Pantai Sangiang

22x dibaca

Pantai Sangiang
Nama Pantai Sangiang
Lokasi
Ulasan (5 / 5)

Mungkin bagi sebagian orang sampai saat ini destinasi wisata berupa pantai dan laut hanya berada di Bali maupun Lombok saja. Padahal jika anda menjelajahi Banten di Jawa Barat, ternyata memiliki banyak destinasi air yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan. Dengan berkunjung ke pantai di pesisir Sunda tersebut, Anda dapat menghemat biaya perjalanan maupun menghemat waktu karena untuk hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja jika berangkat dari Jakarta.

Pantai ini tidak memiliki hamparan area yang luas dibanding pantai lainnya di Provinsi Banten, namun tempat ini memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Sangiang awalnya merupakan sebuah cagar alam namun sekarang dialihfungsikan menjadi Taman Wisata Alam. Jika Anda berasal dari Jakarta, Anda harus membutuhkan durasi perjalanan selama kurang lebih 2 jam untuk bisa sampai ke lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi pantai pasir putih ini, sebaiknya Anda memperhitungkan siapa saja rekan atau keluarga yang ingin diajak karena destinasi wisata ini bukan seperti pantai lainnya yang dikenakan biaya retribusi setiap orang. Untuk bisa berkunjung ke kawasan pantai ini harus membutuhkan biaya Rp 2.000.000,- untuk menyeberangke Pulau Sangiang. Dengan harga tersebut, kapasitas kapal dapat menampung sebanyak 20 orang.

Akses dan Rute

Untuk menuju ke Pantai Sangiang harus membutuhkan dua moda transportasi yaitu via darat dan laut, karena Anda harus menyeberang Pulau Sangiang menggunakan kapal jika harus menuju ke pantai ini. Namun apabila Anda adalah wisatawan backpacker yang minim biaya, Anda bisa menggunakan transportasi umum dan disambung dengan menggunakan perahu.

Berikut beberapa rute yang dapat Anda jadikan panduan jika ingin berwisata ke Pulau Sangiang jika Anda berasal dari Jakarta :

1. Dari Slipi

Terminal Slipi-Terminal Cilegon-Pelabuhan Anyer-menyeberang ke Pulau Sangiang

2. Dari Merak

Jakarta-ke arah jurusan Merak-terminal bayangan PCI-Simpang tiga Cilegon ke arah Pelabuhan Paku-Anyer-menyeberang dengan perahu ke Pulau Sangiang

3. Dari Pulau Tunda

Terminal Rambutan-Kalideres-Tanjung Priuk-Terminal Pakupatan Serang-Pelabuhan Karang Hantu-menyeberang dengan kapal umum KM Tunda ke Pulau Sangiang

Beberapa rute tersebut adalah rute menggunakan kendaraan umum. Bagi Anda yang ingin berwisata dan berlibur ke Pulau Sangiang,seharusnya menggunakan kendaraan umum saja karena jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda diharuskan meninggalkan kendaraan Anda di perbatasan sebelum menyeberang ke Pulau Sangiang.

Objek Wisata

Lelah perjalanan Anda selama dari Jakarta menuju ke Pulau Sangiang akan terbayar jika sudah mendarat di pulau ini. Disana akan disuguhi pohon-pohon kelapa dan ditambah angin sepoy-sepoy yang mengesankan. Pulau Sangiang ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sudah bosan dengan Kepulauan Seribu dan tidak ingin menghabiskan banyak biaya dengan mengunjungi pulau di luar Jawa. Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas dan mengunjungi beberapa spot wisata selama berada di pulau ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Berkunjung ke bangunan Jepang

Bangunan yang terletak di kawasan Pantai Sangiang ini merupakan peninggalan Jepang sewaktu perang dunia ke-2. Jadi selain Anda berwisata dan berlibur, Anda juga bisa mengabadikan momen di salah satu tempat bersejarah di Indonesia.

2. Spot tepat untuk camping

Jika Anda berkunjung ke pulau ini bertujuan untuk backpacker, sebisa mungkin Anda harus membawa tenda sendiri jika tidak ingin menginap di penginapan atau villa karena untuk menekan biaya pengeluaran. Dengan mendirikan tenda di kawasan bibir pantai, Anda bisa menikmati Batu Raden, Menara Pandang, Berlin Wall, atau pun Rawa Tembuyung. Sudah tersedia spot camping yang bisa anda gunakan, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu pada petugas yang berjaga.

3. Spot tepat untuk snorkeling

Snorkeling Pantai Sangiang

Bagi Anda yang hobi menyusuri keindahan dalam laut, Pulau Sangiang ini adalah tempat yang sangat tepat karena disini Anda snorkeling sepuasnya di Legon Bajo, Tanjung Bajo Timur maupun Goa Kelelawar. Jika Anda tidak ingin membutuhkan banyak biaya untuk menyewa alat diving, Anda bisa membawa perlengkapan diving sendiri dari rumah karena biaya untuk menyewa alat diving di kawasan cukup merogoh kocek dalam.

4. Bermalam di Pasir Panjang

Jika Anda lelah untuk snorkeling, Anda bisa bermalam di Pantai Pasir Panjang. Di pantai ini akan ditemani oleh berbagai tanaman bakau yang memenuhi area ini, selain itu view yang sangat indah adalah dari tebing-tebing yang tinggi dengan panorama Goa Kelelawar.

5. Menyaksikan atraksi ikan hiu yang berenang

Apabila Anda bukan wisatawan yang menyukai tantangan dengan snorkeling, jangan khawatir, karena dengan hanya duduk bersantai di area bibir pantai, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan yaitu melihat beberapa sekelompok hiu yang memakan kelelawar. Pemandangan ini tentu tidak semua tempat bisa Anda jumpai.

Jadi tunggu apalagi? Keindahan dan kelebihan yang Anda dapatkan jika berkunjung ke Pulau Sangiang ini tidak perlu diragukan lagi. Walaupun biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi kawasan ini sedikit mahal jika berkunjung ke tempat lain, namun Anda dijamin tidak akan pernah menyesal.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menghemat dari biaya makan dengan membawa bekal sendiri dari rumah, karena untuk menempuh ke kawasan ini harus membutuhkan waktu berjam-jam hingga seharian penuh. Terutama jika Anda seorang backpacker, Anda harus mempersiapkan bekal sarapan untuk di pagi hari. Selain itu Anda tidak perlu membutuhkan penginapan di sekitar area ini karena bisa menggunakan tenda sendiri. Selamat berlibur!


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *