Pantai Baru

Pantai Baru

Alamat: Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55762, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Didengar dari namanya, nama Pantai Baru ini memang belum terlalu familiar di kalangan wisatawan. Bahkan pantai yang terletak di daerah Bantul, Yogyakarta ini hanya dilewati saja oleh wisatawan yang hendak berkunjung ke Pantai Parangtritis maupun Pantai Depok. Hal ini kurangnya dari pihak setempat atau wisatawan domestic yang belum terlalu mempromosikan pantai ini hingga kurang terjamah.

Namun perlahan pantai ini mulai terdengar seiring dengan meningkatnya sosial media seperti Instagram sebagai media untuk memuat foto-foto kegiatan seseorang, sehingga tempat ini muali diserbu oleh wisatawan generasi milenial. Hingga kini di akun Instagram sudah bertebaran foto-foto wisatawan yang berkunjung ke Pantai Baru.

Pantai Baru terletak di Desa Poncosari,Kecamatan Srandakan, Bantul, Yogyakarta dan resmi dibuka pada tahun 2010. Padahal kemunculan pantai ini sudah cukup lama, namun sejak 2010 lalu destinasi wisata ini mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Pantai yang berada satu deret dengan Pantai Pandansari ini lebih dikenal melalui mercusuar di dalamnya. Lokasi pantai ini berdekatan juga dengan Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru, dan Pantai Goa Cemara. Istilah ‘Pantai Baru’ yang disematkan ini mungkin juga sesuai dengan usia pantai ini yang terbilang baru dibanding pantai-pantai yang lain di Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk di Pantai Baru

Untuk dapat mengakses ke dalam kawasan Pantai Baru, pengunjung dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 4.000,-  setiap orang dari pintu masuk. Biaya ini sudah dapat digunakan untuk akses ke pantai lainnya yang berdekatan dengan Pantai Baru. Pantai yang berada 30 km dari pusat Yogyakarta ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat hanya selama kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.

Perjalanan yang ditempuh sudah sangat lancar karena jalanan menuju ke destinasi wisata sudah mulus dan beraspal. Renovasi jalan ini tentu mempermudah para wisatawan yang hendak berkunjung dan berwisata ke tempat tersebut.

Rute Menuju Lokasi Pantai Baru

Untuk menuju Pantai Baru, Anda dapat berangkat dari pusat Yogyakarta menuju ke selatan dan mengambil ke arah Jalan Bantul. Dari Jalan Bantul menuju ke bundaran Srandakan yang menghubungkan Bantul dengan Kulonprogo, lalu ambil jalan ke kiri dan lanjutkan perjalanan ke selatan. Dari titik itu akan terlihat papan jalan yang akan menunjukkan Anda menuju ke Pantai Baru dan Pantai Kuwaru. Lalu Anda ambil petunjuk yanga mengarah ke Pantai Baru.

Dari petunjuk jalan di sepanjang perjalanan Anda sudah akan sangat membantu karena destinasi wisata ini sudah mulai dikelola dengan baik, tentunya untuk mengakses ke lokasi tersebut dapat terbilang mudah. Saat sudah tiba di pintu masuk pantai, Anda sudah akan terlihat ujung dari mercusuar yang terlihat di sela-sela tanaman cemara laut dan bakau.

Obyek Wisata di Pantai Baru

Selama perjalanan menuju Pantai Baru memang sudah banyak ditemui beberapa tambak ikan dan beberapa penjual kerajinan. Tentunya sesuai dengan namanya yang ‘baru’, pantai ini bukan hanya memberikan destinasi wisata yang baru bagi para wisatawan, namun menunjukkan bahwa tempat wisata yang baru pun juga tidak kalah indah dengan tempat wisata yang sudah terkenal lainnya.

Berikut beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan Anda untuk berkunjung ke pantai yang terletak di pesisir selatan Kota Gudeg ini :

1. Adanya Hiburan di Dalam Pantai

ATV Pantai Bantul

Jika Anda adalah wisatawan yang beruntung, Anda akan menemui sebuah pertunjukan gratis yang dapat dinikmati di dalam area pantai. Pantai ini biasa dipilih untuk sebuah penampilan band-band atau campursari dalam rangka sebuah acara khusus. Tentunya acara yang terdapat di dalam pantai dilengkapi dengan penyanyi-penyanyi lokal.

Dengan adanya acara-acara tertentu yang diadakan di dalam area pantai, akan menambah pundi-pundi rupiah warga setempat. Warga biasanya menawarkan jasa persewaan tikar yang bisa disewa oleh pengunjung untuk digelar di sekitar area pantai sambil menikmati udara segar di bawah pohon yang rindang.

Selain persewaan tikar, disana juga terdapat persewaan All Terrain Vehicle (ATV) yang merupakan kendaraan roda empat yang biasa digunakan untuk menempuh medan-medan sulit. Untuk menikmati kendaraan ini, Anda perlu membayar sebesar Rp 30.000,- selama 15 menit saja. Persewaan ini dapat dengan mudah ditemui di kawasan pantai.

2. Sekumpulan Pohon Cemara Udang yang digunakan untuk Bersantai dan Spot Foto Menarik

Objek Wisata Pantai Baru

Di dalam pantai ini memiliki banyak pohon cemara udang yang sudah ditanam sejak tahun 1999 lalu dengan tujuan mencegah abrasi. Tidak sedikit para wisatawan yang datang memanfaatkan pohon cemara udang untuk berfoto.

3. Kuliner

Bukan hanya spot foto atau kegiatan-kegiatan lain di Pantai Baru yang menjadi daya tarik pengunjung, di dalam kawasan ini juga menyediakan beberapa pilihan kuliner dengan harga yang sangat murah. Pilihan menunya beragam seperti olahan kerang, cumi, ikan cakalang dan masih banyak lagi, tentunya ikan yang digunakan masih segar karena ditangkap langsung oleh nelayan. Bahkan beberapa warung disana memiliki usaha tambak juga

Kuliner Pantai Baru

Selain olahan laut, warung di Pantai Baru juga menawarkan masakan lokal Indonesia seperti bermacam-macam tumis seperti tumis kangkung, kacang, dan tidak kelewatan es kelapa.

Pantai Baru ini masih sangat bersih, terawat, dan harga yang ditawarkan di area ini masih terbilang cukup terjangkau baik dari harga sewa fasilitas tikar hingga harga makanannya. Pantai yang masih berpasir hitam di Yogyakarta ini memiliki ombak yang cukup besar karena dari lokasi ternyata menghadap ke Samudera Hindia secara langsung. Namun hal itu bukan menjadi penghalang bagi wisatawan untuk menikmati waktu berlibur untuk berkunjung di pantai yang masih berusia kurang lebih 17 tahun ini.

Untuk mengusir kebosanan, Anda juga dapat membeli layang-layang yang berbentuk bermacam-macam salah satunya berbentuk burung, yang dapat diterbangkan di area pantai. Bukan hanya layang-layang, warga disana juga menjual balon sabon dan mainan anak lainnya yang dapat dijumpai di dalam pantai. Tentu ini bisa menjadi alternatif Anda sembari menunggu waktu makan siang atau menunggu datangnya sunset.

Saat sunset sudah dekat, Anda bisa naik ke atas mercusuar untuk menikmati matahari tenggelam di pantai selatan Yogyakarta ini agar lebih tampak indah. Untuk itu, bagi Anda yang gemar travelling dan mengelilingi pantai-pantai, Anda wajib untuk memasukkan Pantai Baru ke dalam daftar destinasi wisata yang harus dikunjungi di Kota Pelajar ini.

9 Ulasan dari Pengunjung Pantai Baru

  1. Menurut saya pantai ini adalah salah satu pantai yg wajib dikunjungi ketika anda berkunjung ke jogja. Karna pantai ini bersih dan ada destinasi arena bermain yg cocok untuk kalangan anak2 sampai dewasa, selain itu untuk menemukan hidangan2 seafood juga sangat mudah, dan kalian bisa memilih sendiri apa yg akan dimasak dan dimasak seperti apa, dan lagi kamar mandi nya sangat bersih dan nyaman. Namun jika kalian berkunjung di jam2 siang menjelang sore angit nya akan sangat kencang dan ombaknya juga besar, jadi disarankan untuk tidak bermain2 di pesisir pantai. Walaupun saya baru dengar 1 kali yg namanya pantai baru ini, saya berfikir bahwa pantainya akan biasa saja, tp ternyata dugaan saya salah, walaupun nggk buagus2 amat tp setidaknya saya akan bilang bagus karna saya mendapat sedikit moment sun set, karna setiap berkunjung ke pantai baru kali ini saya memdapat moment sun set. . . Jadi, saya merekomendasikan pantai baru sebagai destinasi wisata akhir pekan anda dengan keluarga.

    31 Mei 2018, 09:12 WIB

  2. tempat yang nyaman untuk nongkrong sore, banyak pilihan kuliner, permainan, untuk yg membawa anak anak aman, dan tenang karena ada tim SAR yang sigap tanggab darurat bipa ada yang berhalangan/terkena musibah, daei aegi pantai yg cukup bersih dan sejuknya pohon cemara pantai menambah eksotisnya pantai ini, yg jadi catatan mungkin untuk pengunjung harap bisa membuang sampah di tempatnya, karena banyaknya sampah pengunjung yg berserakan, apalagi pada musim liburan tiba, cukup di sayangkan saja, pantai indah dan nyaman di kotori oleh pengunjung sendiri..

    21 Juni 2018, 01:01 WIB

  3. Awalnya cari di google pantai di sekitar Bantul selain Parang Tritis, pilihan jatuh ke Pantai Baru, lihat ulasan Pantai ini masih sepi. Sayang saat datang kesana cukup ramai, karena masih libur lebaran. Sayangnya satu lagi ombak terlalu besar untuk anak-anak bermain, dan cukup berbahaya karena area palung laut. Lumayan terobati saat hendak bilas setelah main di laut, ada kolam renang kecil di sekitar parkiran. Jadi anak-anak lanjut main di kolam saja, cukup bayar 5ribu saja. Untuk tempat makan belum seasyik Parang Tritis.

    25 Juni 2018, 02:59 WIB

  4. Menurut saya, pantai ini cocok dikunjungi jika Anda berkunjung ke sepanjang garis pantai selatan… banyak tempat makan tradisional yg dapat dibilang murah. dan terdapat fasilitas permainan ATV yang terjangkau…jadi saya merekomendasikan pantai ini jika Anda ingin beristirahat sejenak dr kegiatan tour pantai selatan Bantul Yogyakarta… . . (Terdapat mushola yg besar)

    25 Juni 2018, 23:24 WIB

  5. Ombak sedang pasang maka tidak boleh berenang di pantai hanya boleh bermain di tepi pantainya saja .. harga tiket masuk 10 ribu/orang .. dan parkir 5 ribu/kendaraan .. di dalam terdapat permainan motor pinggir pantai , kuda tunggang , kolam renang dan macam2 lesehan .. kita juga bisa menikmati kelapa muda asli .. harga mulai 10-25 rb/buah Tergantung besar kecilnya buah kelapanya hehehe …

    27 Juni 2018, 21:31 WIB

  6. Pantainya indah pingir2nya ditanami pohon pinus jadi enak untuk bersantai2 sambil makan makanan aneka masakan ikan segar yg langsung bisa milih ikan yg disukai. Pantainya jg bersih tapi hati2 ombaknya besar dan tinggi. Masuknya jg murah 10rb untuk tiket masuknya dan 3rb untuk parkir sepeda motor klo mobil 5rb.

    4 Juli 2018, 01:18 WIB

  7. Untuk harga2 g mahal…sewajarnya…cuma pantainya kalau mau buat main air g asik…g bisa buat mandi…tp ada kolam renang untuk anak2…sayang yang Buat bilas habis mandi airnya asin…jadi lengket dibadan

    23 September 2018, 05:14 WIB

  8. Mungkin karena masih baru makanya pantai nya masih banyak yang harus dibenahi … Dari tempat makannya , Toilet , Tempat sampah dan khususnya bagian air yang masih Asin 😅. Untuk pantainya sebenarnya bagus hanya saja tidak bisa dekat” karena gelombangnya cukup besar … .. Semoga kedepannya bisa lebih baik dan tertata lagi 🙏

    1 Oktober 2018, 21:10 WIB

  9. Suka tempatnya, dr parkiran ke laut dekat.. Ada atv, jadi anak2 makin betah main disana.. Walau nga boleh berenang di laut tp anak2 bisa renang soalnya ada kolam renang jg disana.. Makanannya enak,suasananya jg asyik..

    2 Oktober 2018, 05:52 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Baru

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *