Pantai Wedi Putih

Alamat: Balearjo, Purwodadi, Tirto Yudo, Malang, Jawa Timur 65182, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Sudahkah Anda merencanakan liburan akhir pekan? Wah, harus segera direncanakan ya! Jika Anda bingung maka referensi yang paling tepat adalah pantai. Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang asyik, cocok untuk wisata pribadi maupun keluarga. Jika Anda berada di wilayah Malang Jawa Timur, cobalah untuk pergi ke Pantai Wedi Putih.

Wedi dalam Bahasa Jawa artinya pasir, Putih adalah warna putih. Jadi, arti nama pantai ini adalah pantai pasir putih. Objek wisata ini bisa memikat siapapun yang mengunjunginya. Ingin membuktikan dan tertarik ingin pergi ke sana? Baca kisah ini selanjutnya ya!

Harga Tiket Masuk di Pantai Wedi Putih

Siapkan uang sebesar Rp 5.000,00 per orang untuk bisa masuk ke pantai ini. Retribusi parkir kendaraan bermotor juga Rp 5.000,00. Untuk parkir mobilnya Rp 10.000,00 terkadang harga berubah – ubah tergantung tingkat keramaian wisata. Lokasi parkirnya juga tidak berada di pantai ini, namun di pantai Wedi Awu. Sebab, untuk mencapai Wedi Putih harus berjalan kaki terlebih dahulu dari pantai tersebut.

Rute Menuju Lokasi Pantai Wedi Putih

Terletak di Balearjo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Dari pusat kota jaraknya hanya sekitar 75 km. Rute paling enak adalah langsung menuju ke arah Terminal Gadang, setelah itu menuju ke Bululawang. Kemudian pergi ke arah Kecamatan Turen. Ambil jalan ke Daerah Dampit hingga menuju Kecamatan Tirtoyudo.

Jika Anda telah sampai, carilah petunjuk jalan yang menuju ke Pantai Wedi Awu. Pertama, carilah tanda menuju ke Lenggoksono dan ke Pantai Sepelot. Jika sudah mencapai daerah tersebut, lurus saja dan pergilah ke Pantai Wedi Awu. Dari situ Anda akan sampai ke Pantai Wedi Putih. Jalanan menuju pantai ini lumayan sulit dan menantang, jadi pakaialah kendaraan yang kondisinya benar – benar bagus.

Dari Wedi Awu Anda harus berjalan melewati bukit. Akan tetapi, jika tidak bersedia, maka Anda bisa menaiki perahu. Biaya sewanya Rp 40.000,00. Akan tetapi para wisatawan lebih sering memilih untuk berjalan kaki saja. Tentunya ini akan lebih menantang dan mengasyikkan. Terutama untuk Anda yang berjiwa muda dan semangatnya masih bergelora.

Obyek Wisata di Pantai Wedi Putih

Beberapa objek wisata dan aktvitas yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Snorkeling

Suka dengan biota laut yang berwarna warni tetapi takut kedalaman dan tidak berani melakukan diving? Anda bisa snorkeling disini. Karena kealamian dan kebersihan pantai yang masih terjaga, dengan mudah Anda bisa menemukan ikan kecil, aneka biota, dan bahkan bintang laut. Gelombangnya yang tidak besar bisa membuat Anda lebih santai berlama – lama berada di air tentunya.

2. Fotografi

Sudah wajib ya hukumnya untuk berfoto – foto dimanapun Anda berwisata. Nah, banyak spot menarik yang bisa dijadikan latar foto di pantai ini. Bisa di bibir pantai, dekat karang, di antara bebatuan, semak – semak, bahkan jika Anda membawa kamera under water, sambil snorkeling bisa sekaligus berfoto  dengan ikan – ikan cantik. Unggah di media sosial, dan Anda akan menjadi semakin hits!

3. Camping

Jika Anda adalah seorang pecinta alam yang gemar melakukan camping di alam terbuka, silakan saja untuk mendirikan tenda di Pantai Wedi Putih. Hanya saja karena pantai ini belum begitu terjamah, pasti akan terasa sepi sekali. Jadi, siapkan juga nyali Anda ya, di malam hari. Bawalah tenda dari rumah karena Anda akan kesulitan menemukan persewaan tenda di sekitar daerah tersebut.

4. Bukit Karang

Di sekitar pantai terdapat banyak bukit karang yang mempesona. Kenapa? Tentunya karena masih alami dan belum banyak dijamah manusia. Naiklah ke bukit tersebut, lalu nikmati panorama landscape ala pantai Wedi Putih. Di satu sisi Anda akan melihat birunya air laut sejauh mata memandang, di sisi lain Anda akan melihat pemandangan perbukitan dan alam bebas yang menentramkan. Apalagi melihat gradasi airnya.

5. Piknik Ala Private Beach

Karena masih sangat sepi, Anda bisa merasakan sensasi private beach. Dengan leluasa Anda bisa melakukan apapun, asalkan jangan mengotori dengan sampah dan merusak keindahan pantai ya! Untuk menikmati piknik, Anda bisa membentangkan tikar atau kain, lalu tata semua keperluan di atasnya seperti snack dan minuman. Berbincanglah dengan kawan atau kerabat sambil menikmati alam Wedi Putih.

6. Berjemur dan Bermain Pasir

Untuk berjemur di pantai, tak perlu harus ke Kuta Bali. Di sini Anda juga bisa! Malahan privasi lebih terjaga, jadi aman. Tinggal mengusap sunblock dan merebahkan badan saja sambil menantang terik. Sudah ala – ala seperti turis asing bukan? Jangan lupa untuk terus eksis dengan mengabadikan gambar saat berjemur. Pastinya ini anti mainstream dan bisa membuat teman – teman Anda iri!

Bermain pasir juga tak kalah seru. Anda bawa saja peralatan main pasir anak – anak dari rumah. Pasir putihnya yang sangat lembut pasti akan memberikan kesenangan tersendiri. Sentuhannya di tangan bisa membuat lebih rileks lho!

7. Mandi Sepuasnya

Karena pantai ini begitu tenang, Anda boleh mandi. Bermain air sampai kedalaman batas dada orang dewasa juga masih aman. Asalkan tetap waspada dan hati – hati ya! Jangan melebihi batas tersebut.

Wah sangat menarik bukan? Untuk Anda yang menyukai hal menantang, pantai ini sangat cocok. Untuk Anda yang menyukai ketentraman, lebih cocok lagi. Jadi tunggu apa lagi? Nikmati akhir pekan Anda di Pantai Wedi Putih dan siapkan perbekalannya!

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Wedi Putih

  1. rute menujunya gmna ya?. kmrn saya mau kesana malah tersesat lewat hutan”? Mohon dijelaskan

    20 Desember 2017, 18:46 WIB

  2. Asyyik.. Masih asri bnget dan Penuh tantangan bisa cpai dua jalur jlur laut dg menggunakan kapal nelayan sekitar tau dg jalan kaki yg penuh adrenalin..

    19 Januari 2018, 09:51 WIB

  3. bukan tempat liburan keluarga. tempat untuk para petualang yang mencari ketenangan. 🙂

    10 Februari 2018, 21:55 WIB

  4. Jalannya susah dan untuk ukuran pantai itu sangat kecil dan viewnya biasa aja. Cukup menguras banyak tenaga kalau kesana

    29 Agustus 2018, 20:00 WIB

  5. Bagus view nya

    7 Oktober 2018, 08:46 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Wedi Putih

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *