Pantai Balekambang

Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur

Jalan Balekambang, Balaikambang, Srigonco, Bantur, Malang, Jawa Timur

15 Ulasan

Pantai yang tengah naik daun ini terletak di kota Malang Jawa Timur. Pantai Balekambang memiliki julukan “Tanah Lot-nya Jawa Timur” karena mmiliki lanskap dan topografi yang disebut-sebut menyerupai Pantai Tanah Lot yang sangat terkenal yang ada di Bali tersebut. Tentu hal inilah yang menjadikan Pantai ini salah satu tujuan wisata favorit baik bagi turis domsestik maupun mancanegara.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk kawasan Pantai dan menikmati segala keindahan dan fasilitas yang ada, wisatawan hanya perlu membayar tiket seharga Rp 10.000,- hingga Rp 15.000,- per orang. Harga tiket masuk itu tentu sangat murah untuk objek wisata terpopuler di kota Malang. Untuk memanjakan para wisatawan, kawasan Pantai Balekambang menyediakan berbagai macam fasilitas. Yang pertama adalah hotel dan penginapan yang bertarif Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per malam.

Fasilitas ini bisa dibooking secara online. Kedua, ada toilet umum yang bersih dan dapat digunakan untuk membilas badan setelah bermain di laut. Kemudian ada rumah makan yang menyajikan aneka seafood dan menu lainnya. Lalu ada toko oleh-oleh yang menyediakan banyak souvenir untuk kenang-kenangan. Bagi kamu yang beragama islam, objek wisata ini memiliki musholla untuk sholat. Terakhir, ada beberapa fasilitas tambahan seperti tempat parker yang luas, area perkemahan, pendopo, kantor informasi, dan bungalo.

Rute Menuju Lokasi

Pantai yang satu ini berlokasi di Dusun Sumber Jambe di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kota Malang. Pantai Balekambang berjarak sekitar 60 kilometer ke arah Selatan dari pusat kota Malang. Untuk akses, jalan menuju Pantai telah beraspal mulus. Namun, kamu harus berhati-hati karena rutenya memiliki beberapa tanjakan dan kelokan tajam. Di sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan indah berupa pepohonan hijau dan udara yang sejuk.

Hal Menarik

Banyak obyek wisata yang bisa kamu nikmati di Pantai Balekambang. Berikut di antaranya:

1. Pantai rapi dan indah yang berkarang

Setelah menikmati pemandangan hutan hijau di sepanjang perjalanan, setibanya di bibir Pantai, kamu akan disuguhi pemandangan Pantai berkarang dengan hamparan air laut biru nan luas dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai Balekambang adalah Pantai yang terawat dengan bagus sehingga terlihat sangat rapi dan bersih. Keindahan dan kerapian itu kemudian dilengkapi oleh udara yang sejuk sehingga Pantai ini sangat cocok digunakan sebagai tempat pelepas penat setelah seminggu beraktifitas.

2. Menjelajahi pulau yang dihubungkan oleh jembatan

Di seberang bibir Pantai, ada beberapa pulau yang menambah keindahan panorama Pantai ini, seperti pulau Anoman, Wisanggeni dan Ismoyo. Semua pulau ini dapat kamu jelajahi karena dihubungkan oleh jembatan.

3. Sejarah yang menarik

Siapa sangka kalau objek wisata yang satu ini dulunya jarang dikunjungi orang lantaran dikelilingi oleh pepohonan yang lebat. Bahkan masyarakat setempat pun juga jarang masuk ke kawasan Pantai ini. Semua berubah semenjak perangkat desa Srigonco mencoba untuk membuka akses menuju kawasan Pantai. Hal ini dilakukan agar masyarakat desa dan juga orang luar bisa mengakses kawasan Pantai yang sangat berpotensi ini dengan mudah. Hal ini terjadi pada tahun 1978 dan lima tahun kemudian, Bupati Malang, Eddy Slamet meresmikan kawasan objek wisata Pantai Balekambang.

4. Wisata religi malam Suro

Setiap malam suro atau malam di bulan Muharram, makam Makam Syaikh Abdul Jalil akan ramai diziarahi orang dari berbagai daerah. Menurut cerita, orang pertama yang mulai membuka akses yang ditutupi hutan itu adalah Syaikh Abdul Jalil yang merupakan ulama asal Yogyakarta. Jasanya itu kemudian membuat warga sangat menghormati makamnya. Sejak saat itu makam beliau telah menjadi objek wisata religi. Makam beliau terletak sekitar 1 kilometer dari Pantai Balekambang.

5. Wisata religi upacara Nyepi

Walaupun memiliki sejarah yang kental dengan tokoh muslim, Pantai Balekambang memiliki pengunjung melebihi hari biasa pada hari raya Nyepi. Ini dikarenakan Pura Amarta Jati yang berada di pulau Ismoyo menjadi tujuan upacara oleh penganut agama Hindu yang tinggal di kota Malang. Tentunya ini menjadi keunikan tersendiri bagi Pantai tersebut.Karena akses antar pulau di kawasan objek wisata Pantai Balekambang sangat menunjang, upaca hari raya nyepi ini menjadi suatu tontonan menarik yang dapat disaksikan oleh wisatawan.

Upacara tersebut sangat bermanfaat karena memberikan pengetahuan budaya kepada para wisatawan. Para wisatawan diharuskan untuk mematuhi norma yang ada ketika menyaksikan upacara tersebut dari dekat. Ini dilakukan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama di kota Malang.

6. Outbond

Selain menikmati ombak dan pasir Pantai, keindahan karang dan biota laut serta wisata religi, di Pantai balekambang kamu juga bisa ikut bermain flying fox di arena outdoor dengan membayar seharga Rp 20.000.

Itulah ulasan singkat tentang Pantai Balekambang. Selamat berlibur dan mengunjungi objek wisata Pantai terpopuler di kota Malang ini!

15 Ulasan untuk Pantai Balekambang, Malang, Jawa Timur

  1. Suasana sangat nyaman.air laut begitu jernih dengan ombak yang indah. Sungguh tempat yang cocok untuk berlibur

  2. Ayo semua pengunjung jaga kebersihan dong . Minimal sampah kita sendiri jangan buang sembarangan. Di.mulai dari kita sendiri ya. Matursuwun

  3. Tempat yang asik buat menikmati senja,cocok buat yang lagi galau,buat yang hoby camping juga bagus,juga buat yang hobby mancing,tp inget jangan madi di laut,ombak ganas

  4. Lumayan pantaix bersih..kmaren qt acara komunitas sambil ada permainan bawa sound and eleton..yaa seru..

  5. Tempat yg indah sayang pengunjung banyak yg buang sampah sembarangan

  6. Di Malang selatan banyak pantai menarik yg bisa dikunjungi, salah satunya Pantai Balekambang aka Balaikambang.. Konon nama ini berasal dari kata “Bali” dan “Kambang” yakni pantai yg serupa dg pantai yg ada di bali dan kambang (mengambang) kesini, bisa kita lihat dari ikon Balekambang yg mirip seperti Tanah lot yg ada di Bali bukan.. Hamparan pasir putih dan ombak yg relativ besar menjadi ciri pantai2 yg ada di Malang Selatan, karena berbatasan langsung dengan Samudra Hindia.. Sayang sekali kebersihan dan fasilitas umum kurang diperhatikan. Untuk kamu yg berkunjung, jangan harus banget buang sampah ditempat yg sudah disediakan ya!!

  7. Akses cukup memadai. Parkiran luas. Pelayanan cukup ramah. Tiket masuk cukup terjangkau. Tempat kurang bersih. Makanan cukup enak dan harga standar. Fasilitas cukup memadai, perlu perbaikan. Pengelolaan lebih baik lagi sangat kami perlukan

  8. Pantai yang cukup nyaman untuk rekreasi bersama keluarga besar. Jika malam hari sangat cocok untuk bakar” seperti jagung ayam dll. Menjelang pagi bisa mencari keong ataupun ikan” kecil di sekitar karang saat air surut dan banyak spot indah untuk berfoto ria

  9. saya kemarin ke pantai balaikambang sama suami liburan kesana …
    saya sangat kecewa harga tiketnya, habis di tarik 35 rb terus nambah uang parkir ndk sana 5 rb….

    seharusnya itu dah da uang parkir kenapa di mintain lagi 5rb….

  10. Pantai yg berada di wilayah pesisir malang selatan memiliki karakteristik pasir yg bersih dgn air yg jernih dan deburan ombak yg besar di beberapa musim nya..anda dapat mengunjungi beberapa pantai yg berada di sepanjang garis(akses jalan) yg baru dan telah terhubung ke pantai tersebut..saran saya sebelum menuju ke tempat wisata sebaiknya persiapkan bekal bahan bakar kendaraan yg cukup Krn utk menuju lokasi Masi menempuh jarak yg lumayan jauh dan blm ada fasilitas pom bensin terdekat dr lokasi pantai..dan bagi pengunjung yg membawa makanan&minuman,lebih baik nya selalu menjaga kebersihan dgn tidak membuang sampah(sisa bungkus makanan,botol plastik dll) sembarangan..

  11. Pantai yang bersebelahan dengan Pantai Balekambang ini bisa ditempuh dalam kurang lebih dua jam dari Malang. Jalan ke pantai ini relatif baik kondisinya. Pantai iniini te karena banyak pohon-pohon besar yang rindang. Ombaknya besar khas pantai selatan, jadi tidak bisa dipakai berenang. Di ujungnya ada danau air tawar Kondang Buntung yang bisa dipakai berenang.

  12. Bersebelahan dgn pantai balekambang, pantai regent ini dikelola oleh LMDH wononadi dimana lembaga ini dibawah naungan perum perhutani KPH Malang, beda dgn Balekambang yg dikelola oleh Pd. Jasa Yasa…pantai ini masih terasa teduh segar..karna tegakan diatasnya masih relatif utuh..sehingga ccok untuk acara2 rekreasi keluarga…cuma memang harus lebih hati2 sama sperti tempat2 lain yg tegakannya masih utuh, terutama ketika musim angin…hati2 dngan dhan yg mungkin bisa saja patah dan jatuh.

  13. Susananya mantep bangett disini, rencana hanya sejam disini, tapi jadi 5 jam sendiri 😂, datang jam 11an pulang jam setengah 5 sore, akses jalan ke lokasi pantai pantai cukup mudah sekali akses paling mudah dari pertigaan gondanglegi malang keselatan terus mentok ngikutin jalan aspal lebar -+33km, sampai jalan JLS dah lurus lagi 2km dah sampai, tiket masuk kemarin pas kesini 47.000 kalau tidak salah 2 orang sudah termasuk parkir motor dan helm, pemandanganya indah banget, semuanya terawat yang ada disini, fasilistas lengkap, ada toilet, hotel 24jam bagi yg mau nginep, ada tempat ibadah, warung makan juga banyak, sinyal seluler juga udah ada 4G+, cocok untuk yang suka foto foto tempatnya, pantai selatan memang indah banget, dah cocok untuk yang kepalanya mau pecah karena kerjaan di kantor wkwkwk, sekalian buat refresing liburan bareng keluarga cocok banget, Rugi kalau ke Malang tidak kesini 😆

  14. Rutenya cukup jauh dr malang sekitar 2 jam menuju selatan, akses jalan sdh lumayan bagus walau msh ada byk jalanan berlubang ketika memasuki hutan jati.

    Bibir pantainya cukup landai dan panjang, krn langsung menghadap samudera hindia ombaknya cukup besar. Jd jika ingin berenang/ bermain lbh baik di pantai yg di dekat pura ismoyo krn ombaknya agak sedikit lbh kecil krn tertahan dgn karang didekat pulau ismoyo.

    Banyak tersedia tempat jajanan, toilet untuk bilas, musolla dan homestay. Harga menurut saya msh cukup terjangkau namun ada baiknya tanyakan harga kepada pedagang terlebih dahulu.

    Direkomendasikan datang di pagi hari dan siang jika hendak mendapatkan momen foto yg pas mengarah view puranya

  15. Oknun oknum yang menarik retribusi diluar ketentuan pengelola daerah harus nya di tindak semua…karena meresahkan wisatawan.secara tidak langsung mengurangi minat orang untuk kembali kesana.tindak tegas semuanya demi keyamanan dan keamanan seluruh pengunjung.terima kasih

Berikan Ulasan