Pantai Empu Rancak

Alamat: Karanggondang, Mlonggo, Rw. 8, Karanggondang, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Pantai Empu Rancak (Purancak) merupakan destinasi pantai pasir putih yang terletak di desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pantai dengan air laut yang jernih dengan gradasi warna hijau tosca ini mampu memanjakan keluarga yang ingin menikmati liburan di sekitar pantai. Bahkan dengan ombak di pantai yang tidak terlalu besar maka Anda bisa berenang atau hanya bermain air di sekitarnya.

Selain keindahan pasir dan air laut yang memanjakan mata, di sekitar pantai yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar ini juga menyajikan berbagai macam olahan ikan bakar dan seafood yang tidak kalah lezat. Jadi Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati seafood dan makanan khas Jepara sembari menemani anak bermain di sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk di Pantai Empu Rancak

  • Tiket masuk untuk hari senin-kamis gratis
  • Tiket masuk untuk motor (jum’at-minggu) Rp 3.000
  • Tiket masuk untuk mobil (jum’at-minggu) Rp 5.000
  • Tiket masuk untuk bus (jum’at-minggu) Rp 10.000
  • Tiket masuk untuk motor hari libur nasional Rp 5.000
  • Tiket masuk untuk mobil hari libur nasional Rp 10.000
  • Tiket masuk untuk bus hari libur nasional Rp 40.000
  • Harga parkir motor gratis
  • Harga parkir mobil Rp 5.000
  • Harga parkir bus Rp 10.000
  • Harga  sewa ban kecil untuk renang Rp 5.000
  • Harga sewa ban besar untuk renang Rp 10.000
  • Harga masuk toilet untuk mandi dan bilas Rp 3.000

Rute Menuju Lokasi Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak berada di antara pantai Blebak dan pantai Bondo. Akses jalan menuju bibir pantai ini sudah lumayan bagus. Dan untuk jarak dari pusat kota Jepara hingga lokasi pantai kurang lebih hanya satu jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Dari pusat kota (alun-alun) Jepara, Anda bisa melanjutkan ke arah timur laut, melewati jalan RA Kartini lalu menuju jalan Ahmad Yani.

Ambil jalur Jepara-Bangsri menuju kecamatan Mlonggo Jepara. Lalu pada lampu merah jalan Jepara-Bangsri ambil jalur kiri yang menuju jalan Mlonggo-Bondo. Perjalanan ke pantai masih berlanjut sekitar 2km lagi, melewati gapura pantai Blebak dan pantai Pailus. Terus ikuti petunjuk jalan hingga bertemu gapura pantai Purancak. Jarak antara gapura ke pantai sekitar 10-15 menit dengan melewati perkampungan dan sawah desa Karang Gondang.

Obyek Wisata di Pantai Empu Rancak

1. Pantai yang Kental Nuansa Jawa-Jepara

Salah satu ciri khas pantai-pantai di Jepara yakni masih kental dengan adat kebudayaan Jawa. Dan untuk mewujudkan destinasi pantai yang berciri khas tersebut maka pemerintah desa Karang Gondang telah membangun gapura dan gazebo khas Jepara, bangku taman dan berjemur yang terbuat dari semen dengan motif ukiran, payung-payung khas Jawa, dan bangunan mushola yang menyerupai masjid Agung Demak dengan menara Kudus.

2. Pantai Pasir Putih yang Masih Perawan

Pantai Empu Rancak ini tergolong pantai yang masih baru dikenal dan belum banyak terjamah oleh pengunjung secara keseluruhan, jadi Anda bisa mengeksplore kealamiannya. Hamparan pasir putih pantai Purancak juga sangat bersih dan belum tercemar sampah/kotoran, sehingga cocok untuk bermain pasir bersama keluarga. Air lautnya juga biru jernih sehingga mampu menampakkan keindahan pesona bawah laut yang memukau.

3. Pesona Terumbu Karang dan Tumbuhan Pandan yang Menjulang

Yang membuat pantai Empu Rancak ini semakin eksotis yakni banyak ditemui pecahan batu karang dan terumbu karang yang menghiasi pinggiran pantai. Selain itu, ada juga barisan pohon pandan yang tumbuh menjulang di salah satu sudut pantai dan membuat panorama pantai semakin rindang. Jadi Anda bisa menikmati semilir angin laut sembari berteduh di bawah pohon pandan tersebut.

4. Air Laut yang Tenang

Selain jernih dan bersih, air laut di pantai Purancak sangat tenang dan bahkan cenderung diam. Banyak pengunjung ke pantai ini untuk bermain air dan berenang, sehingga masyarakat sekitar desa Karang Gondang juga menyediakan persewaan ban besar dan kecil untuk berenang. Ombak pantai Empu Rancak juga tidak terlalu besar dan hanya sedikit bergelombang di tengah laut sehingga lebih aman untuk bermain.

5. Pelabuhan Nelayan dan Sarana Jogging Track

Selain memperlihatkan keindahan panorama pasir dan air laut yang menenangkan, di sudut pantai yang lain juga terdapat pemandangan pelabuhan mini tempat perahu nelayan berlabuh. Jadi Anda bisa juga mengamati kegiatan para nelayan di laut. Selain itu juga terdapat jalan setapak yang bisa digunakan untuk berjalan santai atau bersepeda sembari menikmati keindahan pantai.

6. Pemandangan Sunrise dan Sunset yang Menawan

Menambah koleksi foto instagram yang memukau dengan latar belakang sunrise ataupun sunset Empu Rancak juga bisa. Kilauan matahari yang menyinari hamparan pasir putih Empu Rancak dan air lautnya yang jernih akan memanjakan mata Anda di pagi hari. Dan jika Anda datang pada saat sore hari, maka Anda akan dimanja dengan pesona matahari tenggelam yang sangat eksotis.

7. Kuliner Khas Jepara

Yang menjadi sangat menarik di pantai Empu Rancak yakni Anda bisa menikmati keindahan pantai bersama keluarga sembari menyantap seafood dan makanan khas Jepara seperti ikan pindang serani. Selain itu ada juga cumi asam manis dan ikan bakar yang siap santap. Anda juga bisa menemukan makanan laut lainnya di gazebo, restoran, ataupun warung yang berdiri di sekitar pantai ini.

Pantai Empu Rancak biasanya sangat ramai ketika weekend dan libur nasional. Jadi jika Anda berada di kota seni ukir ini, maka alangkah baiknya jika Anda merencanakan liburan bersama keluarga ke pantai Empu Rancak. Dijamin tidak akan menyesal karena selain menjadi surganya makanan laut, Anda juga bisa menikmati destinasi renang dan bermain pasir di pantai yang menenangkan.

17 Ulasan dari Pengunjung Pantai Empu Rancak

  1. Tidak kapok datang ke pantai ini karena selain bermain air juga bisa memesan seafood. Kemarin membeli cumi segar setengah kilogram harganya 60.000 rupiah dan langsung dimasak di tempat. Sebenarnya pantai ini cantik namun kurang terawat karena masih banyak sampah yang mengumpul di tepian pantai. Akses jalan menuju pantai sudah bagus karena sudah beraspal.

    7 Juli 2018, 23:04 WIB

  2. Pantai di jepara emang keren keren. Terutama pantai ini. Masih cenderung sepi pengunjung. Pasir putih, air bener bener jernih sampe ikan aja keliatan. Kita bisa liat pemandangan pantai sambil minum kelapa muda yg fresh lgsg dibuka ditempat kalau kita order, ditemenin sama menu menu seafood yg rasa dan harganya juga mantapp. Bagi yg butuh liburan, wajib dateng kesini. Dijamin pikiran lgsg refresh

    24 Juli 2018, 14:58 WIB

  3. Begitu banyak pantai di Jepara… Surga nya penikmat ombak…. Termasuk lah saya… Hehhehe…. Salah satu pantai yang saya kunjungi adalah pantai purancak… Yang memang tetap menawan…. Bersih dan air nyaaaa warnanya wuuuuuuum banget….. Pantai yang terletak di area mlonggo Jepara ini tidak mahal tiket masuknya.. Apalagi kalau datang nya gak pas weekend malah gratis guy’s….. Hahahaha….keren keren…. Kalau ke Jepara wajib mampir kesini…. Ikan bakar dsini sedaaaap banget……

    29 Juli 2018, 19:13 WIB

  4. Pantai empu rancak masih sepi. Jalan masih jelek. Belum dikembangkan seperti pantai kartini. Makan atau kuliner kurang bersih. Harga mahal dan kurang enak. Toilet kurang bersih. Pantainya berpasir putih. Banyak sampah ranting yang terbawa arus laut

    3 Agustus 2018, 05:49 WIB

  5. Salah satu pantai di jepara, pasir putih,ombak yg tenang, mudah di akses, ada beberapa warung yang jualan menu ikan laut, berbagai jenis ikan bakar, cumi asam manis, kepiting, dan pindang serani yang menjadi menu andalan. Harga cukup terjangkau.. Akses parkir cukup luas, cocok untuk wisata bareng teman dan keluarga.. Ada mesjid kecil dekat pantai, sebelum dermaga kecil buat perahu nelayan parkir.

    8 Agustus 2018, 03:34 WIB

  6. Pantai nya belum terlalu ramai jadi enak utk berkunjung dg teman² / keluarga utk menghabiskan akhir pekan. Pantai nya jg bagus, masih bersih, sayang nya arena bermain masih sedikit. Tdk ada tempat penyewaan ban utk arena bermain diair. Lumayan banyak tempat kecil semacam angkringan2 yg nyaman & bersih dari rumah makan2 di skitar nya. Warung makan nya jg rekomended, terjangkau lah menurut saya, dg rasa masakan yg jg bener² enak. Kalo kuliner ikan, di empu rancak sj. Harga nya bisa ditanyakan dahulu jg kok utk masakan ikan nya.

    29 Agustus 2018, 05:39 WIB

  7. Pantai pasir putih sangat bersih…. Cocok untuk liburan keluarga besar apalagi pantai nya terbilang masih agak sepi…. Lautnya terlihat biru bersih… Tidak seperti pantai lainnya di Jepara yg berwarna coklat..tiket masuk cukup 5 ribu untuk 1 motor 2 orang… Sangat murah…. . Untuk seafood terbilang cukup mahal… Apabila hendak pesan bisa ditanyakan harganya dulu…sayang ikannya ikan bekuan… Jadi kurang fresh…. Range harga 60-120 ribu per kg…

    11 September 2018, 05:57 WIB

  8. Pantai Empu Rancak merupakan tempat favorit untuk menikmari hidangan laut di tepi pantai. Di pantai ini banyak berjajar tempat2 makan yang menyediakam makanan laut yang masih segar. tempat ini sangat ramai ketika waktu liburan tiba. namun pantai disini tidak direkomendasikan untuk berenang karena kedalamannya yg dalam.

    19 Desember 2018, 04:50 WIB

  9. Bisa menikmati suasana pantai. Ada penjual makanan, minuman, dan cemilan. Ada kamar mandi, jadi kalau habis main air bisa langsung mandi. Tiket juga murah, masuk cuma 6.000 rombongan mobil.

    21 Desember 2018, 21:25 WIB

  10. pantai ini bagus, pasir putih khas pantai jepara lainnya. harga tiket sangaaaattt terjangkau, jauh dibanding pantai bandengan. dan pas di pesisirnya itu ada yg jualan khas pemancingan (fyi, ga tau w ikannya dpt dimana) yg harganya masih standart lah ya dengan saung* yang banyaaaaakkkkk bets dan adem woi, anginnya ramean pohonnya banyak. sayangnya, ya namanya manusia, buang sampah suka semaunya, jadinya kan ngedampar dipinggir* pantai yg susah dong mau bersihinnya tiap harii

    31 Desember 2018, 11:40 WIB

  11. Jika anda binggung mencari pantai yang bagus datang saja ke pantai mpurancak ini dan nikmati keindahan laut yang menari nari

    5 Januari 2019, 02:05 WIB

  12. Pantainya nyaman td terlalu ramai. Dan yg pasti pas banget utk wisata kuliner bareng kelurga besar.

    7 Januari 2019, 05:51 WIB

  13. 2 juli 2019. Badong lilin 1kg 120rb. Cumi 1kg 120rb. Udang 1kg 150rb. Jenis masakan standar yaa..ikan bakar/pindang (sejenis sop ikan lah, khas jepara), cumi-udang bs krispi ato asam manis. Ikan, udang n cumi nya seger kok gais. Teh/jeruk (es) 1 teko besar kurleb 3L 20rb. Teh/jeruk (panas/anget) 1 teko kecil kurleb 1L 5rb. Kelapa muda utuh original 15rb. Ini di warung p.naryo pandan sari wangi

    2 Juli 2019, 15:35 WIB

  14. Ini adalah tempat yang bagus untuk rekreasi keluarga, banyak tempat makan yang ada disini,bagi kalian pecinta kuliner laut mungkin bisa memuaskan lidah disini… . Namun sayang kurangnya pemeliharaan pantai membuat pantai ini sedikit agak kotor,banyak sampah berserakan di tepi pantai, juga tidak adanya fasilitas untuk berenang bagi anak-anak maupun dewasa yang ingin meningkatkan wisata bahari disini,membuat pantai ini seolah kurang pengunjung,. . namun bagi kalian yang merasa cukup hanya dengan bermain air di pantai,atau sekedar santap makanan disana tempat ini sangat cocok

    11 Juli 2019, 03:49 WIB

  15. Pantai Empu Rancak atau disebut juga Pantai Purancak adalah pantai yang terletak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Kawasan ini banyak ditemui pilihan makanan menu seafood. Pantai Empu Rancak terlentak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo. Pantai ini masih terlihat sepi, sebab memang belum banyak yang mengenal wilayah ini. Namun sejak empat tahun terakhir, kawasan ini sudah mulai dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. . Keunggulannya : Pasir Putih. “Pantai Kental Nuansa Jawa-Jepara”. Pantai masih perawan (belum tersentuh / belum rusak). Akses Mudah. Jalan Raya Bagus.. . Rencana pembangunan :. Kepala Desa Karanggondang memiliki rencana membangun Pantai Empu Rancak berkonsep gaya Jawa (Javanese Style), dan menjadi yang pertama dan sau-satunya Pantai berkonsep gaya Jawa, yaitu dengan cara:. . Membangun Tulisan Pantai Empu Rancak di dekat pantai. sudah dibangun. . Membangun Masjid bergaya Jawa seperti Masjid Agung Demak. sudah dibangun. . Membangun Menara bergaya Jawa seperti Menara Kudus. sudah dibangun. . Membangun Gapura Paduraksa Mantingan di Masjid Pantai Empu Rancak yang berbentuk Masjid Demak. “belum dibangun”. . Membangun Gazebo Khas Jepara dengan genteng wuwungan khas Jepara. “belum dibangun”. . Membangun gerbang gapura berbentuk Gapura Candi Bentar Khas Jepara dengan ukuran tingginya sama seperti candi bentar khas Bali di Pantai Kuta. “belum dibangun”. . Memasang Umbul-Umbul warna biru polos yang artinya kesuburan di sepanjang jalan sebelum melewati pintu masuk pantai yang berbentuk gapura candi bentar. “belum dibangun”. . Membuat Kid’s Park (taman bermain anak) dengan tema kayu. yaitu perosotan, ayunan, dll di cat menyerupai kayu, karena kayu ciri khas Jepara. lebih indah lagi apa bila di lengkapi ukir-ukiran atau di cat air brus berbentuk gambar ukir. “belum dibangun”. . Membangun Warung Makan dengan konsep gaya warung makan jawa tempo zaman dulu. “belum dibangun”. . Petugas maupun Pedagang pakai adat di Pantai Empu Rancak diwajibkan memakai Blangkon bagi pria, sedangkan wanita menggunakan Baju Kebaya boleh di kombinasikan dengan celana panjang, ataupun kain jarik, ataupun rok panjang maupun rok mini, ataupun sarung pantai ataupun celana pendek. “belum dibangun”. . Memasang Batas Aman Berenang dengan tambang warna jingga dan membuat tugu sebagai batas aman berenang, tugu berbentuk mercusuar berwarna merah dan bagian atasnya berbentuk seperti Macan Kurung atau membuat tugu berbentuk menyerupai Gunungan pada Wayang atau berbentuk senjata Gada. “belum dibangun”. . Membangun Bangunan lengkap dengan Menara Pengawas untuk SAR arsitekturnya berbentuk menyerupai Menara Kudus tetapi bentuknya tidak sama dengan Menara Kudus. “belum dibangun”. . Pemerintah Desa dan Kepala Desa Karanggondang membangun GAZEBO khas Jepara, PAYUNG khas Jawa, Umbul-Umbul biru polos, BANGKU TAMAN dari semen serta diberi motif ukiran, BANGKU BERJEMUR dari semen diberi motif ukiran, “yang dibangun mulai dari area daerah tulisan raksasa PANTAI EMPURANCAK sampai dengan area daerah bangunan menyerupai MASJID DEMAK & MENARA KUDUS” ditata dengan rapi dengan konsep kental kebudayaan Jawa.

    15 Juli 2019, 09:25 WIB

  16. Pantai yang terjangkau. Ada pusat makanan seafood mulai ikan, cumi, udang dan kepiting yang bisa dimasak beraneka ragam sesuai selera. Tempat malan yang benar-benar di pinggir pantai sehingga cocok dinikmati bersama keluarga, teman, pasangan, partner bahkan sendiri. Harga yang sesuai dengan cita rasa dan fasilitas yang didapatkan. . Ps. Menu andalan favorit saya adalah cumi bakar dan pindang srani. You have to try it!

    21 Juli 2019, 05:12 WIB

  17. Pantainya masih sepi, dan ijan bakarnya murah dan enak. Kmrn beli ikan bakarnya di wr. Sumber Barokah milik pak kresna. Penjual ramah masakan enak warung gajebo lagsg menghadap pantai. Di warung ini juga ada mushola nya jdi ga usah bingung2 buat nyari2 mushola deket tempat makan. Harga 1 kg ikan 100rb, cumi 120 ribu. Itu sudah free nasi ya guys. Untuk kinum nua 1 teko 20rb. Ikan dan cumi bisa dimasak berbagai jenis masakan diantaranya ikan bakar, goreng, asam manis, pindang serani, crispy dll. Tifak isah khawatir bagi kalian yg suka udah dan kepiting, disini juga tersedia, ini aku kesananya tgl 28juli 2019 kmrn.

    3 Agustus 2019, 19:32 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Empu Rancak

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *