Pantai Tikus

Pantai Tikus

Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung 33211, Indonesia

9 Ulasan

Berbicara mengenai wisata bahari di Babel atau Bangka Belitung memang tidak ada habisnya. Ya, Anda harus menjelajah pantai yang satu ini, yaitu Pantai Tikus.

Kenapa namanya aneh ya ? Seperti binatang pengerat. Namun nyatanya pantai ini memiliki pesona yang eksotis lho.

Jangan membayangkan pantai ini seperti tikus ya. Dari deskripsi kami di bawah ini, pasti Anda ingin segera berkunjung ke Pantai Tikus Belitung.

Sejarah Pantai Tikus

Pantai Tikus

Kenapa dinamakan Pantai Tikus? Ya pantai ini memang disebut dengan Pantai Tikus atau Pantai Tikus Emas.

Memang tidak ada yang tahu pasti kenapa pantai ini dinamakan demikian. Ada yang menyebutkan bahwa pantai ini jika dilihat dari atas berbentuk seperti tikus.

Ada pula yang menyebutkan bahwa terdapat banyak jalan tikus yang bisa dilalui para penambang timah ilegal untuk membawa hasil tambangnya.

Selain itu banyak juga yang berpendapat bahwa dulunya pantai ini memang dihuni oleh tikus. Entah, tidak ada yang tahu pasti kenapa disebut Pantai Tikus.

Namun tenang saja, Anda tidak akan menemukan seekor tikus pun. Yang akan Anda temukan adalah patung tikus besar berwarna hitam yang terletak di depan pintu masuk obyek wisata.

Terlepas dari penamaan pantai unik ini, ada kisah mistis yang menyelimuti. Konon pantai ini ditunggu oleh seorang wanita.

Dulu ada seorang yang memancing di kawasan ini dan melihat seorang wanita yang sedang berdiam diri. Karena takut, orang tersebut berhenti memancing dan meninggalkan kawasan pantai.

Disamping hal mistis tersebut, banyak orang yang mengunjungi pantai ini untuk melakukan ritual wangsit togel.

Beralih dari hal mistis yang tidak diketahui kebenarannya, Anda pasti akan terkejut dengan pesona yang ditawarkan.

Ya, pantai ini bisa dilihat dari Pantai Tanjung Pesona. Namun jangan hanya dipandang saja, Anda harus mendatanginya.

Karena pantai ini memiliki hamparan pasir pantai putih yang luas. Serta terdapat banyak pohon cemara yang tumbuh hijau dan rindang.

Selain itu terdapat bongkahan batu-batu besar yang tersebar di pinggir pantai. Hal ini tentunya menambah pesona Pantai Tikus.

Harga Tiket Masuk Pantai Tikus

Pantai Tikus Babel
source: instagram.com/petrussabarwiratno/

Harga tiket masuk Pantai Tikus sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Cukup murah untuk wisata alami nan menyegarkan ini.

Rute Menuju Pantai Tikus

Pantai Tikus Emas ini terletak di Parit Padang, Sungailiat, Bangka, Kepulauan Babel. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa pantai ini terletak di dekat Pantai Tanjung Pesona.

Dari Pantai Tanjung Pesona Anda bisa meneruskan perjalanan ke arah selatan dengan akses jalan lingkar timur. Waktu tempuhnya terbilang singkat yaitu 10 menit saja.

Namun jika Anda dari arah kota Pangkalpinang, maka Anda bisa berkendara menuju jalan lingkar timur yang bisa dijangkau dengan 45 menit perjalanan.

Meskipun akses jalan menuju pantai ini tergolong mudah dan mulus, tapi kendaraan roda empat belum bisa turun menuju lokasi pantai. Karena itu Anda harus siap berjalan kaki.

Atau kalau tidak, berkunjung saja dengan menggunakan kendaraan roda dua. Pasti lebih mudah.

Objek Wisata Pantai Tikus

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di kawasan pantai ini, yaitu:

1. Menikmati Pemandangan

Pantai Tikus Belitung
source: instagram.com/mahayuekocahyono/

Seperti yang sudah kami jelaskan, pesona pantai ini memang tidak ada duanya. Air laut yang biru, pepohonan hijau yang rindang, pasir pantai yang putih serta batu besar yang terhampar menjadikan pemandangan yang eksotis.

2. Memancing

Alamat Pantai Tikus
source: instagram.com/fauzibinaca/

Beberapa tempat di kawasan ini bisa dijadikan sebagai spot memancing yang menyenangkan.

3. Naik Jetski

Harga Tiket Pantai Tikus
source: instagram.com/pantai_tikus_emas/

Bagi Anda yang suka bermain olahraga air maka bisa mencoba bermain jetski. Anda cukup membayar Rp 200.000 untuk permainan selama 15 menit.

4. Naik ATV

Rute Pantai Tikus
source: instagram.com/pantai_tikus_emas/

Siapa yang suka tantangan? Bisa mencoba ATV untuk berkeliling pantai dengan biasa sewa hanya beberapa puluh ribu saja.

5. Berkuda

Fasilitas Pantai Tikus
source: instagram.com/pantai_tikus_emas/

Menyusuri pantai lebih asyik dengan menunggangi kuda. Cukup dengan membayar Rp 10.000, Anda sudah bisa berkeliling pantai naik kuda.

Selain itu, ada juga cidomo jika Anda belum bisa menunggang kuda. Anda bisa keliling pantai bersama keluarga dengan cidomo karena muat hingga 5 orang.

6. Bermain Air dan Berjemur

Htm Pantai Tikus
source: instagram.com/carlos.ilo/

Apalah artinya berwisata ke pantai tanpa bermain air. Namun Anda harus waspada karena ombak di pantai ini cukup mengkhawatirkan ketika sedang pasang. Ombak bisa setinggi 1.5 m kala sedang pasang.

7. Pagoda Vihara Puri Agung

Lokasi Pantai Tikus
source: instagram.com/ojan_af/

Di Dekat pantai ini juga terdapat pemandangan yang seru. Anda bisa melihat bangunan yang menjulang tinggi.

Ya, bangunan tersebut adalah sebuah vihara atau pagoda. Maka dari itu pantai ini juga sering disebut sebagai Pantai Pagoda.

Fasilitas Pantai Tikus

Karena pantai ini tergolong ramai, maka pengelola membangun fasilitas yang cukup lengkap seperti:

1. Area Parkir

Terdapat area parkir yang cukup luas untuk kendaraan roda dua maupun empat. Jadi Anda bisa menitip kendaraan di tempat parkir dan bisa liburan dengan tenang.

2. Kamar Mandi

Bisa digunakan jika ingin bilas dan mandi setelah bermain air. Kondisinya masih cukup terawat dan tersebar di sekitar pantai.

3. Mushola

Mushola juga sudah tersedia di Pantai Tikus. Jika lupa membawa perlengkapan sholat, jangan khawatir karena pengelola sudah menyiapkannya.

4. Kursi di Pantai

Selain duduk langsung di atas pasir atau tikar, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas kursi yang disediakan pengelola. Jumlahnya ada beberapa dan Anda bisa menemukannya di sekitar kawasan pantai.

Nah, itulah beberapa deskripsi mengenai obyek wisata Pantai Tikus Belitung yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana? Pasti Anda sudah tidak sabar untuk mengunjunginya, bukan? Segera agendakan liburan bersama keluarga atau sahabat Anda ke Pantai Tikus Emas. Selamat berlibur dan ingat selalu jaga kebersihan, ya.

9 Ulasan untuk Pantai Tikus, Bangka, Bangka Belitung

  1. Saya orang skitar izin promoπŸ™πŸ™. yg mampir ke sini,yg dh mampir ke objek wisata pulau kami Bangka. Khususnya wil:sungailiat. Jngan lupa mampir ke warung kami… Warung muslimah hatimu hatiku. Ada menu pempek,phantiaw,mie kuah ikan,selada dll… Slamat mnikmati hari pekan😘😘

  2. pantai tikus enak di kunjungi bagi wisatawan.silakan berkunjung bagi yg blm ke pantai tikus.

  3. Pantainya bagus banget, ainya biru bening banget.. Kalau lagi surut bisa ke batu-batuan di tengah, tapi hati-hati milih pijakan batu, karna ada yang licin karna berlumut atau berlumpur.. Foto di batu2 pinggir pantai pun ga kalah bagusnya.. Untuk masuk ke pantai ini ga bayar, dan ga ada tukang parkir, jadi ga perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

  4. Saya suka tempat ini, gratis dan indah. Beberapa foto saya ambil dengan angle dan spot yang berbeda hasilnya saya suka. Tapi sampah di mana-mana. Damn you manusia2 norak, bisa ngga sih bekas kemasan makanan dan minuman dikantongin aja buang ke tempat sampah.

  5. pantainya cantik..sayangnya ketika kami datang ombak sedang tinggi jd tidak berani terlalu mendekat. terlihat laut cina selata katanya. dari kota ketempat ini memakan waktu kurang lebih sejam. jalannya cukup baik sudah diaspal dan tidak macet. sepanjang jalan banyak pemandangan pohon2 pinus, pohon kelapa, kubangan bekad galian timah katanya bahkan rerumputan coklat yg terbakar terlihat cantik, buat kamu yg suka fotografi cocok banget disini buat ambil spot2 foto kece. tapi sayanh sepanjang jalan masih sepi, jangan sampai kemalaman sepertinya penerangan masih minim sekali

  6. pantai nya biasa aja, retribusi nya kemahalan, air juga keruh karena tambang timah laut yg banyak mencemari lingkungan

  7. Pantai nya bersih, bagus, banyak spot fotonya, kmren pas kesana pas lg ada festival barongsai se provinsi bangka, jd makin seru liburannya 😍

  8. Bersih bgt pantainya… Kerennnn Masuk qt hanya bayar 5000/org. Murah.. Tp pantainya terawat dg baik.

  9. pantai tikus adalah sebuah destinasi wisata yg sangat bagus ….tingkatkan kemajuan pariwisata…😍😍😍😍😍😘😘😘😘😘😘

Tinggalkan Balasan