Pantai Penganak

Pantai Penganak

jl. penganak, Air Gantang, Kec. Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung 33362, Indonesia

12 Ulasan

Saat ini, pantai menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi para wisatawan. Keindahan dan ketenangan suasana pantai menjadi alasan para wisatawan untuk berkunjung bersama keluarga maupun pasangan mereka.

Kabupaten Bangka Barat di Kepulauan Bangka Belitung memiliki deretan pantai yang indah dan mempesona, salah satunya yaitu Pantai Penganak. Pantai Penganak menjadi salah satu pantai yang belum diketahui oleh banyak orang.

Jika Anda penasaran bagaimana pesona yang ditawarkan pantai ini simaklah ulasan objek wisata Bangka Barat yang satu ini. Pantai ini bisa menjadi salah satu pilihan tempat untuk dikunjungi ketika Anda berada di Bangka Belitung.

Pantai Penganak Bangka Belitung

Pantai Penganak

Seperti pantai-pantai lain yang berada di Bangka Belitung, Pantai Penganak merupakan pantai pasir putih dengan beatu-batuan alam yang bertebaran. Pantai Penganak menjadi salah satu pantai yang bersih dan masih terlihat alami.

Warga setempat sering menyebut Pantai Penganak atau Pantai Bum Penganak. Sebutan ini muncul karena lokasi pantai yang berada di Dusun Penganak.

Dahulu, pantai ini hanya sebagai dermaga untuk penambang timah saja. Namun saat ini, Pantai Penganak bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Berawal dari gagasan sekelompok pemuda desa setempat, mereka berusaha memanfaatkan potensi sumber daya alam yang mempesona di daerah Bangka Barat.

Kelompok pemuda Desa Air Gantang, ini menjadi pionir pengelolaan Pantai Penganak. Mereka membuat iuran anggota kelompok yang dilakukan setiap minggu sebagai sumber pendanaan, guna membangun fasilitas di kawasan pantai tersebut.

Jadi, jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Penganak janganlah  ragu karena kawasan pantai  Penganak sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung yang sudah dibangun oleh pengelola Pantai Penganak.

Harga Tiket Masuk di Pantai Penganak

Pantai Penganak Bangka Belitung
source: instagram.com/_jochi18/

Jika Anda akan mengunjungi pantai ini, Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya mahal untuk bisa memasuki Pantai Penganak. Saat ini, Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang.

Dengan membayar tiket masuk tersebut, Anda bisa menghabiskan waktu libur untuk menikmati indahnya pemandangan di Pantai Penganak.

Rute Menuju Lokasi Pantai Penganak

Lokasi Pantai penganak berada di Dusun Penganak Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat.

Untuk menuju ke Pantai Penganak, Anda tidak perlu bingung karena saat ini sudah mulai ada papan penunjuk jalan.

Jarak pantai ini dengan Kota Pangkalpinang sejauh 117 km yang bisa ditempuh dengan kendaraan darat selama 2,5 jam. Sedangkan jarak Pantai Penganak dari Bangka Belitung sejauh 210 km yang bisa ditempuh selama 4,5 jam.

Lumayan jauh ya? Apabila Anda sudah sampai di pusat kota Pangkal Pinang, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor dan menggunakan bantuan aplikasi Google Maps yang berada di handphone untuk menemukan rute terbaik menuju Pantai Penganak.

Objek Wisata Pantai Penganak

Berikut adalah referensi aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Penganak:

1.   Pemandangan Pantai

Harga Tiket Pantai Penganak
source: instagram.com/ardiiie__86/

Pantai Penganak memiliki hamparan pasir putih, air laut yang biru dan batuan alam yang bertebaran. Saat cuaca terang, pemandangan tersebut akan terasa lengkap dengan hadirnya awan yang berada di langit pantai.

Liburan Anda akan semakin indah dengan menikmati sunset ketika sore hari di kawasan Pantai Penganak. Air laut dan langit berubah warna menjadi orange yang membuat suasana menjadi romantis.

2.   Spot Foto

Rute Pantai Penganak
source: instagram.com/warawiriindonesia/

Ketika berada di Pantai Penganak, Anda bisa mengabadikan momen melalui lensa kamera yang Anda miliki. Salah satunya yaitu dengan berfoto dengan memanfaatkan ayunan yang sudah disediakan oleh pengelola, Berlatar ayunan tersebut, tampilan foto akan terlihat asyik dan menyenangkan.

Anda juga bisa berfoto dengan bebatuan alam yang ada di bibir pantai dan menjadikan air laut menjadi background yang tampak indah.

3.   Dermaga

Ketika Anda berkunjung ke Pantai Penganak, maka Anda akan menemukan dua dermaga. Dermaga tersebut merupakan dermaga kapal penambang timah. Anda bisa mengunjungi dermaga tersebut untuk duduk santai menikmati sepoi angin laut.

4.   Memancing

Bagi Anda yang suka memancing, Anda bisa mencoba memancing di Pantai Penganak bersama dengan warga sekitar. Karena penduduk sekitar memanfaatkan pantai ini untuk memancing ikan.

Spot memancing ini berada di sekitar dermaga pantai. Namun, jangan lupa untuk membawa peralatan pancing dari rumah. Karena, di Pantai Penganak belum tersedia penyewaan peralatan pancing.

5.   Jalan Jalan Santai

Daya Tarik Pantai Penganak
source: instagram.com/auliasuaibah_zen/

Jika Anda ingin lebih menikmati lembutnya pasir putih, Anda bisa melakukan aktivitas dengan berjalan-jalan tanpa menggunakan alas kaki.

Selain itu, Anda juga akan merasa lebih tenang  dan akan menemukan pemandangan lain seperti kapal-kapal tambang yang berjejer rapi dengan background keindahan pesona Pantai Penganak.

6.   Bermain Air dan Pasir

Alamat Pantai Penganak
source: instagram.com/winda_pane3103/

Selain berjalan-jalan mengitari kawasan pantai, Anda juga bisa bermain air laut. Ombak di Pantai Penganak cukup landai dan tenang, sehingga Anda bisa bermain air di bibir pantai.

Selain bermain air, jika mengunjungi Pantai Penganak bersama anaka-anak, Anda bisa mengajaknya untuk bermain pasir. Karena pasir pantai ini lembut dan juga bersih.

Namun, Anda harus tetap berhati-hati jika bermain di kawasan pantai agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas Pantai Penganak

Fasilitas Pantai Penganak
source: instagram.com/capung247/

Pantai ini tergolong sepi, fasilitasnya pun juga belum selengkap pantai-pantai lainnya.berikut sedikit ulasan tentang fasilitas umum di Pantai Penganak Bangka Belitung:

1.   Toilet

Salah satu fasilitas yang sudah dibangun oleh kelompok pengelola Pantai Penganak yaitu toilet. Terdapat beberapa toilet yang bisa digunakan oleh wisatawan.

Anda bisa menggunakan fasilitas toilet untuk membersihkan badan atau bilas setelah berenang di pantai dengan membayar RP. 5.000. Namun jika Anda hanya menggunakan toilet saja cukup membayar Rp. 2.000, kepada pengelola.

2.   Gazebo

Selain toilet, pengelola juga membangun beberapa gazebo di sekitar kawasan Pantai Penganak. Jika ingin menggunakan gazebo, Anda harus menyewanya terlebih dahulu kepada pengelola.

Gazebo ini dapat Anda gunakan dengan membayar sebesar Rp. 35.000. Anda sudah bisa menggunakannya selama seharian. Nantinya, hasil dari biaya penyewaan ini akan digunakan oleh pengelola untuk menambah fasilitas di Pantai Penganak.

Jadi, tidak salahnya jika Anda mengunjungi Pantai Penganak untuk mencoba menyewa gazebo sebagai tempat santai dan beristirahat ketika lelah bermain, pasti liburanmu terasa lebih berkesan.

3.   Tempat Duduk di Kawasan Pantai

Jangan risau apabila Anda tidak membawa tikar dan lupa membawa baju ganti. Anda bisa memanfaatkan fasilitas berupa tempat duduk yang ada di sekitar kawasan pantai untuk melihat pesona keindahan Pantai Penganak.

Nah, demikian ulasan singkat mengenai wisata Pantai Penganak di Bangka Belitung. Semoga ulasan ini dapat menjadi informasi yang Anda butuhkan ketika akan berlibur di kawasan Bangka Barat.

Sebagai informasi, di Pulau Bangka masih banyak pantai lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya yaitu Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tikus, dan Pantai Tanjung Pesona.

Akhir kata jika Anda akan berkunjung ke Pantai Penganak, kami sarankan sebaiknya Anda membawa bekal makanan dari rumah, karena masih sedikit penjual makanan di sekitar pantai.

Dan, jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, agar pantai ini bersih dan tetap terlihat alami.

12 Ulasan untuk Pantai Penganak, Bangka, Bangka Belitung

  1. Bagus buat selfie2

  2. Bongkar muat timah

  3. Tempat ny seruu

  4. Adem baget, ditambah angin cepoi cepoi dan ayunan…. banyak sih spot spot yg bagus disini ada banyak bebatuannya juga

  5. tempat na bagus

  6. Pantainya luas, air jernih,ada dermaga dan batu² besar dan juga tdk jauh dr pemukiman warga 😘

  7. Alami dan exsitic

  8. Enak bgt buat bersantai buat keluarga. Cuma pengelola kebersihannya kurang bagus. Kasih bintang 4 ya…

  9. Pemandangan yg indah di sertai perahu nelayan

  10. Pantainya enak buat nyantai, sore baru ramai.

  11. Temoat liburan

  12. Pelayanannya ramah dan harga murah 😍😍

Tinggalkan Balasan