Pantai Watu Lepek

Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia

(5/5) Baca ulasan

Malang merupakan salah satu destinasi wisata yang saat ini sedang hits. Pada awal mulanya, kota ini terkenal karena merupakan salah satu penghasil buah apel yang khas dan berbeda dari daerah lain. Seiring berjalannya waktu, objek wisata pun bertambah. Ada Jatim Park, Batu Secret Zoo, dan lain sebagainya. Tahukah Anda jika ternyata kota ini menyimpan persona alam yang tiada tara?

Yap! Benar sekali masih ada Gunung Bromo dan Pantai. Nah untuk bagian pantai ini sangat menarik untuk diulik. Hal ini dikarenakan sebagian besar pantai di Malang masih sepi, asri, bersih, dan bahkan masih ada yang terbilang perawan saking jarangnya tersentuh tangan manusia. Salah satunya adalah Pantai Watu Lepek.

Harga Tiket Masuk di Pantai Watu Lepek

Harga tiket masuk pantai ini murah meriah. Cukup Rp 5.000,- saja. Selain itu, jika membawa kendaraan pribadi Anda harus membayar retribusi parkir sebesar Rp 5.000,- Saking tersembunyi dan masih sepi, pantai ini tidak memiliki lahan parkir sendiri, sehingga Anda harus menitipkan motor di Pantai Bengkung.

Rute Menuju Lokasi Pantai Watu Lepek

Beralamatkan di Hutan Gajahrejo Gedangan Malang Jawa Timur, tepat di tepi Samudera Hindia. Cara terbaik untuk mencapai daerah tersebut adalah dengan membawa kendaraan pribadi. Ada dua macam rute yang bisa Anda lewati untuk bisa sampai ke surga dunia tersembunyi ini.

Mengawali perjalanan dari pusat Kabupaten Malang, silakan Anda menuju ke Turen. Setelah itu, pergilah ke arah selatan ke daerah Sumbermanjing Wetan. Ikuti jalan yang mengarahkan Anda ke pantai Sendang Biru. Begitu sampai pertigaan berpapan arah, pilihlah jalan menuju Bajulmati (Pantai Goa Cina). Kemudian lurus ke arah barat sekitar 3km untuk bisa sampai di Pantai Watu Lepek.

Ada lagi pilihan rute kedua. Dari pusat kota, Anda langsung saja menuju ke Kepanjen. Lalu, lanjutkan perjalanan ke arah Pagak. Atau bisa juga dari pusat kota Anda menuju Gondanglegi lalu pergilah ke arah Bantur. Dari situ, Anda bisa langsung mengikuti arah menuju Pantai Balekambang. Jika Anda sudah mencapai perempatan, pilih jalan ke kiri dan lurus sampai Pantai Bengkung.

Setelah sampai Pantai Bengkung, Anda harus berjalan kaki untuk mencapai Pantai Watu Lepek. Butuh sedikit lagi perjuangan karena memang kawasan pantai ini terletak di balik bukit.

Obyek Wisata di Pantai Watu Lepek

Beberapa aktivitas serta spot menarik pantai ini antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Batu Karang

Di salah satu sisi pantai ini terdapat bebatuan karang yang lumayan luas. Panjangnya sekitar 20 meter dan lebarnya kurang lebih 6 meter. Karang inilah yang juga menjadi bagian dari asal mula nama Watu Lepek. Karena bentuknya yang mirip seperti batu tapi di kejauhan terkesan seperti lepek (piring kecil alas gelas).

2. Trekking Area

Untuk bisa mencapai area pantai ini, Anda harus berjalan dari pantai sebelumnya. Nah sepanjang jalan Anda menuju Watu Lepek, area trekking bukan merupakan jalanan halus. Banyak bebatuan dan jalanan terjal yang menantang jiwa serta adrenalin. Jika masih belum puas, melakukan penejelajahan di sekitar pantai pun akan terasa menyenangkan.

3. Camping

Uji ketahanan fisik Anda dengan bermalam di pantai ini. Selain jauh dari perkampungan, Anda akan benar – benar merasakan menyatu dengan alam. Lengkap dengan latar hutan, perbukitan, dan air laut. Tidak satupun elemen alam yang kurang. Terlebih, kegiatan camping disini masih jarang, jadi kemungkinan Anda untuk mendirikan tenda sendirian lebih besar.

4. Bermain Pasir

Pantai Watu Lepek memiliki pasir putih halus dan lembut. Meskipun garis pantai tidak panjang tetapi sangat asyik untuk memanjakan diri sambil berjemur menantang matahari. Jika Anda ingin berguling – guling pun juga bisa. Ingin sekedar memanfaatkan pasir untuk relaksasi pun, sangat direkomendasikan.

5. Fotografi

View yang begitu mempesona dari pantai ini akan mengingatkan kepada Anda tentang salah satu pantai di Lombok, yakni pantai pink. Bentuk wilayah dan keadaan sekitarnya terlihat mirip. Hanya warna pasirnya saja yang berbeda. Jadi, bagi Anda yang menyukai selfie dan hobi berburu foto maka Pantai Watu Lepek bisa menjadi rekomendasi anti mainstream terbaik.

6. Bermain Air

Meskipun ombaknya tinggi, dan cenderung tidak tenang, namun jika Anda masih tetap bersikukuh untuk menyeburkan diri di air masih bisa, Asal Anda harus memperhatikan dan membuat kira – kira jarak aman. Paling tidak sampai tiga meter dari bibir pantai.

7. Memancing

Dengan menaiki batu karang lepek, Anda bisa sambil mengacungkan kail ke laut dan memancing. Kail dan segala macam perlengkapannya bawa sendiri dari rumah ya!

Itulah tujuh spot dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Watu Lepek. Segera agendakan untuk mencoba menjelajahinya ya! Jika takut sendiri, bawalah sahabat petualangan Anda.

2 Ulasan dari Pengunjung Pantai Watu Lepek

  1. WATU LEPEK, PANTAI CANTIK DIBALIK BUKIT. –. Laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini memang membentang luas sepanjang kawasan pantai di Malang Selatan, berjajar indah barisan nama-nama pantai yang mengisi destinasi wisata pantai Malang Selatan. Salah satunya adalah yang tersembunyi dibalik bukit kawasan sekitar Pantai Batu Bengkung.. . Dinamakan Watu Lepek karena di pantai ini terdapat sebuah batu karang besar yang berbentuk pipih. Batu karang ini memiliki panjang sekitar 20 meter dengan lebar kira-kira 6 meter. Masyarakat lokal di sana melihat bentuk batu ini mirip lepek, yakni piring kecil yang biasanya digunakan untuk minum kopi. Dari situlah kemudian pantai ini dinamakan Pantai Watu Lepek.. . Pantai ini sendiri merupakan tetangga dari Pantai Batu Bengkung. Untuk bisa sampai ke pantai ini kita harus tracking selama beberapa menit melewati sebuah bukit di sebelah ujung kiri dari kawasan Batu Bengkung. Anda pertama kali akan menjumpai susunan batu-batu yang lumayan tajam sebelum mencapai pantai dibawah, maka dari itu diperlukan penggunaan sandal atau sepatu dengan grip dan tekstur yang kuat

    10 Juli 2018, 00:12 WIB

  2. Pantai yang menurutku palingggg bagussss. Walaupun harus melewati tebing karang tapi terbayarkan oleh keindaan pantainya.. . Pasir pantainya putih, dan masih jarang orang yang mau datang, soalnya medannya ygang agak susah.. . Rata2 orang2 lebih suka main di pantai bengkungnya, padahal pantai watu lepek nggak jauh dari situ

    19 Juli 2018, 01:02 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Watu Lepek

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *