Pantai Sebalang

Pantai Sebalang

Desa Tarahan, Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia

8 Ulasan

Pantai adalah salah satu destinasi yang bagus untuk berlibur dan refreshing. Pemandangan-nya bagus disertai dengan pasir hitam maupun pasir putih yang turut menghiasi tepi pantai. Beberapa pepohonan juga turut menghiasi bagian tepi pantai.

Saat Anda bepergian ke Lampung, Anda disarankan mampir untuk mengunjungi ke beberapa obyek wisata pantai. Pantai yang terkenal di Lampung Selatan adalah pantai Guci Watu Kapal.

Namun akhir-akhir ini terdapat pantai di Lampung Selatan yang sedang viral karena mirip dengan pantai Kuta di Bali. Masyarakat Lampung menganggap pantai ini sebagai Kuta-nya Lampung.

Panti yang sedang populer itu adalah Pantai Sebalang. Pantai tersebut sangat terkenal dengan pemandangan sunset yang sangat bagus.

Wisata Pantai Sebalang

Bagi masyarakat Lampung, wisata pantai Sebalang ini sudah sangat diminati. Selain memiliki pemandangan yang indah, biaya masuk ke pantai ini juga sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sebalang

Harga tiket masuk menuju Pantai Sebalang masih murah dan terjangkau. Anda hanya menghabiskan uang sebesar Rp 5000 per orang Anda dapat dengan puas menikmati keindahan Pantai Sebalang.

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya parkir untuk motor Rp 5000 dan untuk mobil sebesar Rp 10.000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sebalang

Pantai Sebalang berlokasi di Desa Tarahan, Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan. Tepatnya terletak 27 km dari Bandar Lampung. Lokasi tersebut dapat dengan mudah ditemukan dan akses-nya pun mudah.

Anda dapat ke sana menggunakan transportasi umum bis atau bisa menggunakan kendaraan pribadi. Apabila Anda menggunakan bus Anda hanya membayar sejumlah Rp 15.000.

Sedangkan jika menggunakan travel biaya yang dibutuhkan adalah Rp 40.000. Jika Anda menggunakan sepeda motor maka Anda dapat menempuh perjalanan selama 30 – 45 menit.

Obyek Wisata di Pantai Sebalang

Berikut ini adalah beberapa obyek yang viewnya bagus di Pantai Sebalang:

1. Keindahan Pantai Sebalang

Pantai Sebalang Kutanya Lampung

Hal menarik dari Pantai Sebalang adalah mereka memiliki hamparan pasir putih yang setia menyambut Anda saat pertama kali Anda sampai di pantai tersebut.

Selain itu, Anda juga akan menjumpai beberapa pohon di tepi pantai sehingga melengkapi keindahan pantai tersebut.  

2. Melihat Sunset

Sunset Dipantai Sebalang

Anda dapat menyaksikan pemandangan sunset di sore hari di tepi pantai sekaligus memandang panorama alam yang sangat indah. Pantai tersebut berlokasi di Desa Sinar Laut, Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan.

Oleh karena itu, saat berkunjung ke Lampung hal yang tidak boleh terlewatkan adalah berkunjung ke pantai Sebalang.

3. Tempat yang Asyik untuk Memancing

Pantai Sebalang adalah tempat yang sangat menarik untuk digunakan menyalurkan hobi memancing. Caranya adalah Anda menyewa perahu untuk berkeliling menuju pulau di sekitarnya dan untuk pergi ke tengah laut.

Selama perjalanan Anda dapat memancing sembari menikmati keindahan di sekeliling pantai.

4. Obyek Pohon di Tengah Laut

Pantai Sebalang Lampung

Anda dapat menjumpai sebuah pohon yang terletak di tengah laut. Pemandangan ini menambah nilai estetika dan menjadi salah satu obyek selfie yang cantik dan bagus.

Selain itu, pasir pantai yang berwarna putih dipadukan dengan birunya air laut dapat menambah keindahan pemandangan di pantai ini.

5. Fasilitas di Sekitar Pantai

Berkemah Di Pantai Sebalang

Di sekitar pantai hanya dijumpai warung makan di tepi pantai. Anda dapat menikmati hidangan makanan sembari disuguhkan pemandangan pantai yang masih alami.

Sekali mendayung dua kenikmatan dapat Anda rasakan. Pemandangan alam yang sejuk dan nyaman dapat menjadikan makanan Anda semakin lezat.

6. Potensi Pengembangan Pantai Sebalang

Keindahan Pantai Sebalang

Adanya kerja sama antara warga dengan pemerintah daerah setempat dapat memajukan tempat wisata di area Pantai Sebalang.

Bantuan dari pemerintah mampu mendukung sarana dan prasarana sehingga pantai tersebut nyaman untuk dikunjungi. Hal ini dikarenakan terdapat potensi yang bagus untuk dikembangkan di area pantai tersebut.

Saat ini kondisi Pantai Sebalang memerlukan perhatian yang lebih. Hal ini dikarenakan banyak obyek  yang tidak terurus dengan baik.

Selain itu, kondisinya juga kotor akibat adanya pembangunan kawasan industri dan PLTU serta sebagai pelabuhan untuk mengangkut barang yang besar.

7. Lokasi Berkemah

Di pantai ini tersedia bagian yang dapat digunakan untuk berkemah sambil menikmati suasana pantai. Meskipun di area tersebut di dominasi oleh banyaknya batuan, namun Anda tetap dapat menemukan area untuk berkemah.

8. Kepedulian PLN terhadap Ekosistem Laut

Beberapa upaya yang telah dilakukan oleh PLN bersama warga untuk memelihara ekosistem laut antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menanam terumbu karang
  • Menanam Mangrove
  • Menanam pohon cemara
  • Memasang rumpon dan lain-lain

Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan agar Pantai Sebalang menjadi salah satu obyek wisata yang ramai dikunjungi. Sehingga berdampak positif terhadap kesejahteraan warga di sekitar sehingga terjalin kerjasama yang saling menguntungkan.

Demikian ulasan mengenai wisata pantai Sebalang sebagai Kuta-nya Lampung yang sedang viral dan populer. Jika Anda berkunjung ke Lampung, jangan lupa singgah ke pantai ini.

8 Ulasan untuk Pantai Sebalang, Lampung Selatan, Lampung

  1. Pantai oke, parkir oke, musola oke, kamar ganti dan bilas oke, fasilitas oke, sarana juga oke, puncaknya, the best moment nya itu pas lagi sunset, ada pohon di tengah weh~ ini harus bisa ambil foto dengen enggel terbaik nih~ 😍😍 recommended banget dari saya pribadi

  2. Pantai nya nyaman dan bersih sebelum buming, semenjak banyak orang yg kesana, pantai jadi kotor, dulu sblm rame gw dkk dh pernah kesana dan bersih banget mka nya bsa berbicara seperti ini

  3. Menurut aku siee”pantai sebalang enggak kalah menarik loh guys dibandingkan pantai di daerah pesawaran,disamping itu jg”gak jauh kok dr kota.oh iya guys,mau ingetin nih kl ke sana jaga kebersihan yaa,soalnya lum ada pengelolanya,,,oke…cukup berkesan terutama sunsetnya.cakep bangett.nyesel deh kl lu2 pd lum kesana,

  4. Maaf sis gan, kalo boleh tau berapa biaya masuk kesini untuk motor dan untuk mobil..

  5. Pantai Sebalang ini terletak di Tarahan, Kecamatan Ketibung, Kabupaten Lampung Selatan, berjarak sekitar 45 menit dari Kota Bandar Lampung. Untuk sampai ke Pantai Sebalang melalui jalan lintas dari arah Bandar Lampungmenuju Bakauheni, patokannya adalah Pantai Pasir Putih, dari situ kita maju sekitar 4 atau 5 km, nanti ketemu jalan agak menanjak, dan di sisi kanan jalan ada papan nama PT. Adhi. Belok saja di situ, kemudian setelah melewati kebun berisi tanaman sawit sampailah kita di Pantai Sebalang.

  6. Ya pantai nya bersih, gabayar masuk nya gratis sepuasnya kaya pantai sendiri, alhasil juga bagus buat foto kalau pinter ngambilnya

  7. Pantai nya bagus..tp tolong untuk di kelola lagi..dan lingkungan nya di bersihkan lagi agar lebih nyaman makasih

  8. Pantai sebalang sekarang kotor semenjak bnyak di kunjungi oleh orang yg kesadarannya kurang,dulu waktu saya kesana bersih karena belum dibuka sebagai tempat wisata lagii

Tinggalkan Balasan