Pantai Sunset Laendra

Pantai Sunset Laendra

Jalan Laendra, Desa Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59455, Indonesia

1 Ulasan

Kepulauan Karimunjawa adalah kumpulan beberapa pulau kecil yang terdapat di laut Jawa. Kepulauan ini selalu ramai di datangi para wisatawan. Karena memang banyak pantai indah yang tersebar di kepulauan Karimunjawa ini.

Misalnya saja pantai Nirwana, pantai Batu Topeng, pantai Anora dan pantai-pantai lainnya. Pengunjung juga dapat menjumpai beberapa objek wisata yang terdapat di Pantai ini. Salah satu pantai yang menarik di sini adalah pantai Sunset Laendra.

Pantai Sunset Laendra merupakan sebuah objek wisata daerah pantai yang menyuguhkan pemandangan yang sangat indah. Objek wisata ini Terletak di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah.

Konon katanya, pantai ini dikelola oleh warga sekitar daerah pantai itu sendiri yang merupakan warga Suku Bugis dari Pulau Sulawesi. Sehingga beberapa orang mengenal tempat ini sebagai Kampung Bugis.

Suku Bugis telah menyeberang ke Kepulauan Karimunjawa sejak ratusan tahun yang lalu. Sehingga sampai sekarang Suku Bugis-lah yang sudah mendiami daerah ini.

Pantai Laendra Sunset Karimunjawa

Selain dari Suku Bugis, warga lokal juga banyak yang berasal dari Suku Jawa dan Suku Madura. Silahkan simak ulasan lengkap mengenai Pantai Sunset Laendra di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sunset Laendra

Untuk harga tiket masuk ke kawasan wisata pantai yang satu ini, pengunjung tidak dipungut dengan biaya apapun alias gratis. Pengunjung cukup dengan memesan makanan dan jajanan lain yang ada di cafe-cafe.

Hal tersebut cukup dapat membuat warga sekitar senang. Meskipun gratis, pengunjung tentu perlu mengeluarkan biaya untuk perjalanan dan penginapan. Disini terdapat beberapa penginapan yang bisa pengunjung tempat selama berada di pulau ini.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sunset Laendra

Untuk menuju ke pulau Karimunjawa yang berada di laut Jawa ini, Ada beberapa rute yang dapat dilalui. Rute menuju lokasi pulau Karimunjawa yaitu:

1. Rute dari Jepara

Perjalanan darat dapat dilakukan menuju ke kota Jepara dengan naik menggunakan mobil, sepeda motor, atau angkutan umum. Kemudian dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Kartini yang berada di pesisir Jepara.

Dari pelabuhan Kartini, dilanjutkan dengan naik kapal Ferry menuju ke pulau Karimunjawa dengan lama perjalanan berkisar antara 4 sampai 5 jam.

2. Rute dari Semarang

Ketika ingin pergi ke pulau Karimunjawa dari kota Semarang, Anda dapat melakukan perjalanan ini dengan dua pilihan perjalanan.

  • Melalui Jalur Laut : Naik kapal dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menuju ke Pulau Karimunjawa.
  • Melalui Jalur Udara : Dari Semarang, Anda juga bisa berangkat melalui jalur udara yaitu naik pesawat dari bandara Ahmad Yani menuju ke bandara Dewadaru yang ada di Karimunjawa. Diantaranya yaitu Susi Air, Wings Air, dan juga NAM Air. Harga yang ditawarkan berbagai perjalanan tersebut sangat bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Semua rute di atas akan berakhir di Pulau Karimunjawa yang berada di laut Jawa.

Jika tidak ingin ribet, para wisatawan juga bisa menggunakan jasa paket wisata Karimunjawa serta tour guide agar lebih mudah.

Mau liburan ke Karimunjawa dengan modal 600 ribuan aja? Pantainesia punya solusinya!

Daerah wisata pantai Sunset Laendra ini terletak 22 kilometer dari arah pusat alun-alun Karimunjawa. Akses untuk menuju tempat ini bisa dilalui dengan berbagai alternatif transportasi.

Meskipun tempat ini lumayan terpencil berada di ujung pulau, akses yang dimilikinya sudah cukup bagus. Terbukti dengan beberapa jalan telah diberi aspal. Namun masih terdapat juga jalanan yang berdebu dan berbatu.

Namun perjalanan tersebut akan mudah dinikmati dengan pemandangan alamnya yang masih asri.

Objek Wisata Pantai Sunset Laendra

Ketika di tempat ini, transportasi dan akomodasi seperti hotel dan restoran tidak akan sulit ditemukan. Untuk menjelajah tempat ini pengunjung tidak perlu risau dengan transportasi.

Beberapa warga lokal sengaja membuka jasa transportasi seperti becak dan ojek dengan harga yang relatif terjangkau.Pengunjung juga dapat menjumpai beberapa objek wisata yang terdapat di Pantai ini.

Berikut adalah jenis-jenis wisata yang terdapat di Pantai Sunset Laendra:

1. Pantai dengan Pemandangan Sunset yang Indah

Sunset Di Pantai Laendra Karimunjawa

Hal yang menjadi pemikat wisatawan dari pantai ini tentunya sesuai dengan namanya yaitu Pemandangan Sunset atau matahari terbenam pada sore hari menjelang malam.

Biasanya para wisatawan datang untuk menikmati sunset dengan suasana yang tenang dan berfoto dengan latar matahari terbenam.

2. Tempat Bersantai

Pantai Sunset Laendra Karimunjawa

Pantai yang memiliki julukan the Paradise of Java ini, memiliki tempat-tempat bersantai yang sengaja dibuat oleh penduduk sekitar. Beberapa spot bersantai ini ada yang menghadap langsung ke laut.

Tentu ini akan sangat menyenangkan dapat bersantai di tengah terpaan angin laut, dengan pemandangan yang indah.

Duduk di bangku-bangku yang disediakan dengan menikmati suasana, berjemur, dan bermain air tentu akan menyenangkan dalam menghabiskan waktu selama disana. Beberapa fasilitas bersantai di sana juga tidak dipungut biaya alias bisa digunakan dengan gratis sepuasnya.

3. Spot Foto

Spot Photo Pantai Sunset Laendra

Pantai ini memiliki banyak spot foto yang menarik untuk dijelajahi. Yang pertama tentunya laut dari pantai ini. Laut yang memiliki perairan yang masih jernih, pasirnya yang putih akan sangat indah jika dijadikan sebagai background foto pemandangan.

Selain itu terdapat beberapa spot foto buatan dari penduduk sekitar. Seperti ada patung perahu dengan air mancur, kemudian ada patung berbentuk hati dengan lampu yang akan menyala saat malam hari.

Beberapa taman juga terdapat di pantai ini dengan tanaman-tanaman dan juga suasana yang eksotik khas dari sebuah pantai akan cocok untuk melengkapi feed Instagram pengunjung.

7. Suasana yang Tenang

Obyek Wisata Pantai Sunset Laendra

Jika sedang mencari tempat bersantai yang tenang untuk berlibur. Tempat ini akan sangat cocok untuk hal tersebut. Pantai ini akan terasa seperti pulau pribadi dengan suasana yang tenang dan sepi.

Suara ombak laut, angin laut yang sejuk akan menjadi hal yang menyenangkan menemani hari-hari di Pantai tersebut. Terdapat pohon-pohon yang dapat di panjat untuk menikmati suasana dengan santai.

5. Penginapan Ala Rumah Adat Bugis

Wisata Pantai Sunset Laendra

Pantai Sunset Laendra memiliki beberapa penginapan atau pondok yang dapat disewa oleh pengunjung. Terdapat beberapa bangunan yang umum seperti layaknya berbentuk rumah.

Namun ada juga yang berbentuk rumah panggung ala bugis yang menghadap langsung ke laut.

6. Berenang

Berenang di sekitar pantai akan menyenangkan dengan airnya yang jernih dan suasana yang masih asri tanpa sampah-sampah yang mengganggu.

Tidak perlu ragu berenang di pantai ini karena, perairan di pantai ini masih terbilang dangkal dan aman untuk berenang.

4. Restoran

Tempat ini akan terlihat seperti pulau pribadi. Dengan sebuah tempat makan atau cafe di tengahnya. Cafe ini menyediakan tempat makan dengan pemandangan yang memanjakan mata.

Untuk makanan yang disediakan terdapat beberapa menu a la carte dan juga tersedianya prasmanan. Selain itu juga menyediakan kebutuhan-kebutuhan pengunjung lainnya seperti air minum, air panas dan lain-lain.

Demikian sedikit ulasan mengenai wisata pantai Laendra yang menjadi salah satu surga tersembunyi yang ada di Kepulauan Karimunjawa.

Meskipun kepulauan ini bisa dibilang cukup kecil, namun ternyata kepulauan ini memiliki tempat-tempat wisata yang indah dan belum banyak orang ketahui seperti Pantai Sunset Laendra ini.