Pantai Empu Rancak

Alamat: Karanggondang, Mlonggo, Rw. 8, Karanggondang, Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59452, Indonesia

(4.6/5) Baca ulasan

Pantai Empu Rancak (Purancak) merupakan destinasi pantai pasir putih yang terletak di desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pantai dengan air laut yang jernih dengan gradasi warna hijau tosca ini mampu memanjakan keluarga yang ingin menikmati liburan di sekitar pantai. Bahkan dengan ombak di pantai yang tidak terlalu besar maka Anda bisa berenang atau hanya bermain air di sekitarnya.

Selain keindahan pasir dan air laut yang memanjakan mata, di sekitar pantai yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar ini juga menyajikan berbagai macam olahan ikan bakar dan seafood yang tidak kalah lezat. Jadi Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati seafood dan makanan khas Jepara sembari menemani anak bermain di sekitar pantai.

Harga Tiket Masuk di Pantai Empu Rancak

  • Tiket masuk untuk hari senin-kamis gratis
  • Tiket masuk untuk motor (jum’at-minggu) Rp 3.000
  • Tiket masuk untuk mobil (jum’at-minggu) Rp 5.000
  • Tiket masuk untuk bus (jum’at-minggu) Rp 10.000
  • Tiket masuk untuk motor hari libur nasional Rp 5.000
  • Tiket masuk untuk mobil hari libur nasional Rp 10.000
  • Tiket masuk untuk bus hari libur nasional Rp 40.000
  • Harga parkir motor gratis
  • Harga parkir mobil Rp 5.000
  • Harga parkir bus Rp 10.000
  • Harga  sewa ban kecil untuk renang Rp 5.000
  • Harga sewa ban besar untuk renang Rp 10.000
  • Harga masuk toilet untuk mandi dan bilas Rp 3.000

Rute Menuju Lokasi Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak berada di antara pantai Blebak dan pantai Bondo. Akses jalan menuju bibir pantai ini sudah lumayan bagus. Dan untuk jarak dari pusat kota Jepara hingga lokasi pantai kurang lebih hanya satu jam perjalanan menggunakan sepeda motor. Dari pusat kota (alun-alun) Jepara, Anda bisa melanjutkan ke arah timur laut, melewati jalan RA Kartini lalu menuju jalan Ahmad Yani.

Ambil jalur Jepara-Bangsri menuju kecamatan Mlonggo Jepara. Lalu pada lampu merah jalan Jepara-Bangsri ambil jalur kiri yang menuju jalan Mlonggo-Bondo. Perjalanan ke pantai masih berlanjut sekitar 2km lagi, melewati gapura pantai Blebak dan pantai Pailus. Terus ikuti petunjuk jalan hingga bertemu gapura pantai Purancak. Jarak antara gapura ke pantai sekitar 10-15 menit dengan melewati perkampungan dan sawah desa Karang Gondang.

Obyek Wisata di Pantai Empu Rancak

1. Pantai yang Kental Nuansa Jawa-Jepara

Salah satu ciri khas pantai-pantai di Jepara yakni masih kental dengan adat kebudayaan Jawa. Dan untuk mewujudkan destinasi pantai yang berciri khas tersebut maka pemerintah desa Karang Gondang telah membangun gapura dan gazebo khas Jepara, bangku taman dan berjemur yang terbuat dari semen dengan motif ukiran, payung-payung khas Jawa, dan bangunan mushola yang menyerupai masjid Agung Demak dengan menara Kudus.

2. Pantai Pasir Putih yang Masih Perawan

Pantai Empu Rancak ini tergolong pantai yang masih baru dikenal dan belum banyak terjamah oleh pengunjung secara keseluruhan, jadi Anda bisa mengeksplore kealamiannya. Hamparan pasir putih pantai Purancak juga sangat bersih dan belum tercemar sampah/kotoran, sehingga cocok untuk bermain pasir bersama keluarga. Air lautnya juga biru jernih sehingga mampu menampakkan keindahan pesona bawah laut yang memukau.

3. Pesona Terumbu Karang dan Tumbuhan Pandan yang Menjulang

Yang membuat pantai Empu Rancak ini semakin eksotis yakni banyak ditemui pecahan batu karang dan terumbu karang yang menghiasi pinggiran pantai. Selain itu, ada juga barisan pohon pandan yang tumbuh menjulang di salah satu sudut pantai dan membuat panorama pantai semakin rindang. Jadi Anda bisa menikmati semilir angin laut sembari berteduh di bawah pohon pandan tersebut.

4. Air Laut yang Tenang

Selain jernih dan bersih, air laut di pantai Purancak sangat tenang dan bahkan cenderung diam. Banyak pengunjung ke pantai ini untuk bermain air dan berenang, sehingga masyarakat sekitar desa Karang Gondang juga menyediakan persewaan ban besar dan kecil untuk berenang. Ombak pantai Empu Rancak juga tidak terlalu besar dan hanya sedikit bergelombang di tengah laut sehingga lebih aman untuk bermain.

5. Pelabuhan Nelayan dan Sarana Jogging Track

Selain memperlihatkan keindahan panorama pasir dan air laut yang menenangkan, di sudut pantai yang lain juga terdapat pemandangan pelabuhan mini tempat perahu nelayan berlabuh. Jadi Anda bisa juga mengamati kegiatan para nelayan di laut. Selain itu juga terdapat jalan setapak yang bisa digunakan untuk berjalan santai atau bersepeda sembari menikmati keindahan pantai.

6. Pemandangan Sunrise dan Sunset yang Menawan

Menambah koleksi foto instagram yang memukau dengan latar belakang sunrise ataupun sunset Empu Rancak juga bisa. Kilauan matahari yang menyinari hamparan pasir putih Empu Rancak dan air lautnya yang jernih akan memanjakan mata Anda di pagi hari. Dan jika Anda datang pada saat sore hari, maka Anda akan dimanja dengan pesona matahari tenggelam yang sangat eksotis.

7. Kuliner Khas Jepara

Yang menjadi sangat menarik di pantai Empu Rancak yakni Anda bisa menikmati keindahan pantai bersama keluarga sembari menyantap seafood dan makanan khas Jepara seperti ikan pindang serani. Selain itu ada juga cumi asam manis dan ikan bakar yang siap santap. Anda juga bisa menemukan makanan laut lainnya di gazebo, restoran, ataupun warung yang berdiri di sekitar pantai ini.

Pantai Empu Rancak biasanya sangat ramai ketika weekend dan libur nasional. Jadi jika Anda berada di kota seni ukir ini, maka alangkah baiknya jika Anda merencanakan liburan bersama keluarga ke pantai Empu Rancak. Dijamin tidak akan menyesal karena selain menjadi surganya makanan laut, Anda juga bisa menikmati destinasi renang dan bermain pasir di pantai yang menenangkan.

7 Ulasan dari Pengunjung Pantai Empu Rancak

  1. Tidak kapok datang ke pantai ini karena selain bermain air juga bisa memesan seafood. Kemarin membeli cumi segar setengah kilogram harganya 60.000 rupiah dan langsung dimasak di tempat. Sebenarnya pantai ini cantik namun kurang terawat karena masih banyak sampah yang mengumpul di tepian pantai. Akses jalan menuju pantai sudah bagus karena sudah beraspal.

    7 Juli 2018, 23:04 WIB

  2. Pantai di jepara emang keren keren. Terutama pantai ini. Masih cenderung sepi pengunjung. Pasir putih, air bener bener jernih sampe ikan aja keliatan. Kita bisa liat pemandangan pantai sambil minum kelapa muda yg fresh lgsg dibuka ditempat kalau kita order, ditemenin sama menu menu seafood yg rasa dan harganya juga mantapp. Bagi yg butuh liburan, wajib dateng kesini. Dijamin pikiran lgsg refresh

    24 Juli 2018, 14:58 WIB

  3. Begitu banyak pantai di Jepara… Surga nya penikmat ombak…. Termasuk lah saya… Hehhehe…. Salah satu pantai yang saya kunjungi adalah pantai purancak… Yang memang tetap menawan…. Bersih dan air nyaaaa warnanya wuuuuuuum banget….. Pantai yang terletak di area mlonggo Jepara ini tidak mahal tiket masuknya.. Apalagi kalau datang nya gak pas weekend malah gratis guy’s….. Hahahaha….keren keren…. Kalau ke Jepara wajib mampir kesini…. Ikan bakar dsini sedaaaap banget……

    29 Juli 2018, 19:13 WIB

  4. Pantai empu rancak masih sepi. Jalan masih jelek. Belum dikembangkan seperti pantai kartini. Makan atau kuliner kurang bersih. Harga mahal dan kurang enak. Toilet kurang bersih. Pantainya berpasir putih. Banyak sampah ranting yang terbawa arus laut

    3 Agustus 2018, 05:49 WIB

  5. Salah satu pantai di jepara, pasir putih,ombak yg tenang, mudah di akses, ada beberapa warung yang jualan menu ikan laut, berbagai jenis ikan bakar, cumi asam manis, kepiting, dan pindang serani yang menjadi menu andalan. Harga cukup terjangkau.. Akses parkir cukup luas, cocok untuk wisata bareng teman dan keluarga.. Ada mesjid kecil dekat pantai, sebelum dermaga kecil buat perahu nelayan parkir.

    8 Agustus 2018, 03:34 WIB

  6. Pantai nya belum terlalu ramai jadi enak utk berkunjung dg teman² / keluarga utk menghabiskan akhir pekan. Pantai nya jg bagus, masih bersih, sayang nya arena bermain masih sedikit. Tdk ada tempat penyewaan ban utk arena bermain diair. Lumayan banyak tempat kecil semacam angkringan2 yg nyaman & bersih dari rumah makan2 di skitar nya. Warung makan nya jg rekomended, terjangkau lah menurut saya, dg rasa masakan yg jg bener² enak. Kalo kuliner ikan, di empu rancak sj. Harga nya bisa ditanyakan dahulu jg kok utk masakan ikan nya.

    29 Agustus 2018, 05:39 WIB

  7. Pantai pasir putih sangat bersih…. Cocok untuk liburan keluarga besar apalagi pantai nya terbilang masih agak sepi…. Lautnya terlihat biru bersih… Tidak seperti pantai lainnya di Jepara yg berwarna coklat..tiket masuk cukup 5 ribu untuk 1 motor 2 orang… Sangat murah…. . Untuk seafood terbilang cukup mahal… Apabila hendak pesan bisa ditanyakan harganya dulu…sayang ikannya ikan bekuan… Jadi kurang fresh…. Range harga 60-120 ribu per kg…

    11 September 2018, 05:57 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Empu Rancak

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *