Pantai Batu Bengkung

Alamat: Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Kalau kamu adalah penggemar wisata Pantai, maka Malang seharusnya masuk daftar tempat yang harus kamu kunjungi. Malang memiliki banyak sekali Pantai yang indah dan eksotis dan tidak jarang diantaranya yang masih asri karena sepi pengunjung. Salah satu Pantai di Malang yang layak kamu kunjungi adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai yang satu ini menawarkan pemandangan Pantai yang indah dengan dominasi batuan karang. Secara alami batuan karang ini berubah menjadi kolam-kolam alami yang unik dan menambah keindahan Pantai Batu Bengkung. Ketika air surut, para pengunjung bisa bermain air di kolam alami yang dikelilingi birunya air samudera Indonesia. Jika kamu tertarik untuk pergi ke Pantai Batu Bengkung, yuk simak ulasan berikut ini.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk menikmati indahnya alam Pantai Batu Bengkung. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.7.500 dan kamu sudah bisa bermain di kolam alami dari batuan karang di Pantai ini. Jika membawa kendaraan pribadi, kamu harus membayar parkir sebesar Rp.5.000 dan Rp.10.000 untuk parkir menginap. Di Pantai ini tersedia beberapa fasilitas standar yang bisa kamu pakai mulai dari musholla, toilet, kamar mandi dan warung tempat makan.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini terletak di pesisir Selatan pulau Jawa dan memiliki rute yang hampir sama dengan Pantai Bajul mati dan Pantai Goa Cina. Jika kamu datang dari kota Malang, ambillah arah ke Turen, lalu pergi ke Selatan ke arah Sumbermanjing Wetan dan terus ke arah Pantai Sendang Biru. Ketika bertemu dengan pertigaan, akan ada sebuah petunjuk arah. Belok lah ke kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajul Mati. Pantai Batu Bengkung berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Bajul Mati ke arah Barat. Selama dalam perjalanan mata akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan dengan udara yang sejuk. Jalan menuju lokasi Pantai rata-rata sudah beraspal mulus dan berkelok-kelok. Kamu juga bisa mengambil rute alternatif yang melewati jalur ke Pantai Balekambang. Dari kota Malang, pergi ke Kepanjen, lalu ke Pagak hingga Bantur. Dari Bantur, ambil jalan yang mengarah ke Pantai Balekambang hingga kamu sampai di sebuah perempatan. Untuk ke Pantai Batu Bengkung, belok kiri. Melalui rute ini, lokasi Pantai terletak sebelum Pantai Bajul Mati. Rute ini bisa dibilang lebih efektif karena jalan yang lebih bagus dan juga lebih cepat.

Objek Wisata di Pantai Batu Bengkung

Ada banyak keseruan yang bisa dilakukan di Pantai Batu Bengkung. Berikut beberapa objek wisata yang seru di Pantai Batu Bengkung.

1. Mempelajari Sejarah penamaan Pantai Batu Bengkung

Nama Batu Bengkung memiliki kaitan dengan bebatuan yang mengelilingi Pantai. Bebatuan tersebut menjadi pelindung yang kemudian membentuk kolam air yang alami. Gugusan bebatuan ini berbentuk lengkunang yang jika dilihat mirip dengan wanita yang sedang dibengkung. Dari sini lah datangnya nama Batu Bengkung. Tentu kamu harus datang sendiri untuk membuktikan kebenaran ini.

2. Bermain air di kolam alami

Seperti yang disebutkan di atas, kamu bisa bermain air di dalam kolam alami yang terbentuk dari batuan karang tersebut. Tentu sangat mengasyikkan ketika bermain air di kolam tersebut dikelilingi air laut yang biru jernih.  Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, jadi berenang tidak disarankan. Namun ada kalanya pengunjung diperbolehkan berenang tergantung kondisi angina dan ombak.

3. Menikmati panorama dari atas tebing

Di Pantai ini, salah satu kegiatan yang asyik adalah menjelajahi setiap sudut Pantai. Jika kamu berjiwa petualang, kamu bisa memanjat tebing yang memiliki kemiringan hampir 90 derajat. Di atas tebing ini kamu bisa melihat panorama Pantai dengan lebih baik lagi. Kalau kamu ragu, tenang saja karena di tebing tersebut telah disediakan tali pembantu ketika memanjat.

4. Berkemah di bukit

Jika kamu ingin berlama-lama menikmati keindahan Pantai Batu Bengkung, tidak ada salahnya untuk berkemah di sini. Ada sebuah spot yang bagus sekali untuk menikmati sunset Pantai ini. Lokasinya di sebuah bukit yang terletak di Barat Daya. Dirikanlah tenda di bukit ini untuk pengalaman liburan yang tidak terlupakan.

5. Kuliner seafood

Tentunya kurang pas jika tidak mencoba seafood ketika berlibur di Pantai. Di Pantai Batu Bengkung ini kamu bisa mencicipi aneka seafood di warung makanan yang ada di lokasi Pantai. Beberapa menu yang ada adalah ikan asam manis dan kepiting saus pedas dengan harga yang terjangkau.

Itulah ulasan Pantai tentang Batu Bengkung yang terdapat di Malang Jawa Timur. Kamu bisa menikmati pemandangan Pantai yang indah lengkap dengan kolam karang alami yang unik. Jika ingin bermalam, di sini ada tempat yang keren untuk berkemah.

16 Ulasan dari Pengunjung Pantai Batu Bengkung

  1. pantai nya bagus,masih bersih,parkir mobil,/motor uda di tata,dan luas sekali.gk perlu bayar lagi. ases jalan uda beraspal,buat foto foto/selfie kelihatan semua di pulaunyaa mantap dah. cocok buat rekomendasi buat liburan keluarga, dan jalan jalan sama teman.

    20 Juni 2018, 02:26 WIB

  2. Pantainya seperti ada laguna jadi aman kalau mau berenang, rata-rata harga tiket masuk pantai di malang 10 rb/ orang, tiket parkir motor/mobil 10 rb, agak lumayan karena bagi traveler sehari pasti akan mengeskplor lebih dari 1 pantai. Karena lokasi pantai sekitarnya ngga jauh 1-5 km, jika dibandingkan pantai-pantai di bali rata2 tidak ada tiket masuk (gratis) hehe . Di sekitar pantai juga ada beberapa tempat makan, kamar mandi dan tempat seperti pendopo

    23 Juni 2018, 20:18 WIB

  3. Saya yang dari kecil hanya terbiasa dengan Pantai Sendang Biru, Pantai Ngliyep, dan Pantai Balekambang cukup terpesona dengan keberadaan banyak pantai baru di Malang selatan, salah satunya pantai Batu Bengkung. HTM pantai ini untuk musim lebaran Rp16.000/orang, dengan tarif parkir mobil Rp10.000 dan motor Rp5.000 yang sudah mencakup beberapa pantai di kawasan Batu Bengkung.. . Ombak laut selatan yang besar tertahan karang di teluk dan menumpahkan air laut menjadi beberapa kolam dengan kedalaman maksimal tidak lebih dari 1,5 m di bibir pantai. Anak-anak bisa bermain dengan aman di kolam ini. Saat senja tiba, matahari akan terbenam dengan indah di teluk yang sudah terdapat berbagai warung dan toilet umum ini. Wajib menjadi tujuan wisata pantai di Malang.

    24 Juni 2018, 08:41 WIB

  4. Pantai batu bengkung terkenal dengan ombaknya begitu ganas dgn batuan karang yg tajam, tp jgn khawatir masih ada beberapa titik tertentu yg masih aman untuk bermain ombak dan disini jg terdapat cekungan yg membentuk kolam renang alami dgn kedalaman sampai 1,3meter. Dengan berada disini kita bisa sekaligus mengunjungi pantai watu lepek dan wedi klopo secara gratis karena masih berada di satu kawasan yg sama .. . tempat bersih dan asri masih terjaga dgn baik..

    25 Juni 2018, 10:15 WIB

  5. Akses jalannya mulus, pantainya pun mudah dijangaku dari jalan utama jalur lintas selatan. Menuju batu bekung kita akan mendapati 3 pantai dan gua angin. Sangat bagus pemandanganya saat senja dengan cuaca cerah

    26 Juni 2018, 23:53 WIB

  6. Sama Hal nya dengan pantai gua cina. Tpi saya lebih memilih keindahan pantai bengkung ini karena. Adanya batu karang yg membengkung shingga ombak pasang air laut tidak terlalu berbahaya.. Lebihnya lagi harga masih murah timbang di pantai gua cina.. Thanks.

    27 Juni 2018, 14:36 WIB

  7. welcome to pantai batu bengkung 🏖 pantai ini punya bukit yg cukup mengagumkan untuk para photo hunter..📸 karena pas di atas bukit view nya keren abissssss . . sayangnya pantai batu bengkung ini kurang cocok untuk berenang di bibir pantai soalnya terlalu banyak batu karang yg tajam tajam…dan fasilitas seprti kamar mandi.. WC masih cukup minim/sedikit,. dan untuk tempat parkirnya perlu pembenahan lagi…. moga tau depan pantai batu bengkung makin bagus. lagi dan makin rame pengunjung…😊

    28 Juni 2018, 10:53 WIB

  8. Pantai Batu Bengkung adalah pantai yang terletak di jalur lintas selatan, sama halnya dengan Pantai Bajulmati dan Pantai Goa Cina, sehingga rute perjalanannya pun sama.. Jika Anda mulai dari Kota Malang, setidaknya terdapat dua rute sebagai berikut :. Pertama : Ketika berada di Kota Malang, pembaca bisa mengambil arah ke Turen, belok ke arah selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan diteruskan ke arah Pantai Sendangbiru. Selanjutnya akan ada pertigaan, disana terdapat papan petunjuk jalan, mengambil arah ke kanan menuju Pantai Goa Cina dan Bajulmati. Jarak antara Pantai Bajulmati ke Pantai Batu Bengkung hanya sekitar 3 kilo ke arah barat. Rute ini dipenuhi jalanan berkelok-kelok karena melewati pegunungan, namun jalanan semua sudah beraspal.. . Kedua : Rute ke Pantai Bajulmati bisa juga dengan menempuh perjalanan ke Pantai Balekambang. Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur atau melalui Malang Kota – Gondanglegi – Bantur. Dari Bantur, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Pantai Balekambang hingga sampai ke perempatan. Belok kiri untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Batu Bengkung. Dari arah barat, pantai ini terletak sebelum pantai Bajulmati. Sejauh pengalaman penulis, rute kedua ini lebih ideal karena akses jalan yang lebih baik sehingga lebih cepat.. . Harga Tiket Rp 10.000/org. Parkir Rp 5.000/motor. Parkir Menginap Rp 10.000/motor. . Fasilitas Pantai Batu Bengkung. . Mushola,. Bagi sahabat muslim, tersedia mushola untuk menunaikan ibadah sholat.. . Warung Makan,. Disekitaran pantai, sudah banyak kios penjual makanan dan minuman.. . Toilet,. Kamar mandi juga banyak tersedia di pantai ini, jadi jangan khawatir, (Tarif Rp 2000).

    9 Agustus 2018, 07:10 WIB

  9. Pantai yang nyaman dan sepi pengunjung. Saya kesini piknik bawa bekal dari rumah jangan lupa bawa es batu karna panas banget sampek pantainya. Disini dilarang mandi di pantai karna ombak nya besar. Kalo mau spot foto yang bagus naik ke bukitnya saya gak sempet naik karna istri saya takut. Air ya biru bagus jernih pasirnya putih gak banyak sampah warung nya disini juga harga jualnya normal gk mahal banget. Kalo mau kesini bawa alas duduk karna gazebo nya tidak banyak.

    3 Oktober 2018, 02:34 WIB

  10. (-) Pantainya belum terkelola dengan rapih jalan menuju pantai masih kerikil, . (+) Ombak besar jadi bisa bikin foto dramatis, ada penjaga pantai meski cuma ada di beberapa spot pantai, ada 3 spot pantai dengan pasir putih dan gugusan karang

    12 Oktober 2018, 16:22 WIB

  11. Fasilitas kurang…. Seharusnya masuk ditarik sekalian parkir orang lebih nyaman. Bukan masuk bayar parkir lagi … UNTUK MOTOR 10.000,- mohon diperhatikan bagi para pengelola. Gak apa bayar agak mahal tapi tolonglah apa yg bisa dinikmati pengunjung dikasih petunjuk. Ada hotelnya kalo nginep kita gak diberi informasi…. Berapa tarif hotel dari pihak yg ditanya secara langsung beda harga setelah ditelfon…. Hufff kapan wisata Malang bisa maju kalo seperti ini.

    19 Oktober 2018, 10:45 WIB

  12. Sukaaaaak banget sama pantai ini, jalannya lumayan susah trackingnya butuh waktu 15-30 menit untuk sampai ke pantai batu lepek. . Tiket masuk 10.000 untuk tiap orang, 10.000 untuk biaya parkir motor, dan 15.000 untuk parkir sepeda. . Kalo mau traveling ke pantai ini kudu banget bawa persediaan minum atau makan yang banyak, karna klo sudah sampai tempat gak ada yang jual mkanan dan minuman, kecuali hari sabtu dan minggu. But i love it

    23 Oktober 2018, 02:09 WIB

  13. Pantai yang sangat menarik untuk di kunjungi jika lagi wisata di malang.
    Untuk enuju ke sini kalian bisa sewa motor akan lebih irit dan lebih leluasa eksplore ke manapun.
    Sewa motor malang bisa hub parapappa.com atau satugarasi.simplesite.com atau wa O8I945999245

    23 April 2019, 08:37 WIB

  14. Ombak ganas. Tp ada area yang bisa buat fto2 dan aman. Area camp. Banyak fasilitas, toilet, musholah, warung lengkap. Akses mobil, sepeda, bus mini mudah. Htm 10k /org dapat mngunjungi beeberapa deretan pntai lain

    7 Agustus 2019, 07:31 WIB

  15. Pantai yang indah pantai batu bengkung ,air pantai biru keren pokok nya gak nyesel di sini ,tempat makan tempat mandi ada di sini keren piokok nya trmpat nya wajib kesini teman teman ,ombak nya besar ,spot buat foto juga banyak

    12 Agustus 2019, 07:14 WIB

  16. Tempat yg indah…dgan spot foto yg bagus. Cocok bagi muda mudi dan keluarga yg pngen liburan dan lbih merapatkan diri dgan alam.. Makanan mueah meriah pedagang ramah. . Toilet dan mushollah ada. Bersih bnget.. Bisa ngecamp jg dan ada home stay cocok buat yg bawa kluarga. Recommended dahh….

    23 Agustus 2019, 19:06 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Batu Bengkung

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *