Pantai Tamban

Alamat: Kp. Pantai, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176, Indonesia

(4.3/5) Baca ulasan

Dianugerahi keindahan alam, Indonesia cukup terkenal sebagai tujuan wisata dunia. Mulai dari wisata gunung, bawah laut hingga Wisata Pantai. Memang Wisata Pantai yang paling terkenal di Indonesia terletak di Bali dan Lombok. Namun, ada tempat lain yang juga memiliki Pantai dengan potensi wisata dunia. Salah satunya ialah Pantai Tamban. Pantai yang satu ini merupakan salah satu Pantai yang diunggulkan oleh penduduk dan pemerintah Kabupaten Malang Provinsi Jawa TImur. Keindahan Pantai ini tidak hanya dapat dinikmati oleh wisatawan domestik tapi juga bisa dinikmati oleh wisatawan luar negeri.

Harga Tiket Masuk di Pantai Tamban

Rata-rata setiap Objek Wisata tentu memiliki tiket untuk masuk dan menikmati keindahan Objek Wisata itu. Begitu juga dengan Pantai Tamban. Untuk masuk ke kawasan Pantai, wisatawan harus membayar tiket seharga Rp 6.000, tidak mahal bukan? Harga ini cukup terjangkau untuk dapat menikmati keindahan Pantai yang satu ini. Selain itu, harga tiket itu tentunya digunakan untuk meningkatkan fasilitas yang ada untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut seperti musholla untuk wisatawan yang beragama Islam, kedai dan warung untuk membeli makanan dan minuman ringan, kamar mandi untuk membilas air laut dan pasir Pantai, dan tentunya lahan parkir.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tamban

Pantai Tamban terletak di Malang Selatan berdekatan dengan samudra Indonesia. Tepatnya Pantai ini terletak di Dusun Tambakrejo di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Kira-kira,Pantai Tamban berjarak 65 kilometer kalau dari pusat kota Malang. Jarak ini bisa ditempuh dalam 2 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor dan 3 jam dengan menggunakan mobil. Akses menuju Pantai Tamban terbilang memadai. Kalau kamu berasal dari luar kota Malang, banyak maskapai penerbangan dengan tiket promo yang menuju ke Malang lalu kamu bisa menggunakan transportasi darat untuk sampai ke tujuan. Ada dua rute yang bisa digunakan untuk pergi ke Pantai tamban. Yang pertama, dari kota Malang ke Pakishaji lalu ke Kepanjen terus ke Gondang, Legi, Turen, Sumbermanjing Wetan dan sampai di Tambakrejo lokasi Pantai Tamban. Untuk jalur kedua, kamu bisa pergi ke Bululawang dari kota Malang, lalu baru ke Turen, Sumbermanjing Wetan dan sampai di Tambakrejo tempat Pantai Tamban berada.

Obyek Wisata di Pantai Tamban

Pantai Tamban tidak hanya menawarkan pesona keindahan alamnya. Selain berkeliling Pantai, ada beberapa kegiatan yang juga dapat membuat pikiran menjadi lebih segar setelah sibuk melakukan aktivitas sehari-hari.

1. Memancing

Untuk kamu yang hobi memancing, wisata Pantai Tamban menyediakan tempat memancing yang seru. Kamu bisa memancing bersama nelayan lokal dan membawa pulang hasil tangkapanmu.

2. Perahu wisata

Kamu juga bisa menikmati pemandangan di tengah laut dengan menaiki perahu wisata yang disewakan oleh para nelayan setempat. Perahu ini bisa menampung paling banyak 12 orang penumpang. Biasanya, perahu ini nanti akan membawa para wisatawan ke beberapa lokasi menarik. Lokasi tersebut meliputi pesisir pulau Sempu yang berjarak sekitar 30 menit dari Pantai Tamban, tempat memancing, hingga ke muara sungai. Untuk naik perahu ini wisatawan harus membayar tarif seharga Rp15000 dan Rp20000 untuk wisatawan yang ingin ke pulau Sempu.

3. Mempelajarai sejarah Pantai Tamban

Pantai Tamban memiliki sejarah yang unik. Dalam bahasa jawa “Tamban” berarti obat atau disebut juga tombo. Dahulu kala, ada tiga kiyai yang menggunakan air Pantai ini untuk obat. Mereka adalah kiyai Ngastowo, Kyai Yaser, dan Kyai Mangun. Ketiga kiyai itu jatuh sakit ketika setelah kehausan membabat hutan. Ketika itu air yang ada hanyalah air sungai yang kotor. Walaupun pahit, mereka tetap meminumnya. Setelah itu mereka kehabisan pilihan hingga akhirnya memilih untuk meminum air laut yang asin. Ternyata air laut yang berada di Pantai Tamban itu memiliki rasa yang tawar dan berbeda dari air laut kebanyakan. Seketika mereka pun menjadi sehat seperti semula. Itulah asal-usul nama Pantai Tamban.

4. Bermalam di penginapan kayu yang unik

Jika mencari penginapan sekelas hotel, lokasinya berada cukup jauh dari kawasan Pantai. Tapi tenang saja karena di kawasan Pantai Tamban juga terdapat penginapan kayu yang menawarkan beragam tipe kamar. Yang pertama ada kamar untuk 2 orang yang cukup elegan, lalu ada kamar seperti asrama yang bisa menampung 6-10 orang per kamar, lalu ada rumah kayu yang bisa menampung 150 orang untuk satu rumah.

5. Homestay di rumah penduduk

Lalu ada pilihan lain berupa rumah homestay. Wisatawan dapat menginap di rumah-rumah penduduk dan tentunya dengan biaya yang lebih murah. Tentunya homestay di rumah penduduk ini memberikan pengalaman yang sangat berharga.

Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi dan menikmati keindahan beserta fasilitas menarik kawasan Pantai Tamban? Pantai ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama orang yang kamu sayangi, lho. Ayo mulai rencanakan tanggal yang pas untuk pergi liburan bersama keluarga dan teman ke kawasan Pantai Tamban, dijamin bakalan tidak menyesal. Selamat berlibur!

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Tamban

  1. Selalu jadi favorit saya untuk makan ikan bakar disini .. enak banget, dan muraah sangaat .. pokoknya d’best daripada harus makan di sendang biru .. lebih enak di pantai tamban ..

    14 April 2018, 23:09 WIB

  2. Masih tergolong sepi pengunjung, tempatnya sejuj, ombaknya besar, bagus babget buat lihat sunset. Tapi sayangnya banyak anjing berkeliaran, buat yang takut anjing kayak aku jadinya bakal kelabakan. Ada warung – warung penjual seafood juga. Harganya masuk akal lah

    16 April 2018, 20:42 WIB

  3. Mayan.. Air lautnya kotor tapi pemandangannya cukup bagus terlebih pada daerah dekat muaranya..

    22 Mei 2018, 06:09 WIB

  4. Viewnya cakep. Buat piknik murah meriah. Msh sepi pengunjung. Ada beberapa kapal nelayan yg sdg sandar.

    23 Mei 2018, 19:16 WIB

  5. Tempat para nelayan mencari ikan. Tp sayang pasirnya kotor karena ada anjing takut ada pupnya hhe

    17 Juni 2018, 11:32 WIB

  6. Jalannya sudah mulus, makanannya enak enak deket sama pantai, ombaknya gede bgt, hati hati kalo berenang, bukan pasir putih jadi kalo buat foto memang kurang bagus, tapi overall pantainya bersih cocok buat liburan keluarga

    26 Juni 2018, 00:49 WIB

  7. Pantai ini lebih enak kuliner ikan bakarnya sih… Murah murah… 😜😜😜. . Jadi makan ikan bakar sambil menikmati pemandangan pantai dan perahu layar.. . . Tenang rasanya 😀😀😀

    7 Juli 2018, 21:31 WIB

  8. # sebenarnya pantai nya bagus..namun kurang bersih dan kurang inovasi seperti pantai2 yang lain.. #banyak anjing nya.. Tapi tenang, anjingnya buaaaik , ga galak dan ga gigit.. Saran saya sih, klo kalian pecinta hewan , bawain makanan kucing wiskhas dong.. Kasian mereka nurut2 dan doyan dikasih makan.. #harga tiket masuk 10k per orang tanpa biaya parkir.

    8 Juli 2018, 02:45 WIB

  9. Pantainya luas sekali, pasirnya halus lembut dan bewarna gelap, karangnya sedikit, bagus banget untuk foto, di pojok pantai ada sungai yang airnya jernih, fasilitas kamar mandi bersih, area parkir cukup luas, tempat sholat ada, harga tiket murah meriah… Recommended banget ini pantai 🤩🤩🤩

    16 Juli 2018, 16:15 WIB

  10. Pantai yang indah dengan garis pantai panjang. Terdapat tempat duduk dari bambu dan mengarah langsung ke pantai yang membuat kita nyaman untuk berlama-lama disini. Ada juga warung khas pantai yang menyediakan masakan ikan bakar dan minuman segar es degan yang siap menyambit para pengunjung pantai. Ada juga bakso khas jawa timur yang enak dan murah. Sepanjang pantai juga tersedia penjual ikan segar yang ramah dan harganya murah meriah. Luar biasa…

    12 Agustus 2018, 01:41 WIB

  11. Pantai yg bersih… murah…pengunjung kena karcis 10 RB per orang…parkir 15 RB bebas…hidangan istimewa ikan bakar ala cak Herman… murah bersih..bervitamin..hegienis..ikan baru dari tangkapan dijamin bebas formalin…Monggo dicoba

    11 September 2018, 02:47 WIB

  12. Berhubung ikut kesini pas lomba bupati cup 9 april 17 kmren,jadi kurg menikmati.. smpe sna subuh langsung pulang. Pingin balik lagi kesini, kendala nya 1 paket “waktu & uang” hahaha. Waktu 🕰 ada, uang 💰 gak ada . Uang 💰 ada ,waktu 🕑 gak ada .repot kan haha . Semoga kita selalu di beri kesehatan & rezeky yg byk, biar bisa menikmati suasana sekitar. Aaaamiiin

    14 September 2018, 06:34 WIB

  13. Di pantai Tambak cocok buat beli ikan, karena banyak tempat pelelangan ikan. Ikannya juga segar karena baru datang dari laut. View pantainya lumayan bagus.

    25 September 2018, 20:41 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Tamban

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *