Pantai Sendiki

Alamat: Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65148, Indonesia

(4.9/5) Baca ulasan

Indonesia memiliki berbagai macam objek wisata. Mulai dari wisata alam, wisata edukasi, wisata sejarah hingga wisata mistik. Salah satu daerah yang dianugerahi bermacam wisata itu adalah Malang. dari sekian banyak macam wisata yang bisa ditemui di Malang, ternyata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah wisata alam, atau lebih tepatnya wisata Pantai.

Malang bisa dibilang diberkahi banyak sekali Pantai yang cantik dan eksotis karena memiliki garis Pantai yang panjangnya hingga 77 kilometer. Berdasarkan data Pemerintah Daerah Kabupaten Malang, terdapat setidaknya 14 Pantai di Malang yang telah dikelola oleh masyarakat maupun pemerintah. Salah satu objek wisata Pantai yang patut dikunjungi adalah Pantai Sendiki. Pantai Sendiki memiliki pasir yang putih dan juga masih sepi sehingga kondisi alamnya masih asri dan bersih.

Jadi jika kamu ingin mencari Pantai yang masih asri dan juga sepi pengunjung, maka Pantai Sendiki adalah salah satu pilihan yang tepat. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Sendiki

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Sendiki, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp.5000 per orang dan biaya jasa parkir sebesar Rp 5.000. jika kamu menginap, maka biaya parkir ditambah menjadi Rp 10.000. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola berupa toilet, pemandian umum, mushola, camping ground dan juga warung warga. Semua fasilitas itu dirawat oleh pengelola yang merupakan pemerintah dusun dan juga oleh masyarakat setempat.

Rute Menuju Lokasi Pantai Sendiki

Pantai ini tepatnya berada di Desa Tambakrejo di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Di desa Tambakrejo, ada dua Pantai sekaligus yang bisa dikunjungi, yaitu Pantai Sendiki dan Tamban. Jarak kedua Pantai ini sekitar 2 kilometer. Jika ingin pergi ke kawasan Pantai Sendiki ari kota Malang, kamu harus menempuh jarak sekitar 68 kilometer dengan lama perjalanan 2 sampai 3 jam. Disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena di daerah ini belum ada angkutan umum. Dari kota Malang kamu harus pergi menuju Pakishaji dan kemudian lanjut ke Kepanjen dan kemudian Gondanglegi. Nah dari sini kamu  harus lanjut ke Turen dan akhirnya sampai di Sumbermanjing Wetan. Di daerah ini kamu sudah bisa mengikuti jalan menuju Pantai Tamban yang terdapat di daerah Tambakrejo. Ketika sampai di jalan yang mengarah ke Pantai Tamban, kamu akan bertemu jalanan yang menurun hingga sampai di sebuah pertigaan. Di pertigaan ini belok lah ke kiri dan tak lama kemudian kamu akan melihat sebuah pos kamling terbuat dari bamboo. Di pos tersebut belok lah ke kanan. Nah, dari pos kamling ini yang bisa masuk hanyalah sepeda motor karena jalan yang sempit. Kamu bisa menitipkan mobil di rumah penduduk. Disarankan untuk sangat berhati-hati di jalan yang sempit ini karena kondisi jalan yang rusak, licin dan juga berlumpur kalau hujan. Setelah berjalan sepanjang 3 kilometer, kamu akan sampai di Pantai Sendiki.

Obyek Wisata di Pantai Sendiki

Berikut beberapa objek wisata yang bakal memberikan keseruan kepada para pengunjung:

1. Menikmati pesona Pantai yang Asri

Karena terdapat di pesisir Selatan Jawa, ombak yang ada di Pantai ini cukup besar sehingga kurang cocok dijadikan tempat berenang walaupun punya air yang jernih. Walaupun tidak bisa berenang, kamu masih bisa bermain air di tepi Pantai. Selain itu, di sekeliling Pantai juga terdapat hutan lebat yang membuat Pantai ini tidak terlalu panas dan semakin membuat kamu betah berlama-lama.

2. Pasir Putih yang cocok Menjadi Tempat Berjemur

Karena akses yang relatif sulit, Pantai ini agak sepi pengunjung. Ketika berkunjung ke Pantai yang sepi ini tentu kamu akan merasa berada di Pantai pribadi. Selain itu, Pantai ini memiliki pasir Pantai yang berwarna putih. Di beberapa bagian Pantai juga terdapat bebatuan yang menjadikan Pantai ini semakin cantik. Pantai yang sepi dan Pasir Pantai yang Putih sangat cocok menjadi tempat berjemur.

3. Mempelajari Mitos Menarik Pantai Sendiki

Konon Pantai Sendiki ditemukan oleh empat orang sahabat. Mereka saling berbagi lahan dengan menancapkan patok kayu sebagai penanda. Mbah Singo Lelono menjadi orang terakhir yang menancapkan patok. Karena bingung, ia bertanya kepada 3 orang temannya yang lain “Punyaku Seng Ndi Iki?” Cerita itu disebut-sebut menjadi asal usul nama Sendiki. Di sebelah kiri Pantai kamu bisa menemukan sebuah makan yang memiliki tulisan “Singo Lelono” yang membuat cerita ini semakin menarik.

4. Berkemah di Pantai Sendiki

Karena sepi pengunjung, tentu Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat berkemah. Ada banyak titik yang berada cukup jauh dari bibir Pantai yang bisa dijadikan tempat berkemah. Kamu bisa menyewa tenda di lokasi dengan harga Rp.75.000 untuk sebuah tenda berkapasitas 4 sampai 5 orang. Jika membawa tenda sendiri, kamu hanya dikenakan biaya Rp.20.000 untuk biaya buka tenda.

5. Homestay

Jika kamu tidak suka berkemah tapi ingin menikmati keindahan Pantai Sendiki lebih lama lagi, ada beberapa rumah penduduk yang menyediakan jasa homestay. Tentunya dengan tinggal di rumah penduduk setempat akan menambah pengalaman yang sulit untuk dilupakan.

Itulah ulasan tentang Pantai Sendiki. Jika kamu sedang berlibur di kota Malang, Pantai Sendiki sangat layak untuk dikunjungi.

18 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sendiki

  1. Pantai yang indah yang belum terjamah oleh manusia jahil yang suka membuang sampah sembarangan. Untuk bisa sampai di pantai ini kita melewati jalan yang bisa dilewati hanya 1 mobil saja. Jika ada mobil yang berlawanan arah maka harus bersabar, jangan khawatir ketika harus mengantri untuk melewati jalan ini kita di suguhkan oleh pemandangan sawah dengan sapi disana. Menenangkan hati meskipun disuruh menunggu mobil lainnya lewat. Tiket untuk masuk ke pantai perorang kena 10.000, tiket parkir mobil 15.000. Ketika kita membawa banyak orang bapak penjaga tiket tidak sungkan2 memotong harga lhoo. Enak kan. Oh ya jangan senang dulu ya klo sudah sampai di tempat parkir, karena cobaan untuk bisa menikmati keindahan pantai sendiki belum berakhir, kita harus naik turun tangga yang panjang sekali. Saya sarankan jika mau kesini sebelumnya harus banyak berlatih olahraga biar tidak njarem kakinya setelah pulang dari pantai. Jangan harap sesampainya di pantai kita bisa membeli makanan ataupun minuman ketika lapar dan haus. Karena pada waktu sampai di pantai tidak ada orang yang berjualan. Orang2 berjualan di atas sebelum kita sampai di pantai. Alangkah baiknya membeli makanan dan minuman sebelum sampai di pantai. Selain menikmati pantai, bagi para pecinta alam kita bisa melakukan camping disana. Tetapi tetap hati2 ketika kita menikmati pantai karena ombak disana besar sekali. Untuk toilet jangan khawatir, disana banyak penduduk sana yang menyediakan toilet bersih

    16 April 2018, 02:18 WIB

  2. Sebuah pantai yang indah. Masih sangat alami karena lokasi yang dapat dikatakan cukup tersembunyi, perjalanan yang panjang menyusuri hutan, jalan berkelok, kurang lebih dapat ditempuh 2-3 jam dari pusat kota malang. Pantai ini berada di wilayah malang selatan. Tiket masuk perorang 10 ribu rupiah, parkir roda dua 10 ribu rupiah. Jika anda pergi berdua dengan kendaraan roda dua total retribusi masuk adalah 30 ribu rupiah. Akses jalannya masih perlu mendapat perhatian pemerintah karena masih terjal berbatu. Dari tempat parkir menuju pantai jalan kaki kurang lebih 1 km menuruni anak tangga. Banyak warung disekitar pantai, ada toilet umum bahkan ada persewaan tenda dan hammock juga. Kita bisa camping di pantai ini jika ingin. Recomend sekali untuk dikunjungi. Indonesia memang indah 😊

    6 Mei 2018, 01:50 WIB

  3. Wudau!!!…itu kata2 pertama keluar dr mulut saya setelah melihat suasana pantai sendiki..yg bhs kerennya “sendiki beach” dg ombak pantai yg cukup besar cocok utk para peselancar profesional, n utk para pecinta wisata pantai..pantai sendiki sangat bagus buat piknik sekeluarga di sana di sediakan beberapa rumah pohon dan menurut saya mungkin bagi pemerintah daerah bisa mengadakan ajang bergengsi lomba ber_selancar…pasti pantai sendiki akan ramai dlm waktu yg singkat…sebab bagi saya kriteria pantai yg ideal sudah ada di pantai sendiki utk hiburan di kala weekend..

    16 Juni 2018, 06:45 WIB

  4. Pantainya bagus banget, semuanya sangat bersih, dan terjaga dan juga teratur. Bibir pantainya lumayan luas, dengan pasir yang lembut, cocok untuk menghabiskan akhir pekan dan liburan bersama keluarga, teman, pacar dll. Banyak fasilitas umum yang bisa di manfaatkan seperti meja dan kursi di pinggir pantai, ayunan yang lumayan banyak, dan juga sangat bagus untuk menjadi spot foto bersama keluarga dll. Ada musholla kecil, toilet bersih dan banyak, warung makan, semacam cottage untuk menginap dengn harga 160 permalam, ada juga tempat camping, ada juga pos penjaga pantai. Pokoknya tempat ini sangat harus di kunjungin oleh keluarga dll.

    17 Juni 2018, 00:22 WIB

  5. Pantai sendiki lumyan bagus.ada ayunannya da rumh” an dri kyu.tpi syang ombaknya seram..jdi klo kepengen mainan air cuma d pinggir aja.parkirannya lunyan luas tpi jln yg menuju pantainya …bikin kaki kram

    21 Juni 2018, 10:00 WIB

  6. Pertama kali ke pantai malang milihnya ke pantai sendiri. medannya memang agak ngga enak kalo mau masuk ke pantainya, cuman bener-bener bagus banget pantainya. Masih alami disana, cuman ga bisa berenang karna ombaknya cukup ganas ya. Ada juga penginapan mini bentuknya kayak rumah pohon gitu itu juga disewain harganya terjangkau. Bisa ngecamp juga karna waktu kesana banyak yang ngecamp. Spot foto juga banyak sih, kayak ayunan2 gitu. Harga tiket masuknya Rp 10.000 / orang. Harga parkirnya kalo buat mobil Rp 20.000, kalo motor kurang tau lg sih ya. Tapi kalo kesana better naik motor sih.

    27 Juni 2018, 04:19 WIB

  7. Saya baru pertama kali ini ke pantai selatan di Malang. Dan Pantai Sendiki benar2 memuaskan dahaga saya akan pantai yang bagus! Pantainya cukup luas & panjang. Bersih. Pasirnya halus & putih. Ombaknya cukup besar. Sayangnya waktu saya datang cuaca sedang mendung dan sempat gerimis.. Untuk kesini jalannya lumayan jauh ya dari malang kota dan cukup menantang. Sayangnya sekitar 2 km an dari pantainya. Jalannya sempit dan jelek. Tapi di tengah2 hanya sekitar beberapa ratus meter ada jalan yg sudah semacam dibeton. Semoga akan diteruskan dari ujung ke ujung jadi bisa memudahkan akses.. Untuk masuk ke pantai ada karcis masuk tapi saya lupa berapa. Masih terjangkau & tidak mahal kok. Untuk parkir juga ada biaya lagi dan wajar. Dari tempat parkir ke pantai kita harus jalan kaki dan jalannya sudah bagus. Hanya saja medannya menanjak kemudian turun dan lumayan bikin capek. Hahaha. O iya sepanjang jalan dari parkiran menuju pantai banyak orang jualan makanan & minuman dengan harga terjangkau. Saran saya beli di tempat yg memajang harga saja.. O iya di pantai Sendiki kita bisa camping & ada semacam penginapan sederhana berupa rumah kayu di pohon. Untuk harga sewanya sekitar 200an per malam kalau saya tidak salah ingat. Di pantai ini juga banyak ayunan. Cukup menyenangkan bermain ayunan sambil menikmati pantai. Untuk toilet juga ada. Dan ada air tawarnya. Toilet cukup bersih.. Overall pantai ini sangat saya rekomendasikan. Harapan saya semoga akses jalan kesini jadi lebih bagus & layak agar mempermudah wisatawan berkunjung.

    18 Juli 2018, 21:19 WIB

  8. Lokasinya dari malang silahkan ikuti saja jalan ke arah pantai sendang biru. Setelah masuk desa Siti Arjo, nanti anda akan kembali naik dan masuk ke hutan. Di tengah hutan, anda akan pertigaan dengan gapura dan tanda yang menunjukkan Pantai Sendiki belok kiri. Ikuti tanda, karena jalan sudah sangat jelas.. Pantai yang sangat nyaman dan indah karena masih asri dan bersih. Kamar mandipun tersedia dalam jumlah cukup. Ombak di sini sangat besar dan berbahaya. DILARANG MANDI DI LAUT.. Nilai jual pantai ini adalah keindahan pantai dan suasanya. Banyak pepohonan jadi adem. Pasirnya putih, anginnya sepoi-sepoi, suara ombak yang keras dan adanya ayunan menjadi tempat yang enak dalam menghabiskan waktu.. Tersedia pula tenda dan rumah pohon untuk menginap. Jadi tidak perlu repot-repot membawa tenda sendiri. Membawa tenda sendiri akan dikenakan biaya pendirian tenda sekitar 20 – 30 ribu (saya lupa). Sedangkan menyewa tenda sekitar 60 ribu untuk ukuran 2 orang dan 80 ribu untuk 4 orang. Biaya masuk 10 ribu per orang dan biaya parkir motor 10 ribu per motor.

    4 September 2018, 03:56 WIB

  9. Kalau cari pantai yang bersih dg nuansa alami, datanglah ke sendiki. Nikmati senja yang romantis, dengan banyak spot ayunan tanpa perlu antri. Ada bayak ayunan di sepanjang pinggiran pantai. Ada mushola dan kamar mandi. Penataan taman juga cantik, ada rumah pohon yg bisa di sewa dg kisran harga 150k sd 200k. Tiket masuk 10k, parkir motor 10k, menginap di kanakan biaya 20k. Jangan kaget, dari lokasi parkir masi harus berjalan sekitak 200m, jalan agak menanjak, pastikan fisik cukup kuat bual berjalan. Rasa lelahnya terbayar dengan pemandangan yang indah dan romantis. Pastikan kendaraan dalam keadaan yang baik untuk menempuh perjalan.

    17 September 2018, 04:33 WIB

  10. Pantai dg pemandangan bagus,perjalanan yg indah, pasir paling putih dan lembut spt pasir kinetik anak saya layak utk anak2 keluarga ato dg teman2😁 utk yg mau rombongan naek bus tlp pihak pengelola wisata dahulu krn cm muat utk berpapasan mobil saja

    1 Oktober 2018, 18:57 WIB

  11. Meskipun asli arema asli (baca : arek malang) untuk pertama kalinya saya main main ke pantai sendiki. Lokasinya di daerah Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan Malang. First impression is ‘Capek Sekali’ karena jarak dari parkiran menuju pantainya lumayan jauh dan jalannya cukup menguras tenaga karena waktu kami datang uda agak siang jd panas bgt, tp ga usah khawatir di sepanjang kanan kiri jalan menuju pantai kalian akan ketemu barbagai macam warung lengkap dg toilet yg menjual snack, soft drink atau makanan berat . View pantai sendiki worth it sekali, selain kalian akan dimanjakan dengan pasir yg lembut sekali, di sana juga tersedia ayunan yang so instagramable dan beberapa rumah pohon yang siap dijadikan spot2 keren pengisi feed instagram kalian.. Lalu buat kalian yg datang ke pantai sendiki ga usah khawatir ga bawa alas duduk, di sana di sediakan tikar beserta tendanya yg kalian bisa sewa (tp aku lupa list harganya). . . Thankyou for reading and happy weekend

    4 Oktober 2018, 05:51 WIB

  12. Pantainya indah dan ombaknya besar, terbayarkan sudah lelahnya untuk bisa sampai di pantai sendiki. Untuk menuju lokasi jalannya belum diaspal semua,alias masih berbatu (sebagian). Dari parkiran masih harus jalan , dan di kanan kiri jalan banyak warung. Tersedia musholla, toilet juga di sekitar pantai cuman kurang maksimal perawatan nya alias kurang bersih. Kalo mau yang agak bersih di toiletnya warung-warung sebelum ke pantai. Di pantai sendiki ini bisa digunakan untuk camping bersama teman-teman ataupun keluarga. Ada rumah pohon juga yang disewakan. Jangan lupa bawa perlengkapan seperti sunblock , kacamata dan topi… panas-panas nya pantai kan tetap menyenangkan. Recommended lah pantainya.

    24 Oktober 2018, 02:00 WIB

  13. Puas sekali ketika ketemu sajian pantai yang mempesona bisa meskipun sepanjang perjalanan penuh kekwatiran karena jalan yang masih setapak hanya cukup dilalui 1 mobil jika dua mobil berlawanan arah harus gantian dulu…jika musim hujan rawan selip dan bagi lansia harus dipastikan kondisi sehat kuat agar bisa naik turun gunung karena untuk menuju pantai jalan kaki naik turun .. kebersihan lingkungan dari sampah sepatutnya harus dijaga agar alam laut tidak tercemar

    13 November 2018, 07:20 WIB

  14. Biaya masuk 10k per orang, biaya per sepeda motor 10k juga. Termasuk sangat bersih untuk kategori pantai yang ‘terkenal’, banyak spot yang bisa dibuat untuk berfoto. Tapi di Sendiki dilarang berenang/mandi di laut karena ombaknya cukup besar. Banyak warung makan di sepanjang jalan menuju pantai, jangan khawatir kelaparan. Dan selamat liburannn!!!

    24 November 2018, 05:17 WIB

  15. Jalan sudah mulai diperbaiki. Lumayan. Coba tanya hatimu sekali lagi. Sebelum engkau benar-benar pergi. Masih kah ada aku di dalamnya?. Karena hatiku masih menyimpanmu. Kisah kita memang baru sebentar. Namun kesan terukir sangat indah. Ku memang bukan manusia sempurna. Tapi tak pernah berhenti mencoba. Membuatmu tersenyum. Walau tak pernah berbalas. Bahagiamu juga bahagiaku. Saat kau terlalu rapuh. Pundak siapa yang tersandar?. Tangan siapa yang tak melepas?. Ku yakin aku. Bahkan saat kau memilih. Untuk meninggalkan aku. Tak pernah lelah menanti. Karena ku yakin kau akan kembali. Ada engkau dalam setiap doaku. Sungguh aku rindu berbagi tawa. Kini kita tidak lagi menyapa. Biarlah hanya dari kejauhan. Melihatmu tersenyum. Walau tak pernah berbalas. Bahagiamu. Juga bahagiaku. Saat kau terlalu rapuh. Pundak siapa yang tersandar?. Tangan siapa yang tak melepas?. Ku yakin aku. Bahkan saat kau memilih. Untuk meninggalkan aku. Tak pernah lelah menanti. Meskipun engkau. Tak akan kembali. Huuu. Huuuyeeee. Masih berharaaaaap. Karena kuyakin. Kau akan kembali

    2 Desember 2018, 22:06 WIB

  16. Pantainya bersih, cantik, jalan menuju pantai dari malang kota sekitar 1,5 jam. Penjaga parkiran dan penjaga pantai baik banget, HP yang tertinggal di motor diamankan dan dikembalikan ke pemiliknya. Untuk weekday menu makanan di warung kurang lengkap jadi cuma ada mie instan. Menu makanan yang lengkap hanya ada di weekend. Tapi keuntungan terserndiri datang ke pantai saat weekday bisa main-main dan foto di pantai, ayunan dan tempat duduk sepuasnya

    5 Desember 2018, 05:25 WIB

  17. Jalur dari jalan utama yang agak terjal sedikit membuat pikiran “waduh, ban kuat gak ya?” Karena kondisi saat itu pas abis hujan dan tanah batu yang becek keliatan lumayan licin.. Perlu skill nyetir motor yang lihai kalo mau lewat medan ini. Tapi sejauh saya lewat jalurnya, view kanan-kiri jalan menyejukkan mata banget.. Sreeett.. nyampe deh di loket karcis. 10.000 aja kok, berhubung pas itu rombongan saya ada 8 orang, dapet diskon. 50.000 aja buat berdelapan. Mayan kan?. Parkir motor 10.000 juga. insha’Allah aman. Kalo mobil mungkin 2x lipatnya. . Abis parkir langsung nanjak, jalan kaki naik bukit untuk menuju ke pantainya. Nggak nyampe 10 menitan lah. Ati² ya, anak tangganya agak licin.. Sampe deh di pantai. Lumayan bersih, soalnya menurut saya ini pantai masih belum banyak turis yang kemari. Ombaknya besar tapi ga pake banget. Jangan mandi di pantai ya. Ada tulisan “No Swimming” takut keseret ombak. Ini pantai selatan Jawa soalnya.. . NB: Siapin makanan kucing ya kalo sempet. Banyak kucing² yg laper di sini. Kasian ngeong² terus.😁. . Abis main di pantai, capek, makan, mandi. Toilet & kamar mandinya 2000 per orang. Siapin duit receh yang banyak kalo kalian beser.. . That’s it 😘

    16 Desember 2018, 20:13 WIB

  18. Pantainya cantik, ada rumah pohon, toilet, musholla, pagupon, ayunan, spot foto yg ciamik. Tapi hati2, ombak disini cukup besar(sudah ada peringatan pula). Cmn medan untuk mnju ke lokasi awal2nya kayak ngelewati sebuah persawahan. Aku kira kesasar😅. . Dan jalannya banyak bebatuannya.. Klo hujan rawan licin. Biaya masuk dihitung 10rb/org & 10rb/motor. Klo mobil kurang pham aku tuh. . . Untuk mnju ke pantainya hrs jalan lagi sekitar 200M. Tersedia toilet: kencing 2rb, gnti bju & cuci kaki 2rb, mandi 3rb, pup 3rb.. . Klo untuk berkemah saya msh kurang fham apakah ada biaya khusus…?

    24 Desember 2018, 08:02 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sendiki

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *