Pantai Watu Kodok

29x dibaca

Pantai Watu Kodok
Nama Pantai Watu Kodok
Lokasi Banjarejo, Tanjungsari, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia
Ulasan (4.4 / 5)

Siapa yang tak kenal Yogyakarta? salah satu Kota Istimewa di Jawa Tengah yang terkenal akan Adat, Budaya, dan berbagai Destinasi Wisata yang dapat memanjakan mata. Mungkin bagi kebanyakan Orang, Yogyakarta identik dengan Malioboro. Tapi jangan salah, masih banyak tempat-tempat lain yang bisa Anda jadikan Tujuan Destinasi wisata, salah satunya ialah Pantai Watu Kodok.

Pantai Watu Kodok mungkin masih jarang terekspos, memang fasilitas di Pantai ini belum selengkap pantai-pantai yang sudah terkenal di Yogyakarta lainnya dan juga belum banyak terjamah orang karena posisi pantai juga agak berjauhan dengan pantai lain yang ada di sekitar area selatan Yogyakarta. tapi tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi pantai ini pada saat liburan bersama keluarga atau sekedar ingin melepas penat karena sibuknya jadwal kerja Anda. Dijamin, Pantai Watu Kodok ini tidak kalah indah dari Pantai-pantai lain yang berada di Gunung Kidul.

Harga tiket masuk

Liburan seru tidak harus menghabiskan banyak Uang. Anda bisa mengunjungi Pantai Watu Kodok hanya dengan Rp 10.000,-/orang, anda dan keluarga sudah bisa menikmati berbagai keindahan Pantai Watu Kodok. Cukup terjangkau bukan? Sebuah harga yang sangat murah dengan suguhan keindahan sebuah panorama yang dijamin akan memanjakan mata Anda.

Untuk biaya parkir, anda hanya dikenakan biaya kurang lebih sekitar Rp. 3.000,- untuk sepedah motor, dan untuk mobil sekitar RP. 5.000,-. Biaya tambahan jika anda ingin bercamping di pantai adalah sebesar Rp. 5.000 – 10.000,- per orangnya. Di pantai ini sudah tersedia beberapa fasilitas seperti, kamar mandi / toilet umum yang sangat diperlukan hampir semua para pengunjung.

Rute

Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta, yaitu tepatnya di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, yang dapat Anda tempuh sekitar 2jam saja dari Malioboro. Jalur yang dilalui pun tidak begitu sulit, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, kondisi jalanannya bisa dikatakan sudah cukup bagus untuk di lalui.

Rute yang paling efektif menuju pantai ini bisa anda mulai dari jalur Kota Yogyakarta, anda bisa memulainya dengan menuju ke arah Wonosari, kemudian anda bisa menyusuri rute ke arah Pantai Baron. setelah memasuki pintu gerbang Pantai Baron, lalu belok ke kanan, menuju ke arah Pantai Indrayanti. dari situ terdapat papan petunjuk untuk menuju ke arah Pantai Watu Kodok.

Obyek Wisata

1. Karang yang Mirip Kodok

Sesuai dengan namanya, Pantai Watu Kodok yang artinya Batu Kodok ini terdapat sebuah batu karang yang menyerupai kodok. Inilah alasan mengapa Warga sekitar menyebutnya Pantai Kodok. Dengan deretan bebatuan karang terjal dengan hamparan Pasir bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai ini. Karang inilah yang menjadi ikon pantai ini, yang membuat para pengunjung penasaran untuk mengunjunginya.

2. Spot Foto Antimainstream

Spot Foto Pantai Watu Kodok

Bagi anda yg hobi fotografi, jangan khawatir. Di Pantai ini juga ada spot-spot yang wajib Anda abadikan bersama keluarga. Dengan suasana yg masih belum begitu ramai, sangat cocok bagi Anda yang gemar mengunggah hasil foto ke sosial media, atau sekedar berbagi pengalaman dengan teman atau kerabat.

3. Tempat yang Luas untuk Camping

Bagi anda yang ingin menghabiskan malam di Pantai Watu Kodok ini, anda dapat bermalam dengan mendirikan tenda di pinggir Pantai, menikmati suasana malam yang lebih menyatu dengan Alam tentunya akan menjadi pengalaman pribadi yang lebih berkesan. Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan anda saat bercamping, karena ada warga yang bertugas menjaga keamanan pengunjung camping dengan mengelilingi area perkemahan.

 

4. Pemandangan yang Eksotis dan Menawan

Dengan pemandangan karang di sepanjang pantai dan pasir putih pantai yang sangat bersih terlihat eksotis dengan deburan ombak kecil yang ke arah bibir pantai dengan angina semilir yang berhembus, apalagi jika anda menikmatinya saat senja, semakin membuat pemandangan pantai menjadi indah nan eksotik.

5. Area Piknik Berupa Gazebo

Gazebo Pantai Watu Kodok

Bagi pengunjung yang ingin bersantai di pantai dan tersedia gazebo yang digunakan para pengunjung untuk beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan pantai atau berteduh dari teriknya matahari jika berkunjung pada saat siang hari ke pantai. Tempat ini juga bisa digunakan untuk piknik seru sambil berbincang dan menikmati pemandangan sekitar pantai Watu Kodok yang Eksotis.

6. Wisata Kuliner Khas Pantai

Warung yang menyediakan beberapa jenis makanan dan minuman bagi anda yang kehabisan atau tidak membawa persediaan makanan dan minuman. Menikmati sajian khas ala pantai Watu Kodok akan menambah kesan menyenangkan untuk liburan anda bersama keluarga. Anda bisa memilih menu-menu yang tersedia di sana bahkan dengan harga yang relatif murah dan sangat cocok di kantong.

 

Tak perlu jauh-jauh mencari Destinasi Wisata yang pantai yang indah sampai ke luar negeri, karena di Yogyakarta sendiri sudah banyak tempat-tempat yang bisa dijadikan tujuan liburan yang juga tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal dan tidak terlalu menyita waktu anda dengan perjalanan yang jauh.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

5 ulasan untuk Pantai Watu Kodok

  1. Pantainya masih sangat asri. Meskipun bibir pantainya sangat pendek, tapi dengan pasir putihnya membuat kita betah bermain-main di sana. Sangat cocok untuk dijadikan tempat camp. Tempatnya tidak terlalu ramai sehingga sangat cocok dipakai untuk berkegiatan. Beberapa warung juga fasilitas lain sangat dekat jaraknya dengan pantai. Sehingga kita tak perlu jauh-jauh jika mau mencari makan, minum atau sekedar mau ke kamar mandi.

  2. Destinasi wisata alam yang bagus. Pantai masih bersih semoga kedepannya tetap bersih. Nggak terlalu ramai. Jalanan menuju pantai masih bebatuan terjal sehingga wisatawan harus hati². Ada bukitnya juga bisa lihat pemandangan dari atas. Kemarin mampir di salah satu warung nenek² harga kopi item cuma 3000 rupiah. Nggak dimahalin. Semoga kesejahteraan warga sekitar membaik beriringan dengan kenyamanan wisatawan.

  3. Pantai bersih & sepi. Cocok untuk kalian yang lagi cari ketenangan. Sayangnya akses untuk menuju pantai masih bebatuan meskipun sudah ada beberapa yang di-concrete. Semoga pengelolaan semakin bagus. Keep it up

  4. Merupakan salah satu pantai berpasir putih di Gunung Kidul yang cukup bersih. Lokasinya juga cukup terjangkau. Banyak warung, toilet dan musholla yg cukup diperhatikan kebersihannya. Disini juga menyewakan cottage untuk beristirahat.. . Ombak pantai ini tergolong cukup aman karena tidak terlalu besar. Cocok untuk yang senang berenang di pantai. Retribusi parkir nya 3k/motor.

  5. Pantai yang cukup menarik karena air nya sedikit agak biru kehijauan, pasir pantai yang putih tapi masih ada kotoran sampah plastik, botol dan kaleng. Akses jalan menuju pantainya pun sudah agak lumayan baik untuk pengendara motor tapi harus tetap berhati hati karena masih ada jalan yang bebatuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *