Pantai Wedi Klopo

Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Kabupaten Malang memiliki jajaran pantai yang mengagumkan dan patut untuk dikunjungi. Baik untuk traveling sendiri maupun bersama teman – teman. Keindahannya sungguh bisa membuat siapa saja merasa takjub. Ingin membuktikan sendiri? Cobalah untuk pergi ke salah satu pantainya, misalnya yaitu Pantai Wedi Klopo. Bentuk pantai ini seperti teluk. Jadi air lautnya menjorok ke darat.

Wedi dalam Bahasa Jawa artinya pasir, Klopo adalah kelapa. Dahulunya saat pertama ditemukan, sekitar daerah ini memang penuh dengan pohon kelapa. Sampai saat ini pengunjungnya masih belum ramai. Bukan lantaran tempatnya yang kurang bagus tetapi karena promosinya masih kurang. Tidak sepopuler tempat wisata seperti Jatim Park dan perkebunan apel Malang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Wedi Klopo

Untuk sekali kunjungan, per orang akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- saja. Jika ingin bermalam alias camping akan dikenai biaya Rp 10.000,- Parkir motor Rp 3.000,- sampai Rp 5.000,- untuk parkir mobil, biaya retribusinya Rp 15.000,-. Sedangkan jika Anda datang bersama rombongan menggunakan bus, maka tarif parkirnya Rp 25.000,- per armada. Harga yang cukup murah, bukan?

Rute Menuju Lokasi Pantai Wedi Klopo

Kawasan pantai ini terletak di Hutan Gajahrejo Gedangan Malang, Provinsi Jawa Timur. Inilah rute terbaik yang bisa Anda lewati untuk bisa mencapai pantai ini. Dari pusat kota, Anda langsung saja menuju Bululawang. Setelah itu, pergi ke arah daerah Turen. Teruskan perjalanan menuju Sumbermanjing Wetan. Selanjutnya, pergi ke Sitiarjo dan Sendangbiru. Dari situ lurus saja sampai menemukan pantai ini.

Wedi Klopo berada satu daerah dengan pantai lain seperti Pantai Ngopet, Pantai Watu Lepek, Pantai Batu Bengkung, dan lain – lain. Jadi supaya bisa menikmati banyak pantai, Anda bisa pergi dengan sekali jalan saja. Pemandangan dari satu pantai ke pantai yang lain berbeda – beda, masing – masing memiliki keunikan tersendiri. Jadi, jangan lewatkan ya!

Obyek Wisata di Pantai Wedi Klopo

Apa saja ya, keasyikan Pantai Wedi Klopo? Beberapa hal menarik dan objek wisata pantai ini antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mandi di Teluk

Karena di dekatnya terdapat karang dan bentuknya menyerupai teluk Anda bisa mandi di pantai ini. Sebab, kondisi geografis wilayahnya menyebabkan besarnya gelombang laut khas pantai selatan tidak begitu kentara. Ombaknya cukup tenang. Akan tetapi, Anda tetap wajib waspada dan jangan mandi terlalu jauh. Kira – kira dengan maksimal jarak tiga meter dari bibir pantai sudah cukup.

2. Sunset

Sudah bukan sebuah rahasia lagi kalau pantai ini adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati tenggelamnya matahari atau sunset. Langit yang mulai gelap dengan semburat warna jingganya tak elak membuat siapa saja menjadi terpesona. Senja Anda akan terasa lebih lengkap di pantai ini jika menikmatinya bersama orang terdekat. Pasti akan syahdu sekali ya!

3. Pasir Pantai Putih Nan Lembut

Pantai ini semakin terasa lengkap dengan hamparan pasir putihnya. Meski tidak seluas pantai lain yang memiliki garis tepi yang panjang namun bentuknya yang melengkung memberikan keelokan tersendiri. Duduk di atas pasir sambil berjemur dan menikmati pemandangan bisa membuat hati menjadi lebih damai. Terlebih saat kaki berada di dekat permukaan air, buih air laut akan memberi sensasi dingin dan segar.

4. Piknik Ala Pantai

Bisa jadi, Pantai Wedi Klopo akan lebih terasa pas untuk berpiknik. Membawa perlengkapan sendiri berupa tikar, aneka jajanan, dan minuman pasti akan menjadi perlengkapan sempurna. Atau bisa juga, dari rumah Anda persiapkan alat bakar sederhana. Selanjutnya, di sore hari pasanglah set alat tersebut dan gunakan untuk membakar jagung. Wah, kapan lagi bisa makan jagung bakar di tepi Wedi Klopo?

5. Swafoto

Keindahan dan keelokan pantai ini wajib untuk diabadikan dalam gambar. Ambil kamera atau ponsel Anda, dan berfotolah sepuas hati. Ada banyak latar cantik yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto yang epik. Misalnya batuan karang, pasir pantai, air laut, pemandangan sekitar, pohon nyiur yang melambai dan lain – lain. Berfoto dengan mode panorama, sangat direkomendasikan. Untuk prewedding pun juga bisa!

6. Bermalam dengan Kemah

Untuk bisa melakukan beragam aktivitas dari pagi sampai pagi kembali, Anda disarankan untuk berkemah. Namun, bawalah perlengkapan sendiri ya. Sebagai informasi, Pantai Wedi Klopo masih minim fasilitas. Tidak ada penginapan maupun persewaan tanda camping. Warung makan pun juga belum ada, jadi silakan membawa bekal extra.

Di malam hari Anda bisa melakukan pesta barbeque dengan para sahabat. Atau menyeduh mie instant cup bersama sembari bercengkrama. Setelah itu, berbaring di pasir pantai yang dingin sambil memandangi langit pasti akan menambah keakraban dan terasa menyenangkan.

7. Naik Bukit

Tak jauh dari pantai, terdapat gundukan bukit kecil. Dari atas situ, Anda bisa menyaksikan keagungan Tuhan yang tiada tara dari Pantai Wedi Klopo ini. Untuk melihat sunset atau sunrise pun bisa. Untuk berfoto pun pasti oke punya!

8. Wisata Kuliner

Perlu Anda ketahui bahwa pada jarak kurang lebih 1 – 2 km dari Pantai Wedi Klopo terdapat Warung Lesehan dan beberapa rumah makan kecil. Jadi untuk Anda yang ingin mencicipi makanan khas tempat ini pun bisa. Atau, bungkus dan bawa saja makanan ke pantai. Selanjutnya, nikmati hidangan tersebut di tepi pantai. Jangan lupa tetap jaga kebersihan ya!

Itulah beberapa hal dan spot menarik di salah satu pantai paling bersih di Malang ini. Kata saja tak cukup untuk menggambarkan keelokannya, jadi untuk membuktikan silakan segera datang dan saksikan sendiri bagaimana indahnya pantai Wedi Klopo ini.

6 Ulasan dari Pengunjung Pantai Wedi Klopo

  1. Pantai dengan hamparan pasir putih yang bersih… Terdapat beberapa gazebo untuk duduk santai sambil menikmati keindahannya…. Disini kita bs main2 air tp klo musim penghujan jangan ya… Soalnya ombak disini bisa tinggi banget klo lg hujan…. Disepanjang pantai kita masih bisa lihat ikan2 kecil berenang kesana kemari… Fasilitas disini lengkap.. Dr musholla,,toilet,,rumah makan,,penginapan dll.. Kita juga bs nge_cam disini…. HTM 10rb.. Parkir mobil 15rb Bus 25rb… Itu kita udh bisa ke pantai yg lain,,ky batu bengkung dan opet.. Murah kaaann??..

    21 November 2017, 11:28 WIB

  2. Pantai yang bisa dibilang masih sepi karena sebagian besar lebih ke pantai sebelah (batu bengkung). Pasirnya putih, lembut. Ada gazebo di pinggir pantai. Toilet, musholla, warung, penginapan sudah tersedia (Listrik baru ada pas malam). Bayarnya include batu bengkung

    19 Desember 2017, 21:58 WIB

  3. Pantainya kecil tp ombaknya ganas.

    8 September 2018, 19:19 WIB

  4. Pantai Wedi Klopo Satu Kawasan Dengan Pantai Batu Bengkung Dan Pantai Ngopet .Jadi Cukup Bayar 1 Tiket Masuk Sudah Bisa Menikmati 3 Pantai Sekaligus . Pantai ini Recomended buat yang suka berendam di ombak tipis” saat surut.Karena pantai sebelahnya yaitu Pantai Batu Bengkung sangat rame jadi mending mampir sejenak di pantai wedi klopo ini.Buat Camping Pun Juga Sepi .Jadi Bisa Privasi hehehe .Saran Aja Kalo Camp Biasanya Di Suruh Ninggal Ktp Di Pos Masuk .. Semoga Bermanfaat 😉

    5 Desember 2018, 03:22 WIB

  5. Kalau kita masuk ke pantai batu bengkung pasti melewati pantai ini, dan tiketnya menjadi satu dengan pantai Batu bengkung

    18 Desember 2018, 20:24 WIB

  6. Pantainya masih biru! Bagus bgt tp arusnya lebih kenceng

    18 April 2019, 03:35 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Wedi Klopo

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *