Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna, Malang, Jawa Timur

Jl. Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur

16 Ulasan

Indonesia memiliki beragam Wisata yang layak untuk dikunjungi, mulai dari Wisata Budaya, Wisata Kuliner, hingga Wisata alam. Salah satu wisata alam yang terkenal di Indonesia adalah Wisata Pantai. Mungkin Pantai yang terkenal di Indonesia terletak di Bali atau Lombok. Tapi siapa sangka kalau di Pulau Jawa juga terdapat daerah dengan potensi Wisata Pantai yang sangat besar, yaitu Malang.

Karena berdekatan dengan Pesisir Selatan Pulau Jawa, Malang memiliki berbagai macam Pantai. Contohnya Pantai Tiga Warna yang cukup terkenal. Dibuka pada tahun 2014, Pantai Tiga Warna sudah mulai menjadi Wisata terkenal dan favorit para Wisatawan.

Pantai Tiga Warna Malang

Ini tidak lepas dari keunikan Pantai ini. Sesuai dengan namanya, Pantai Tiga Warna memiliki 3 warna air yang berbeda sesuai dengan kedalamannya. Pantai ini memilki 3 warna yaitu warna merah, hijau dan Biru.

Cukup menarik, bukan? Untuk informasi selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna sudah dikelola dengan baik dan anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu jika ingin masuk dan menikmati keindahan alamnya. Tidak perlu mahal-mahal, anda hanya perlu membayar sebesar Rp 10000 saja untuk satu orang. Untuk biaya guide, anda harus membayar sebesar Rp 100.000 per 10 orang untuk 34 jam. Jadi kalau datang sendirian, anda akan dimasukkan ke kelompok lain.

Nah, uniknya lagi, para wisatawan yang datang dibatasi jumlahnya. Jika kuota wisatawannya sudah penuh, otomatis anda harus menunggu hingga kelompok yang sudah ada di lokasi kembali terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan Pantai. Jadi kebayang dong betapa bersihnya Pantai yang satu ini.

Sedikit tips, disarankan untuk membawa bekal sendiri karena tidak ada warung di Pantai ini. Lalu jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan karena anda akan dikenakan denda.

Rute Menuju Lokasi Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna berlokasi di Desa Tambak Rejo, tepatnya di wilayah konservasi Sendangbiru, Kabupaten Malang Jawa Timur. Untuk masuk ke kawasan Pantai ini harus seizin Clungup Mangrove Coservation, karena Pantai ini terletak di dalam wilayah konservasi. Anda bisa melakukan reservasi terlebih dahulu ke pihak pengelola atau petugas konservasi dengan menghubungi  0812-3333-9889.

Untuk menuju ke Pantai Tiga Warna, anda harus melalui rute ke Pantai Goa Cina. Rute ini merupakan rute yang paling sering digunakan wisatawan. Dari kota Malang, ambil jalan ke arah Gadang, lalu ke Turen. Kemudian ikuti jalan yang menuju ke Pantai Sendang Biru. Setelah kira-kira 2 jam, anda akan melihat persimpangan ke dua Pantai, Goa Cina dan Sendang Biru.

Ambil jalan ke Pantai Goa Cina, kemudian ikuti jalan yang lurus hingga 2 kilometer sampai di sebuah persimpangan. Kemudian belok kiri ke Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. Nantinya anda akan memasuki perkampungan Warna dan di sini ambillah jalan ke Clungup Mangrove Conservation, sebelum bank BRI.

Jadi untuk sampai ke Pantai Tiga Warna, patokannya adalah anda harus lewat Pantai Clungup dan Clungup Mangrove Conservation. Nah, di daerah Clungup Mangrove Conservation ini anda sudah bisa melihat pintu masuk ke kawasan Pantai Tiga Warna. Dari daerah konservasi ini, jalannya agak sempit yang hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Mobil harus diparkir terlebih dahulu di tempat parkir 1 kilometer sebelum Manrove Conservation dan anda akan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Hal Menarik di Pantai Tiga Warna

Ada banyak objek wisata yang seru di Pantai Tiga Warna ini, berikut di antaranya:

1. Pantai yang indah dan asri

Seperti yang disebutkan di atas, untuk masuk saja ada kuota jumlah pengunjungnya. Sudah bisa dipastikan kalau Pantai ini sangat terjaga kebersihannya. Di Pantai ini anda bisa menikmati pasir yang putih dengan air laut jernih yang memiliki Tiga warna berbeda. Anda bisa bermain di air yang indah ini di bibir Pantainya.

2. Berenang

Di Pantai ini para pengunjung bisa berenang. Bahkan anda juga bisa melakukan snorkeling. Jika tidak membawa alat snorkeling, anda bisa menyewanya dengan harga Rp.15.000 per orang. Selama snorkeling, anda akan menikmati pemandangan bawah laut dengan terumbu karang yang indah lengkap dengan biota lautnya. Tapi tentu yang lebih uniknya lagi adalah menyaksikan Tiga warna berbeda air lautnya. Bahkan dengan mata telanjang sekalipun perbedaan warna air ini terlihat jelas.

3. Berkemah

Karena harus melakukan reservasi terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke sini, tentu sangat disayangkan kalau tidak bermalam di Pantai ini. Para pengunjung diperbolehkan mendirikan tenda di Pantai Tiga Warna. Jika lupa membawa tenda pribadimu, anda bisa menyewanya di lokasi dengan harga Rp.25.000 permalam dan menambah Rp.25.000 lagi untuk sewa lahan.

4. Trekking

Seperti yang disebutkan tadi, anda akan dikenakan biaya Rp.100.000 untuk menyewa guide. Nah guide ini nanti berguna untuk menuntun anda penjelajahi kawasan Pantai Tiga Warna dan juga kawasan konservasi hutan mangrove.

5. Ubur-ubur

Nah, di Pantai ini juga terdapat ubur-ubur yang berkeliaran. Jangan lupa mengabadikan biota laut yang satu ini dengan kamera tahan airmu dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena ubur-ubur bisa menyengat.

Itulah ulasan tentang Pantai Tiga Warna yang ada di Malang Jawa Timur. Ingat, anda harus melakukan reservasi terlebih dahulu karena jumlah pengunjung yang dibatasi. Selalu jaga kebersihan Pantai dan selamat jalan-jalan!

16 Ulasan untuk Pantai Tiga Warna, Malang, Jawa Timur

  1. Perjalanan ke pantai ini dari pusat kota malang sekitar 150 km lebih jauh. Kamu cukup mengikuti penunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang > Kecamatan Turen > Kecamatan Sumber Manjing Wetan > Pantai Sendang Biru.. . Nanti akan ada petunjuk arah sesampai nya di pertigaan Pantai Sendang Biru, setelah itu ikuti petunjuk yang Clungup Mangrove Conservation. Penunjuk itu merupakan arah ke Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai 3 Warna.. . Jika menggunakan sepeda motor bisa masuk hingga pintu utama pantai clungup untuk kendaraan roda empat harus parkir di depan gang dan berjalan kaki sekitar 1 km hingga ke pos tiket (pusat informasi).. . Dari pos tiket masuk melanjutkan perjalanan melewati jalan tanah sempit 2 km, naik turun dan pastinya licin saat musim hujan. Hutan mangrove menjadi pemandangan indah sekaligus sebagai pertanda kalok kamu udah sampai di Pantai Clungup.. . Dari Pantai Clungup kemudian menuju Pantai Gatra ke arah kiri dengan melewati tegalan kurang lebih 3 km. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju bukit di sebelah kiri Pantai Gatra, kita akan bertemu dengan Pantai 3 Warna. Perpaduan warna air laut yang biru, hijau putihnya pasir pantai menjadi alasan atas penamaan dari pantai ini.

  2. Jangan lupa reservasi terlebih dahulu sebelum datang ke 3 warna. Dari tempat parkir, kita perlu berjalan sekitar 30menit menuju pos CMC (bisa naik ojek dengan harga 5.000/ orang), kemudian berjalan 30menit bersama guide menuju pantai 3 warna. Waktu menikmati pantai dibatasi hanya 2 jam untuk tiap rombongan, jadi manfaatkan waktu dengan baik untuk menikmati pantai, berfoto dan snorkeling. Selain ke 3 warna, kita juga bisa sekalian ke pantai clungup dan gatra yang ada di area CMC juga

  3. Pengalaman rame2 kesini, lbh asik bermalam dl d pantai gatra, br esoknya ke pantai 3 warna.. jgn lewatkan buat snorkeling dsni ya.. Dan reservasi dl karena dibatasi jumlah pengunjung setiap harinya 😊

  4. Pantai yang kereeeen… Dengan suasana yang masih alami dan sangat sejuk. Untuk bisa mengunjungi pantai ini, kita harus reservasi terlebih dulu untuk bisa mendapat jadwal kunjungan. Karena sangat dibatasi jumlah pengunjung dipantai ini. Ada pengecekan barang bawaan yg berpotensi menjadi sampah, baik masuk maupun keluar harus sama. Seru….

  5. Pantai Tiga Warna….. salah satu pantai yang masih terawat kealamianya dan dilindungi sekali. Karena ini merupakan kawasan pantai conservasi. Pengunjung yang masuk pun dibatasi sekali setiap harinya. Kalau kita mau berkunjung ke pantai ini, kita harus reservasi terlebih dahulu, supaya kita dapat jadwal untuk bisa mengunjungi pantai tiga warna ini.

  6. Kami datang berdua menggunakan sepeda motor, jalan menuju pos pendaftaran,.. jalan menuju kesana sangat buruk, salah-salah ban motor bisa robek kalau tidak hati-hati,setelah sampai pengunjung diminta untuk membayar retribusi sebesar Rp10. 000/orang dan ongkos jasa guide yg mengantar ke pantai (padahal bisa Sendiri ke pantai kok….) SEBESAR Rp.100 ribu.. benar..SERATUS RIBU ..DAN WAJIB.. (Ngenes kalau ngak bawa uang cukup..motoran dari Malang, 2,5 jam.. jalan berliku..terus hanya bisa sampai gerbang masuk to’..). Blom di dalam.. kanoan bayar lagi..main aer pake masker bayar lagi, tendaan juga… . Kami ngak jadi masuk sebab petugas menjelaskan kalau lautnya sedang sangat surut sehingga tidak terlalu bagus untuk dikunjungi sangat tidak dikomendasi yang kesana tanpa menelepon pengelola sebab bisa saja kondisinya sedang tidak baik keadaan pantainya. . saran bila mau melihat pantai, lebih baik naik perahu, sewa satu perahu Rp100. 000 dari pelabuhan tempat pelelangan ikan, berarti anda berhemat Rp100. 000 untuk membayar biaya jasa guide dan berhemat Rp10. 000 untuk membayar retribusi.

  7. Pantaiinya keren, tpi sblun kesini harus booking dlu tiket..harga tiket 10 rb plus harus dan wajib bawa guide tiap ronbongan, 1 guide 100rb..kayaknya guide disini ga berguna deh, cuma jalan dan kita suruh ngikutin..tros ga ada ngmong apa2 lagi, cerita awalnya jadi wilayah konservasi ato kelebihan ini pantai kan bisaa..diem doang perasaan ini guide, ga profesional sama sekali

  8. Pantai yang bersih, indah, pasir yg putih kadang terlihat pink..air laut yg berwarna biru muda dan biru tua..pantai yg tidak terlalu ramai..serasa pantai sendiri… Sayang kurang fasilitas bilas, dan kamar ganti yg layak

  9. Pantai Tiga Warna, Malang Selatan.. Pantai yang eksotis.. Pantai ini selalu di jaga kelestariannya.. baik lingkungan, pantainya maupun yang terpenting dari sampah yang di bawa oleh pengunjung.. ada denda yang dikenakan kepada para pengunjung, yang ketahuan dengan sengaja membuang sampah sembarangan di tempat ini.. Pantai 3 warna, masih satu kawasan dengan pantai sendang biru.. Bagi yang mau ke pantai ini, di haruskan untuk melakukan reservasi dahulu.. beberapa minggu sebelumnya.. karena ada kuota harian yang bisa masuk ke pantai 3 warna.

  10. Pantainya sangat keren!!!. Kalau mau ke sini butuh perjuangan loh, kita harus jalan kaki dari post pertama ke post kedua sekitar 5 menit, di post kedua mulai bayar biaya masuk Rp.10.000/orang. Akan di data tu berapa jumlah makanan atau barang bawaan kita yang berpotensi menjadi sampah. Saran saya jangan sampai buang sampah sembarangan, soalnya nanti di cek ulang setelah kita balik dan menuju post pertama, apa bila ada yang kurang kita akan di denda Rp.100.000 per item sampah nya. Setelah itu nanti alan di tanya mau berkunjung ke mana aja? Kalau mau ke pantai tiga warna wajib menyewa tour guide buat ngarahkan perjalanan ke pantai tiga warna. Tour guide nya di bayar Rp.100.000/tim. Kita hanya di berikan 2 jam saja untuk menikmati pantai tiga warna ini, jadi pastikan plan kalian sesuai agar bisa puas menikmati pemandangan dan bisa liat terumbu karang dan ikan di laut nya, di sana di sediakan alat untuk snorkling, kita tidak boleh juga berenang tanpa menggunakan alat bantu. Setelah itu kita akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 15-20 menit ke pantai Gatra, di sana juga ga kalah pemandangan pantainya, di sini bebas untuk melakukan aktivitas tanpa di batasi waktu, kalau mau bikin tenda juga bisa, bisa bermalam di pantai ini kalau mau. Dari pantai Gatra di butuhkan waktu 5-10 menit ke pantai tiga warna, di sana warna lautnya ada 3 warna beneran, pemandangannya juga kece lah,, jadi saat cape di jalan di bayarkan dengan pemandangan pantai yang indah, selamat mencoba berkunjung di pantai tiga warna.

  11. Pantai yg indah. Salut dengan upaya pemeliharaan biota bawah laut. Sampah bener2 dicek seperti ulasan2 di atas. Ada fasilitas sewa alat snorkeling. Ikan2nya beraneka ragam dan warna… Semoga upaya menjaga kebersihan pantai dan biota laut ditiru pengelola pantai yg lain

  12. Ini pantainya adem bagus walaupun tidak terlalu panjang, perjalanan ke sana butuh perjuangan karena berangkat dr batu malang,banyak homestay juga kalau mau nginep pagi2 bisa lgsg ke CMC ( nah di sini bisa ke 3 pantai dlm 1 kali perjalanan ). . Biaya masuk bawa mobil parkir 15ribu, lalu naik ojek ke sampai pos 1 biayanya 5ribu. Kalau bawa motor bisa lgsg sampai ke pos 1.. . Dari pos 1 ke pos 2 kita nanti jalan kaki ngelewatin bukit2 sampai ke pos 2, di pos 2 kita bayar tiket masuk HTM 10rb perorang (bisa ke pantai clungup dan pantai gatra) kalau tujuan ke pantai 3 warna tambahan biaya tour guide 100ribu untuk 2 jam main di pantai 3 warna.. . Di pos 2 juga nanti barang2 kalian yg berpotensi sampah di cek dan di kasih list jadi pada saat pulang akan di cek ulang kalau sampah tidak sesuai cek list kalian harus balik lagi ke pantai ambil sampah kalian atau kalian bayar per item sampah 100ribu.. . Dann lanjut setelah dari pos 2 tujuan kita ke pantai 3 warna dari pos 2 kita jalan melewati perbuktian dan hutan mangrove kalau sudah sampai tengah tinggal jalan sedikit sudah sampai ke pantai clungup hehhee kalau pagi smp sore kering tuh pantai,jadi bisa buat lari2an deh oia perjalanan dr pos 2 ke pantai clungup 5 menit, ke pantai gatra 10 menit dan sama kalau tujuan ke pantai gatra pagi smp jam 2an tuh pantainya karang semua masuk jam 3 ke bawah baru bagus pemandangannya .. Dari pantai gatra ke pantai 3 warna jalan lagi 20 menit perjalanan agak menanjak, di pantai gatra sudah menunggu tour guidenya untuk mandu jalan dan kasih informasi tentang hutan mangrove dan di pantai 3 warna kita hanya dikasih waktu 2 jam disana , bisa nge dive tapi bayar peralatannya 20ribu.. . Kalau masih mau berlama lama atau nambah durasinya bisa ngomomg ke pemandunya,, per 1 jamnya dikenakan biaya 50rb. Untuk makanan ada warung indomie dan es dawet serta minuman lain. Oia kalian ga boleh bilas pakai sabun ya kalau di pantai 3 warna,kalau mau bersih bilas lagi di pantai gatra atau di tempat parkir mobil.. . Informasi tambahan mau ngecamp juga bisa di pantai Gatra.

  13. Pantai yang indah. Walaupun jalan menuju ke sana butuh tenaga dan waktu yang lumayan. Dari parkiran mobil masih harus berjalan lagi sekitar 3 kilometer. Melewati beberapa pantai juga sebelum sampai ke pantai 3 warna. Namun memang terbayar saat melihat keindahan pantainya. Sayang waktu saya ke sana ombak lumayan besar, jadi tidak bisa snorkling . Saat ombak tenang sebenarnya bisa sekalian snorkling. Untuk info juga, kalau saat masuk, akan didata botol minum dan kantong plastik yang kita bawa karena nanti saat di keluar di pos yang sama, botol dan kantong plastik harus dibawa kembali untuk dikumpulkan dan dibuang di pos masuk – Beautiful beach. But to go there you have to do some fisic and time effort. From car parking park, you have to walk about 3 kilometers. Pass away some beach before reach Tiga Warna beach. But it will pay soon as you see the beautiful beach. Unfortunatelly, when I was there, the wave is little big, so I can’t go to snorkling, when the wave is little calm is something that I would do. For your info too, when you entering post in, they will notes your botlle and plastic bag. And you have to give your plastic waste to them when you exit from that post in again.

  14. Medan perjalanan cukup menantang untuk ke pantai 3 warna… saat sudah sampai ikuti palang petunjuk yg tertera tulisan “pantai 3 warna cmc” lalu saat sudah di parkiran ada pilihan naik ojek atau jalan kaki. saat jalan kaki kalian akan disuguhi pemandangan yg bagus apalagi disaat pagi hari dengan udara yang masih fresh setelah itu ada pos untuk memeriksa dan mendata barang barang yg berpotensi menjadi sampah seperti rokok dan bungkus rokok, sabun sachet, kresek dan Snack karena saat kembali pulang data harus persis saat berangkat jika tidak harus mencari dan mengambil kembali, hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan keindahan di dalam pantai memang benar di pantai bersih dan tidak ada sampah sedikit pun dari perspektif saya. biaya masuk 10k dan wajib menggunakan tour guide, 1 tour guide maksimal beranggotakan 10 orng. Di Pantai hanya diberikan durasi 2 jam saja. Di Pantai ada sewa celana boxer dan alat snorkeling ada banyak keindahan yg terletak di pantai mulai dari pemandangan, ombak yg tengah, banyak dan berbagai macam ikan dan juga terumbu karang yg benar-benar sangat bagus….wow. saat perjalanan pulang kalian akan melewati pantai gatra yg tidak kalah bagus dan ada warung untuk istirahat usahakan membeli ya bagi bagi rezeki. oh iya ada yg perlu kalian ketahui usahakan klo musim liburan atau hari libur BOOKING terlebih dahulu ya….

  15. Pantai yg eksotis, masih alami dan “Sangat Bersih”. Bisa berenang dan snorkling. Tersedia alat snorkle dgn tarif 20rb. Biota lautnya banyak, batu karang dan ikan warna warni bikin betah. Benar2 pantai 3 warna yaitu pink, hijau dan coklat. Disarankan bawa roti untuk ngasih makan ikan pas snorkling. YANG MENCOLOK, Tidak ada sampah di sekitarnya karena pantai ini merupakan kawasan yg dilindungi jadi dikelola dgn sangat baik. Sangat recomended bagi para pecinta alam khususnya wisata pantai yg “Berbeda” dari pantai lainnya. Sebelum ke pantai kita akan disuguhkan dengan aturan2 yg “mewajibkan” kita menjaga lingkungan. Jadi semua bahan plastik yg dibawa akan dihitung untuk menghindari buang sampah sembarang. Perjalanan kesana perlu perjuangan karena Tracking terlebih dahulu selama 25 menit menikmati hutan pantai dan mangrove serta ditemani tour guide yg ramah dan profesional.. Info Parkir mobil 15rb, ojek 5rb/org (opsional), tiket masuk 10rb/org, tour guide 100rb/10 org.. . Wajib dicoba dan rasakan sensasinya. Disarankan datang pagi2.

  16. Recommended place. Cantik banget beneran, pantainya serasa pantai pribadi. Tidak perlu khawatir merasa terganggu dengan banyaknya orang yang akan ada di pantai, karena pantai ini memiliki sistem pengelolaan tersendiri. Jadi hanya sekitar 200 orang perhari yang dapat berkunjung di pantai ini. Dengan setiap 10 orang akan didampingi oleh guide dari pengurus wilayah konservasi ini. Tiap rombongan pengunjung akan diberi waktu 2 jam untuk menikmati keindahan pantai. Bayangin 2 jam snorkeling udah pasti capek dong. Ketemu nemo dan kawan-kawannya. Buat yang merasa 2 jam terlalu sebentar jangan khawatir, di sebelum pantai ini kalian akan mampir dulu ke pantai gatra, bisa mendirikan tenda kok bagi yang ingin camping. Dan tidak kalah cantik juga pastinya.. Jalan menuju pantai juga asri banget, banyak pohon pohon bakau dan perkebunan bakau. Jalan kaki dari pantai gatra ke pantai ini jadi tidak berasa capek

Berikan Ulasan