Pantai Sipelot

Pantai Sipelot

Desa Pujiharjo, KecamatanTirtoyudho, Kabupaten Malang, Jawa Timur

5 Ulasan

Di atas segala kepenatan urusan pekerjaan atau yang lainnya, liburan adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk Refresh otak serta pikiran demi kesehatan jasmani dan rohani.

Namun bagi sebagian orang mengurungkan niat untuk pergi berlibur karena menganggap biaya yang akan dikeluarkan akan menguras kantong mereka.

Ada banyak objek wisata yang ada di sekitar tempat Anda yang tidak memerlukan bisa yang besar untuk dapat menikmatinya

Apalagi jika Anda tinggal di kota Malang, Jawa Timur. Anda tidak perlu pergi jauh atau bahkan keluar kota untuk dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan memuaskan.

Dikenal dengan  kota yang menawarkan beragam banyak  wisata, ada beberapa destinasi yang bisa Anda kunjungi dengan biaya yang cukup murah.

Banyak wisata pantai di Malang yang terkenal seperti pantai Tiga Warna, Pantai Klayar dan salah satunya adalah Pantai Sipelot.

Ada banyak hal menarik yang bisa kita  nikmati di pantai ini. Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Pantai Sipelot

Malang sendiri terkenal  akan wisata pantainya yang indah, salah satunya adalah Pantai Sipelot. Terletak di Desa Pujiharjo,KecamatanTirtoyudho, Kabupaten Malang, Pantai Sipelot merupakan pantai tersembunyi yang berada dibalik jalur panjang yang dikelilingi bukit bebatuan yang indah.

Pemandangan Pantai Sipelot Malang

Sipelot sendiri berasal dari bahasa Belanda “Spelot” yang bermakna persinggahan. Konon menurut cerita yang berkembang dari masyarakat sekitar, dahulu sewaktu masa penjajahan pada zaman Belanda pantai ini sering digunakan sebagai tempat persinggahan.

Pantai ini terasa sejuk dikarenakan dikelilingi oleh perbukitan kapur yang terlihat hijau dengan pepohonan rimbun. Lingkungannya yang masih tergolong asri membuat Pantai Sipelot menyuguhkan suasana yang tenang dan udara segar khas timur kabupaten Malang tersebut.

Pantai Sipelot merupakan pantai semi circular yang mana hamparan pasir-nya berbentuk melingkar sepanjang 2 kilometer. Biasanya para pengunjung akan menempati sisi kiri dan kanan pantai dimana pada bagian tengah di isi jejeran perahu nelayan yang sedang berlabuh.

Pantai Sipelot sendiri dikenal memiliki gelombang laut-nya yang besar, sehingga pengunjung tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini. Namun begitu para wisatawan tidak perlu khawatir akan ombak besar ini, karena pengelola telah memasang tanda larangan di sepanjang pantai.

Namun Anda tidak perlu mengurungkan niat untuk mengunjungi Pantai Sipelot ini, karena ada banyak hal menarik lainnya yang dapat kita temukan disini, salah satunya adalah keberadaan air terjun Sipelot.

Anda bisa mendapatkan dua hal menarik disini, wisata pantai yang indah dan juga air terjun yang menggoda, Anda dapat menikmati kesegaran dari dua jenis air yang berbeda dalam satu tempat.

Harga Tiket Masuk Pantai Sipelot

Biaya untuk bisa memasuki kawasan ini cukup terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000 per orang, sedang untuk parkir sepeda motor di kenakan tarif sebesar Rp. 10.000 dan mobil sebesar Rp. 15.000.

Sedangkan untuk jam buka masuk kawasan ini, pihak pengelola Pantai Sipelot tidak menetapkan jadwal buka dan tutup tertentu. Wisatawan dapat berkunjung kapan saja, namun waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini tentunya pagi atau sore.

Rute Menuju Pantai Sipelot

Berlokasi di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, pantai ini berjarak sejauh 75km dari pusat kota Malang. Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih selama 2,5 jam apabila menggunakan kendaraan bermotor.

Dari Malang, Anda bisa mengarah ke Gadang kemudian Turen hingga menuju ke Kecamatan Dampit. Setelah tiba di Dampit perhatikanlah penunjuk jalan ke arah Pantai Sipelot yang mengarah ke Desa Pujiharjo.

Akses jalan yang dilalui cukup mulus dan beraspal hanya saja Anda harus berhati – hati karena jalannya yang sempit, berkelok-kelok dan juga curam.

Sayangnya belum ada transportasi umum menuju Pantai Sipelot, jadi baiknya Anda memakai motor atau mobil pribadi untuk sampai ke lokasi.

Sekitar 10 km sebelum kawasan pantai, Anda baiknya berhati-hati karena jalan yang berlubang, dan juga banyak terdapat sebaran pasir.

Dari Desa Pujiharjo, Pantai Sipelot masih 2 km lagi jauhnya, lanjutkan perjalanan sambil menikmati indahnya perkebunan pisang, kopi dan tambak udang di sepanjang perjalanan.

Objek Wisata Pantai Sipelot

Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke pantai Sipelot ini. Simak beberapa aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di sini.

1. Pemandangan Alam

Pantai Sipelot Malang

Pamor Pantai Sipelot tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Malang, hamparan pasir-nya yang luas serta berwarna biru kehijauan adalah daya tarik tersendiri dari Pantai Sipelot ini. Semakin jauh memandang, gradasi warna laut turut mengukuhkan kecantikannya.

Di sisi yang lain, perbukitan yang menghijau terbentuk senada dengan hamparan pasir yang terbentang di sisi pantai, membuat Pantai Sipelot semakin indah.

Anda juga akan melihat fenomena unik yang disebut dengan Watu Gedek, yaitu sebuah batu karang yang berbentuk menyerupai dinding yang terbuat dari anyaman bambu.

Pemandangan lainnya Anda akan dapat melihat perahu-perahu nelayan berwarna–warni menghiasi lautan Sipelot ini. Juga terdapat spot di bagian barat pantai yang masih tergolong sepi, yaitu spot perkebunan serta tebing bebatuan di atas bukit-nya.

Menuju ke belahan timur pantai Anda bisa bermain air payau yang berwarna kehijauan. Disini Anda akan dapat menemukan tebing batu yang membelah ujung timur Pantai Sipelot.

Apabila Anda melewati tebing ini maka Anda bisa menemukan pesona lainnya dari Pantai Sipelot, yakni perairan yang berbentuk teluk.

Karena berbentuk ceruk maka ombak yang dihasilkan pantai ujung timur Sipelot tidaklah besar, Anda lebih aman berenang disini, namun di anjurkan untuk tetap berhati-hati.

2. Air Terjun Sipelot

Air Terjun Pantai Sipelot Malang

Salah satu yang menarik dari Pantai ini adalah keberadaan air terjun atau lebih di kenal dengan nama Coban Sipelot.  Air terjun yang memiliki ketinggian 10 meter ini berada di barat pantai, dimana airnya berasal dari balik bukit Pantai Sipelot.       .

Untuk sampai ke Coban Sipelot Anda bisa melakukannya dengan berjalan kaki sambi berpetualang mengikuti jalan setapak ke arah bukit bagian barat Pantai Sipelot.

Namun jika Anda merasa malas atau memilih cara yang lebih cepat maka Anda bisa menyewa perahu atau kapal untuk menyeberangi teluk dengan biaya Rp. 25.000 hingga Rp. 50.000.

Anda dapat menikmati segarnya mandi air tawar di bawah air terjun Sipelot ini. Memiliki kedalaman yang cukup dangkal, air terjun Sipelot cukup aman untuk di jadikan area bermain untuk Anda dan keluarga.

3. Fotografi

Keindahan Pantai Sipelot Malang

Jangan lupa membawa perlengkapan foto untuk mengabadikan momen-momen istimewa Anda, karena banyak sekali spot eksotis yang bisa Anda potret disini.

Sudut pantai dengan hamparan pasir putih serta bukit-nya yang hijau, bunga-bunga yang indah di atas air payau, belum lagi air terjunnya yang memukau.

4. Snorkeling

Anda juga dapat melakukan snorkeling karena pantai Sipelot memiliki pemandangan bawah air yang cukup indah. Banyak ikan, hewan laut lainnya serta terumbu karang yang bervariasi akan membuat Anda betah berlama-lama disini.

Segala kelengkapan snorkeling juga telah disediakan oleh pengelola, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk bisa menikmati keindahan bawah laut Pantai Sipelot ini.

5. Berkemah

Kegiatan berkemah juga banyak di lakukan wisatawan di Pantai Sipelot. Tekstur pasir-nya yang landai,  sehingga gampang dijadikan tempat untuk mendirikan tenda.

Anda juga dapat menikmati ikan segar tangkapan nelayan untuk bisa di nikmati saat acara api unggun di malam hari. Udara yang tidak terlalu dingin, juga perpaduan ombak-nya menjadikan Pantai Sipelot tempat yang pas untuk kegiatan bermalam Anda dibawah tenda.

6. Memancing

Hal seru lainnya yang dapat Anda lakukan di Pantai ini adalah memancing. Ada beberapa spot memancing di tepi Pantai Sipelot ini, salah satunya di sebuah bongkahan batu di pinggir laut.

Banyak wisatawan yang tidak melewatkan kesempatan ini, menghabiskan waktu bersantai sambil menunggu ikan memakan umpan dari kail yang telah di siapkan. Namun Anda jangan lupa tetap berhati-hati, bagaimanapun keselamatan adalah hal utama.

7. Naik perahu

Berperahu adalah ide sempurna bagi Anda yang hendak menyusuri keindahan pantai ini lebih luas. Anda bisa mendatangi Coban Sipelot dan Pantai Tengger atau melebar ke Watu Gedek dengan menggunakan perahu.

Biaya yang umumnya dikenakan warga sekitar untuk menyewa perahu berkisar Rp. 50.000. Hal yang patut Anda coba mengingat Pantai Sipelot ini memiliki garis pantai yang panjang, yang memungkinkan Anda memperlebar petualangan.

8. Wisata Kuliner     

Tidak lengkap rasanya bila berwisata namun belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Melihat potensi laut Pantai Sipelot yang kaya, banyak warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan juga menjual hasil tangkapan mereka kepada para wisatawan. .

Anda bisa memesan tangkapan ikan segar para nelayan dengan harga yang lebih murah. Anda juga dapat menikmati menu laut yang telah dimasak atau di bakar di warung-warung yang ada di sekitar Pantai Sipelot.

Fasilitas yang disediakan di kawasan ini lumayan lengkap yaitu mushola, lahan parkir, toilet hingga warung-warung serta pedagang keliling yang menjual makan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga : Pantai Bajul Mati

Nah, apakah Anda tertarik berkunjung ke Pantai Sipelot setelah membaca ulasan ini?

Bila weekend ini Anda belum memutuskan tempat untuk berwisata, Pantai Sipelot layak untuk menjadi destinasi liburan Anda sealnjut-nya.

5 Ulasan untuk Pantai Sipelot, Malang, Jawa Timur

  1. Ma Hamid Rusdy kota Malang, Guru dan kepala Madrasah bertafakur atas keindahan alam pantai Sipelot. Pemandangannya sangat Indah dan mempesona. Semoga Allah memberikan istiqomah dalam berjuang di pendidikan. Semoga kami serombongan bisa selalu mengunjungi tempat-tempat wisata di Indonesia. Ammin Ya Robbal Alamin.

  2. Rute sangat jauh dan melelahkan, jalannya ekstrim. Pantainya bagus, tapi dibandingkan dengan perjalanannya dirasa kurang memuaskan. Namun bagi yang menyukai petualangan dan jalan-jalan mengunjungi pantai Sipelot ini bisa menjadi ajang berpetualang.

  3. Belom nyampek sini, karena tempatnya serasa jauh bingits😑. Pingin segera bisa melakukan perjalanan ke lokasi pantai Sipelot ini. Katanya pemandangannya masih alami dan udaranya masih sangat segar.

  4. My trip my adventure, perjalananya extrem tpi semua terbayarkan ketika sudah sampai di lokasi pantainya. Pemandangan pantainya sangat indah dengan udara segar yang seakan-akan menyembuhkan rasa lelah dalam perjalanan.

  5. Datang capek, Pulang rindu. Itulah pengalaman ketika melakukan perjalanan ke pantai Sipelot yang benar-benar penuh perjalanan yang melelahkan. Namun setelah sampai ke lokasi pantai, sangat terbayarkan dan membuat rindu ingin menlakukan kunjunagn lagi ke lokasi ini.

Tinggalkan Balasan