Pantai Baru

43x dibaca

Pantai Baru
Nama Pantai Baru
Lokasi Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762, Indonesia
Ulasan (4.2 / 5)

Didengar dari namanya, nama Pantai Baru ini memang belum terlalu familiar di kalangan wisatawan. Bahkan pantai yang terletak di daerah Bantul, Yogyakarta ini hanya dilewati saja oleh wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Parangtritis maupun Pantai Depok. Hal ini kurangnya dari pihak setempat atau wisatawan domestic yang belum terlalu mempromosikan pantai ini hingga kurang terjamah.

Namun perlahan pantai ini mulai terdengar seiring dengan meningkatnya sosial media seperti Instagram sebagai media untuk memuat foto-foto kegiatan seseorang, sehingga tempat ini muali diserbu oleh wisatawan generasi milenial. Hingga kini di akun Instagram sudah bertebaran foto-foto wisatawan yang berkunjung ke Pantai Baru.

Pantai Baru terletak di Desa Poncosari,Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta dan resmi dibuka pada tahun 2010. Padahal kemunculan pantai ini sudah cukup lama, namun sejak 2010 lalu destinasi wisata ini mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Pantai yang berada satu deret dengan Pantai Pandansari ini lebih dikenal melalui mercusuar di dalamnya. Lokasi pantai ini berdekatan juga dengan Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru, dan Pantai Goa Cemara. Istilah ‘Pantai Baru’ yang disematkan ini mungkin juga sesuai dengan usia pantai ini yang terbilang baru dibanding pantai-pantai yang lain di Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat mengakses ke dalam kawasan Pantai Baru, pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 4.000,-  setiap orang dari pintu masuk. Biaya ini sudah dapat digunakan untuk akses ke pantai lainnya yang berdekatan dengan Pantai Baru. Pantai yang berada 30 km dari pusat Yogyakarta ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat hanya selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.

Perjalanan yang ditempuh sudah sangat lancar karena jalanan menuju ke destinasi wisata sudah mulus dan beraspal. Renovasi jalan ini tentu mempermudah para wisatawan yang hendak berkunjung dan berwisata ke tempat tersebut.

Rute

Untuk menuju Pantai Baru, Anda dapat berangkat dari pusat Yogyakarta menuju ke selatan dan mengambil ke arah Jalan Bantul. Dari Jalan Bantul menuju ke bundaran Srandakan yang menghubungkan Bantul dengan Kulonprogo, lalu ambil jalan ke kiri dan lanjutkan perjalanan ke selatan. Dari titik itu akan terlihat papan jalan yang akan menunjukkan Anda menuju ke Pantai Baru dan Pantai Kuwaru. Lalu Anda ambil petunjuk yanga mengarah ke Pantai Baru.

Dari petunjuk jalan di sepanjang perjalanan Anda sudah akan sangat membantu karena destinasi wisata ini sudah mulai dikelola dengan baik, tentunya untuk mengakses ke lokasi tersebut dapat terbilang mudah. Saat sudah tiba di pintu masuk pantai, Anda sudah akan terlihat ujung dari mercusuar yang terlihat di sela-sela tanaman cemara laut dan bakau.

Objek Wisata

Selama perjalanan menuju Pantai Baru memang sudah banyak ditemui beberapa tambak ikan dan beberapa penjual kerajinan. Tentunya sesuai dengan namanya yang ‘baru’, pantai ini bukan hanya memberikan destinasi wisata yang baru bagi para wisatawan, namun menunjukkan bahwa tempat wisata yang baru pun juga tidak kalah indah dengan tempat wisata yang sudah terkenal lainnya.

Berikut beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan Anda untuk berkunjung ke pantai yang terletak di pesisir selatan Kota Gudeg ini :

Hiburan di Area Pantai

1. Adanya hiburan di dalam pantai

ATV Pantai Bantul

Jika Anda adalah wisatawan yang beruntung, Anda akan menemui sebuah pertunjukan gratis yang dapat dinikmati di dalam area pantai. Pantai ini biasa dipilih untuk sebuah penampilan band-band atau campursari dalam rangka sebuah acara khusus. Tentunya acara yang terdapat di dalam pantai dilengkapi dengan penyanyi-penyanyi lokal.

Dengan adanya acara-acara tertentu yang diadakan di dalam area pantai, akan menambah pundi-pundi rupiah warga setempat. Warga biasanya menawarkan jasa persewaan tikar yang bisa disewa oleh pengunjung untuk digelar di sekitar area pantai sambil menikmati udara segar di bawah pohon yang rindang.

Selain persewaan tikar, disana juga terdapat persewaan All Terrain Vehicle (ATV) yang merupakan kendaraan roda empat yang biasa digunakan untuk menempuh medan-medan sulit. Untuk menikmati kendaraan ini, Anda perlu membayar sebesar Rp 30.000,- selama 15 menit saja. Persewaan ini dapat dengan mudah ditemui di kawasan pantai.

2. Sekumpulan pohon cemara udang yang digunakan untuk bersantai dan spot foto menarik

Objek Wisata Pantai Baru

Di dalam pantai ini memiliki banyak pohon cemara udang yang sudah ditanam sejak tahun 1999 lalu dengan tujuan mencegah abrasi. Tidak sedikit para wisatawan yang datang memanfaatkan pohon cemara udang untuk berfoto.

Kuliner

Bukan hanya spot foto atau kegiatan-kegiatan lain di Pantai Baru yang menjadi daya tarik pengunjung, di dalam kawasan ini juga menyediakan beberapa pilihan kuliner dengan harga yang sangat murah. Pilihan menunya beragam seperti olahan kerang, cumi, ikan cakalang dan masih banyak lagi, tentunya ikan yang digunakan masih segar karena ditangkap langsung oleh nelayan. Bahkan beberapa warung disana memiliki usaha tambak juga

Kuliner Pantai Baru

Selain olahan laut, warung di Pantai Baru juga menawarkan masakan lokal Indonesia seperti bermacam-macam tumis seperti tumis kangkung, kacang, dan tidak kelewatan es kelapa.

Pantai Baru ini masih sangat bersih, terawat, dan harga yang ditawarkan di area ini masih terbilang cukup terjangkau baik dari harga sewa fasilitas tikar hingga harga makanannya. Pantai yang masih berpasir hitam di Yogyakarta ini memiliki ombak yang cukup besar karena dari lokasi ternyata menghadap ke Samudera Hindia secara langsung. Namun hal itu bukan menjadi penghalang bagi wisatawan untuk menikmati waktu berlibur untuk berkunjung di pantai yang masih berusia kurang lebih 17 tahun ini.

Untuk mengusir kebosanan, Anda juga dapat membeli layang-layang yang berbentuk bermacam-macam salah satunya berbentuk burung, yang dapat diterbangkan di area pantai. Bukan hanya layang-layang, warga disana juga menjual balon sabon dan mainan anak lainnya yang dapat dijumpai di dalam pantai. Tentu ini bisa menjadi alternatif Anda sembari menunggu waktu makan siang atau menunggu datangnya sunset.

Saat sunset sudah dekat, Anda bisa naik ke atas mercusuar untuk menikmati matahari tenggelam di pantai selatan Yogyakarta ini agar lebih tampak indah. Untuk itu, bagi Anda yang gemar travelling dan mengelilingi pantai-pantai, Anda wajib untuk memasukkan Pantai Baru ke dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi di Kota Pelajar ini.


Manarul Hakim Hai, saya Manarul. Saya suka melihat dan menikmati keindahan alam, salah satunya yaitu pantai. Melalui Pantainesia.com saya ingin berbagi mengenai pantai menarik yang ada di Indonesia

10 ulasan untuk Pantai Baru

  1. Asal-usul penamaan Pantai Baru memang karena pergeseran kegunaan. Pada awalnya di kawasan ini terdapat Pantai Pandansimo yang memang sudah dibangun sejak lama. Letaknya yang strategis di muara progo serta menjadi ujung penghabisan Jl Srandakan – Jl Pandansimo, menjadikan pantai ini cukup dikenal dan bahkan terdapat sub terminal bus dari arah Terminal Umbulharjo atau sekarang sudah dipindah menjadi Terminal Giwangan.. . Kincir Angin Berjajar di Pantai Baru Bantul. Pandansimo sebagai obyek wisata menjadi semakin ramai dan maju dari sektor perikanan, banyak nelayan tradisional dan juga nelayan tambak yang memelihara udang.. . Karena terbatasnya area, area tambak udang yang semakin meluas menghentikan perkembangan area wisata Pandansimo yang secara berkala terdesak luasannya oleh abrasi laut selatan.. . Abrasi yang sering terjadi mendorong area wisata ke arah daratan di utara, namun karena sudah ditempati berbagai kepentingan publik seperti terminal dan wilayah tambak udang, jalan satu-satunya adalah menggeser area wisata.. . Keunikan Pantai Baru. Hampir sama dengan pantai-pantai lain di Bantul, pantai ini mempunyai hamparan pasir hitam dengan ombak khas laut selatan Samudra Hindia. Yang unik disini adalah adanya beberapa menara kincir angin. Kincir-kincir ini digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Bayu. Menjadi program skala nasional, bahkan peresmiannya oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo waktu itu.. Tempat Evakuasi Sementara Pantai Baru. Memasuki Pantai Baru terdapat Patung Harimau dan Hiu Tutul yang ikon Pantai Baru.. . Awal mula harimau dijadikan simbol pada saat salah satu keluarga keraton melakukan pertapaan, beliau ditemui oleh penampakan seekor Harimau yang sangat besar.. . Sehingga sampai sekarang terkenal dengan sebutan Pantai Pandan (pohon pandan) dan Simo (Harimau).. . Ikon Hiu Tutul karena pada tanggal 1 Agustus 2012 terdapat Hiu yang terdampar di Pantai Baru. Semenjak adanya Hiu terdampar tersebut pariwisata di Pantai Baru mulai melonjak hingga sekarang.. Satu kawasan dengan Pantai Pandansimo dan Pantai Kuwaru, serta Pantai Segoro Kidul di Dusun Cangkring. Pantai Cangkring ini masih belum dibuka sepenuhnya karena memang masih dalam tahap pengembangan. Pantai Baru di Bantul juga masih satu jajaran dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Goa Cemara.

  2. Asik lah buat liburan bareng keluarga, teman atau pasangan. Lumayan sudah tertata. Banyak penjual yang menjajakan makanan untuk bersantai, menggelar tikar dibawah pohon pohon. . Asik nikmatin sore disini, ada jasa penyewaan atv juga. . Lebih dijaga kebersihan lagi, oerbanyak tempat sampah agar mengurangi pencemaran lingkungan

  3. Pantainya bersih, banyak pohon cemara udangnya, teduh banget, enak buat nyantai sambil gelar tikar. Ada motor ATV nya jd makin seru. Pokoknya asik buat liburan bareng keluarga

  4. Untuk liburan deket deket aja ini cocok nih, . Banyak pilihan wahana permainan, menu makan ikan yang fresh dan banyak pilihan masakan, pedang pernak-pernik dan masih banyak lagi…

  5. Pantai yang nyaman sejuk dan bersih cocok buat anda liburan sekeluarga atau reuni maupun refresing kantor.. karena disini anda bisa juga mengadakan out bond karena tempatnya yang luas dan teduh.. cocok juga bagi anda kaula muda yang ingin jalan jalan bersama sang pujaan hati..

  6. Pantai dengan rumah makan dan pohon cemara di pesisir pantai.. Disini anda jg bisa menyewa ATV.. Bagus bwat surving.. Tp jgan mandi di sini.. Karena ombak terlalu besar

  7. Tempat wisata pantai yang indah pemandangannya, bisa membeli ikan secara langsung hasil tangkapan nelayan dari semalam melaut. Dijamin masih fresh ikan-ikannya.

  8. Asyik utk menikmati udara pantai brsm keluarga dan kolega.. banyak rumah makan yg menawarkan berbagai macam seafood. tetapi ombaknya besar shg tdk cocok utk aktivitas mandi/berenang di pantai

  9. tempat wisata alam yang ada di selatan Yogya. pantai bukan dengan pasir putih. cukup nyaman berada di sana. tempat nya sendiri relatif bersih. ombaknya cukup besar. ada beberapa tempat yang menjajakan makanan juga.

  10. Biaya masuknya murah,parkir luas,tempatnya teduh keren banyak pohon cemaranya.sewa atv murah 30rb per 15 menit.tapi disarankan jangan mandi dipantai BAHAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *