Pantai Tampora

Pantai Tampora

Dusun Tampora, Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68359, Indonesia.

10 Ulasan

Wisata Pantai di Situbondo merupakan objek wisata yang cukup ramai dikunjungi dan menjadi jujukan para wisatawan saat berlibur. Tentunya ada hal spesial yang menjadikan objek wisata tersebut ramai dikalangan wisatawan.

Tahukah Anda apa yang menjadikannya semakin populer? Menjadi ramai dikunjungi pun bukan tanpa alasan, karena objek wisata ini memang indah dan unik.

Salah Satu pantai di Situbondo yang memiliki karakteristik tersebut yaitu Pantai Tampora. Nah, untuk bisa mengetahui lebih lanjut mengenai pantai ini, sebaiknya simak artikel berikut yuk!

Sejarah Pantai Tampora

Pantai Tampora

Pantai Tampora merupakan objek wisata pantai di Situbondo yang belum terlalu dikenal oleh khalayak umum. Sehingga pantai ini menjadi salah satu pantai yang memiliki panorama indah namun masih alami dan juga bersih.

Keberadaan Pantai Tampora ini juga dimanfaatkan oleh penduduk sekitar yang dipergunakan sebagai tempat untuk mencari kerang saat perairan surut. Oleh karena itu, jika wisatawan berkunjung saat pantai surut maka tak jarang akan melihat masyarakat yang sedang mencari kerang.

Kealamian dan keindahan yang dimiliki pantai ini pun juga menjadi incaran para wisatawan untuk berlibur. Oleh karena itu Pantai Tampora ini dijadikan sebagai objek wisata pantai dengan memiliki daya tarik serta  fasilitas pendukung para wisatawan yang sudah dapat digunakkan.

Sayangnya, jika Anda mencari informasi mengenai kapan pantai ini diresmikan, maka Anda tidak akan mendapatkan jawabannya. Namun tidak menjadi masalah bukan? Selain menjadi objek wisata, di pantai ini juga terdapat petilasan Syekh Maulana Ishaq yang merupakan ulama penyebar agama islam di Situbondo.

Harga Tiket Masuk Pantai Tampora

Jika Anda akan berkunjung ke objek wisata Pantai Tampora ini, kami menyarankan untuk membawa uang cash ya. Dikarenakan agar bisa memasuki kawasan pantai ini mka wisatawan harus membayar tiket masuk terlebih dahulu.

Untuk harga tiket masuknya pun wisatawan akan ditarik dengan tarif Rp. 5.000 per orang pada hari biasa, harga yang cukup murah ya?  Namun, ketika hari libur atau hari besar saat suasana ramai, maka ada kenaikan tiket masuk dan juga tidaklah terlalu mahal kok.

Jadi, sebaiknya jika membawa uang cash sedikit dilebihkan ya, agar bisa digunakan untuk berjaga-jaga ketika berlibur. Meskipun harga tiketnya murah, namun keindahan pantai ini tidak murahan lo, sehingga saat berlibur di pantai ini dijamin nggak akan nyesel deh.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tampora

Rute Menuju Pantai Tampora.jpg

Agar bisa mengunjungi objek wisata Pantai Tampora ini, maka wisatawan harus terlebih dahulu sampai di Desa Tampora, Kalianget Kecamatan Banyuglugur, Kabupaten Situbondo. Anda pun bisa mengendarai transportasi darat seperti roda dua maupun roda empat.

Pantai ini berada di kawasan perbukitan dan gunung, sehingga saat perjalanan menuju pantai pun wisatawan akan disuguhkan pemandangan yang begitu segar. Pantai ini cukup dekat jika dari terminal Besuki Situbondo karena hanya akan membutuhkan waktu 27 menit perjalanan.

Rute yang bisa Anda lalui dari Terminal Besuki Situbondo yaitu langsung saja ambil arah barat menuju Jl. Niaga yang kemudian masuk ke Jl. Raya Besuki – Situbondo / Jl. Raya Pantura / Jl. Raya Pasir Putih dengan menyusurinya sepanjang kurang lebih 10 kilometer. Selanjutnya Anda pun bisa mengikuti papan petunjuk jalan menuju Pantai Tampora.

Namun, jika Anda berasal dari arah lain seperti dari Surabaya Anda bisa masuk ke jalur pantura menuju arah Probolinggo dengan melewati jalan Tol agar perjalanan lebih cepat. Setelah melewati kota probolinggo lanjutkan saja perjalanan ke Timur sampai hingga melewati PLTU Paiton.

Ikuti saja jalan tersebut dengan jarak tempuh kurang lebih  kilometer lagi dan setelah itu pun akan terlihat pintu masuk Pantai Tampora yang berada di sebelah kiri jalan. Selain rute ini, Anda pun juga bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk jalan dengan pilihan rute yang terbaik.

Objek Wisata di Pantai Tampora

Objek Wisata Pantai Tampora

Wisata Pantai Tampora adalah objek wisata yang begitu indah yang mampu memberikan sensasi yang berbeda dengan berbagai aktivitas ser.

1. Bermain Air

Sudah menjadi ciri khas pantai utara Jawa jika memiliki ombak yang tenang, tak terkecuali Pantai Tampora ini. Deraian ombak yang tidak terlalu besar menjadikan pantai ini bisa digunakan untuk bermain air oleh para wisatawan.

Namun, kami tetap menyarankan dan mengingatkan agar selalu berhati-hati saat bermain air ya. Meskipun ombaknya cukup tenang, Anda tidak boleh lalai. 

2. Pasir Putih Dan Tebing

Karakteristik lain yang dimiliki oleh Pantai Tampora yaitu dengan adanya hamparan pasir putih. Meskipun memiliki hamparan pasir putih, tekstur pasirnya kasar. Hal ini karena adanya bebatuan karang. Sehingga pasirnya tidak begitu lembut karena tercampur sedikit dengan kerikil-kerikil.

Selain itu, Anda juga akan dihadapkan dengan adanya pemandangan deretan tebing di pantai ini. Mengingat letaknya berada di perbukitan maka hal ini menjadi wajar lah ya, apalagi malah menjadi keindahan tersendiri dengan ditumbuhi pohon yang hijau.

3. Biota Laut

Dikarenakan pantai ini memiliki air laut yang jernih dan juga terumbu karang, maka wisatawan dapat menemukan berbagai biota laut di perairan ini. Diantaranya yaitu bintang laut, teripang, landak laut, ikan-ikan kecil dan juga kepiting.

4. Sunset

Kelebihan lain yang menambah panorama indah dari Pantai Tampora ini adalah ketika sore hari dan pada saat cuaca cerah. Karena pada saat tersebut wisatawan akan disuguhkan panorama pemandangan berupa sunset yang begitu menawan.

Anda pun akan melihat pancaran dari perpaduan warna jingga dan merah yang menghiasi langit dengan matahari yang mulai tenggelam. Apalagi ditambah dengan ombak laut yang begitu tenang dan melihat burung-burung yang berterbangan menuju bukit sangat mendukung sasaran sunset di pantai ini.

Fasilitas Pantai Tampora

Fasilitas Pantai Tampora

Wisata Pantai Tampora ini akan ramai dikunjungi pada hari libur oleh para wisatawan meskipun belumlah terlalu populer dibanding pantai-pantai lainnya. Namun pengelola sudah menata sebagai objek wisata dengan fasilitas pendukung, diantaranya ada :

1. Area Parkir Kendaraan

Berada di kawasan perbukitan, pantai ini pun memiliki fasilitas dengan tersedianya area parkir kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisinya pun cukup luas, sehingga Anda pun ia memarkirkan kendaraan Anda dengan cukup aman di area ini.

2. Mushola

Bagi Anda yang akan melakukan ibadah atau sholat pun bisa melakukannya di mushola ini. Letaknya pun berada di kawasan pantai sehingga mudah ditemukan, musola ni juga cukup bersih sehingga cukup nyaman digunakan untuk beribadah.

3. Kamar Mandi

Sebenarnya kamar mandi ini juga mudah ditemukan dan digunakan oleh para wisatawan. Namun menurut kami masih perlu ditingkatkan lagi akan kebersihan dan kenyamanan bagi wisatawan. Kami berharap bahwa pengelola lebih memperhatikan dan memelihara fasilitas ini dan wisatawan juga lebih menjaga kebersihan saat menggunakannya.

4. Gazebo

Di pantai ini juga terdapat gazebo yang bisa dipergunakan untuk bersantai namun jumlahnya masih sedikit. Jika Anda tidak kebagian gazebo, maka Anda bisa menyewa tikar yang memang siap disewakan bagi para wisatawan.

5. Warung Makan

Bagi wisatawan yang lupa atau memang sengaja tidak membawa bekal makanan atau cemilan pun bukan menjadi masalah. Warung makan di kawasan pantai ini siap melayani wisatawan dengan berbagai pilihan menu dan minuman yang menyegarkan.

Cukup lengkap dan menarik kan objek wisata Pantai Tampora ini? Nah, jika Anda akan berkunjung ke pantai ini maka sebaiknya tetap menjaga kebersihan dan keindahan pantai ya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Anda pun juga bisa mengunjungi objek wisata lain yang berada di SItubondo ini, seperti Pantai Pandean. Selamat berlibur dan mengalir Anda menyenangkan!

10 Ulasan untuk Pantai Tampora, Situbondo, Jawa Timur

  1. Ini adalah pantai paling barat kabupaten Situbondo, pasirnya masih (banyak yang) putih, air lautnya juga jernih, ada batu karang & rumput laut yang bertebaran, pemandangan alam yang disajikan pun lumayan indah.

  2. Suka sih. Ngga terlalu rame, bersih, terus ada tebing2 nya gitu jadi bisa dibilang aesthetic hahaha tiket masuknya juga murah, cuma perlu dibangun dikit lagi aja, bagus deh yakin

  3. Pantainya masih bagus dan terlihat alami. Pasirnya putih, masih ada karang karang kecil dan pemandangannya bagus. belum begitu ramai. Tiket masuknya murah banget, aksesnya mudah, ada lahan parkirnya. Lokasinya dekat dengan jalur pantura.

  4. Pantai yang sangat indah, ada bukit kecil, dari atas bukit terlihat luasnya samudra, juga bisa melihat PLTU. Paiton dari atas bukit. Juga ada perahu²an diatas bukit untuk foto². Pantainya ombaknya lembut, pasirnya putih, dari kejauhan terlihat gunung yang indah,

  5. Pantai yang terletak di jalur pantura, mudah diakses, airnya jernih, ada bukit dan guanya, ada juga tempat makan dan akses toiletnya. Pantai yang banyak karangnya, jadi dilarang berenang. Pasirnya ada yang ditutupi bebatuan, jadi hati-hati kalo menginjak batu tanpa alas kaki

  6. Pantai yang agak masuk ke dalam, jalan menuju ke pantai tanjakan dan turunan curam, jadi berhati-hati untuk masuk ke dalam pantai, untuk masuk dan keluar keluar di jalan yang berbeda, tidak bisa berpapasan mobil.
    Tiket masuknya 10.000 waktu liburan.
    Banyak penjual makanan dan minuman.
    Banyak pohon rindang sehingga terasa sejuk berada di pantai.

  7. Lokasi sedikit masuk ke utara, jalan sudah diaspal hanya saja untuk mobil agak sulit jika dalam keadaan kress / salipan

  8. Pantainya bersih…udara sejuk ..tempatnya rindang..jadi betah berlama lama disana..cocok untuk piknik jalan menuju kesana lumayan menanjak dan curam..jalan masuk dan keluar berbeda.. tiket masuk 10rb

  9. Pantai yang bersih, cocok untuk rekreasi dan melihat keindahan pantai utara. Jalan menuju lokasi pantai sangat memanjakan mata, dikelilingi oleh pepohonan.

  10. alami
    menyejukkan mata
    harga tiket terjangkau
    tempatnya tersembunyi
    gak bakal bikin kecewa bagi yg suka kealamian

Tinggalkan Balasan