Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok

Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Siapa yang tak kenal Yogyakarta? salah satu Kota Istimewa di Jawa Tengah yang terkenal akan Adat, Budaya, dan berbagai Destinasi Wisata yang dapat memanjakan mata. Mungkin bagi kebanyakan Orang, Yogyakarta identik dengan Malioboro. Tapi jangan salah, masih banyak tempat-tempat lain yang bisa Anda jadikan Tujuan Destinasi wisata, salah satunya ialah Pantai Watu Kodok.

Pantai Watu Kodok mungkin masih jarang terekspos, memang fasilitas di Pantai ini belum selengkap pantai-pantai yang sudah terkenal di Yogyakarta lainnya dan juga belum banyak terjamah orang karena posisi pantai juga agak berjauhan dengan pantai lain yang ada di sekitar area selatan Yogyakarta. tapi tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi pantai ini pada saat liburan bersama keluarga atau sekedar ingin melepas penat karena sibuknya jadwal kerja Anda. Dijamin, Pantai Watu Kodok ini tidak kalah indah dari Pantai-pantai lain yang berada di Gunung Kidul.

Harga tiket masuk

Liburan seru tidak harus menghabiskan banyak Uang. Anda bisa mengunjungi Pantai Watu Kodok hanya dengan Rp 10.000,-/orang, anda dan keluarga sudah bisa menikmati berbagai keindahan Pantai Watu Kodok. Cukup terjangkau bukan? Sebuah harga yang sangat murah dengan suguhan keindahan sebuah panorama yang dijamin akan memanjakan mata Anda.

Untuk biaya parkir, anda hanya dikenakan biaya kurang lebih sekitar Rp. 3.000,- untuk sepedah motor, dan untuk mobil sekitar RP. 5.000,-. Biaya tambahan jika anda ingin bercamping di pantai adalah sebesar Rp. 5.000 – 10.000,- per orangnya. Di pantai ini sudah tersedia beberapa fasilitas seperti, kamar mandi / toilet umum yang sangat diperlukan hampir semua para pengunjung.

Rute

Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta, yaitu tepatnya di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, yang dapat Anda tempuh sekitar 2jam saja dari Malioboro. Jalur yang dilalui pun tidak begitu sulit, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, kondisi jalanannya bisa dikatakan sudah cukup bagus untuk di lalui.

Rute yang paling efektif menuju pantai ini bisa anda mulai dari jalur Kota Yogyakarta, anda bisa memulainya dengan menuju ke arah Wonosari, kemudian anda bisa menyusuri rute ke arah Pantai Baron. setelah memasuki pintu gerbang Pantai Baron, lalu belok ke kanan, menuju ke arah Pantai Indrayanti. dari situ terdapat papan petunjuk untuk menuju ke arah Pantai Watu Kodok.

Obyek Wisata

1. Karang yang Mirip Kodok

Sesuai dengan namanya, Pantai Watu Kodok yang artinya Batu Kodok ini terdapat sebuah batu karang yang menyerupai kodok. Inilah alasan mengapa Warga sekitar menyebutnya Pantai Kodok. Dengan deretan bebatuan karang terjal dengan hamparan Pasir bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai ini. Karang inilah yang menjadi ikon pantai ini, yang membuat para pengunjung penasaran untuk mengunjunginya.

2. Spot Foto Antimainstream

Spot Foto Pantai Watu Kodok

Bagi anda yg hobi fotografi, jangan khawatir. Di Pantai ini juga ada spot-spot yang wajib Anda abadikan bersama keluarga. Dengan suasana yg masih belum begitu ramai, sangat cocok bagi Anda yang gemar mengunggah hasil foto ke sosial media, atau sekedar berbagi pengalaman dengan teman atau kerabat.

3. Tempat yang Luas untuk Camping

Bagi anda yang ingin menghabiskan malam di Pantai Watu Kodok ini, anda dapat bermalam dengan mendirikan tenda di pinggir Pantai, menikmati suasana malam yang lebih menyatu dengan Alam tentunya akan menjadi pengalaman pribadi yang lebih berkesan. Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan anda saat bercamping, karena ada warga yang bertugas menjaga keamanan pengunjung camping dengan mengelilingi area perkemahan.

 

4. Pemandangan yang Eksotis dan Menawan

Dengan pemandangan karang di sepanjang pantai dan pasir putih pantai yang sangat bersih terlihat eksotis dengan deburan ombak kecil yang ke arah bibir pantai dengan angina semilir yang berhembus, apalagi jika anda menikmatinya saat senja, semakin membuat pemandangan pantai menjadi indah nan eksotik.

5. Area Piknik Berupa Gazebo

Gazebo Pantai Watu Kodok

Bagi pengunjung yang ingin bersantai di pantai dan tersedia gazebo yang digunakan para pengunjung untuk beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan pantai atau berteduh dari teriknya matahari jika berkunjung pada saat siang hari ke pantai. Tempat ini juga bisa digunakan untuk piknik seru sambil berbincang dan menikmati pemandangan sekitar pantai Watu Kodok yang Eksotis.

6. Wisata Kuliner Khas Pantai

Warung yang menyediakan beberapa jenis makanan dan minuman bagi anda yang kehabisan atau tidak membawa persediaan makanan dan minuman. Menikmati sajian khas ala pantai Watu Kodok akan menambah kesan menyenangkan untuk liburan anda bersama keluarga. Anda bisa memilih menu-menu yang tersedia di sana bahkan dengan harga yang relatif murah dan sangat cocok di kantong.

 

Tak perlu jauh-jauh mencari Destinasi Wisata yang pantai yang indah sampai ke luar negeri, karena di Yogyakarta sendiri sudah banyak tempat-tempat yang bisa dijadikan tujuan liburan yang juga tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal dan tidak terlalu menyita waktu anda dengan perjalanan yang jauh.

10 Ulasan dari Pengunjung Pantai Watu Kodok

  1. Syarat pertama dan utama setelah baca ulasan Saya disini adalah “JANGAN BILANG SIAPA2, LANGSUNG AJA CUS KESANA, GAK PAKE LAMA!!”. . Kenapa ?. . Karna ini pantai emang ‘tersembunyi’ dari ketenaran sekian banyak pantai di Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai Watu Kodok [setau Saya dari ngobrol2 ngalor ngidul] masih dikelola swadaya oleh masyarakat sekitar. Jadi jangan tanya yaa akses jalannya seperti apa, yg jelas mobil masih bisa masuk koq.. . Tapi walaupun gitu, disana sudah ada guest house nya lhoo…. ada yg model kamar2, ‘n ada juga yg model seperti pendopo. Soal harga juga beda ya gaess… klo pengen murmer bangeeett pilih yg pendopo aja (lihat foto2 ane) bisa muat banyaak orang. Lokasi pendoponya pun ga jauh dari pinggir pantai koq. Jadi bagi yg mau menikmati suasana malam pantai Watu Kodok tinggal jalan kaki aja deket, dan nikmati suara ombak khas Gunungkidul punya.. . Soal keindahan luarrbiasaa… sunset maupun sunrise bisa dapet smua. Kamu bisa naek keatas bukitnya, cocok buat photo hunter sama vloger2 ala2 turis, hihii…. . Udah gitu aja mini review dari Saya, ada pertanyaan corat-coret aja dibawah. Selamat liburaan !! ^,^

    1 Mei 2018, 21:44 WIB

  2. Pantai nya baguuus banget. Termasuk nya masih asri (saya camp disana hari jumat-sabtu). Ada plakat tulisan “pantai watu kodok” lumayan gede. Jadi ngga akan bingung. Akses jalan masuknya belum aspal, masih cor-cor an kadang juga bebatuan. Tapi mobil dan bis kecil udah bisa masuk.. 1. Kalau kesana saran saya bayar yang borongan (kamar mandi + parkir + charge hp jadi satu bayarnya) saya habis 15.000 untuk 2 orang. 5000 nya parkir, dan 10.000 untuk 2 orang keluar masuk kamar mandi dan charge hp. . 2. Disana cuaca pada bulan ini sedang cerah, awan benar-benar biru. Kalo malem pasang, kalo udah mulai pagi jam 3 an sampe jam set 7 itu surut (jadi bisa nemu hewan-hewan di laut kaya kepiting cangkang dan bulu babi).. 3. Pantai ini bersebelahan sama PANTAI SANGLEN cuma kepisah bukit kecil. Kalau dari pantai watu kodok itu naik lalu turun ke sanglen sekitar 15 menit. Foto yg saya upload dari atas bukit itu perbatasan watu kodok dengan sanglen. . 4. Hati hati dengan ombak, jangan berenang di tengah tengah, karena ombak nya cukup kuat. Apalagi saat sedang pasang.. 5. Jaga kebersihan, harap buang sampah di tempat yg di sediakan agar tetap bisa menikmati keindahan pantai ciptaan Tuhan ini 🙂

    5 Mei 2018, 03:12 WIB

  3. pantai masih cukup asri dengan bulir pasir putih yg berbeda dari pasir kebanyakan pantai. Airnya cukup jernih dan ombaknya cukup besar sehingga klu mau basah”an cukup dipinggiran saja. Pas sore hari airnya surut dan terlihat bebatuan karang yg terkadang ada binatang laut yang terjebak dicekungan batu. Penjual warung makanan dan minuman juga cukup ramah. bisa ngecamp juga disini.

    23 Juni 2018, 02:49 WIB

  4. Pantai bersih jauh dr sampah krn masih belum dijamah orang masih sepi pengunjung dan jln menuju pantainya greget sekalii, aku sarananin buat bawa camilan kalo pergi kesini krn gaada ibu-ibu penjual makanan ringan.

    26 Juni 2018, 18:03 WIB

  5. Bagi anda yang ingin menikmati suasana pantai ini sangat cocok bagi Anda. Pasir pantainya yang putih dan airnya yang jernih membuat kita semakin betah. Pantai ini tidak bisa untuk berenang karena ombaknya yang terlalu besar. Jajanannya juga mural dan enak, apalagi basonya yang bikin nagih sambil kita menikmati suasana pantai.

    28 Juni 2018, 01:22 WIB

  6. Sangat cocok bagi kalian yang ingin hunting spot-spot foto karena saat liburanpun tempatnya tidak terlalu ramai. Namun pantai tidak begitu luas, dan karang-karang tidak begitu banyak dibandingkan dengan pantai sekitar yang lain.. . Parkir motor dan mobil luas, bahkan kalian bisa memarkir kendaraan kalian dengan background pantai, jadi kendaraan kesayangan kalian bisa ikut berfoto-foto dengan nuansa pantai.. . Akses untuk kepantainya sangatlah jelek. Dari jalan beraspal, kita harus melewati jalan tanah dan berbatu sepanjang kurang lebih 500m. . . Biaya retribusinya kalau tidak salah saya dulu 10.000/motor. Dan untuk Pantai Watu Kodok, saat melewati jalan berbatu ada sekumpulan orang seperti petugas parkir memberikan karcis menarik 5000 untuk biaya parkir. Namun saat kembali pulang melewati jalan yang sama, orangnya sudah tidak ada. Jadi saya sendiri kurang yakin tadi benar biaya parkir bukan. . . Warung-warung disana sangat banyak, banyak yang menyediakan tempat juga, bisa untuk menitipkan barang juga bila kalian membeli makanan di salah satu warung disana. Bamun seperti biasa, harganya mahal. Saya dulu membeli 2 indomie dengan telur dan 2 lemon tea dikenai harga 30.000. 1 indomie telur = 10.000 dan 1 lemon tea = 5000. . Secara keseluruhan, bagus bagi kalian yang suka travelling dan exploring.

    11 Juli 2018, 08:38 WIB

  7. Pantai Watu Kodok bulan Juni 2018 masih di suasana libur lebaran, akhirnya kesampean juga mengunjungi pantai ini kebetulan itu adalah pertama kalinya saya ke pantai sendiri naik motor dari Karangmojo.. nekad dan bersemangat untuk melihat pantai Gunungkidul yang selalu berhasil memulihkan mood dan ketenangan batin adalah alesan utamanya. Karena meskipun masuk ke pantai ini butuh perjuangan ekstra karena medan yang terjal dan jalan masuknya melewati turunan yang sampe gigit bibir takut motornya nggelinding tapi puas juga kan selain bersih, sepi dibanding pantai lain , indahnya bisa dinikmati sambil leyeh leyeh minum kelapa muda habis itu semua lelah tergantikan kok. Parkirnya juga mudah bisa milih mau dimana, karena jarak tempat bayar parkir ada di atas sebelum turunan jd saya sarankan untuk motornya dibawa masuk saja, parkir dekat mushola bisa pesan makan dan es kelapa dekat sekali sama pantainya dan view nya juga pas. Saya kemarin parkir agak jauh dari mushola setelah sholat baru sadar ada tempat strategis untuk leyeh leyeh. Enaknya huhuhu meskipun awalnya sempet down duluan karena jalannya susah tapi ada hikmahnya kok. Uniknya di pantai ini waktu sore kita bisa lihat banyak kelomang, keong laut, kepiting kecil dan lain lain yang entah namanya apa.. kalau saya kemarin sih kepo ngikutin bapak bapak nyari keong laut. Dan asiik sekali rasanya pengen lama lama main di pantai. Jangan khawatir kalau ke sana sendirian dan mau ninggal barang bisa titip ke ibu warung yang kita singgahi. Masyarakatnya ramah kok. Dan yang terpenting pantainya bersih dari sampah.Selamat mengunjungi pantai watu kodok jangan lupa untuk membantu melestarikan keindahan pantai dengan menjaga kebersihannya^^

    6 Agustus 2018, 21:11 WIB

  8. Pantainya bagus. Terletak diantara 2 tebing/bukit, airnya yg biru, pasir putih dan tetap dingin meski matahari sangat terik. Masih sepi dan cocok untuk camping. Serasa pantai pribadi.

    18 Agustus 2018, 23:09 WIB

  9. Di pantai ini kalau air lagi surut, bersama warga sekitar bisa gabung untuk cari gurita, kepiting, dan rumput laut. Dan nanti warga di sana akan mengenalkan biota apa saja yang bisa di konsumsi.

    9 September 2018, 19:45 WIB

  10. Watu Kodok Beach which is located in Gunung Kidul, Central Java is a white sand beach that is still rarely visited by many people, the beaches are still pristine, good and there we can swim there is also access to diving suitable for those who want to see the beauty under the sea can go diving by paying 20,000. If we go there only pay the entrance of 5000, it is cheap and suitable for refreshing

    12 September 2018, 03:06 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Watu Kodok

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *