Pantai Bajul Mati

Malang memiliki berbagai macam objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah wisata Pantai. Dengan garis Pantai yang sangat panjang, Malang memiliki banyak Pantai indah. Beberapa ada yang sudah terkenal dan beberapa ada yang baru naik daun. Seperti Pantai Bajul mati yang baru terekspos ini. Pantai ini sebenarnya telah ditemukan sejak abad ke-19, namun baru terkenal baru-baru ini. Konon ketika pertama kali ditemukan, ada Buaya Mati di pantai ini. Ini yang membuat pantai ini dinamakan Bajul Mati. Namanya mungkin terdengar angker, namun pemandangan di pantai ini sangatlah indah.

Pantai Bajul Mati memiliki pasir yang putih, bersih dari sampah, dan dikelilingi oleh karang. Keasrian pantai ini terjaga karena memang sangat sepi pengunjung. Kalau kamu tertarik dengan pantai yang satu ini, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Bajul Mati

Kamu cukup membayar sekitar Rp.4000 untuk bisa masuk ke kawasan pantai ini. Dengan tiket masuk yang relatif murah ini kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang ada di pantai Bajul Mati. Lalu apa saja fasilitas yang tersedia di pantai ini? Karena hanya terdapat sedikit warung, para pengunjung disarankan untuk membawa bekal sendiri. Di pantai ini sudah tersedia toilet, kamar mandi, dan juga lahan parkir. Untuk jasa parkir, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.3000.

Lokasi & Rute Pantai Bajul Mati Malang

Pantai Bajul Mati terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kira-kira jarak perjalanan yang akan ditempuh dari Kota Malang ke Pantai ini adalah sekitar 61 kilometer dan bisa ditempuh dalam 3 jam perjalanan. Rute ke Pantai Bajul Mati relatif mudah diakses. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda 2 maupun 4 jika ingin pergi ke Pantai. Jalannya pun sudah beraspal dan cukup mulus walaupun ada beberapa ruas jalan yang berlobang. Dari Kota Malang, ambillah jalan ke arah Turen lalu ke Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanjing Wetan ambil jalan lurus ke arah Pantai Sendang Biru. Setelah itu, kamu akan sampai di daerah Gajah Rejo tempat Pantai Bajul Mati berada. Di desa ini akan ada sebuah pertigaan yang memiliki plang petunjuk arah ke Pantai. Di perjalanan kamu akan melihat sebuah jembatan artistik yang berbentuk seekor buaya. Jembatan ini melintasi sebuah sungai dan memiliki panjang sekitar 90 meter dengan bentuk setengah lingkaran. Sembari melintasi jembatan, mata akan dimanjakan oleh pemandangan bukit karang dan laut. Pemandangan yang indah di jalanan yang berliku-liku di sepanjang perjalanan, rasa penat akan hilang seketika. Selain itu, pengalaman mengasyikkan selama perjalanan akan semakin terasa jika kamu menggunakan sepeda motor. Dengan mengikuti jalan besar yang ada, kamu akan sampai di Pantai Bajul Mati nantinya karena lokasinya tidak jauh dari jalan raya.

Objek wisata yang ada di pantai Bajul Mati

Ketika mengunjungi Pantai Bajul mati, kamu akan menemukan berbagai keseruan yang beberapa di antaranya adalah:

1. Jembatan Bajul Mati

Sebenarnya jembatan ini berada sebelum kamu sampai di lokasi Pantai. Karena bentuknya yang artistik, dan background panorama perbukitan yang indah, banyak pengunjung yang memanfaatkan jembatan ini sebagai tempat selfie. Jembatan ini juga digunakan sebagai patokan kalau kamu sudah memasuki kawasan Pantai Bajul Mati.

2. Muara Sungai yang Indah

Terletak di pesisir Selatan Jawa, Pantai ini juga memiliki ombak yang tinggi dengan angin yang kencang. Jadi, sangat tidak disarankan untuk berenang. Kalau ingin bermain air di tempat yang lebih tenang, kamu bisa pergi ke muara sungai yang menjadi tempat kebanyakan wisatawan bermain air. Pertemuan air sungai yang berwarna hijau dengan air laut yang berwarna biru membuat muara sungai ini memiliki fenomena warna alami yang menarik.

3. Mempelajari Legenda Bajul Mati

Di Pantai ini terdapat tiga legenda yang menarik tentang asal usul namanya. Yang pertama adalah ditemukannya buaya bajul yang mati di muara sungai ketika masyarakat menemukan Pantai ini. Yang kedua adalah adanya karang yang berbentuk buaya. Sedangkan yang ketiga adalah legenda pertarungan Nyi Roro Kidul melawan dua buaya putih yang menyebabkan buaya tersebut mati. Walaupun keduanya adalah legenda yang belum bisa dipastikan kebenarannya, tetap saja kalau legenda tersebut memberikan ciri khas kepada Pantai ini.

4. Karang yang berbentuk Buaya

Selain memiliki cerita asal-usul yang khas dekat dengan buaya, di Pantai ini juga terdapat sebuah karang yang memanjang seperti buaya. Ketika malam hari, karang ini kerap terlihat seperti buaya raksasa. Karang yang menyerupai buaya ini sering dikaitkan dengan buayaputih yang mati melawan Nyi Roro Kidul tersebut.

5. Tempat yang luas Cocok untuk Berkemah

Memiliki garis Pantai yang panjang, di Pantai ini tersedia lahan untuk berbagai berkemah jika kamu ingin berlama-lama di Pantai ini. Menikmati pemandangan Pantai yang indah dan sepi sambil bersantai di tenda atau laybag akan membuat liburan kamu terasa sangat menyenangkan.

Itulah ulasan Pantai Bajul Mati yang ada di Malang Jawa Timur. Kalau kamu mencari Pantai yang sepi pengunjung, maka Pantai ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburanmu.

Ulasan Pengunjung

  • Alex Kurniawan
    dalam minggu terakhir
    Pantai Bajulmati ini sebenarnya tdk kalah indah dgn Pantai Goa Cina. Namun krn dibumbui dgn cerita mistis sprti ditemukan buaya mati + ada bbrp orang yg hanyut oleh ombak ganasnya mk pantai ini jd berkurang daya tariknya. Padahal kalau menurut sy pribadi meskipun ombak di Bajulmati ini besar namun gulungan ombaknya searah menuju pesisir pantai. Jd bs diprediksi arah gelombangnya. Kalau di Goa Cina ombaknya bs datang dr 3 arah yg berbeda dikarenakan ada bbrp pulau karang yg mengakibatkan ombaknya menabrak pulau karang & akhirnya membuat gelombang ombak yg tdk beraturan arah datangnya. Sekedar saran kalo Bajulmati dicarikan investor yg berminat mengelola & dibangun resort hotel berbintang kyknya bkl tdk kalah dgn pantai2 di Bali. Asal dikelola dgn baik. Jgn seperti yg sekarang ini.
  • Arizal Sukarnaen
    sebulan yang lalu
    Ingin sesuatu yang berbeda? Anda bisa bermain-main dengan air yang berada di muara sungai. Letak sungai ini berada tidak jauh, karena Anda hanya perlu berjalan di bibir pantai sebelah barat. Air yang mengalir dari muara sungai akan sangat dingin dan menyegarkan. Aliran yang mengalir ke laut akan sangat tenang dan berwarna jernih kehijauan. Anda bahkan bisa melihat dasar sungai ini. Masih memiliki energi yang cukup besar? Lanjutkan petualangan Anda di Pantai Bajul Mati dengan mengeksplor teluk yang terlihat luar biasa. Di teluk ini, Anda akan menemukan batu karang yang berukuran sangat besar, sehingga jika diperhatikan dengan baik akan mirip dengan pulau kecil yang menjadi perhiasan dari Pantai Bajul Mati. Apalagi karena lokasinya berada di tengah pantai, sehingga mirip dengan pulau yang mengambang. Jika ombak air laut sedang besar, batu karang ini yang menjadi pemecah ombak sehingga hempasan buih berwarna putih bisa langsung melayang di udara. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen indah di Pantai Bajul Mati. Sayang sekali jika momen indah seperti ini tidak Anda abadikan. Sesudah memperoleh foto terbaik di Pantai Bajul Mati, Anda dapat melanjutkan petualangan dengan pergi ke arah timur, dengan jarak 300 meter dari pantai. Di sana, Anda akan menemukan sebuah gua. Gua ini memiliki nama Gua Wil yang berada di bawah bukit karang, area yang berada di sekitarnya penuh dengan pohon ketela serta kelapa milik warga. Jika penasaran dengan isi gua tersebut, Anda bisa masuk dalam gua yang lubangnya menjorok ke dalam. Walaupun suasana dari Pantai Bajul Mati cukup sepi, namun tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sedang ingin menyendiri.
  • nazhar ak
    2 bulan lalu
    Josss Bajul mati, terdengar seram namanya. Namun, kenyataannya pantai ini memiliki keeksotisan alamnya yang menawan. Dan dapat menyegarkan mata yang melihatnya. Dengan hembusan angin dari debur ombaj di pantai Bajul Mati ini, anda akan terhipnotis dan atak percaya dengan keasrian alamnya. Bicara tentang bajul mati mari kita lihat secara mendalam nama Bajul Mati pada pantai tersebut. Mengapa orang banyak menyebutnya sebagai pantai bajul mati? Baik, mari kita bahas sejenak tentang Pantai Misteri di balik nama bajul mati. Tentang Pantai Bajul Mati Menelisik jauh pantai ini, pantai ini bukanlah pantai yang baru terdengar oleh sebagian wisata. Pantai ini sudah terkenal sejak dulu, bahkan ada yang mengatakan pantai ini ditemukan sekitar tahun 1980 an. Tapi, terkadang masih banyak orang yang baru mengenalnya. Meskipun terdengar aneh namanya. Pantai Bajul Mati merupakan pantai yang diperhitungkan bagi sebagian traveler. Perihalnya pantai Banjul Mati memberikan nuansa eksotis yang dapat membuat pengunjung takjub ketika melihatnya. Mecoba mencari tau tentang arti dari Pantai Bajul Mati, yang berarti buaya mati. Kata Bajul disana jika diindonesiakan adalah buaya. Mengapa dinamakan bajul mati? Katanya, desas desus warga sekitar. Bahwa di pantai tersebut terdapat buaya yang mati. Dan, di pantai tersebut, terlihat karang atau batu yang membentuk seperti badan buaya. Yang terlihat seperti buaya besar yang hidup. Jadi, karena itulah pantai ini,, dinamakan dengan pantai bajul mati. Nah, jika anda ingin menjadikan tempat wisata ini sebagai list untuk berlibur. Kami, akan berikan rutenya. Agar anda tidaj tersesat di jalan, dan sampai kepada tujuan yang diinginkan. Mari, kita lanjutkan membahas rute ke tempat wisata pantai bajul mati. Rute Perjalanan Ke tempat wisata Pantai Bajul mati Gajahrejo, merupakan desa yang berada di malang bagian selatan. Nah, jika anda ingin ke pantai bajul mati. Cukup anda arahkan lokasi atau cari di google maps Desa Gajahrejo. Di desa gajahrjo tersebut anda akan menemukan buaya atau patung buaya. Yang menjadi tanda, bahwa anda telah sampai di tempat tujuan. Jika anda berangkat dari arah kota Malang atau alun-alun. Anda arahkan perjalanan anda ke arah kecamatan gedangan kabupaten Malang. Nah, dijamin anda tak akan tersesat. Kalau pun tersesat seperti pepatah, anda akan tersesat di jalan yang benar. Dari arah kota, perkiraan anda akan berada di perjalanan selama kurang lebih 3 jam. Meskipun terbilang sangat lama di perjalanan. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan dan tikungan yang akan menemani perjalanan anda. Selanjutnya akan kami berikan informasi harga tiket masuk ke tempat wisata pantai bajul mati ini. Berikut pemaparannya: Harga tiket Masuk Ke tempat Wisata Pantai Bajul Mati Masalah harga tiket masuk, anda tak perlu khawatir dengannya. Karena harga tiket masuk ke tempat wisata bajul mati ini terbilang murah. Cukuplah anda membayar uang Rp. 4000 per orang. Anda sudah bisa menikmati pantai bajul mati Malang ini. Karena terbilang sangat murah, anda bisa kapan pun ke tempat wisata ini. Dengan pengeluaran yang sangat sangat murah. Anda sudah bisa berfoto ria bersama teman maupun keluarga anda. Nah, itulah beberapa informasi yang busa kami sampaikan kepada anda seputar Pantai Bajul Mati Malang JawA Timur. Jika anda benar pergi ke tempat wisata ini, kami doakan semoga selamat sampai tujuan. Aamiin. Pantai Misteri di balik nama bajul Mati.
  • siswanto shah alam
    dalam minggu terakhir
    Pantai bajul mati memiliki jembatan di atas muara sungai yang mengalir langsung ke pantai ny. Suasana asri pantai yang di kelilingi perbukitan ini sangat sejuk. Untuk menuju pantai ini tidak susah karena jalan nya sudah beraspal dan cukup lebar. Destinasi wisata pantai favorit di malang yang terletak di malang selatan. Selamat berlibur
  • Youtube Cash
    2 minggu yang lalu
    Tempat bagus untuk piknik, akan tetapi harus berhati hati, di karena kan sewaktu waktu ombak bisa saja menjadi besar, meskipun begitu tempat ini sangat lah bagus buat piknik bersama keluarga, teman, pacar, maupun selingkuhan, wkwkw becanda kok. Nah untuk yang mau ke sini harap jangan mandi terlalu jauh di karenakan ombak sewaktu waktu bisa besar.