Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepuluan Bnagka Belitung.

Lokasi pantai memang cukup jauh dari perkampungan yaitu kurang lebih sekitar 7 kilometer. Meskipun demikian akses jalan untuk menuju pantai sudah cukup bagus.

Di sepanjang jalan Anda bisa melihat beberapa lokasi tambang timah yang masih beroperasi.

Nah untuk menuju Pantai Tambak ini, ada bisa memanfaatkan Google Maps untuk mencari rute terbaik.

Perkiraan waktu perjalanan yang dibutuhkan menuju ke Pantai Tambak dari Kota Manggar sekitar 25 menit. Sementara, jika dari Bandara H.AS Hanandjoeddin, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam 25 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Objek Wisata di Pantai Tambak

Kira-kira bagaimana dengan objek wisata yang ada di pantai ini? Berikut ulasannya:

1. Bermain Pasir Putih Yang Eksotik

Lokasi Pantai Tambak
source: instagram.com/elipermata86/

Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai yang ada di Bangka Belitung ada umumnya. Di pantai ini Anda tidak akan bisa menjumpai deretan batu granit.

Meskipun demikian pantai ini juga memiliki pasir pantai yang putih dan halus. Meskipun tanpa adanya batuan granit, tidak mengurangi keindahan pantai ini kok.

Ditambah lagi Anda dapat menghabiskan waktu dengan bermain istana pasir dengan puas. Teksturnya yang halus dan lembut, menjadikan pantai ini cocok untuk bermain bersama anak-anak.

2. Menikmati Pemandangan Pantai

Objek Wisata Pantai Tambak
source: instagram.com/yurzamabdillah/

Salah satu yang menarik dari pantai ini yaitu Anda dapat melihat pemandangan Pulau Buku Limau yang berada di hadapan Pantai Tambak. Hal ini menjadikan pemandangan Pantai Tambak menjadi lebih menawan.

Waktu yang pas untuk mengunjungi pantai ini yaitu pagi dan sore hari. Anda dapat menikmati sunrise dan sunset yang begitu menakjubkan.

Anda pun bisa memanfaatkan pemandangan ini dengan mengabadikan melalui lensa kamera yang Anda miliki.

3. Bermain Futsal Atau Voli Pantai

Salah satu keistimewaan dari Pantai Tambak yaitu memiliki garis pantai yang panjang. Panjang garis pantai ini diiperkirakan mencapai 3 kilometer.

Hamparan pasir putih yang halus menjadikan pantai ini cocok untuk bermain futsal atau voli.

Anda dapat berkunjung beramai-ramai bersama teman atau saudara untuk bisa bermain futsal atau voli pantai, pasti akan menambah suasana liburan terasa ramai dan seru.

4. Menyelam

Bagi Anda yang bisa berenang, Anda dapat mencoba dengan menyelam di air dangkal. Jernihnya air laut menjadikan Anda disuguhkan dengan keindahan terumbu karang yang masih alami dan ikan-ikan yang sedang berenang di dalam air laut.

Namun dikarenakan belum adanya pengelolaan wisata yang baik, maka Anda harus membawa peralatan menyelam sendiri dari rumah.

Walaupun menyelam di air yang dangkal, kami tetap menyarankan supaya Anda tetap berhati-hati untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Camping

Camping Pantai Tambak
source: instagram.com/journal_arizaldi/

Pantai Kuala Tambak merupakan pantai yang tergolong masih alami. Dikarenakan pantai ini belum banyak dijamah oleh wisatawan.

Sejuknya sumilir angin akan terasa karena banyaknya pohon pinus yang tumbuh lebat. Maka dari itu tempat ini cocok digunakan jika Anda ingin berkemah.

Anda pun bebas memilih lokasi untuk mendirikan tenda.

6. Memancing

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan dan mengesankan yaitu memancing. Anda bisa melakukan wisata memancing di beberapa spot yang ada di sekitar kawasan pantai.

7. Hutan Mangrove

Rute Ke Pantai Tambak 1
source: instagram.com/bideprim/

Bertempat di sebelah Pantai Tambak, terdapat kawasan konservasi hutan mangrove yang dikelola oleh Komunitas Akar Bakau.

Hutan mangrove ini cocok sebagai lokasi rekreasi edukasi. Pengelola telah menambahkan fasilitas pendukung seperti jembatan kayu, tempat duduk, toilet warung hingga mushola.

Fasilitas Pantai Tambak

Fasilitas Pantai Tambak
source: instagram.com/dwi_anggi0204/

Pantai Tambak merupakan pantai yang tergolong baru dan berjarak cukup jauh dari pedesaan. Walaupun pantai ini tergolong pantai indah dan memiliki keistimewaan.

Sayangnya Pantai Tambak belum memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Namun, apabila Anda mengunjungi pantai Tambak terdapat warung-warung sederhana yang berjualan makanan dan minuman ringan, warung ini akan semakin bertambah jika musim libur tiba.

Dengan kekayaan dan keindahan alam yang dimiliki, Pemerintah Daerah seharusnya mengambil langkah positif dalam memaksimalkan potensi Pantai Tambak.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai Tambak yang berada di Bangka Timur. Semoga ulasan di atas menjadi tambahan informasi mengenai alternatif wisata pantai dan juga membantu memperkenalkan objek wisata pantai di Belitung Timur.

Mari kunjungi destinasi wisata Indonesia. Banyak kok surga tersembunyi di kawasan Indonesia lainnya yang lebih ciamik daripada wisata mancanegara.

Di Belitung, selain pantai tambak masih banyak pantai-pantai indah nan mempesona seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, dan Pantai Tanjung Pesona.

18 Ulasan untuk Pantai Tambak, Bangka, Bangka Belitung

  1. Pantai berpasir putih dan ditumbuhi pohon pinus sepanjang pantai , anda juga dapet membeli ikan langsung dari nelayan lokal yang berlabuh disini.

  2. Pantai yang indah

  3. Salah satu tempat wisata pantai yg masih alami, kita bisa camping, mancing, dan menikmati keindaahan pantai dgn pasir yg sangat putih, jarak 17 km dari kota Manggar.

  4. Hamparan pasir putih lembut yg sangat panjang. Hampir 3 KM. Air laut yg jernih. Nelayan bekater yg sangat ramah. Begitu alami.

  5. Bagus

  6. Banyak tegakan pohon cemara, tetapi fasilitas pendukung masih banyak kurang…. Pantai pasir putih yang cantik

  7. Pantai yg sepi tetapi cukup enak jika mau menikmati waktu sendiri. Tidak ada toilet umum yg berfungsi di sini

  8. Lokasi pantai lumyan jauh dari perkampungan, kurang lebih sekitar 7 km. Akses jalan menuju pantai bagus, sepanjang jalan kita bisa melihat beberapa lokasi tambang timah yang masih aktif atau beroperasi. Sesampainya di pantai kita disuguhkan dengan pemandangan pohon pinus yg tumbuh miring ke arah laut. Bibir pantai sangat luas sekali, pasir putih dan ombak cukup bagus. Belum ada pengelolahan wisata dari pemerintah sekitar Tidak banyak orang yang tahu pantai ini, so kamu bisa mengexplore pantai ini.

  9. Pasir putihnya yg lembut dan menghampar sepanjang 2 km. Juga airnya yg tenang di bulan 10- 12. Dan bulan 3-6. Juga hutan mangrove yg rimbun dan sungai air asin yg jernih

  10. Direkomendasikan mengunjungi tempat ini saat musim barat, di waktu pagi untuk melihat sunrise atau siang hari untuk bersantap siang bersama keluarga.

  11. Pantai dengan suasana tenang cocok untuk camping dan wisata keluarga

  12. Bibir pantainya luas, kl dikelola pasti mantap

  13. Pantai nya agak jauh dari perkampungan, jalan menuju kepantai bagus.

  14. Tempat yang nyaman untuk piknik bersama keluarga dan teman-teman

  15. Pasirnya lembut bangeeeet. Kalau cerah bakalan betah main air disini. Semoga terawat dan ga banyak sampah kalau ada pengunjung. Jaga kelestarian dan keindahan bumi yaaa jangan lupaaaa

  16. Pantainya indah, sayangnya Kotor, tidak Ada fasilitas publik yang dapat meningkatkan jumlah pengunjung Dan wisatawan. Pemerintah setempat Coba tlng lebih diperhatikan, sayang aset daerahnya ini.

  17. Ada yang baru jelajah Mangrove keren banget gak nyesel kalau gk datang kesini

  18. Pasir pantai putih dan panjang. Ada komunitas akar bakau mengelola program konservasi mangrove.

Tinggalkan Balasan