Pantai Sendang Biru

Alamat: Pantai Wisata sendang biru, Malang, Jawa Timur 65176, Indonesia

(4/5) Baca ulasan

Malang terkenal dengan objek wisata pantainya. Ada Pantai yang tersembunyi, ada juga yang sudah terkenal. Salah satu dari sekian banyak Pantai indah terkenal yang ada di Malang adalah Pantai Sendang Biru. Pantai ini terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. Pantai yang terletak di Selatan kota Malang ini menghadap samudera Indonesia yang sudah dikenal dengan ombak yang besar. Namun siapa sangka kalau Pantai yang satu ini tidak memiliki ombak yang besar, malahan relatif sangat tenang. Ini dikarenakan oleh adanya pulau Sempu yang menghalangi dan memecah ombak besar yang datang ke arah Pantai.

Pulau Sempu juga merupakan bagian dari keindahan wisata Pantai Sendang Biru. Memiliki air laut yang jernih dan tenang, di tambah lagi dengan adanya pulau Sempu membuat Pantai Sendang Biru menjadi salah satu destinasi wisata favorit dalam dan luar negeri. Kalau kamu tertarik mengunjungi Pantai ini, silakan simak ulasan berikut ini.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Sendang Biru

Seperti kebanyakan objek wisata di tanah air, untuk masuk ke lokasi Pantai Sendang Biru para pengunjung juga diharuskan untuk membeli tiket masuk. Tidak perlu mahal-mahal, kamu cuma cukup membayar uang sebesar Rp 5.000 untuk satu tiket per orangnya. Itu adalah harga yang sangat murah untuk tiket masuk ke sebuah objek wisata seindah Pantai Sendang Biru.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jika kamu pergi dari kota Malang, jarak yang akan ditempuh adalah sekitar 65 kilometer. Jarak itu bisa ditempuh dalam waktu 2 sampai 3 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Karena tidak ada angkutan umum, tentunya kamu harus membawa kendaraan pribadi menuju lokasi. Dari Kota Malang, kamu harus pergi dulu ke Gadang. Dari Gadang ikuti jalan lurus lalu belok kiri yang akan mengantarkanmu ke Pabrik Gula Krebet. Nah, dai pabrik ini akan ada banyak petunjuk arah ke Pantai Sendang Biru, jadi kamu tidak perlu takut tersesat. Dari pabrik gula tersebut, ikuti petunjuk arah yang ada dan nanti kamu akan bertemu dengan Pabrik Pindad dan di sini belok lah ke kiri yang jalannya menikung. Melewati jalan yang menikung itu, kamu akan masuk ke daerah pedesaan. Dari sini jarak yang akan ditempuh hanya 15 kilometer menuju Pantai Sendang Biru. Untuk tips dalam perjalanan, disarankan untuk mempersiapkan dan menjaga kondisi fisik dan juga kondisi kendaraan dalam keadaan fit karena akan melewati banyak jalan yang berkelok-kelok. Walaupun begitu, di sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan oleh pemandangan pepohonan dan hutan yang asri dan indah. Di tambah lagi suhu di Pantai Selatan Malang juga relatif sejuk.

Obyek Wisata di pantai Sendang Biru

Lalu apa saja yang akan memanjakanmu setiba di lokasi Pantai Sendang Biru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Pemandangan Pantai yang Indah

Seperti yang dijelaskan di atas, berkat adanya pulau Sempu di seberang Pantai, air di Pantai Sendang Biru sangat lah tenang. Selain tenang, airnya juga bersih sehingga sangat cocok untuk sekadar berenang. Selain berenang, di Pantai ini kamu bisa berjemur dan melakukan snorkeling menikmati panorama bawah laut yang indah. Keindahan alamnya ini membuat kawasan Pantai Sendang Biru kerap dijadikan lokasi foto pre-wedding oleh banyak orang.

2. Perahu Wisata

Di kawasan Pantai Sendang Biru juga tersedia perahu yang bisa disewa, baik itu untuk pergi ke pulau Sempu, atau untuk sekadar berkeliling Pantai. Harga sewa yang ditawarkan berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 150.000 untuk perahu motor dan Rp 50.000 hingga Rp 70.000 untuk perahu dayung.

3. Pulau Sempu

Selain memanjakan mata dengan pemandangan yang indah lengkap dengan air yang jernih dan tenang, di Pantai Sendang Biru juga kamu juga bisa mengunjungi pulau Sempu. Pulau ini sangat indah karena masuk ke dalam kawasan cagar alam. Untuk pergi ke pulau yang memiliki luas sekitar 877 hektare ini, kamu harus menyewa perahu dengan tarif sekitar Rp.100.000.

4. Telaga di pulau Sempu

Setibanya di pulau Sempu, kamu bisa melakukan banyak kegiatan menarik. Salah satunya mengunjungi beberapa telaga terkenal yang ada di sana, seperti Telaga Anakan, Telaga Lele, dan Telaga Sat yang. Semua telaga itu menyajikan pemandangan yang indah.

5. Memancing

Bagi kamu yang hobi memancing, di kawasan objek wisata Pantai Sendang Biru juga terdapat tempat-tempat memancing. Selain itu kamu juga bisa memancing dari perahu yang disewakan.

6. Pesta Adat

Selain bisa menikmati kegiatan Pantai, di sini juga ada hal unik yang bisa kamu ikuti. Setiap bulan September akan ada pesta adat yang disebut pesta Pelik Laut. Berlangsung selama satu minggu, akan ada beragam acara yang diselenggarakan, seperti dangdutan, hiburan wayang, dan acara menghanyutkan tumpeng besar berisi hasil laut ke tengah laut. Acara ini merupakan simbol rasa syukur masyarakat kepada tuhan.

7. Bermalam di Penginapan

Sangat sayang rasanya jika hanya menghabiskan waktu satu hari di Pantai ini. Kamu bisa menginap di beberapa penginapan jika ingin memuaskan diri menjelajah Pantai lain seperti Pantai Bajul Mati dan Balekambang yang berada di satu garis Pantai. Ada sekitar 7 tempat homestay yang bisa disewa dengan harga sekitar Rp.200.000 per dua orang.

Itulah ulasan tentang Pantai Sendang Biru yang sangat indah. Jika kamu tertarik, tunggu apa lagi? Segera tentukan jadwal liburan ke Pantai ini!

25 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sendang Biru

  1. Pantai Sendangbiru adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif berada di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo,Kecamatan Sumbermanjing Wetan,Kabupaten Malang, Jawa Timur[1]. Pantai Sendangbiru merupakan salah satuwanawisata yang dimiliki oleh Perum Perhutani dan dikelola oleh KBM JLPL Unit II. Terletak di petak 81 dan 86 dengan luas baku 50 ha dan luas area manfaat 3 ha, RPH Sumber Agung, BKPH Sumbermanjing, KPH Malang termasuk kelas hutan lindung. Jarak dari Kota Malang sekitar 67 kilometer dan diperlukan waktu sekitar 2-2,5 jam untuk sampai ke Pantai Sendangbiru. Satu-satunya sarana transportasi adalah kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang melintas di sana. Pantai ini tidak jauh letaknya dari Pantai Goa China, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor. Dari JLS masuk menuju bibir pantai pun juga sudah beraspal. Hanya sebagian ruas jalan saja yang aspalnya mengelupas. Pantai Sendangbiru mulai dibuka pertama tahun 1970. Hanya saja waktu itu masih nelayan lokal. Baru pada 1980-an, nelayan dari luar daerah juga masuk ke Sendangbiru. Hal itu karena dibangunnya pangkalan pendaratan ikan Pondokdadap pada tahun 1980-1989.. . Pantai ini tepat berhadapan dengan Pulau Sempu, hanya terpisahkan oleh Selat Sempuyang sempit dan dengan panjang sekitar 4 kilometer. Di selat ini cocok digunakan untuk berperahu atau olahraga air lainnya karena lokasinya terlindung oleh Pulau Sempu. Oleh karena itu, biasanya pantai ini digunakan sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu yang terkenal dengan kealamiannya. Adanya Pulau Sempu menjadi daya tarik sendiri Pantai Sendangbiru. Pulau Sempu, merupakan Cagar Alam yang berdanau tawar penuh ikan lele di tengah hutannya dan juga danau air laut. Salah satu daya tarik pantai ini adalah pasar ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) dan wisata naik perahu bermesin diesel berkeliling pantai. Mayoritas wisatawan yang datang untuk naik perahu dan berbelanja ikan segar karena harganya yang sangat murah. Harga ikan mengikuti musim, sehingga jika pada saat ombak sedang tinggi harga ikan mahal. Hasil laut yang dapat ditemui di Sendangbiru antara lain jenis ikan pelagisyaitu lemurung, layang, teri, tongkol, kembung, dan cumi-cumi. Sedangkan untuk jenisdamersal antara lain pari, kerapu, kakap putih,kakap merah dan bawal putih serta jenis komoditi ekspor lainnya seperti tuna, tenggiri,cucut, lobster, teripang, dan rumput laut.

    9 April 2018, 06:20 WIB

  2. Pantainya cukup jauh dari Malang Kota sekitar 2,5 jam. Emang rata2 segitu sih jarak dari Malang ke Pantai. Di Pantai sendang biru ini viewnyaa Subhanallah cantik sekali. Banyak perahu sayangnya ada sampah dipantainya. Didaratannya banyak sampah jugaa. Oiyaa disini masuknya murah dari pantai2 lain cuma 10rb. Ada beberapa warung makanan bagi yang males bawa bekal. Mau piknik juga bisa. Sayangnya disini gabisa main2 pantai karena pantainnya dalem bisanya renang kalo mau hehe. Ada wisman. Saya waktu kesini pas bukan weekend jadi sepi gak ada tempat parkirnya juga. Tempat sampahnya saya lihat jarang di pantai ini. Kalo mau naik perahu 120rb per perahu disiisi bisanya 10 orangan saya tanya local people disini. Kalo mau kesini ke TPInya sekalian deket ikannya murah2 lho. Tempatnya tinggal naik ke atas aja.

    15 Mei 2018, 21:25 WIB

  3. Pantai Sendangbiru adalah sebuah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia secara administratif berada di Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur[1]. Pantai Sendangbiru merupakan salah satu wanawisata yang dimiliki oleh Perum Perhutani dan dikelola oleh KBM JLPL Unit II. Terletak di petak 81 dan 86 dengan luas baku 50 ha dan luas area manfaat 3 ha, RPH Sumber Agung, BKPH Sumbermanjing, KPH Malang termasuk kelas hutan lindung. Jarak dari Kota Malang sekitar 67 kilometer dan diperlukan waktu sekitar 2-2,5 jam untuk sampai ke Pantai Sendangbiru. Satu-satunya sarana transportasi adalah kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang melintas di sana. Pantai ini tidak jauh letaknya dari Pantai Goa China, hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan kendaraan bermotor. Dari JLS masuk menuju bibir pantai pun juga sudah beraspal. Hanya sebagian ruas jalan saja yang aspalnya mengelupas. Pantai Sendangbiru mulai dibuka pertama tahun 1970. Hanya saja waktu itu masih nelayan lokal. Baru pada 1980-an, nelayan dari luar daerah juga masuk ke Sendangbiru. Hal itu karena dibangunnya pangkalan pendaratan ikan Pondokdadap pada tahun 1980-1989.. . Pantai ini tepat berhadapan dengan Pulau Sempu, hanya terpisahkan oleh Selat Sempuyang sempit dan dengan panjang sekitar 4 kilometer. Di selat ini cocok digunakan untuk berperahu atau olahraga air lainnya karena lokasinya terlindung oleh Pulau Sempu. Oleh karena itu, biasanya pantai ini digunakan sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu yang terkenal dengan kealamiannya. Adanya Pulau Sempu menjadi daya tarik sendiri Pantai Sendangbiru. Pulau Sempu, merupakan Cagar Alam yang berdanau tawar penuh ikan lele di tengah hutannya dan juga danau air laut. Salah satu daya tarik pantai ini adalah pasar ikan di tempat pelelangan ikan (TPI) dan wisata naik perahu bermesin diesel berkeliling pantai. Mayoritas wisatawan yang datang untuk naik perahu dan berbelanja ikan segar karena harganya yang sangat murah. Harga ikan mengikuti musim, sehingga jika pada saat ombak sedang tinggi harga ikan mahal. Hasil laut yang dapat ditemui di Sendangbiru antara lain jenis ikan pelagisyaitu lemurung, layang, teri, tongkol, kembung, dan cumi-cumi. Sedangkan untuk jenis damersal antara lain pari, kerapu, kakap putih, kakap merah dan bawal putih serta jenis komoditi ekspor lainnya seperti tuna, tenggiri, cucut, lobster, teripang, dan rumput laut.

    18 Mei 2018, 03:24 WIB

  4. Sebenernya lebih cocok disebut pelabuhan daripada pantai. Karna hanya ada pemandangan laut dan perahu-perahu, ngga bisa main pasir pantai atau jalan-jalan menelusuri pantai gitu. Namun, walaupun demikian, pemandangannya keren bangeeettttt. Ada banyak warung yg jual ikan bakar, dan tersedia musholla juga. Bagi yg ingin berbelanja ikan, bisa ke pasarnya, letaknya dr pantai sendang birunya lurus aja ke arah selatan (naik), di pasar harga ikannya murah-murah.

    25 Juni 2018, 07:10 WIB

  5. Sebenernya lebih cocok disebut pelabuhan daripada pantai. Karna hanya ada pemandangan laut dan perahu-perahu, ngga bisa main pasir pantai atau jalan-jalan menelusuri pantai gitu. Namun, walaupun demikian, pemandangannya keren bangeeettttt. Ada banyak warung yg jual ikan bakar, dan tersedia musholla juga. Bagi yg ingin berbelanja ikan, bisa ke pasarnya, letaknya dr pantai sendang birunya lurus aja ke arah selatan (naik), di pasar harga ikannya murah-murah.

    25 Juni 2018, 07:10 WIB

  6. Sebenernya lebih cocok disebut pelabuhan daripada pantai. Karna hanya ada pemandangan laut dan perahu-perahu, ngga bisa main pasir pantai atau jalan-jalan menelusuri pantai gitu. Namun, walaupun demikian, pemandangannya keren bangeeettttt. Ada banyak warung yg jual ikan bakar, dan tersedia musholla juga. Bagi yg ingin berbelanja ikan, bisa ke pasarnya, letaknya dr pantai sendang birunya lurus aja ke arah selatan (naik), di pasar harga ikannya murah-murah.

    25 Juni 2018, 07:10 WIB

  7. Tempatnya jelek banget nyesel datang kesini.. . pantainya kotor banyak sampah jga,baunya sedikit amis karna tempat berlabuhnya kapal” nelayan… Saya sarankan gak berkunjung kemari lah,tiket masuk 10 rbu dan naruh montor disebelah tempat kita duduk aja ditarik karcis parkir 10 rbu lagi😤. Fasilitas yg disediakan jga gak memadai sama sekali..

    27 Juni 2018, 16:57 WIB

  8. Terletak di Malang Selatan, Sitiarjo, lokasinya cukup mudah dijangkau. Prasarana jalan sudah cukup bagus, walaupun di beberapa titik jalannya bergelombang dan berlubang. Tiket masuk parkir untuk mobil 15000. Begitu Anda memasuki area ini, banyak boat siap mengantar Anda ke Pulau Sempu, yg bisa ditempuh sekitar 15-30menit. Jika Anda rencana menginap di Pulau Sempu, ada jasa penitipan/penjagaan mobil. Pantai Sendang Biru sendiri menurut saya kurang bersih, banyak sampah di sekitaran pantai. Jika ada waktu, saya akan coba menyeberang ke Pulau Sempu.

    30 Agustus 2018, 21:57 WIB

  9. Udah 4x ke sini.. Ada t4 pelelangan ikan yg harganya murah bgt dibandingkan harga ikan di kota malang. (yaiyalahh). Krn ini semacam teluk jadi ombaknya ga tll besar. Kalo mau berenang, mesti nyebrang ke pulau sempu. Krn di sendang biru pantainya kotor bgt, wajar krn banyak kapal ikan. Ribetnya kalo mau bilas ato ganti mesti nyebrang balik. Kalo beruntung bisa liat lumba2 lewat. Jangan lupa bawa makanan kalo nyebrang ke sempu. Jangan lupa ingat no.kapal dan no.telp bapak perahunya.. . Ingat!! Budayakan bersih. Jangan ninggalin sampah.

    4 September 2018, 21:07 WIB

  10. Disini ga bis dipake berenang menurutku. Tapi enaknya bisa makan makan enaak. Ada yang jual ikan perkilo. Dan pas banget untuk makan bareng keluarga dan temaan. Jadi beli ikannya trus bisa request mau dimasak kaya gimana. Di bakarkah atau di bumbu bali kah dan yang lainnya. Nyammi

    1 Oktober 2018, 23:13 WIB

  11. Pantai masih asri, pantai Sendang Biru merupakan akses menuju pulau Sempu. Harga tiket sangat terjangkau. Perlu adanya pembangunan fasilitas infrastruktur dan promosi tempat wisata agar banyak wisatawan yang berkunjung yg dapat meningkatkan pendapatan daerah tersebut dan perlu dikelola dengan baik agar tetap asri.

    7 Oktober 2018, 08:53 WIB

  12. Lokasinya di desa Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang Selatan.. pantai Sendang Biru dikelola oleh perusahaan negara milik Forestay. Ada beberapa fasilitas untuk menunjang pariwisata di Sendang Biru seperti, penginapan, guess house, rumah jaga dan persewaan perahu.. . Untuk mencapai pantai ini, kita bisa menggunakan mobil dan motor, juga kendaraan umum. Untuk kendaraan umum bisa diakses menggunakan Mikrolet jurusan Gadang – Turen – Sendang Biru. Gitu katanya….

    9 November 2018, 04:27 WIB

  13. Tempat ny sih bersih, tp semacam tempt parkir perahu sja, kita bs mandi jg di situ, tp untuk hampran laut yg luas, di luar expetasi….. Tiket hnya 10.000/ orang 15.000 untk parkir mobil

    21 November 2018, 22:44 WIB

  14. Saran ke pengelola, tolong disediakan safety jacket untuk wisatawan yg ingin keliling pantai naik perahu. Tamu wisata saya dari Malaysia tidak jadi naik perahu karena tidak ada safety jacket (jaket pelampung). Padahal pengen putar2 pantai.

    23 November 2018, 23:24 WIB

  15. Cukup jauh dari malang, jalan berkelok2 naik dan turun cukup oke buat yg suka jalan2 cuma tiket masukknya cukup mahal… kalau berniat naik kapal sebaiknya langsunh dari tempat pelalangan ikan saja… tp kl niatnya duduk2 ya tidak papa… pantai cukup bersih dan cukup banyak pohon2 yang rimbun, tersedia kamar mandi dan fasilitas seperti masjid

    2 Desember 2018, 05:02 WIB

  16. Pantai yang sangat indah, bisa untuk camping, pemandanganya hampir mirip dengan Raja Ampat, tak jarang tempat ini dijuluki Raja Ampatnya Malang.. Akses ke sananya memang sangat jauh dari Kota Malang, namun jalanya mudah, hanya saja waktu masuk pantainya masih belum di aspal.

    3 Desember 2018, 09:39 WIB

  17. Bukan pantai seperti yg lainnya. Sendang biru tempat buat cari suasana kampung nelayan. Perahu perahu nelayan berlabuh disini, ketika siang hari begitu banyak kapal dan menjelang maghrib kapal mulai berlayar. . . Selain itu banyak warung warung yang menyediakan hidangan hasil laut yg tentunya murah karena dari tangan pertama. Jika ingin membeli ikan segar langsung bisa ke tpi (tempat pelelangan ikan) atau pasar ikan, jaraknya tidak terlalu jauh, kurang lebih 500m dari pantai sendang biru.. . Jika ingin ke pulau sempu, ada jasa kapal pengantar cukup dengan kocek 130 ribu. Tapu tolong bawa sampahnya kembali ya! 😁😁😁

    20 April 2019, 18:32 WIB

  18. Jangan tertipu dengan foto-foto yang beredar ya sam. Sebenarnya kondisi pantai sendangbiru ini biasa saja dengan banyak perahu yang terparkir di bibir pantai (karena bersebelahan dengan pelabuhan sendangbiru). Pasir putih. Namun sangat disayangkan, banyak sampah laut yang terbawa ke bibir pantai. Yaa, standar pantai dekat pelabuhan lah. Salah satu pantai yang jalannya cukup aman dilalui sepanjang pantai selatan kabupaten malang ya ini. Mungkin bisa dipermanis pantai ini dengan membersihkan lingkungan pantai terlebih dahulu.

    27 April 2019, 06:56 WIB

  19. Sebenarnya pantainya keren banyak batu karang nya kecil kecil di pinggir pantai tapi banyak perahu nelayan yang berhenti jadi agak sedikit megganggu pemandangan. Tapi dengan perahu itu bisa nyebrang ke pulau sempu. Paling excited waktu naik perahunya nyebrang ke pulau sempu. Saran kalo mau naik perahu benar2 catat baik2 nomor hp nelayannya karena kalau tidak nelayannya gak kembali ke pulau sempu jadi kita cari perahu baru lagi. Kalau sudah dari pantai ini bisa mampir ke pasar ikan di dekatnya pantai ini banyak macam ikannya yang bisa dibeli.

    28 April 2019, 16:46 WIB

  20. Tempatnya asik. Banyak teman di sana. Dan yang paling saya suka kalau berkunjung ke sana kalau pulang pasti bawa ikan Tuna.

    18 Mei 2019, 01:18 WIB

  21. Pantai Sendang Biru terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jika kamu pergi dari kota Malang, jarak yang akan ditempuh adalah sekitar 65 kilometer. Jarak itu bisa ditempuh dalam waktu 2 sampai 3 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

    25 Mei 2019, 18:59 WIB

  22. Klo utk tempatnya sich bagus, pemandangan nya bagus juga, pantainya bersih cuma byk batu karang kecil yg tajam2, ini pengunjung nya mmg lg rame sekali. ombaknya juga besar sekali jd hrs hati2, klo utk fasilitas ya tidak terlalu ok lah, masa mau bilas gak bisa Krn kehabisan air dan terpaksa toilet d tutup, utk berwudhu juga gak bisa Krn kehabisan air. utk toilet biasa byr 3rb tuk mandi, bilas,bak. Klo tuk toilet VIP byr 5rb. Cuma d sini hrs jauh bgt jalan kaki menaiki tangga yg sangat tinggi dan curam dr parkiran menuju pantainya, jalannya juga sempit, tuk lewatan 2mobil, jln berbelok, dan berbatu moga2 aja next udah makin ok fasilitas nya.

    10 Juni 2019, 10:34 WIB

  23. Laut selatan, selain dikenal dengan sejuta keindahan nya juga dikenal dengan hasil laut nya yg amat melimpah.. . Salah satu nya di pantai ini. Pada musim panen ikan anda akan mendapatkan banyak jenis ikan segar dijual murah di tempat ini. Selain itu masih terdapat juga hasil laut lainya.. . Terdapat beberapa petani rumput laut dan juga petani garam di tempat ini, mereka mensuplay beberapa perusahaan ² industri makanan dan kosmetik.. . Jika anda beruntung, anda dapat mengikuti kegiatan adat tahunan yg diselenggarakan di tempat ini sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut dan kedamaian wilayayi Ini. Acara tersebut biasa disebut dengan *Petik Laut*. . Petik laut adalah sebuah acara doa dan ucapan syukur yg di ikuti dengan tradisi Larung, yaitu pelepasan tumpeng raksasa di tengah laut. Acara ini biasa dilengkapi dengan pesta rakyat dan juga pertunjukan adat Jawa seperti wayang dan ludruk.. . Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 2 jam menuju tempat ini dari Kota Malang.

    14 Juni 2019, 07:20 WIB

  24. Ini kayaknya salah edit, saya bingung ini warung atau tempat wisata titiknya, sy kasih 1 karena tidak jelas kategori titiknya dan nama nya, ditambah harusnya kalau memang warung kenapa foto-foto nya lebih pemandangan daripada makanan, apa mungkin awal ini tempat makan terus ad yg ganti kategori jd tempat wisata? Atau sebaliknya?

    28 Juli 2019, 02:05 WIB

  25. Ikanya bakarnya sungguh2 menawan membuat kita cinta akan masakan indonesia….

    11 Agustus 2019, 00:58 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sendang Biru

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *