Pantai Sangiang

Pantai Sangiang

Alamat: Sangiang, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Mungkin bagi sebagian orang sampai saat ini destinasi wisata berupa Pantai dan laut hanya berada di Bali maupun Lombok saja. Padahal jika anda menjelajahi Banten di Jawa Barat, ternyata memiliki banyak destinasi air yang bisa Anda kunjungi saat akhir pekan. Dengan berkunjung ke Pantai di pesisir Sunda tersebut, Anda dapat menghemat biaya perjalanan maupun menghemat waktu karena untuk hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja jika berangkat dari Jakarta.

Pantai ini tidak memiliki hamparan area yang luas dibanding Pantai lainnya di Provinsi Banten, namun tempat ini memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai Sangiang awalnya merupakan sebuah cagar alam namun sekarang dialihfungsikan menjadi Taman Wisata Alam. Jika Anda berasal dari Jakarta, Anda harus membutuhkan durasi perjalanan selama kurang lebih 2 jam untuk bisa sampai ke lokasi Pantai.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sangiang

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Pantai pasir putih ini, sebaiknya Anda memperhitungkan siapa saja rekan atau keluarga yang ingin diajak karena destinasi wisata ini bukan seperti Pantai lainnya yang dikenakan biaya retribusi setiap orang. Untuk bisa berkunjung ke kawasan Pantai ini harus membutuhkan biaya Rp 2.000.000,- untuk menyeberangke Pulau Sangiang. Dengan harga tersebut, kapasitas kapal dapat menampung sebanyak 20 orang.

Akses dan Rute Menuju Lokasi Pantai Sangiang

Untuk menuju ke Pantai Sangiang harus membutuhkan dua moda transportasi yaitu via darat dan laut, karena Anda harus menyeberang Pulau Sangiang menggunakan kapal jika harus menuju ke Pantai ini. Namun apabila Anda adalah wisatawan backpacker yang minim biaya, Anda bisa menggunakan transportasi umum dan disambung dengan menggunakan perahu.

Berikut beberapa rute yang dapat Anda jadikan panduan jika ingin berwisata ke Pulau Sangiang jika Anda berasal dari Jakarta :

1. Dari Slipi

Terminal Slipi-Terminal Cilegon-Pelabuhan Anyer-menyeberang ke Pulau Sangiang

2. Dari Merak

Jakarta-ke arah jurusan Merak-terminal bayangan PCI-Simpang tiga Cilegon ke arah Pelabuhan Paku-Anyer-menyeberang dengan perahu ke Pulau Sangiang

3. Dari Pulau Tunda

Terminal Rambutan-Kalideres-Tanjung Priuk-Terminal Pakupatan Serang-Pelabuhan Karang Hantu-menyeberang dengan kapal umum KM Tunda ke Pulau Sangiang

Beberapa rute tersebut adalah rute menggunakan kendaraan umum. Bagi Anda yang ingin berwisata dan berlibur ke Pulau Sangiang,seharusnya menggunakan kendaraan umum saja karena jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda diharuskan meninggalkan kendaraan Anda di perbatasan sebelum menyeberang ke Pulau Sangiang.

Obyek Wisata di Pantai Sangiang

Lelah perjalanan Anda selama dari Jakarta menuju ke Pulau Sangiang akan terbayar jika sudah mendarat di pulau ini. Disana akan disuguhi pohon-pohon kelapa dan ditambah angin sepoy-sepoy yang mengesankan. Pulau Sangiang ini juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sudah bosan dengan Kepulauan Seribu dan tidak ingin menghabiskan banyak biaya dengan mengunjungi pulau di luar Jawa. Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa aktivitas dan mengunjungi beberapa spot wisata selama berada di pulau ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Berkunjung ke bangunan Jepang

Bangunan yang terletak di kawasan Pantai Sangiang ini merupakan peninggalan Jepang sewaktu perang dunia ke-2. Jadi selain Anda berwisata dan berlibur, Anda juga bisa mengabadikan momen di salah satu tempat bersejarah di Indonesia.

2. Spot tepat untuk camping

Jika Anda berkunjung ke pulau ini bertujuan untuk backpacker, sebisa mungkin Anda harus membawa tenda sendiri jika tidak ingin menginap di penginapan atau villa karena untuk menekan biaya pengeluaran. Dengan mendirikan tenda di kawasan bibir Pantai, Anda bisa menikmati Batu Raden, Menara Pandang, Berlin Wall, atau pun Rawa Tembuyung. Sudah tersedia spot camping yang bisa anda gunakan, jangan lupa untuk meminta izin terlebih dahulu pada petugas yang berjaga.

3. Spot tepat untuk snorkeling

Snorkeling Pantai Sangiang

Bagi Anda yang hobi menyusuri keindahan dalam laut, Pulau Sangiang ini adalah tempat yang sangat tepat karena disini Anda snorkeling sepuasnya di Legon Bajo, Tanjung Bajo Timur maupun Goa Kelelawar. Jika Anda tidak ingin membutuhkan banyak biaya untuk menyewa alat diving, Anda bisa membawa perlengkapan diving sendiri dari rumah karena biaya untuk menyewa alat diving di kawasan cukup merogoh kocek dalam.

4. Bermalam di Pasir Panjang

Jika Anda lelah untuk snorkeling, Anda bisa bermalam di Pantai Pasir Panjang. Di Pantai ini akan ditemani oleh berbagai tanaman bakau yang memenuhi area ini, selain itu view yang sangat indah adalah dari tebing-tebing yang tinggi dengan panorama Goa Kelelawar.

5. Menyaksikan atraksi ikan hiu yang berenang

Apabila Anda bukan wisatawan yang menyukai tantangan dengan snorkeling, jangan khawatir, karena dengan hanya duduk bersantai di area bibir Pantai, Anda akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan yaitu melihat beberapa sekelompok hiu yang memakan kelelawar. Pemandangan ini tentu tidak semua tempat bisa Anda jumpai.

Jadi tunggu apalagi? Keindahan dan kelebihan yang Anda dapatkan jika berkunjung ke Pulau Sangiang ini tidak perlu diragukan lagi. Walaupun biaya yang dikeluarkan untuk mengunjungi kawasan ini sedikit mahal jika berkunjung ke tempat lain, namun Anda dijamin tidak akan pernah menyesal.

Untuk menghemat biaya, Anda bisa menghemat dari biaya makan dengan membawa bekal sendiri dari rumah, karena untuk menempuh ke kawasan ini harus membutuhkan waktu berjam-jam hingga seharian penuh. Terutama jika Anda seorang backpacker, Anda harus mempersiapkan bekal sarapan untuk di pagi hari. Selain itu Anda tidak perlu membutuhkan penginapan di sekitar area ini karena bisa menggunakan tenda sendiri. Selamat berlibur!

11 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sangiang

  1. gw ga nyangka di area yg ga jauh dr jakarta ada dive spot se asik ini…nyobain diving disini di lagoon bajo, lagoon waru sama batu masjid….ajiiibbbbb bener dahhh….terutama di batu masjid…lu bakal nemuin banyak sea fan, anemon ngumpul di satu tempat, moray eel gueede dan klo lg beruntung kaya gw, ketemu gt ama baracuda…walaupun ga schooling…

    16 April 2018, 21:25 WIB

  2. Wah, goks nih spot! Bener2 the hidden paradise! Uhuuuy.. Tapi sayang sih emang ya, kebersihannya ga dijaga. Banyak turis yang naik ke atas, naik naik aja, buang sampahnya sembarangan, ditinggal gitu aja di lokasi. Padahal kan bersihinnya capek. Tolong lah, kesadaran menjaga alamnya dijunjung tinggi.. Nah buat kalian yang ga sanggup buat jalan2 jauh tapi mau view nya luar biasa, sila datang ke Sangiang (goa kelelawar & pantainya super menakjubkan), dijamin viewnya ga mengecewakan!. Tapi sayang juga sih, kalau mau shalat, mushalanya ga terjaga kebersihannya. Sisanya yang lain super menyenangkan to be here! 😍

    17 April 2018, 20:41 WIB

  3. Lagi, salah satu pulau di sekitar selat sunda yang memiliki keindahan luar biasa. Pulau sangiang bisa dijangkau dengan menaiki kapal motor selama sekitar satu jam dari pelabuhan paku anyer. Pulau sangiang masih sangat asri. Disana kita bisa menemukan keindahan pasir pantai yang putih dan lembut, dan kita bisa berkemah dipinggir pantai, treking di hutan dan mengunjingi goa kelalawar, juga berfoto diatas bukit dengan pemandangan lautan luas. Hati hati ya, bukitnya terjal miri0 di bali atau nusa penida.

    21 April 2018, 18:52 WIB

  4. berangkat ke Pulau Sangiang dari Anyer naik perahu boat jarak tempuh 30 menit karena ombak lumayan tinggi. pasir bersih dan mendekati daratan banyak koral dan terumbu karang. di beberapa lokasi juga bisa snorkeling. banyak tanah rumput datar dikelilingi pepohonan yang nyaman untuk dijadikan tempat kamping. apabila jalan mendekati ke arah ujung puncak harapan, akan menemukan lokasi foto yang instagramable. ujung puncak harapan merupakan lokasi viral. penduduk hanya 49kk saat tulisan ini dibuat dan mereka menyediakan minuman kelapa muda yang diambil langsung dari pohonnya.

    4 Mei 2018, 21:40 WIB

  5. Butuh lebih dari satu jam dari Pelabuhan paku anyer menggunakan perahu biasa. Bisa lebih cepat jika naik speedboot tapi harus merogoh kocek lebih dalam. Ada spot snorkeling, hard coral, ikannya banyak. Sangat bagus untuk berfoto. View nya sangat bagus bila dilihat dari bukit, tapi harus tracking kurang lebih setengah jam untuk sampai ke bukit.

    19 Juni 2018, 06:19 WIB

  6. Amazing view, ahhhhh rasanya pengen balik lagi. Indah banget sih, menempuh perjalanan 45 menit untuk sampai disana dari pelabuhan paku anyer, keindahan bawah laut nya juga keceeeee bangettttt, sayangnya fasilitas untuk mandi atau ganti baju masih kurang, belum maksimal, disana ga cuma ada pantai, ada bukit harapan yang view thats so amazing, ada goa kelelawar juga, 😍😍😍💕💕💕

    21 Juni 2018, 01:04 WIB

  7. Review ini subjective yaa karena 100{4e665b075197b716023c708a640e44a965adea379b225d541e1e4222cdfafd81} pendapat saya pribadi. . Pantainya mantap asli, gak nyesel kemari. Perjalanannya juga gak panjang-panjang amad (buat keliling pulau). Nah biasanya sebelum sampai pulau kita bakal di ajak snorkling (sama mamang tripnya) di deket pulau, wah pemandangan bawah laut memamg luar biasa indah. Jernih airnya, terumbu karang dan ikan-ikan terlihat jelas (pada waktu itu). Saya rekomendasikan tempatini buat kalian yang blum pernah kesini

    26 Juni 2018, 07:26 WIB

  8. C’est magnifique, la isla bonita, dios mio, pulau yg indah di selat sunda. Yesterday I kesana dgn todos los amigos, chantique banget deh, so pasti Ik wil go again con las mi familias.

    25 Agustus 2018, 21:24 WIB

  9. Di dalamnya banyak tempat menarik yg harus di kunjungi seperti, goa kelelawar, puncakk harapan, dan yg tak kalah eksotisnya dengan tempat lainnya yaitu pantai panjang. Dan banyak spot untuk snorkling, terlebih tempat untuk mancing mania.

    6 September 2018, 03:42 WIB

  10. Dipulau ini tidak ada hotel. Kita akan menginap di rumah warga atau homestay.. . Untuk kondisi homestay tidak terlalu rekomen. lebih baik camping di pinggir pantai karena jauh lebih baik dari pemandangan dan lainnya.. Saya sudah 3x kemari dan selalu ingi kembali ke sana lagi karena pulau sangiang pulau yg sangat lengkap. . . Untuk listrik hanya ada malam hari, siang hari tidak ada listrik dan mandi di kamar mandi warga yang seadanya saja. . . Kalau suka treking, di sana bisa di lakukan dan kalau suka snorkling , di sana mempunyai banyak spot snorkling dan banyak ikannya.. . Mempunyai banyak spot pemandangan yang sangat indah. pasir yg bersih dan spot sunset yang sangat keren. . Semoga seterusnya sebagus ini dan tidak berubah.

    19 September 2018, 19:44 WIB

  11. Pengen ke situ. Tapi klu kembali mlm hari ny apakah ada sfed boot ke anyer… . Dan brp ongkos ny 😎

    9 Oktober 2018, 09:55 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sangiang

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *