Pantai Banyu Anjlok

Alamat: RT.12/RW.03Desa, Purwodadi, Kec.Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur 65182, Indonesia

(4.9/5) Baca ulasan

Kalau kamu sedang mencari-cari objek wisata Pantai yang tidak biasa, maka kamu bisa mengunjungi Pantai Banyu Anjlok di Malang jawa Timur. Selain menawarkan pemandangan Pantai yang indah, ada satu hal lagi yang juga menyajikan pemandangan indah dan tidak biasa bagi para pengunjung, yaitu Air Terjun. Ya, di Pantai Banyu Anjlok, ada Air Terjun di kawasan Pantainya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Banyu Anjlok

Untuk masuk ke kawasan Pantai Banyu Anjlok dan menikmati keindahan alamnya, kamu harus membeli tiket masuk seharga Rp 5.000. Untuk parkir, Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan empat. Biaya ini tentunya nanti akan digunakan oleh pihak pengelola untuk meningkatkan fasilitas di kawasan Pantai demi kenyamanan pengunjung.

Rute Menuju Lokasi Pantai Banyu Anjlok

Pantai Banyu Anjlok terletak di Desa Purwodadi, di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Jika kamu dari kota Malang, kira-kira akan memakan waktu 3 sampai 4 jam perjalanan untuk mencapai kawasan Pantai Banyu Anjlok. Walaupun memiliki rute yang tidak mudah, semua pemandangan yang ada membuat perjuangan itu tidak sia-sia. Dari kota Malang, ambil jalan ke arah Kepanjen, lalu menuju Dampit, terus ke Lumajang danTirtoyudo. Lalu ambil jalan ke kanan yang menuju Pantai si Petot dan Pujiharjo. Setelah mengikuti jalan tersebut, kamu akan sampai di pertigaan yang ada petunjuk arah ke Pantai Lenggoksono. Sesampainya di pos informasi Pantai Lenggoksono, kamu bisa menanyakan informasi tentang transportasi menuju Pantai Banyu Anjlok.

Ada beberapa pilihan untuk sampai ke Banyu Anjlok:

1. Jalan kaki

Pertama adalah dengan berjalan kaki. Ini cocok bagi kamu yang suka olah raga atau bertualang. Perjalanan untuk sampai ke kawasan Pantai Banyu Anjlok cukup jauh dan akan memakan waktu kira-kira 1 jam perjalanan. Tentunya kamu harus mempersiapkan stamina untuk pilihan yang satu ini.

2. Naik ojek

Kedua, kamu bisa naik ojek pangkalan. Kamu bisa menyewa jasa ojek yang biasanya ditawarkan oleh penduduk setempat. Tarif  ojek terbaru ke Pantai Banyu Anjlok adalah sekitar Rp 25.000 per orang.

3. Naik perahu

Pilihan ketiga adalah dengan menggunakan perahu. Pilihan ini cocok untuk kamu yang pergi bersama keluarga dengan kendaraan roda empat karena mobil sudah pasti akan diparkir di Pantai Lenggoksono karena jalan menuju Pantai Banyu Anjlok tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Tarif untuk naik perahu ini adalah sebesar Rp 400.000 untuk 8 penumpang. Sebagai catatan, dengan menggunakan jasa perahu ini, kamu bisa menikmati tiga Pantai, yaitu Banyu Anjlok, Teluk Kletakan, dan Bolu Bolu. Jadi, cukup praktis, bukan?

Tips melewati rute ke Pantai Banyu Anjlok

  • Karena kondisi jalan yang cukup menantang, persiapkanlah kondisi fisikmu yang prima dan fit. Perjalanan dengan jalan kaki ke Pantai Banyu Anjlok akan melewati jalan berliku-liku dan penuh tanjakan yang cukup terjal.
  • Berangkat lebih awal. Kota Malang merupakan salah satu kota dengan objek wisata favorit. Jika kamu pergi pada masa liburan sudah bisa dipastikan akan terjebak macet jika tidak pergi lebih awal.
  • Jaga kebersihan untuk menjaga kenyamanan wisatawan lain, terutama wisatawan luar negeri.
  • Hati-hati dan jaga keselamatan. Selain akan melewati rute yang berat, kamu juga akan menghadapi lalu lintas yang padat.

Obyek Wisata di Pantai Banyu Anjlok

1. Air terjun

Air terjun itu langsung bertemu dengan ombak Pantai dan ini menjadikan Pantai Banyu Anjlok menjadi salah satu tujuan wisata terfavorit di Malang Selatan. Sesuai dengan kondisi alamnya, nama Banyu Anjlok berarti “air jatuh” karena air tawar yang ada di air terjun langsung jatuh ke Pantai. Air terjun ini sangat sejuk sehingga kamu akan betah bermain-main di sekitar air terjun ini.

2. Goa Sarang Dompet

Selain menawarkan keindahan alam yang unik seperti Pantai dan air terjun yang saling bertemu, di sini juga ada goa Sarang Dompet yang membuat objek wisata ini semakin menarik.

3. Memancing

Bagi kamu yang memiliki hobi memancing, di sini juga tersedia spot memancing. Memancing di Pantai Banyu Anjlok cukup menarik karena terdapat berbagai macam hasil laut selain ikan, seperti cumi cumi dan cakalang.

4. Menangkap lobster

Selain tempat memancing, di sini juga ada tempat budi daya lobster, seperti lobster batu, mutiara dan pasir. Jadi selain menikmati keindahan alam yang unik, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancingmu dan membawa tangkapanmu ke rumah.

5. Homestay di pantai Banyu Anjlok

Selain fasilitas perahu, di Pantai Banyu Anjlok juga tersedia penginapan di dekat Pantai. Selain itu, kamu juga bisa memilih homestay di rumah warga yang tentunya lebih murah. Homestay di rumah penduduk tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Itulah ulasan tentang Pantai Banyu Anjlok, mulai dari pesona alamnya, harga tiket, rute hingga fasilitas yang ditawarkan. Selain menikmati pemandangan alam yang indah, kamu juga bisa menyalurkan hobi memancingmu di sini. Jadi tunggu apa lagi? Segera tentukan jadwal mengunjungi objek wisata Pantai yang satu ini di liburan berikutnya!

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Banyu Anjlok

  1. Pantai ini sangat eksotis. Klo bisa datang rombongan coz sewa perahu minimal 8 orang perorang 60rb. Ada 4 destinasi yg bisa dinikmati dlm 1 paket wisata yakni pantai Lenggoksono,area snorkling ( peralatan snorkling bisa disewa ditempat sewa perahu) pantai banyu anjlok dan pantai bolu bolu. Untuk hari biasa suasana sepi. Klo mau kesana hari minggu atau hari libur nasional. Tdk ada villa di sekitar pantai hanya ada warung dan kamar mandi bilas. Klo bisa datang di pagi hari biar waktunya panjang. Untuk yg suka camping di area pantai bolu bolu sangat bagus di buat camping dan mancing. Klo ingin bermain lama, minta perahu menjemput di Pantai bolu bolu sore hari dgn biaya yg sama tdk ada tambahan . Sangat disarankan membawa perbekalan makanan & minuman secukupnya selama di pantai bolu bolu

    28 April 2018, 09:06 WIB

  2. Perjalanan dari Malang Kota menuju Malang Selatan ±60km. Jangan sesekali berangkat malam, karena akses jalannya berkelok-kelok (ngantuk sedikit bisa masuk jurang). Tiket masuk 5K/org + parkir 5K = 10K. Dari Lenggoksono ke Banyu Anjlok sebenernya bisa naik Perahu selama 15 menit, untuk 3 destinasi (salah satunya bisa mampir lihat terumbu karang). Biayanya 50K/org kalo PP Lenggoksono-Banyu Anjlok (naik kapal), atau kalau cuma naik kapal pas pulang bisa sih nego sama bapaknya dg biaya 20K/org. Tapi kalo kepingin jadi anak alam, dengan jalan kaki menyebrang sungai dan naik turun bukit sejauh ±5km (hampir dua jam perjalanan) yang bisa membuat jantung sprint dan paru-paru jadi bernafas senin-kamis (karena belum latihan fisik sebelum berangkat). Worth it sih memang, di tengah perjalanan bisa nemu banyak spot foto dan sumber air tawar yg available buat minum (kalo mau sih). Diatas Banyu Anjlok ada Telaga dg kedalaman ±2m, airnya jernih dan seger pol. Toilet dan Musholla ada dong pastinya, tapi hanya tersedia di Pantai Lenggoksono (Biaya mandi 5K, BAB 3K)

    9 Mei 2018, 22:04 WIB

  3. salh satu pantai paling eksotis di kab malang, bisa main air tawar dan asin di satu lokasi. untuk sungai air terjunnya bagus banget air jernih dan diatas ada kolam kecil sebelum air jatuh langsung ke laut kl pas air pasang mirip sky pool. kl pas air surut bisa mandi di bawah air terjun, seru deh pokoknya. fasilitas ada warung hanya mungkin perlu diatur ya letaknya dibikinin di parkiran kek, seharusnya tidak asal gitu, selain mengganggu pemandangan alami, jadi banyak sampah

    24 Mei 2018, 20:58 WIB

  4. Air terjun ini bisa dicapai dari pantai lenggoksono atau mll jalan darat dgn motor. Tracknya boleh dibilang masih sulit karena pantainya masih baru. Semoga ke depan pantai ini semakin mudah tracknya akan ttp alam nya harus ttp terjaga

    29 Mei 2018, 02:32 WIB

  5. Tempat yang bagus terutama pada banyu anjloknya sangat indah… Tapi saran lebih baik kesana via lenggoksono naik prahu yg 60rb perorang dari pada via darat yg jalannya sangat bahaya licin dan kecil pinggir sudah jurang… Kalau mau cari extrime ya silahkan tpi saran saya sayangi nyawa anda…. Saya jatuh sekali ban tidak bisa di rem enggine break pun gk bisa curam sekali… (Jalur saya posting salah satu foto itu kiri jurang sangat dalam labgsung laut jadi kita jalan di pinggir tebing jalan licin naik turun terbayang kan)

    22 Juni 2018, 01:23 WIB

  6. Wisata pantai yang berbeda dengan pantai2 yang lainnya. Memiliki keunikan tersendiri yaitu terdapat air terjun di pantai tersebut. Jadi anda bisa merasakan sensai mandi air terjun (air tawar) di pantai. Sayangnya anda harus menyewa perahu untuk menyeberang, karena akses jalan tercepat hanya bisa dilalui jalur laut. Semoga ke depannya pemerintah bisa menyediakan jalur darat. Oh ya satu lagi, kamar mandi yang tersedia, kotor.

    13 Agustus 2018, 02:22 WIB

  7. air terjun yg langsung ke pantai, keren adem, bersih, airnya air tawar, klo mau naik ke atas ada lagunanya, bisa buat berendem dan berenang, sebaiknya pake pelampung buat jaga2 apalagi klo yg ngk bisa berenang, soalnya lumayan dalem

    10 September 2018, 08:01 WIB

  8. Banyu anjlok adalah tempat pertama yg sangat unik menurut saya. Saat pertama kesana saya sungguh takjub dengan keindahan alam tuhan ini. Sebuah air terjun yang mengalir langsung ke pantai. Perjalan menuju lokasi ada dua akses naik perahu dan motor. Jika naik motor perjalanan sangat memacu adrenalin karena jalan sedikit extrim.

    19 September 2018, 22:18 WIB

  9. seger cm pemandangan dibawah g begitu bagus. tp saat naik diatas kolam bagus. tp bahaya licin dan jalan setapak yg bikin was was untuk naik ke kolam

    28 September 2018, 09:55 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Banyu Anjlok

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *