Pantai Licin

Alamat: Area Sawah/Kebun, Lebakharjo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur 65183, Indonesia

(4.2/5) Baca ulasan

Sudah tidak diragukan lagi kalau Indonesia memiliki segudang Pantai di berbagai daerah yang layak untuk dikunjungi sebagai tempat wisata. Walaupun Bali dan Lombok selalu menjadi pilihan utama, ternyata Malang di Jawa Timur juga bisa dijadikan tujuan wisata khususnya bagi pencinta Pantai. Ada banyak Pantai indah di Malang, salah satunya adalah Pantai Licin. Pantai Licin sudah cukup terkenal di Malang.

Pantai ini cukup terpencil dan berlokasi di Dusun Licin, Desa Lebakharjo Kecamatan Ampelgading yang termasuk wilayah pesisir Selatan pulau Jawa. Walaupun masih terbilang baru terkenal, Pantai ini sebenarnya sudah banyak dikunjungi oleh orang dan menjadi salah satu objek wisata Pantai favorit di Malang Selatan.

Harga Tiket Masuk di Pantai Licin

Sebagai objek wisata Pantai yang baru dan juga terpencil, saat ini wisatawan dapat masuk dengan gratis. Hanya saja kamu harus membayar ongkos parkir yang ada di sana.

Rute Menuju Lokasi Pantai Licin

Nama “licin” tidak hanya melekat karena lumut yang ada di sekitar kawasan Pantai, tapi juga karena rute yang licin dan menantang. Karena terletak di daerah yang relative terpencil, jalanan yang terjal dan berbelok-belok memacu adrenalin menjadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung. Dibutuhkan stamina dan mental yang cukup untuk melewati rute ini. Jika dari Malang, kamu harus pergi ke Amstirdam, yang merupakan singkatan dari Ampelgading, Tirtoyudo dan Dampit. Bedanya, kamu harus pergi ke Amplegading terlebih dahulu baru ke Tirtoyudo dan Dampit. Lalu, jalan menuju Sumberejo, Tamansari hingga tiba di Lebakharjo baru kemudian ke Dusun Licin. Namun, perjalanan menantang baru saja dimulai dari Desa Lebakharjo. Jalur menuju Dusun Licin terbilang licin, sesuai dengan namanya. Walaupun telah diaspal, para pengunjung diharapkan untuk berhati-hati, karena jalanan tetap licin. Jalur yang licin ini bisa dilalui dengan sepeda motor, mobil atau jalan kaki. Karena licin, tentu berjalan kaki merupakan pilihan yang paling aman, namun juga yang paling berat. Jalur menuju Pantai Licin ini memiliki tanjakan miring hingga 80 derajat dan berliku-liku. Kamu harus melewati semua tantangan itu sepanjang 17 kilometer hingga baru sampai ke Pantai Licin. Kalau dengan kendaraan bermotor, kamu harus berhati-hati karena jalan yang cukup kecil. Kira-kira jalan yang licin dan berliku-liku itu hanya muat untuk satu mobil saja. Jadi sang pengemudi harus bersabar ketika berpapasan dengan pengendara motor lainnya. Belum lagi di tepian jalan merupakan jurang. Semua perjalanan menantang yang terjal itu akan dilalui dengan pemandangan yang cukup indah. Di sisi kanan akan terlihatgunung Semeru, lalu ada bukit-bukit berbatu bekas erupsi gunung tersebut. Selain itu, juga ada pemandangan perkebunan kopi beserta sungai aliran lahar gunung Semeru yang menjadi teman dalam perjalanan. Kira-kira lama perjalanan dari kota Malang ke pantai Licin akan memakan waktu 2 jam dan bisa lebih lama dan berat ketika hujan.

Obyek Wisata yang Ada di Pantai Licin

Berikut beberapa objek wisata yang dapat kamu nikmati di Pantai Licin Malang:

1. Kondisi Alam yang Licin

Pantai ini disebut dengan Pantai Licin bukan karena sembarang hal. Ini dikarenakan dahulu kala kondisi kawasan Pantai ini memang licin. Banyak lumut yang tumbuh di pepohonan dan bebatuan di sekitar kawasan Pantai. Inilah yang menyebabkan daerah sekitar Pantai menjadi licin dan disebut dengan Dusun Licin.

2. Pasir Berwarna Hitam

Namun, kondisi yang licin ini bukan satu-satunya ciri khas Pantai ini. Pantai Licin juga terkenal dengan pasirnya yang berwarna hitam. Pasir hitam ini merupakan pasir putih yang dipengaruhi oleh erupsi Gunung Semeru pada tahun 1960. Muntahan lahar membuat pasir putih Pantai Licin yang tidak kalah putihnya dari Pantai di malang lainnya menjadi hitam. Kemudian ciri khas ini membuat Pantai Licin mendapatkan gelar Pantai Mutiara Hitam.

3. Karang yang indah

Selain pasir hitam yang memanjang hingga Lumajang ini, pasir Pantai Licin juga dianugerahi dengan koral di pasirnya. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat karang yang kokoh. Tentu ini akan menyajikan pemandangan yang unik dan indah bagi para pengunjung.

4. Hasil Laut yang Kaya

Tidak hanya sampai di situ,Pantai Licin juga memiliki beragam ikan laut seperti dorang, lemuru, kerapu dan kakap yang bisa dijadikan olahan sarden. Karena menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat sekitar, tidak sedikit ditemukan para pemancing di sekitar kawasan Pantai.

5. Berkemah

Setelah melalui medan yang menatang tersebut, semua kelelahan itu bisa diobati dengan menikmati pemandangan Pantai Licin yang unik dan indah. Tentu tidak cukup jika hanya menghabiskan waktu sehari saja di Pantai ini. Untuk itu, salah satu pilihan terbaik adalah berkemah. Berikut tips untuk berkemah di Pantai Licin.

  • Karena di kawasan Pantai ini tidak menyediakan penginapan, maka kamu harus membawa tenda sendiri agar lebih nyaman.
  • Selain tidak ada penginapan, di sini juga tidak ada warung yang menjual makanan. Jadi bawalah bekal yang banyak, terutama air putih.
  • Jangan harap ada penerang jalan di Pantai Licin. Kamu harus mandiri dan membawa lampu penerang dari rumah jika ingin berkemah di sini.

Walaupun harus melewati medan yang sulit, Pantai Licin dijamin sangat pantas untuk dikunjungi, terutama bagi kamu yang suka berkemah.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Licin

  1. Bagus.. Masih alami.. Ombak cukup tenang.. Akses masuk gratis.. Tersedia toilet.. Tempat istirahat juga ada.. Warung ada.. . Medan cukup berat.. Harus melewati bukit.. Kondisi kendaraan harus bagus.. Bahan bakar usahakan penuh.. Saya merekomendasikan untuk tidak kesini dengan mobil.. . Pesan saya Untuk yg kesana.. Jangan buang sampah sembarangan.. Sudah disediakan tempat sampah.. Jangan kau rusak pantai ini dengan sampah yang kautinggalkan!

    14 Maret 2018, 04:32 WIB

  2. Buruk prasarana ditempat kurang memadai dan sampah mulai banyak ..mungkin harus dipekerjakan petugas kebersihan dipantai licin

    19 April 2018, 10:04 WIB

  3. Pantai yang terletak di perbatasan antara malang dan lumajang, . Pantainya bagus. Pantai dengan pasir hitamnya. Untuk menuju kesini jalannya lumayan extrem

    23 April 2018, 10:57 WIB

  4. Tempatnya keren dan masih sepi, akses kesana agak susah..msh blm ada jalan yg bagus

    11 Mei 2018, 20:20 WIB

  5. Pemandangannya indah. ada batu karang dan banyak spesies laut lainnya.. sejuk dan asri

    20 Juni 2018, 05:19 WIB

  6. Pantai berpasir besi ini cukup ramai digunakan berfoto meski perairan berkarang kurang nyaman digunakan untuk berenang

    18 Agustus 2018, 07:37 WIB

  7. Panta paling indah yang pernah kami temui dengan pasir berwarna hitam.

    8 September 2018, 03:38 WIB

  8. Indah dan cantik

    15 September 2018, 04:08 WIB

  9. pantainya masih alami, asri. sangat cocok untuk berkemah, selama perjalanan kita banyak disuguhkan Kuasa Allah dengan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan

    29 September 2018, 09:43 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Licin

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *