Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung, Indonesia

21 Ulasan

Indonesia memiliki deretan pantai indah dari Sabang sampai Merauke. Tak hanya di pulau Jawa dan Bali, tapi pantai-pantai indah yang menawarkan pesona alam memukau bisa Anda temukan di setiap pulau yang ada di tanah air.

Kali ini pantainesia akan mengulas salah satu pantai yang sangat terkenal di kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini menyajikan atraksi keindahan alam tak biasa dari hamparan pasir putih dan batu-batu granit di sekitaran pantai.

Yup, pantai yang kami maksud adalah Pantai Tanjung Tinggi. Bagi Anda yang pernah menonton film Laskar Pelangi dan film Sang Pemimpi, Anda mungkin tak menyangka bahwa pantai ini adalah salah satu lokasi syuting kedua film tersebut.

Nah, apa saja daya tarik Pantai Tanjung Tinggi sehingga begitu populer dan dipilih sebagai tempat syuting kedua film di atas? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Pantai Tanjung Tinggi

Selain dikenal dengan nama Pantai Tanjung Tinggi, sebenarnya pantai ini punya nama lain yaitu Pantai Bilik dan Pantai Laskar Pelangi.

Nama Laskar Pelangi dipakai karena pantai ini pernah dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Sementara nama bilik, didasari pada sejarah Pantai Tanjung Tinggi yang dulunya konon menjadi tempat kumpul para makhluk gaib.

Menapaki muka pantai, Anda akan sadar bahwa pantai ini berbentuk teluk di mana ada dua semenanjung yang mengapit-nya. Semenanjung tersebut bernama Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam.

Lalu di sekitaran pantai, nampak panorama indah yang sangat memukau dari hamparan pasir putih bak mutiara. Sedangkan di kedua sisi pantai, Anda akan takjub dengan pemandangan batuan granit raksasa yang seolah menjadi benteng bagi Pantai Tanjung Tinggi.

Secara keseluruhan pantai ini sangat recomended untuk dijadikan destinasi liburan keluarga. Selain suasana alamnya yang masih alami, bersih dan terawat, di pantai ini anak kecil dijamin bisa bermain air dengan aman karena gelombang airnya yang sangat tenang.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Tinggi

Dulunya Pantai Tanjung Tinggi bisa dimasuki secara gratis tanpa membeli tiket masuk. Namun, saat ini Anda harus membeli tiket dengan harga Rp 10.000 per orang untuk bisa masuk di kawasan pantai.

Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa parkir kendaraan di lokasi parkir. Tarif parkir-nya masih standar yaitu Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Rute Menuju Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi Belitung
source: instagram.com/oneleea/

Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Tepatnya di sebelah utara Pulau Belitung dengan jarak sekitar 37 kilometer dari Kota Tanjungpandan.

Akses jalan ke lokasi pantai secara umum sudah bagus. Sedangkan untuk rute-nya Anda bisa melewati beberapa alternatif tergantung arah kedatangan.

Misalnya bagi wisatawan luar kota yang menggunakan kapal laut, setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Pandan, bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkot dengan tujuan Tanjung Binga.

Lalu sesampainya di pertigaan Tanjung Binga, silahkan berganti angkot atau pakai saja jasa ojek untuk mengantarkan Anda hingga ke lokasi Pantai Tanjung Tinggi.

Kemudian bagi wisatawan yang menggunakan pesawat, dari jalan Bandara HAS Hanajoeddin silahkan mengarah ke selatan hingga tiba di Jalan Sudirman.

Nah, dari jalan tersebut lanjutkan navigasi ke arah Keciput melewati Jalan Tanjung Pandan – Tanjung Kelayang hingga tiba di lokasi pantai.

Tidak perlu bingung mengenai rute menuju Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini merupakan destinasi favorit warga Bangka Belitung selain Pantai Tanjung Pesona dan Pantai Tanjung Pendam.

Jadi kalau Anda ragu tersesat atau salah jalan, langsung saja tanyakan rute ke Pantai Tanjung Tinggi kepada warga sekitar.

Obyek Wisata di Pantai Tanjung Tinggi

Daya tarik utama Pantai Tanjung Tinggi adalah panorama pantainya yang indah dengan hamparan pasir putih dan aneka ukuran batuan granit.

Selain itu, pengelola pantai sudah menyiapkan berbagai wahana sehingga wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas untuk mengisi liburan mereka di Pantai Tanjung Tinggi.

Berikut ulasan singkat obyek wisata beserta aktivitas yang menarik yang bisa Anda lakukan:

1. Menikmati Indahnya Kawasan Pantai

Deskripsi Pantai Tanjung Tinggi
source: instagram.com/nengepa/

Tentu bukan tanpa alasan sutradara film Laskar Pelangi dan film Sang Pemimpi memilih Pantai Tanjung Tinggi sebagai lokasi syuting.

Jika berasumsi, alasannya pasti karena keindahan pantai ini yang menawarkan pesona alam memukau serta keunikan tersendiri.

Di Pantai Tanjung Tinggi Anda piknik bersama keluarga menikmati keindahan alam pantai yang masih sangat alami dan asri.

Anda bisa menggelar tikar lalu menyantap makanan ringan sambil memandang laut yang biru dengan balutan pasir putih di sepanjang pantai.

2. Berenang

Daya Tarik Pantai Tanjung Tinggi
source: instagram.com/akdifta/

Pantai Tanjung Tinggi sangat cocok dijadikan tempat berenang baik orang dewasa maupun anak-anak.

Selain karena airnya yang bersih, gelombang ombak di pantai ini bisa dikatakan sangat tenang karena bentuk pantainya yang berupa teluk.

Kedalam pantai juga sangat aman bagi anak-anak. Bahkan, banyak nelayan yang memancing hingga jauh ke tengah tanpa perahu karena dasar pantai yang dangkal.

3. Snorkeling dan Diving

Fasilitas Pantai Tanjung Tinggi
source: instagram.com/catlovers_nw/

Aktivitas selanjutnya yang bisa pengunjung lakukan di Pantai Tanjung Tinggi adalah snorkeling dan diving.

Kedua aktivitas ini ditunjang oleh kondisi pantai yang berair jernih serta menyimpan keindahan bawah laut yang memukau.

Berbagai biota laut serta ragam warna terumbu karang bisa Anda temukan di bawah air Pantai Tanjung Tinggi.

Jika Anda menyukai snorkeling atau diving, Anda bisa menyewa peralatan snorkeling yang disediakan oleh pengelola pantai.

4. Menjelajah Laut

Alamat Pantai Tanjung Tinggi
source: instagram.com/wibialfiansyah_/

Air laut yang tenang membuat siapapun pasti tidak tahan untuk segera menjelajahinya. Untuk aktivitas ini, Anda bisa menyewa beberapa wahana air salah satunya jetski.

Selain itu, di pantai ini ada juga penyewaan perahu kano dan perahu karet. Kedua wahana ini juga menjadi favorit pengunjung untuk dipakai berkeliling ke sudut-sudut Pantai Tanjung Tinggi.

5. Hunting Foto

Rute Ke Pantai Tanjung Tinggi
source: instagram.com/novri_nov/

Momen seru liburan Anda ke Pantai Tanjung Tinggi harus diabadikan lewat tangkapan kamera. Jangan khawatir, karena di sekitaran pantai ada banyak sekali spot-spot yang cocok sebagai latar foto.

Salah satu spot berfoto yang diburu banyak pengunjung adalah spot batuan granit. Berfoto di depan batu-batu besar tersebut dapat membuat tampilan foto Anda terlihat berbeda.

Selain spot batuan granit, Anda juga bisa berfoto dengan latar air laut yang biru. Anda bisa membelakangi pantai lalu meminta teman untuk memotret dari depan.

Pantai ini juga menyajikan momen sunset dan sunrise yang sangat indah. Kalau Anda bisa tinggal saat munculnya kedua momen tersebut, tentu Anda bisa juga menjadikan keduanya sebagai latar foto yang menakjubkan.

6. Kuliner Khas

Harga Tiket Pantai Tanjung Tinggi
source: instagram.com/bahariisland/

Jika Anda datang dari luar kota, jangan lewatkan kesempatan mencicipi citarasa kuliner khas Bangka Belitung di Pantai Tanjung Tinggi.

Kuliner-kuliner yang menggoyang lidah tersebut bisa Anda dapatkan di warung-warung makan yang tersebar di sepanjang pantai.

Adapun menu kuliner yang tersedia diantaranya ikan bakar, udang bakar, gangan, cumi-cumi dan aneka menu seafood lainnya.

Mungkin Anda kurang familiar dengan salah satu menu kuliner bernama gangan. Bagi yang belum tahu, gangan adalah salah satu kuliner khas Bangka Belitung yang terbuat dari sayur dicampur kepala ikan dengan bumbu kunyit.

Fasilitas di Pantai Tanjung Tinggi

Pengelola pantai tentu tidak ingin mengecewakan setiap pengunjung yang datang ke Pantai Tanjung Tinggi. Karenanya, berbagai fasilitas penunjang juga sudah disediakan demi kenyamanan pengunjung.

Adapun fasilitas yang ada di pantai ini diantaranya toilet, mushola, area parkir, dan warung penjaja kuliner khas Bangka Belitung.

Nah, demikianlah ulasan singkat wisata bahari Pantai Tanjung Tinggi bangka Belitung beserta daya tarik-nya. Jika tertarik mengunjungi pantai ini, sebaiknya persiapkan semua perbekalan yang diperlukan lebih awal agar Anda bisa menikmati liburan dengan tenang.

21 Ulasan untuk Pantai Tanjung Tinggi, Bangka, Bangka Belitung

  1. Pantai andalan Belitung. Pantai yang landai dengan pasir putih bersih serta tiadanya ombak, sangat cocok untuk sekedar berendam atau bahkan mandi. Sementara batu2 besar menjadi penghias pemandangan pantai. Bagi yang tidak bisa berenang, disitu terdapat beberapa jenis perahu yang disewakan. Dari Tanjung Pandan memerlukan waktu sekitar 45 – 60 menit.

  2. Nah ini tempat yang recommended banget buat kalian yang mau liburan . Suasana yang nyaman banget dengan pasir putih hembusan ombak dan dengan batu batu granit yang sangat besar adalah salah satu ciri khas dari pantai ini . Pantai ini biasanya cocok juga untuk dijadikan tempat untuk kalian yang butuh piknik lah gitu . Ini pantai yang recommended banget loh sayang banget ke Belitung tapi ga datang kesini rugi besar loh gaes. Let’s come and see

  3. tempat makan tidak tersedia, toilet seadanya, view sangat bagus utk berfoto ria, pantai bersih, pasir putih, cocok utk berenang, ada tempat penyewaan perahu karet, alat snorkling dan safety jaket

  4. Pantai dengan pasir putih yg bersih, enak buat santai dan main air… . Yg perlu ditambah adalah tempat sampah agar wisatawan bisa membuang sampah pada tempatnya

  5. Pantai pasir putih yang keren habis. Dihiasi batuan yang tersebar. Liburan ke Belitung belum kerasa kalau belum kesini. Cocok buat liburan keluarga, liburan kantor, darmawisata sekolah. Bisa renang, jalan kaki. Main ke sini bisa pagi, siang atau sore. Mata anda akan dimanjakan pemandangan yang luar biasa… Selamat berlibur…

  6. Ke Belitung tapi ga ke pantai Tanjung Tinggi, rasanya bagai sayur tanpa garam. Hambar. Sangat sayang bila harus di lewatkan. Sudah jauh-jauh ke Belitung sempatkan untuk mampir ke sini. Tempatnya cakep. Fasilitas lengkap. Bingung mau nginap dimana? Tenang, banyak penginapan di sekitar pantai yang bisa dipilih.

  7. Pantai yang digunakan untuk syuting film Laskar Pelangi. Sangat suka pantai ini. Airnya jernih. Bersih. Ombak tidak besar sehingga cocok untuk bermain air, berenang atau sekedar berendam. Batu-batu besarnya menakjubkan. Pasirnya putih halus. Bisa melihat sunset. Jika lapar, banyak warung yang menjajakan mulai dari es kelapa hingga seafood.

  8. Good,terakhir kesini masih super sepi nd ga banyak spot foto. Pas kesini lagi spot foto kece makin banyak,tapi sayang air laut lagi pasang jadi ga bisa main air dan banyak sampah rumput laut. Spot favorit sih tetep foto diatas batu tinggi besar itu seperti di film,naiknya ga terlalu susah sih tapi tetep harus hati hati. Next semoga tetep dijaga kebersihannya.

  9. Pantai dengan batuan granit yg menakjubkan…dan salah satu pantai terbaik di belitung dengan pasir putih yg halus serta spot foto yg bagus dengan lokasi tempat syuting film laskar pelangi

  10. Tanjung tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Nama tanjung tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Pantai Tanjung Tinggi merupakan salah satu tempat wisata di pulau Belitung. Letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai. Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah, sehingga menjadi tempat wisata ungulan di Pulau Belitung. Tanjung tinggi juga dinamakan Pelabuhan Bilik. Dahulu tempat ini adalah pelabuhan nelayan bagi desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Di pantai ini tidak perlu khawatir dengan serangan ikan hiu, karena tidak pernah terjadi di Belitung. Satu-satunya yang kadang-kadang harus diwaspadai adalah ubur-ubur, khususnya yang besar. Fasilitas lain di Pantai Tanjung Tinggi ini lumayan memadai. Karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat hotel bagi anda yang ingin menginap. Selain itu disana juga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan seafood.

  11. Pantai ikonik pulau belitung ini wajib intinya kalian datengin waktu main ke belitung. Gak perlu dijelaskan terlalu panjang lebar disini nanti kalian akan melihat sendiri keindahan pasir putih, perbaduan warna laut hijau dan biru, ditambah dengan suguhan batu2 granit besar yang hanya ada dimiliki oleh pantai kepulauan bangka belitung ini. Kalau lagi beruntung nanti kalian bisa melihat sunset di sore hari, kalau sore hari dan cuaca cerah kalian aku saranin pinjem floating dan dayung ke tengah trus berhenti di tengah pantai, beeeuuhh kalian nanti bisa melihat goresan lukisan tangan Tuhan yang indah banget dan disitu kalian berkata “nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan” wkwk. Tenang aja kalau yang ingin pengen punya kulit eksotis berjemur dipantai ini dan juga berenang dijamin langsung eksotis. Take e back, hiks rindduuuu ūüėĘ

  12. Pantai yang sangat indah, air yang jernih. Sunset dan sunrise sangat sangat bagus.. Sayang tak terdokumuentasi.. Rasanya di setiap sudut viewnya sangat bagus.. Rekomended liburan ke sini

  13. pemandangan luar biasa, pasir putih dan bebatuan besar menambah takjub menyejukkan mata , tak bosan mengekplorasi tempat ini

  14. Wisata laskar pelangi. Bagus saat sepi namun tidak menarik saat ramai pengunjung

  15. Bagus2 utk santai n selfie tpi syg nya makan nya mahal2 gueesss.

  16. Pantainya bersih, pasirnya putih, dan airnya juga bening.. instagramable. Mudah2an tetap terjaga keindahannya sampai tahun2 mendatang

  17. Pantainya bersih, arusnya tenang, kebetulan dateng bukan pas weekend jadi sepi banget, serasa pantai pribadi jadinya..

  18. Pertama kali masuk rasanya gak ada yang menarik karena dari luar terlihat seperti pantai biasa saja yang kesannya malah tidak terawat, tetapi begitu berada di bibir pantai barulah terlihat pesona eksotik tersembunyi dari pantai ini, apalagi berjalan melewati celah bebatuan raksasa akan banyak kejutan keindahan alam yang diciptakan Allah SWT.

  19. Benar” tempat yg indah banget. Mashaallah enjoy banget buat nikmati sore dan nunggu sunset.

  20. Sulit dipercaya, pas sampai ditempat ini, ada tukang makanan, gtu, kita numpang naro barang2, lalu langsung kepantainya, kontras banget sama tempat kita taruh barang, begitu nginjak pasir pantainya suasananya langsung beda, indah banget. Kalau ada kesempatan mau lagi kesini

  21. Pantai Tanjung Tinggi atau yang sekarang dikenal dengan nama Panatai Laskar Pelangi menjadi destinasi favorit para pelancong. Tempat ini asyik untuk menunggu sunset ketika cerah.

Tinggalkan Balasan