Pantai Ngliyep

Alamat: Desa Kedungsalam, Donomulyo, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Apakah setiap hari Anda merasa suntuk seharian dengan pekerjaan yang begitu banyak? Perlu hiburan menarik dengan alam? Maka pantai adalah salah satu pilihan terbaiknya. Birunya air laut mampu menghilangkan stress. Disertai dengan pasirnya yang lembut akan merilekskan tubuh dan kaki Anda. Pantai juga mampu memberikan kesegaran, Anda akan siap menjalani aktivitas kembali dengan semangat.

Jika Anda tinggal berada di Kabupaten Malang Jawa Timur, maka salah satu pantai yang wajib untuk didatangi adalah Pantai Ngliyep. Pantai ini memiliki pemandangan luar biasa dan hamparan pasir putih yang lembut. Dijamin, Anda akan betah berlama – lama di pantai tersebut. Penasaran dengan lokasi serta aktivitas pantai apa saja yang bisa dilakukan di sana? Simak penjelasan berikut, ya!

Harga Tiket Masuk di Pantai Ngliyep

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, Anda cukup merogoh kocek sekitar Rp 15.000,00 untuk satu kali masuk per orang. Mengenai harga penginapan, WC Umum, dan parkir harga terpisah ya! Retribusi parkir motor dikenai Rp 5.000,00 untuk mobil Rp 10.000,00. Jam parkir maksimal seharian, untuk parkir selama lebih dari itu akan dikenai biaya tambahan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngliyep

Pasti Anda sudah bertanya – tanya bukan, bagaimana cara untuk mencapai pantai ini? Terletak di Desa Kedungsalam, Donomulyo Malang Jawa Timur, Anda pastinya harus tahu jalur mana yang mudah untuk dilewati.

Jika Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Malang, silakan Anda langsung mengambil rute ke arah Karang Kates atau Kepanjen. Setelah itu, ikuti jalan besar, lurus saja menuju daerah Pagak. Dari Pagak, ambil jalan ke Donomulyo, nanti Anda sudah akan menemukan papan penunjuk jalan yang mengarahkan Anda menuju ke Pantai Ngliyep. Ikuti saja!

Jika Anda memulai perjalanan dari kota lain seperti Sidoarjo, Surabaya, atau Pasuruan maka Anda harus menuju Kota Malang terlebih dahulu. Lalu ikuti jalan seperti petunjuk yang sudah dijelaskan di atas. Pasuruan / Surabaya / Sidoarjo – Kota Malang – Karang Kates – Pagak – Donomulyo – Pantai Ngliyep.

Perjalanan dengan mobil atau motor pribadi tetap pilihan yang direkomendasikan. Namun, jika Anda berasal dari luar provinsi atau melakukan backpacker, Anda bisa menyewa motor atau mobil dari Kota Malang. Atau, bisa juga dengan menggunakan angkutan umum. Stasiun Kepanjen – berjalan ke Jl. A.Yani – Angkutan jalur GN 1 atau jalur GN 2.

Obyek Wisata di Pantai Ngliyep

Beragam hal menarik yang bisa Anda lakukan di pantai ini antara lain adalah:

1. Jelajah Pantai

Untuk Anda yang suka dengan petualangan, Anda bisa melakukan penjelajahan dengan berjalan dari ujung ke ujung. Bahkan Anda bisa berjalan hingga Pantai Pasir Panjang yang terletak tepat di sebelahnya. Banyak yang bisa dinikmati, birunya laut, sepoi angin, hutan, pemandangan menakjubkan, dan untuk Anda yang gemar membuat video Vlog, tempat ini adalah spot yang sangat bagus dan masih anti mainstream.

2. Camping Pantai dan Menginap

Anak muda jaman sekarang suka sekali dengan aktivitas ini. Pantai Ngliyep memang sering sekali dipakai untuk acara berkemah, malam keakraban, dan sejenisnya. Di malam hari Anda disuguhi taburan bintang yang terlihat begitu jelas. Jika beruntung, saat bulan purnama Anda akan ditemani indahnya bulan yang terlihat sangat besar dan terang saat melakukan aktivitas di malam hari.

Bagi Anda yang tak suka tidur di dalam tenda, tersedia juga penginapan. Harganya bermacam – macam, kisarannya dari Rp 100.000,00 – Rp 200.000,00 per malam. Semua tergantung dengan fasilitas yang didapat.

3. Wisata Teluk

Pantai Ngliyep memiliki sebuah teluk cantik nan berbukit. Bukitnya tidak begitu tinggi, namun mampu memberikan aksen alam yang mencolok mata berkolaborasi dengan teluk yang berpasir tebal. Teluk tersebut bernama Teluk Putri. Apa yang bisa dilakukan di teluk ini? Selain menikmati kemolekkannya, Anda bisa menyepi, bersantai, dan melepas penat ditemani oleh deburan ombak yang lumayan besar.

4. Bermain Pasir

Pasir di Pantai Ngliyep ada yang lembut da nada juga yang berbutir sedikit besar. Anda yang membawa anak – anak bisa mengajak mereka untuk bermain pasir. Pasti akan asyik sekali. bawalah peralatan berupa ember kecil, skop – skopan, dan mainan anak lain yang mendukung untuk bisa bermain pasir. Anda juga bisa menulis – nulis di pasir, mengubur setengah badan sambil menantang terik, berjemur, dan lain – lain.

5. Berfoto Ria

Rasanya tidak afdol jika pergi ke pantai tanpa ada sesi foto – foto. Pantai Ngliyep sangat instagramable sekali lho! Apalagi jika didukung dengan pengambilan gambar yang profesional. Anda dapat menggunakan background laut, pasir, teluk, bibir pantai, bahkan karang bolong yang akan terlihat jelas saat air surut. Anda akan bertambah eksis tentunya. Foto ala – ala milky – way juga bisa Anda buat di malam hari.

6. Foto Prewedding

Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk menikah dalam waktu dekat. Bingung lokasi foto pre wedding bertemakan alam yang epik? Pantai Ngliyep adalah jawabannya. Dipadukan dengan kostum yang serasi dan beberapa property pasti akan membuat foto semakin menarik. Anda bisa mengambil gambar dengan pasangan bertemakan bahari, petualangan, romantisme, dan lain – lain.

7. Wisata Budaya

Tidak sekedar untuk wisata pantai saja, ternyata Anda bisa sekaligus melakukan wisata budaya. Sayangnya hanya pada hari tertentu saja. Seperti setiap tanggal 14 Rabiulawal. Di pantai tersebut selalu diadakan sebuah ritual Labuhan yang wajib dilakukan sejak zaman Mbah Atun. Beliau merupakan orang pertama penemu pantai ini. Jika beruntung Anda akan mendapatkan makanan dari acara tersebut sebagai berkat.

Selain itu, ada juga kesenian jaranan atau jathilan sebagai rangkaian acara dari Labuhan. Disertai dengan arak–arakan sesaji yang dibawa menuju ke Gunung Kombang yang letaknya tak jauh dari pantai. Anda bisa mengikuti dengan berjalan di belakangnya. Wah, menarik sekali bukan?

Itulah tujuh objek wisata menarik serta hal–hal yang dapat Anda lakukan di sekitaran Pantai Ngliyep. Tertarik untuk datang? Di hari libur atau weekend pantai ini ramai. Jadi, jika Anda ingin datang untuk menyepi, silakan datang di hari biasa. Jangan lupa tetap menjaga kebersihan pantai ya!

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ngliyep

  1. Pantai Ngliyep. . Terletak di Ds Kedungsalam, Donomulyo, Kab Malang. Membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2,5 jam untuk sampai ke pantai ini. Akses jalan kesana sudah bagus dan terawat dengan baik. Pantai Ngliyep menawarkan pemandangan pantai yang indah di setiap sisinya. . . Oiya, kalian gak hanya dapat spot pantai satu aja lho karena dalam satu lokasi kalian bisa mendapatkan langsung beberapa pantai juga. Seperti Pantai Pasir Panjang, Pantai Gunung Kumbang, Pantai Parang Dowo, dll. . . Bagi kalian yang pengen main kesini, jangan lupa tetap jaga kebersihan ya. 😊

    6 Juli 2018, 23:29 WIB

  2. Gilaaaa, bagus temen brow. Pasirnya lembut baget. Jagan lupa usahakan pagi ya berkunjung kengeliyep/pantai panjag kedua pantai itu bersebelahan. Sudah dilengkapi mck engak jorok, trs pegawainya ramah. Di ats bukit ada sedang yg rami dikunjungi orang bali. And jgn lupa pula kopinya maantap didekat pintu msk sendang. Usahakan pagi bro siiip

    18 Juli 2018, 21:21 WIB

  3. Pantai yang terletak di Malang Selatan sehingga turis yang datang dapat menikmati indahnya ombak – ombak yang berukuran cukup besar. TIDAK SEMUA DAERAH AMAN BERENANG. Tapi terdapat teluk atau laguna yang dapat digunakan sebagai tempat berenang. Disediakan penginapan namun turis juga dapat menggunakan tenda.

    22 Juli 2018, 04:45 WIB

  4. Pantainya nyaman…banyak bnget objek wisatanya…ada penghubung antar pantai..dn lewat tanjakan2 gunung..itu sama aja kek mendaki gunung…

    23 Juli 2018, 23:15 WIB

  5. Pantainya nyaman, banyak spot untuk foto ataupu berselfie ria baik bersama teman-teman maupun keluarga.. Namun tidak bisa berenang terlalu jauh ke laut katena ombaknya yang sangat-sangat tinggi dan besar.. Ada penginapan berbentuk rumah yang representatif

    9 Agustus 2018, 04:05 WIB

  6. Tempatnya sangat asyik buat keluarga maupun nongkrong sama teman2, tp hati2 kalau main di air, ombak ckup tinggi n ganas

    4 September 2018, 19:45 WIB

  7. Pantainya keren, nikmati liburan anda dan keluarga dengan tenang disini, jangan buang sampah sembarangan!. Hati2 dengan perjalanan menuju lokasi, jangan mengantuk ketika mengemudi, selalu berhati-hati, dab selamat berlibur.

    6 September 2018, 17:13 WIB

  8. Tempat dimana saya menemukan Jati Diri saya. . Ketenangan pikiran saya ada ditempat ini. . . Assalamualaikum….

    22 September 2018, 11:24 WIB

  9. Dari pintu masuk kurang menarik, jika dikonsep lebih bagus lagi, penginapan dan pnjual jika dikonsep lebih menarik. Tempat bermain anak kurang maximal, jalan menuju kelokasi kurang besar, Cocok untuk menikmati indahnya pantai….

    4 Oktober 2018, 20:35 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ngliyep

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *