Pantai Batu Banyak

Pantai Batu Banyak

Desa Sijuk, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung 33414, Indonesia.

12 Ulasan

Berbicara tentang pantai cantik di Belitung memang tidak ada habisnya. Salah satu pantai yang bisa Anda kunjungi yaitu Pantai Batu Banyak.

Pantai Batu Banyak terletak di sebelah Pantai Tanjung Kelayang. Dimana pantai ini cukup ramai wisatawan jika waktu liburan tiba.

Seperti kebanyakan pantai lainnya, Pantai Batu Banyak memiliki karakteristik pasir putih dan air yang jernih. Beberapa perahu pun sering bersandar di tepian pantai yang menambah keindahan.

Nah, apa saja sih yang menjadi daya tarik di Pantai Batu Banyak? Berikut ulasan singkatnya.

Pantai Batu Banyak

Pantai Batu Banyak

Salah satu daya tarik Belitung adalah batuan granit yang tersebar di pantainya. Apalagi karakter pantai di Belitung memiliki pasir pantai yang putih, air biru yang jernih serta aneka batu granit dengan berbagai ukuran.

Perpaduan tersebut tentunya terlihat unik, indah serta berbeda dari pantai-pantai lainnya. Namun, Pantai Batu Banyak hanya memiliki batu-batuan granit yang berada di sisi pantai saja. Batu granit yang berada disini pun tidaklah terlalu banyak.

Umur batuan granit di Pantai Batu Banyak diperkirakan mencapai 65-200 juta tahun yang lalu. Sayangnya Ada banyak hal yang belum kita ketahui mengenai sejarah dari Pantai Batu Banyak ini.

Walaupun demikian, Pantai Batu Banyak tetap menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Banyak

Seperti Pantai Tambak, saat ini Anda tidak perlu membayar harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Batu Banyak. Anda bisa rekreasi ke pantai ini sepuas-nya dengan catatan tetap jaga kebersihan agar tidak mengurangi daya tarik Pantai Batu Banyak.  

Rute Menuju Lokasi Pantai Batu Banyak

Lokasi Pantai Batu Banyak
source: instagram.com/fairfieldbelitung/

Pantai ini terletak di Kecamatan Sijuk kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Berjarak 27 km dari kota Tanjungpandan, Anda dapat menempuh waktu 20 menit dengan kendaraan bermotor.

Lokasinya berada sebelum masuk ke Pantai Tanjung Kelayang, sebelah kanan jalan.

Jadi, jika Anda akan berwisata ke Pantai Tanjung Kelayang, Anda bisa menyempatkan untuk mampir ke Pantai Batu Banyak terlebih dahulu.

Objek Wisata Pantai Batu Banyak

Mengunjungi wisata Pantai Batu Banyak untuk berlibur menjadi pilihan yang tepat. Selain menikmati pemandangan sambil bersantai, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas untuk menghabiskan waktu liburan ketika berada di pantai ini.

Adapun aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Menikmati Pesona Pantai

Rute Ke Pantai Batu Banyak
source: instagram.com/doddy.purwoko/

Berada di Pantai Batu Banyak Anda akan disuguhkan dengan keindahan lautan. Hamparan pasir putih dan air laut yang tenang, memberikan kesan damai pada liburan Anda kali ini.

Sehingga cocok bagi Anda yang ingin menikmati liburan akhir pekan dengan tenang untuk sejenak meninggalkan hiruk pikuk suasana perkotaan.

2. Menuju Pulau Lengkuas

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Banyak
source: instagram.com/75zaliyati_kitchendiaries/

Pantai Batu Banyak digunakan juga sebagai shelter untuk menuju Pantai Lengkuas. Pulau Lengkuas ini menjadi salah satu pulau eksotis yang mengelilingi Pulau Belitung.

Pantai yang berada di Pulau Lengkuas ini pun terlihat cantik. Bahkan Anda bisa melihat ikan berwarna-warni yang berenang kesana kemari, saking jernihnya air laut.

Yang tak kalah menariknya di Pulau Lengkuas ini juga terdapat sebuah mercusuar tua yang dahulu telah dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada masa penjajahan.

Apabila Anda ingin mengunjungi Pulau Lengkuas, Anda bisa menyewa perahu yang berada di sekitar kawasan Pantai Batu Banyak. Tarif sewa perahunya mulai dari Rp. 350.000 untuk satu perahu.

Yang mana satu perahu mampu menampung hingga 10 orang. Perahu ini pun akan membawa Anda berkeliling selama 30 menit.

3. Spot Foto

Spot Foto Pantai Batu Banyak
source: instagram.com/anggisyahenna/

Pemandangan pantai Batu Banyak tak kalah indah dibanding dengan pantai yang berada di Bangka belitung lainnya.

Anda dapat berfoto untuk mengabadikan momen Anda ketika berlibur di Pantai Batu Banyak. Terdapat beberapa spot foto yang menarik seperti ayunan dan batuan yang berada di sisi pantai.

4. Wahana Air

Pantai Batu Banyak Bangka Belitung
source: instagram.com/budichexo/

Selain menikmati keindahan Pantai Batu Banyak, engelola juga menyediakan permainan air seperti banana boat dan juga jetski untuk menarik para wisatawan.

Anda dapat mencoba permainan tersebut dengan menyewa kepada pengelola.

Jika menaiki banana boat dan juga jetski maka Anda akan dilengkapi dengan pengaman seperti rompi pelampung. Jadi, Anda tidak usah ragu untuk menemuinya namun Anda juga harus tetap berhati-hati.

5. Bermain Air

Fasilitas Pantai Batu Banyak
source: instagram.com/viciraharjo/

Rasanya belum lengkap kalau Anda tidak bermain air di pantai yang sedang dikunjungi.

Menikmati liburan di Pantai Batu Banyak akan terasa lebih asyik dengan menghabiskan waktu liburan Anda dengan bermain air.

Fasilitas di Pantai Batu Banyak

Berikut merupakan beberapa fasilitas yang ada di Pantai Bantu Banyak, diantaranya yaitu :

1. Gazebo

Terlihat beberapa gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.  Gazebo ini terletak berderet di bagian depan pantai.

Di gazebo ini, Anda juga bisa memesan makanan dan menikmatinya dengan pemandangan pantai yang mempesona.

2. Mushola

Fasilitas pendukung berupa tempat ibadah mushola juga sudah disediakan. Anda dapat melakukan ibadah di mushola ini.

Namun, saat ini kondisi mushola seperti kurang terawat. Pengelola seharusnya melakukan kontrol berkala supaya tetap lebih merawat dan para wisatawan juga sebaiknya menjaga kebersihan.

3. Toilet

Seperti pada pantai lainnya. Pantai Batu Banyak juga sudah dilengkapi fasilitas berupa toilet.

Toilet di Pantai Batu Banyak juga dilengkapi tempat bilas. Apabila Anda selesai bermain air, maka dapat melakukan bilas seperti mandi atau mencuci pakaian di sini.

4. Area Parkir

Pantai masih terlihat sangat alami, akses jalan sudah bagus, namun tidak ada kendaraan umum untuk menuju pantai ini.

Anda dapat mengunjungi pantai ini dengan kendaraan pribadi dan dapat memarkirkan kendaraan di area parkir yang sudah disediakan.

5. Rumah Makan

Pantai ini dilengkapi dengan adanya rumah makan olahan seafood. Rumah makan di Pantai Batu Banyak, buka mulai dari pagi hingga malam hari.

Dikarenakan berukuran cukup luas, Anda dapat menggunakan rumah makan ini untuk berbagai acara seperti gathering, arisan maupun acara keluarga.

Untuk cita rasa masakannya pun tidak diragukan lagi. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa masakannya cukup lezat.

Yang menjadi masakan favorit di rumah makan ini yaitu ikan bakar dengan sambal yang begitu khas.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai Pantai Batu Banyak Belitung. Semoga dapat membantu untuk memilih salah satu tempat wisata yang ada di Kepulauan Bangka Belitung.

12 Ulasan untuk Pantai Batu Banyak, Bangka, Bangka Belitung

  1. Pantainya sangat bagus pemandangan laut angin sepoi poi…. Banyak wisatawan datang untuk menikmati keindahan alam. Banyak penyewaan kapal untuk wisatawan biasanya keliling ke pulau pulau kecil. Biasanya satu rombongan sewa satu kapal untuk beramai ramai. Berenang di laut atau sekedar menikmati keindahan alam. Di sekitar banyak juga restoran untuk makan siang atau malam.

  2. Makanan ok harga ok

  3. Bagus dan indah, pasirnya putih dan halus, enak untuk bermain air laut atau pasir, terdapat sewa kapal untuk ke pulau, masakan nya juga enak, terdapat tempat bilas yang bersih

  4. Menurut saya disini suasananya nyaman dan bagus tetapi hanya saja tempat makanan ny agak sedikit kurang enak

  5. Pantai yang indah bagus buat tempat hilangkan penat dan streees

  6. Tempatnya keren😆,adem banyak angin pantai, pasirnya putih bersih,pantainya indah banget

  7. Pantai masih sangat alami, akses jalan sangat bagus, pas kesini pantai bersih, tidak ada kendaraan umum

  8. Sebelum ke tg kelayang, boleh mampir dulu kesini.

  9. Lokasinya sebelum masuk ke pantai Tanjung Kelayang, sebelah kanan jalan. Tersedia temoat parkir yang luas. Terapat mushola dan toilet, hanya saja untik Mushola agaknkurang terawat. Cocok untuk acara gathering, arisan kantor atau acara acara keluarga. Tempat makan ada yang dipinghir pantai. Terdapat gazebo pinghir pantai. Dari lokasi ini juga bisa sewa kapal untuk menyebrang ke pulau Lengkuas. Batu burung garuda tampak jelas dari lokasi pantai. Pasir pantainya putih.

  10. pantai yg indah dan asyik buat foto2

  11. Pantai belitung emang bener bagus bagus dan masih alami banget gitu, cocok sbg destinasi anda anda yg suka pantai

  12. Pantai yg indah Masakan di resto pantai batu banyak luar biasa enak

Tinggalkan Balasan