Pantai Clungup

Alamat: Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Indonesia adalah Negara kepulauan. Fakta ini menganugerahi Negara Indonesia dengan banyaknya Pantai indah di sepanjang nusantara. Sebenarnya banyak Pantai yang berpotensi menjadi Pantai yang terkenal seperti Pantai-Pantai di Bali. Salah satunya Pantai Clungup yang berada di Kabupaten Malang. Walaupun Pantai ini belum seterkenal Pantai Balekambang, Pantai Clungup pantas  untuk masuk ke daftar objek wisata Pantai yang harus kamu kunjungi di Malang.

Pantai Clungup adalah surga tersembunyi yang merupakan salah satu Pantai yang sangat indah dan masih baru di Kabupaten Malang Jawa Timur. Pantai ini tersembunyi karena masih belum banyak orang yang tahu potensi wisatanya. Banyak wisatawan yang pernah berkunjung ke sini merasa kalau keindahan Pantai ini pantas diapresiasi dengan julukan “Raja Ampat ala Malang”. Tertarik? Yuk simak ulasan tentang Pantai Clungup berikut ini.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Clungup

Walaupun masih sedikit wisatawan yang datang, Pantai ini tetap memiliki tiket masuk. Kamu harus membeli tiket seharga Rp 5000/orang untuk masuk dan menikmati pesona Pantai Clungup.

Rute Menuju Lokasi Pantai Clungup

Pantai ini terletak di sebuah desa yang bernama Sitiarjo di Kecamatan Sumebermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jika kamu merupakan wisatawan luar Malang, kamu bisa menggunakan berbagai moda transportasi untuk pergi ke Malang, seperti kereta api atau pesawat agar tiba lebih cepat. Jika pergi menggunakan pesawat, ada berbagai macam pilihan maskapai yang menuju Bandara Abdul Rachman Saleh Malang, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Ari, Citilink, dan lain-lain. Jadi jangan takut kesulitan memperoleh tiket pesawat. Setelah sampai di kota Malang, terlebih dahulu kamu bisa mengikuti petunjuk arah ke Pantai Sendangbiru.

Setelah itu, masuk ke kanan, yaitu jalan yang menuju Pantai Goa China. Di sekitar kawasan Pantai ini kamu harus parkir kendaraan terlebih dahulu. Ini dikarenakan akses menuju Pantai Clungup harus dilalui dengan jalan kaki ke arah Timur sepanjang 500 meter. Kamu akan melalui jalan setapak, perumahan penduduk, hingga lereng pegunungan yang akhirnya kamu akan sampai di Pantai Clungup Malang. Dari rutenya ini saja kita sudah bisa merasakan kalau Pantai ini adalah Pantai yang tersembunyi. Tidak heran kalau Pantai Clungup juga disebut dengan surga tersembunyi di kota Malang.

Rute Pantai Clungup selain lewat Pantai Goa China

Jika sebelumnya kita menempuh rute melalui arah jalan ke Pantai Goa Cina, kali ini kita akan membahas rute yang tidak melewati Pantai Goa Cina. Sebagai catatan, rute yang satu ini lebih berat dari rute sebelumnya. Ketika melewati perempatan Jalan Lintas Selatan, kamu harus belok kiri dan menuju ke Pantai Sendangbiru. Kira-kira setelah 200 meter, belok kanan dan kamu akan menemukan jalan yang agak luas.

Di sini kamu harus menitipkan kendaraan, tepatnya di rumah penduduk. Dari sana mulai lah berjalan kaki mengikuti jalan setapak yang melewati perkebunan penduduk, kira-kira sejauh satu kilometer. Lalu kamu akan melintasi sungai dan bukit dan juga menyeberangi muara sungai. Dari muara sungai ini kamu akan berjalan sekitar 20 menit hingga sampai ke tujuan, Pantai Clungup. Cukup berat, bukan? Kalau kamu suka tantangan dan petualangan, mungkin rute ini cukup menantang.

Obyek Wisata di Pantai Clungup

Sebagai salah satu wisata Pantai andalan, tentu Pantai Clungup menyajikan berbagai macam obyek wisata yang seru. Berikut diantaranya:

1. Keindahan Pantai Clungup yang asri

Karena masih sedikit pengunjung yang mendatangi Pantai ini dan juga karena akses yang relatif sulit, membuat Pantai Clungup memiliki pemandangan dan kondisi yang asri dan asli. Ini cukup mengherankan karena tidak begitu banyak orang yang mengetahui surga tersembunyi yang memiliki segudang potensi wisata ini.

2. Snorkeling

Jika ingin snorkeling tapi kamu tidak punya perlengkapannya, kamu bisa menyewa alat-alat snorkeling dengan harga Rp15.000/orang. Itu semua sudah termasuk baju pelampung, alat bantu napas dan tentunya kacamata. Dengan snorkeling, kamu bisa puas menikmati beragam biota laut beserta pemandangan indah bawah laut Pantai Clungup. Tentu ini akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

3. Berjemur di Pantai

Jika kamu hobi berjemur di tepi Pantai, objek wisata ini cocok buat kamu karena masih sedikitnya pengunjung yang datang. Kalau kamu beruntung, Pantai Clungup akan seperti Pantai milik pribadi.

4. Wisata edukasi di Taman Mangrove

Di kawasan Pantai Clungup terdapat kegiatan edukasi hutan bakau. Kegiatan ini memberikan pengetahuan tentang pentingnya hutan bakau kepada generasi muda. Jadi jika kamu membawa keluarga, maka wisata hutan bakau ini sangat cocok untuk dilakukan.

5. Menjelajah kawasan Pantai Clungup

Berkunjung ke Pantai Clungup kamu akan bisa menjelajahi Pantai-Pantai lainnya, seperti Pantai Gatra, Mbangsong, hingga teluk Asmoro. Jadi jangan lewatkan kesempatan menjelajahi kawasan Pantai ini.

Itulah ulasan singkat tentang surga tersembunyi di Malang, Pantai Clungup. Kalau tertarik, jangan lupa catat dan ingat rute menuju Pantai ini. Masukkan Pantai Clungup ke dalam bucket list kamu dan jangan lupa cari tiket promo tujuan Malang jika kamu ingin berhemat. Travel safe and happy traveling!

15 Ulasan dari Pengunjung Pantai Clungup

  1. Pantai Clungup adalah sebuah pantai di pesisir selatan Pulau Jawa yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif berada di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang,Jawa Timur[1]. Pantai ini jarang diketahui orang kebanyakan karena letaknya yang cukup terpencil dari pemukiman penduduk. Tetapi sebenarnya, jalan untuk menuju Pantai Clungup cukup mudah. Dari Kota Malang, pengunjung bisa mengikuti penunjuk arah yang akan menuju Pantai Sendangbiru. Setelah itu berbelok ke kanan menuju arahpantai Goa China. Setelah memasuki Goa China berjalan ke arah sebelah timur sejauh sekitar 500 meter. Jadi, sebaiknya kendaraan bermotor Anda diparkir dulu di Pantai Goa China. Dari Goa China harus ditempuh dulu dengan berjalan kaki di sebuah jalan setapak dengan melewati perkebunan penduduk dan lereng perbukitan. Setelah melewati bukit tersebut maka sampailah di Pantai Clungup.. . Bisa juga ke Pantai Clungup tanpa harus memasuki Pantai Goa China, tetapi medannya cukup berat. Setelah melewati perempatan Jalan Lintas Selatan, berbelok ke kiri yang akan menuju ke Sendangbiru. Sekitar 200 meter kemudian berbelok kanan ke sebuah jalan agak lebar dan Anda bisa menitipkan kendaraan di rumah penduduk di sekitar sini. Dari sini pengunjung hanya dapat meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki karena harus melalui jalan setapak. Tidak seberapa jauh kemudian berbelok ke sebuah jalan setapak di sebelah kiri. Dari sini terus saja dan Anda akan melewati perkebunan penduduk sejauh sekitar satu kilometer. Tidak berapa lama terdapat sebuah sungai dan bukit, dan harus menyeberangi sebuah muara sungai. Barulah setelah berjalan sekitar 20 menit akan sampai di Pantai Clungup.

    9 April 2018, 12:20 WIB

  2. Pantai clungup adalah pantai yang berada di kota malang, pantai ini mempunya ombak yg tidak terlalu kuat, pantai ini masih cukup tertutup karna tempatnya yang belum banyak di ketahui banyak orang.

    10 April 2018, 20:14 WIB

  3. Pantai yang landai, ombak dan angin sepoi-sepoi.. Banyak pohon bakau nan teduh.. Tidak jauh dari penginapan yang banyak di dekat Pantai Sendang Biru.. Jalan setapak sangat licin saat atau setelah hujan. Jangan pakai sandal, malah jatuh. Karena jalan berlumpur tebal. Yang tidak suka jalan, bisa naik ojek dengan tarif Rp.5.000,00 . Sebelum masuk lokasi, karena wilayah konservasi, agar siap menghitung bawaan yang berupa botol plastik, tas plastik, dan calon sampah. Semua dicatat bersamaan izin masuk.. Nanti saat sebelum keluar, catatan sampah akan dicocokkan. Jika jumlahnya kurang, anda wajib kembali ke pantai mengambil sampah.. Sampah dikumpulkan petugas untuk dipilah kemudian.. Banyak yang berangkat sore san mendirikan tenda kemah, memburu sunrise.. Kendaraan telah disiapkan parkir 1,3 km sebelum pantai.. Liburan di sini setengah petualang, yang merasa fisik kurang kuat lebih baik memilih pantai lain, seperti Pantai Goa Cina.. Pantai Clungup satu lokasi dengan Pantai Tiga Warna, dan Pantai Gatra.

    18 April 2018, 19:52 WIB

  4. Kenangan ngeCamp bersama keluarga besar BRAM Malang sekalian baksos tanam mangrove. #AllBikersAreBrothers #SaSaJi

    21 Juni 2018, 05:53 WIB

  5. Pantai clungup ini seperti danau air payau yang mengalir menuju pantai. Air di pantai ini cukup jernih dan cocok untuk bermain bagi anak anak, dan pemandangan yang di tawarkan pantai ini cukup bagus, menuju pantai ini kita harus berjalan kaki naik turun melewati perkebunan warga..

    22 Juni 2018, 21:53 WIB

  6. Salah satu pantai di kawasan malang selatan, belum banyak orang yang Tau sehingga masih sepi Dan tertutup dengan keindagan Pulau sempu, padahal sama bagusnya

    7 Juli 2018, 10:46 WIB

  7. Salah satu destinasi wisata alam selain Pulau Sempu di daerah Sumber Manjing Wetan. Pantai yang masih perawan di tambah dengan aliran muara air sungai yang tenang membuat kita menjadi betah berlama-lama untuk berdiam diri di sini. Ada beberapa spot menarik untuk mempelajari biota mangrove. Terakhir saya datang ke sanan, pelestarian mangrove dilakukan langsung oleh masyarakat setampat yang perhatian terhadap isu lingkungan.

    5 Agustus 2018, 19:56 WIB

  8. Bagus tp….. arah ke lokasi cukup jauh buat renang anak kecil aman buat camping bagussss . Mungkin saran nya tlong aparat yg berwenang unt. Memperbaiki akses masuk kalo jalannya halus bukan batu2 yg tajam mungkin lebih bagus

    29 Oktober 2018, 21:51 WIB

  9. Indah sekali, jika sore hari air surut, pantai yang indah menjadi hamparan pasir putih yang luas. Pemandangan langka bro. 👍

    16 Desember 2018, 11:26 WIB

  10. Saran untuk pengelolah pantai dan wilayah CMC, saran kasih warung di pos 2 deket parkiran, dan wilayah clungub, gatra sekedar jual es degan. Krn perjalanan wisatawan sering ngeluh haus, dikuras perjalanan menuju pantai dan panas. Itung2 buat nambah pundi2 pendapatan wilayah. . Trus jalan nya di paping dong yg menuju parkir motor ke pos 2.. Itu aja saran saya. Trims

    19 Desember 2018, 05:39 WIB

  11. Pantai clungup, pantai ini satu lokasi dengan pantai gatra dan pantai 3 warna. Jalan menuju pantai ini memang butuh usaha tersendiri. Bs langsung dari jalur lintas selatan, tp juga bs melalui pantai sendang biru. Ada jalan masuk di dekat kantor BRI, jika bingung bs tanya penduduk. Masuk ke jalan kecil, trus menuju ke area parkir mobil. Jika bawa motor bs langsung hingga ke pos 2.. Jika bawa mobil, dari parkiran bs naek ojek seharga 5 ribu per orang hingga ke pos 2. Kemudian jln kaki menuju pantai clungup. Jalanan sudah di paving namun msh harus melewati pasir dan tanaman bakau. Sebaiknya memakai sandal gunung. Jangan sandal jepit karena rawan putus.

    26 Desember 2018, 02:41 WIB

  12. Pantai Clungup merupakan perhentian pertama kami dalam perjalanan menuju Pantai Tiga Warna. . . Pantai ini lebih merupakan ceruk air yang cukup enak untuk bermain pasir dan air laut bersama keluarga.. . Pantainya yang diwarnai pasang surut dan pasang naik masing masing 2 kali sehari memberikan nuansa pasir yang bergelombang yang menarik untuk dijalani.. . Pantai ini juga selain ramah, karena gelombang ombaknya tidak sekencang gelombang ombak di Pantai Gatra atau di Pantai Tiga Warna, ternyata merupakan lahan untuk penduduk sekitar mencari kepiting akar dan lobster kecil yang masih merupakan komoditi yang lumayan harga jualnya.. . Perjalanan yang harus ditempuh dari mulai perhentian mobil hingga ke Pantai Clungup ini sejauh 1,4 km melalui 2 pos pengawasan dan 1 parkiran motor melalui jalan setapak yang masih berupa jalan rintisan yang diperkuat oleh bebatuan.. . Dipantai ini diperbolehkan untuk menginap menggunakan tenda yang bisa dibawa sendiri oleh pengunjung ataupun sewa dari pihak pengelola.. . #cmctigawarna #batulocalguides #localguides . #google #googlelocalguides #geowalk. #ongooglemaps . #letsguide

    22 April 2019, 09:08 WIB

  13. Seru sekali ngecamp disini, tempatnya bersih tidak ada sampah. Dan yang pasti bisa main air disini karena ombaknya tidak besar krn pantainya berbentuk teluk. Terdapat fasilitas pendopo, pengunjung bisa bersantai santai ataupun istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke pantai selanjutnya. Tapi sayang tidak ada fasilitas wc umum dan penjual warung. #cmctigawarna #batulocalguides #localguides #google #googlelocalguides #geowalk #ongooglemaps #letsguide

    23 April 2019, 01:33 WIB

  14. Pantai Clungup adalah tempat perhentian pertama kami dalam perjalanan menuju Pantai Tiga warna. . Pantai ini hanya berupa cekungan yg cukup enak buat bermain pasir putih bersama keluarga. . Pantai nya yang diwarnai pasang surut dan pasang naik masing masing 2 kali sehari memberikan nuansa pasir yg bergelombang.. . Pantai nya yang ramah karena gelombang mya yang bersahabat tidak sekencang gelombang di pantai lain.. . Perjalanan yang harus di tempuh dari mulai perhentian mobil hingga ke pantai Clungup ini sejauh 1.5 Km melalui 2 pos. . Kami membuka tenda di pantai ini,bisa kita bawa sendiri ataupun tenda yang bisa disewa disini oleh pengelola. . Indahnya purnama kami lewati bersama di depan pantai ini.. . sungguh romantis. . #cmctigawarna #batulocalguides . #localguides . #google #googlelocalguides . #geowalk. #ongooglemaps . #letsguide

    23 April 2019, 07:26 WIB

  15. Pantai ini masuk wilayah konservasi mangrove. Untuk menikmati keindahan pantai yang bersih ini butuh kesiapan fisik ya.. Jalan kaki lumayan jauh, kalo mau ngojek juga ada.

    9 Mei 2019, 07:56 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Clungup

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *