Pantai Teluk Asmoro

Malang memiliki berbagai macam Pantai yang indah. Sudah banyak dari Pantai tersebut yang telah menjadi wisata favorit para wisatawan. Tapi tidak sedikit  pula yang masih baru dibuka seperti Pantai Teluk Asmoro. Pantai ini masih belum familiar di telinga para pencinta Pantai karena baru dibuka sejak tahun 2017 berkat selesainya proyek Jalur Lintas Selatan di Malang Selatan.

Walaupun begitu, keindahan alam di Teluk Asmoro tidak kalah dari Pantai-Pantai lainnya. Memiliki pasir putih dengan perpaduan laut biru beserta pulau-pulau kecil dan pepohonan hijau membuat Teluk Asmoro layak untuk dikunjungi oleh wisatawan.  Bahkan gugusan pulau kecil ini sering disamakan dengan Raja Ampat.

Selain itu, karena masih baru, Pantai ini juga masih sepi pengunjung sehingga anda akan merasakan sensasi berlibur ke Pantai pribadi. Nah, jika anda tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang Pantai ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Teluk Asmoro

Jika ingin menikmati keindahan Pantai ini wisatawan harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, cukup Rp.10.000 per orang saja anda sudah bisa masuk ke kawasan Pantai Teluk Asmoro. Sedangkan untuk tarif parkir, kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp. 5.000 dan kendaraan roda empat Rp.10.000.

Untuk fasilitas yang ditawarkan jangan terlalu berharap karena Pantai ini masih baru. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah gazebo. Jika anda tidak kebagian gazebo, anda bisa berteduh di beberapa goa kecil yang ada di kawasan Pantai. Lalu, karena tidak ada warung, sangat disarankan untuk membawa bekal sendiri. Kekurangan fasilitas di Pantai ini adalah tidak adanya toilet, jadi kalau kebelet buang air kecil dan besar, anda harus berimprovisasi.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Teluk Asmoro

Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kalau dari kota Malang, Pantai ini berjarak sekitar 73 kilometer ke Selatan. Untuk kesana dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan.

Walaupun berdekatan dengan Pantai Goa Cina, anda akan melewati jalan yang relatif jauh jika mengikuti jalur ke Pantai Goa Cina. Dari kota Malang, ambil jalan menuju Selatan ke Kecamatan Bululawang. Kemudian pergi ke pertigaan tempat Pabrik Gula Krebet. Dari sini, lanjutkan perjalanan ke Pantai Sendang Biru.

Selain rute di atas, ada satu lagi rute menuju Pantai Teluk Asmoro yaitu mengikuti jalur ke Pantai Clungup. Jalur ini lebih dekat dari jalur sebelumnya hanya saja lebih menantang. Satu tips untuk pergi ke Pantai ini adalah jangan segan bertanya kepada penduduk lokal.

Sebagai catatan, jalur ke Pantai ini mungkin tidak terlalu mulus karena masih baru dibuka. Mungkin ada beberapa jalur yangtelah di aspal, tapi jangan sampai kaget kalau ada beberapa jalan yang masih terbuat dari tanah dan bebatuan.

Objek Wisata di Pantai Teluk Asmoro

Ada beberapa objek wisata yang bisa anda nikmati di Pantai Teluk Asmoro. Berikut di antaranya:

1. Gugusan pulau

Nama Teluk Asmoro bukanlah sekadar nama saja. Jika dilihat dari ketinggian, gugusan pulau-pulau yang ada di Pantai ini terlihat seperti membentuk tanda cinta atau “love”. Pulau-pulau kecil ini mengingatkan kepada Raja Ampat yang tersohor itu. Tentu ini menjadi salah satu daya tarik dari Pantai ini.

2. Snorkeling

Pantai ini memiliki arus yang relatif tenang walaupun berada di daerah pesisir Selatan pulau Jawa. Biasanya Pantai yang berada di Selatan Jawa memiliki ombak yang besar. Berkat air yang tenang ini  anda bisa menikmati pemandangan awah laut Teluk Asmoro. Ada pemandangan dari berbagai macam terumbu karang dan biota laut yang bisa anda nikmati dengan snorkeling di sini.

3. Sunset

Sudah jelas kalau sunset adalah fenomena yang sangat dinantikan ketika mengunjungi Pantai. Namun, sunset di Pantai ini berbeda karena gugusan pulau-pulau kecil yang ada memberikan siluet yang berbeda dan menakjubkan.

4. Berkemah

Jika ingin menikmati keindahan alam Pantai Teluk Asmoro lebih lama lagi, anda bisa melakukan kegiatan berkemah di sini. Terdapat beberapa spot yang sangat cocok untuk berkemah. Bawalah perlengkapan berkemah dari rumah karena di Pantai ini tidak ada tempat sewa perlengkapan tersebut. Dan satu lagi, jagalah kebersihan Pantai ketika berkemah.

5. Gazebo atau Goa

Seperti yang disebutkan di atas, di Pantai ini disediakan gazebo untuk menjadi tempat berteduh. Namun ternyata di Pantai ini juga ada goa-goa kecil yang menarik perhatian. Selain bisa dijadikan sebagai tempat berteduh, goa-goa ini juga menjadi daya tarik tersendiri dati Pantai Teluk Asmoro.

Itulah ulasan singkat dari Pantai Teluk Asmoro. Pantai ini menawarkan Pantai yang sepi dengan pemandangan yang indah. Air lautnya biru jernih dan terdapat gugusan pulau kecil yang menambah keindahan Pantai ini.

Ulasan Pengunjung

  • Gustiawan Godi
    2 minggu yang lalu
    Banyak jalan yang rusak dan sempit kalau datang dari Malang. Lewat Kepanjen lebih nyaman walaupun lebih jauh. Ada tempat parkir Rp 15 ribu (mobil) dan lanjut berjalan kaki 15 menit melewati kawasan pohon bakau ke pantai. Ada ojek Rp 5000/ orang bagi yg tidak kuat jalan. Masih ada karcis masuk Rp 10 ribu/ orang yg dipungut oleh pengelola. Pantai berpasir putih dan berombak tenang karena berada dalam teluk. Ada karang, jadi hati-hati kalau berenang. Ada camping ground di bibir pantai. Sampah hampir tidak terlihat, tapi saya menemukan bungkusan mie instan di pantai. Air laut lumayan dingin walaupun di siang hari bulan Juni. Jangan lupa sebelum pulang, mampir di pasar ikan Sendang Biru 10 menit dari lokasi. Banyak ikan tuna sirip kuning ukuran kecil (dibawah 5 kg) dijual dari pagi sampai jam 5 sore.
  • A ABD Kholik
    2 bulan lalu
    Pantai Gatra merupakan satu pantai dari sekian banyaknya pantai di Malang Selatan. Tempat Wisata di Jawa Timur ini terbilang belum terlalu populer di kalangan wisatawan. Namun di kalangan masyarakat Malang sendiri, nama pantai ini mungkin sudah dikenal lebih luas. Keberadaan pantai Gatra di Malang ini akan mengingatkan wisatawan dengan Raja Ampat Papua Barat yang terkenal itu. Mengapa demikian? Karena pantai ini memiliki beberapa pulau karang yang berwarna hijau di pantainya. Hal ini jugalah yang menyebabkan ombak di tepi pantai tidak terlalu besar sehingga wisatawan bisa beraktivitas di pantai dengan lebih leluasa. Keunikan lain dari Pantai Gatra Malang adalah pantainya yang masih merupakan wilayah konservasi yang sangat dilindungi. Hal ini membuat para wisatawan tidak bisa sembarangan membuang sampah. Di loket masuk, bahkan barang bawaan wisatawan akan didata, yaitu barang bawaan yang berpotensi menjadi sampah. Dan saat keluar, sampah-sampah itu memang harus dicek lagi. Dengan demikian kebersihan pantai akan sangat terjaga. Keindahan Pantai Gatra memang masih sangat alami. Pasir pantainya yang berwarna putih akan terlihat harmonis dengan air laut yang berwarna biru terang. Selain itu, angin yang berhembus sepoi-sepoi akan menghiasi kegiatan wisata Anda. Ditambah pepohonan hijau yang terlihat sangat asri dan menyejukkan mata.
  • Elda Sulistyaningrum
    2 minggu yang lalu
    Ini pantai bagus, ombaknya tenang, pabtainya bersih, kalo kesini pas air laut surut indah bangetsatu kompleks perpantaian dengan beberapa pantai di malang selatan, jadi kalo mau pindah lokasi ke pantai yg lain dekat.
  • Rachmayati Asyari
    4 minggu yang lalu
    - tiket per orang 10rb aja - Kalau membawa sampah tidak boleh ditinggalkan di sekitar pantai soalnya nanti pas mau balik sampahnya di itung kalo misal jumlah sampah minus dari yg kita bawa td nanti disuruh balik nyari sampah kita yg minus - mending bawa makan sendiri - kamar mandi bersih yg di awal kita masuk ( harga 3k )
  • chasib atsqolani
    sebulan yang lalu
    Pantai yang indah, dengan ombak tidak terlalu besar dan arus yang juga tidak terlalu deras, namun untuk anak anak harus tetap di dampingi jika bermain di air pantai, Juja ada area lapang, yang bisa di gunakan untuk pasang tenda bagi yang menginap, Dari parkiran mobil, pengunjung harus ganti ke motor (ojek) dengan biaya sekitar 15 ribu, kemudian dilanjutkan dengan jalan kaki melalui kawasan lindung mangroove sekitar 1km. Sebelum sampai di lokasi jalurnyabjuga melalui pantai clungup, dengan hamparan pasir yang sangat luas saat air sedang surut Nb: saat ini jalur menuju parkiran masih agag susah untuk mobil ceper