Pantai Bantol

Alamat: Dusun Sumberceleng, Desa, Banjarejo, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167, Indonesia

(4.2/5) Baca ulasan

Kabupaten Malang ternyata masih memiliki potensi wisata Pantai yang tersembunyi. Adalah Pantai Bantol yang terletak di Bantol Malang Selatan di pesisir Selatan Pulau Jawa. Pantai ini tidak kalah indah ari Pantai-Pantai yang ada di Malang. beberapa keistimewaan pantai ini adalah gelombang yang tenang, hutan jati dan mangrove, danau, goa, dan udang lobster yang melimpah dan itu masih belum semuanya.

Banyaknya potensi yang bisa “dijual” membuat Pantai Bantol seolah-olah adalah harta karun berisi keindahan alam yang berada di Indonesia. Hal ini membuat banyak orang yang tertarik untuk berkunjung dan melakukan berbagai aktivitas menarik seperti memancing dan berkemah. Mau tahu lebih banyak lagi tentang Pantai Bantol? Yuk simak ulasan berikut ini.

Harga Tiket Masuk di Pantai Bantol

Mungkin ketika mendengar banyaknya pesona alam yang bisa dinikmati di Pantai bantol bakalan membuat kamu berpikir kalau harga tiket masuknya akan mahal. Ternyata untuk bisa masuk ke kawasan Pantai kamu hanya perlu membeli tiket masuk seharga Rp 5.000 dan ditambah Rp 5.000 lagi untuk jasa parkir. Murah sekali bukan?

Rute Menuju Lokasi Pantai Bantol

Pantai Bantol terletak di Dusun Sumberceleng, Desa Bandarejo, di Kecamatan Donomulyo, Malang, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini berjarak sekitar 60 kilometer kalau dari pusat kota Malang. Rute yang akan ditempuh ketika pergi ke Pantai Bantol terbilang cukup mudah. Dari kota Malang, ikuti jalan besar yang menuju Pantai Nyilep. Setibanya di perempatan Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, belok kanan hingga sampai di pertigaan ke Desa Banjarejo. Dari pertigaan ini nantinya kamu akan sampai di gapura Desa Bandarejo. Dari Desa tersebut, ikuti jalan aspal menuju lokasi Pantai.

Di ujung jalan aspal nantinya akan ada jalan kerikil dan dari sini kamu akan menempuh perjalanan sepanjang 8 kilometer ke dalam hutan. Jadi, kalau belum membawa bekal, lebih baik mempersiapkannya di Desa Bandarejo karena di hutan tidak akan ada warung sama sekali. Di dalam hutan, akan ditemukan banyak pohon jati dengan jalan yang berlumpur. Beberapa bagian jalan akan memiliki lumpur yang dalam, jati harus berhati-hati. Tapi jangan takut, kamu masih bisa menggunakan mobil untuk melewati jalan ini karena jalan berlumpur ini dapat dilewati oleh truk. Lebih direkomendasikan untuk membawa kendaraan off-road atau motor non-matik.

Obyek Wisata di Pantai Bantol

1. Pantai dengan gelombang yang tenang

Setelah sampai di lokasi Pantai, segala kepenatan selama perjalanan melewati jalanan berlumpur akan hilang. Pemandangan yang indah dengan gelombang yang tenang dan pasir putih kecokelatan sangat menenangkan pikiran. Gelombang yang tenang ini tercipta berkat gugusan karang yang ada di sepanjang garis Pantai. Tentu saja kamu bisa berenang dengan santai di Pantai yang tenang ini lengkap dengan air yang jernih. Walaupun tenang, kadang gelombang di Pantai ini bisa cukup tinggi jika kamu datang pada musim pasang.

2. Hutan bakau di danau

Di sisi Pantai bagian dalam terdapat sebuah hutan mangrove atau bakau. Hutan ini menjadikan Pantai Bantol menjadi unik karena sedikit sekali Pantai di pesisir Selatan pulau Jawa yang punya hutan bakau. Hutan bakau ini terdapat di sebuah danau berair payau yang merupakan muara dari sungai-sungai kecil yang berasal dari hutan jati. Walaupun payau, air di danau hutan bakau ini sangat jernih.

3. Goa Batu Kapur

Lalu, kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan di Pantai Bantol dengan mengunjungi goa Batu Kapur. Goa ini merupakan bagian dari pegunungan gamping di Malang Selatan yang merupakan sebaran karst terbaik di seluruh pulau Jawa. Di goa yang indah ini kamu bisa menemukan banyak kekayaan geologis. Gao ini juga ramai dikungkungi para peneliti dan pencinta alam yang sekadar ingin meneliti dan berekreasi.

4. Menikmati pemandangan dari pesanggrahan

Di Pantai ini terdapat sebuah pesanggrahan yang bernama Pesanggrahan Gunung Kembar. Pesanggrahan ini berjarak sekitar 200 meter dari Pantai. Pesanggrahan yang berbentuk semi permanen ini terbuat dari semen dan tangga dati batu kapur. Terletak di atas karang yang menjorok ke laut di sisi Timur Teluk Bantol, kamu bisa menikmati pemandangan dari sini. Pesanggrahan ini merupakan salah satu spot terbaik di Pantai untuk menikmati pemandangan dari ketinggian.

5. Memancing dan menangkap lobster

Kamu bisa ikut memancing bersama para nelayan dan tentunya sumber daya ikan laut yang ada di pantai ini sangat kaya. Kalau kamu tidak terlalu suka memancing, hasil laut itu bisa kamu beli langsung dari para nelayan.

Selain itu, di sini kamu juga bisa menangkap lobster. Ada tiga jenis lobster yang tersedia, yaitu lobster kembang, macan dan warna. Harga masing-masing lobster bervariasi, mulai dari Rp80.000 hingga Rp100000 per kilogramnya. Itulah ulasan tentang Pantai Bantol yang ada di Malang. sangat rugi rasanya jika kamu sedang liburan di Malang tapi tidak menikmati harta karun yang ada di kawasan Pantai Bantol ini.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Bantol

  1. Pantainya baguusss banget… Ada muara yg harus kita lewati saat ingin mendekati bibir pantai… Kalo pingin selfie diatas perahu, bayarnya 5rb. Penjual makanan n minuman juga tersedia, tapi klo nyari es dengan belum ada… 😅😅. Sayangnya jalan menuju kesana masih makadam, harus hati² ya guys… Kamar mandi juga banyak tersedia… Tapinsayang masih banyak pengunjung yg meninggalkan sampah, sepertinya masih kurang kesadaran mereka dalam menjaga kebersihan.. 😢

    6 Mei 2018, 06:31 WIB

  2. . Mungkin baru di kelola atau blom sama sekali sama dinas pariwisata’ karna jalannya masih belum layak’ tp keindahan alam dan pantainya sangat istimewa.

    13 Mei 2018, 06:37 WIB

  3. Pantainya panjang banget, ombak agak besar ? Kalo pingin mandi dibelakang pantai aja. Ada sungai air payau, ada tali juga bisa buat main

    22 Juni 2018, 21:00 WIB

  4. Pantai bantol ini gelombang pantai nya tidak terlalu besar yang disebabkan karena terhalang sebuah teluk dan dilindungi batu karang sepanjang pantai. Pantai bantol ini aman untuk anak anak bermain air di pingir pantai, dan pemandangan pantai ini cukup bagus..

    22 Juni 2018, 21:45 WIB

  5. -+ 5km jalan belum teraspal/ rusak/berbatu. Tidak di anjurkan untuk mobil sedan. (25 juni 2018)

    26 Juni 2018, 03:34 WIB

  6. Ini merupakan objek wisata yang cukup indah & asri masih berupa hutan namun medan untuk menuju objek tersebut cukup sulit . Untuk kedepannya warga setempat sudah membuka jalan dan mengecornya , jadi memudahkan bagi wisatawan yang berkunjung . Banyak pilihan spot pantai di objek wisata tersebut , ada juga rawa yang lumayan segar jika untuk sekedar berbilas dari air laut . Pantainya sangat luas diharapkan lebih pagi agar dapat menikmatinya . Dianjurkan agar berhati” yang menggunakan mobil / minibus

    4 September 2018, 03:05 WIB

  7. Pantainya sangat bagus sayangnya jalan menuju kesana sebagian besar masih rusak & sangat jauh sekali dr jalan raya

    12 September 2018, 01:55 WIB

  8. pantainya bagus asri betah disana lama2….tapi kbetulan pas kesana toilet ada tapi tidak terawat dengan baik dan kotor mungkin karna jalur menuju kesana sangat melelahkan makanya yang bertugas untuk kebersihan jarang bersih2 wkwkwk. jangan buang sampah sembarangan ya.. kalo kesana

    19 September 2018, 03:34 WIB

  9. Pantai Yang Sangat Indah… Fasilitas lengkap… Kalau mau mandi yang seger di belakang ada sungai air tawar

    26 Desember 2018, 10:08 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Bantol

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *