Pantai Gerangan

Pantai Gerangan

Dusun Wonokoyo, Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66283, Indonesia

9 Ulasan

Mungkin salah satu objek wisata yang berada di Tulungagung ini belum banyak diketahui oleh banyak orang. Bahkan bisa jadi Anda pun mungkin belum mengetahuinya ya?

Nama objek wisata yang kami maksud yaitu Pantai Gerangan. Apakah masih terdengar asing? Memang pantai ini namanya tak sepopuler Pantai di Tulungagung lainnya seperti Pantai Godeg.

Meskipun demikian, ternyata pantai ini memiliki keunikan dan pemandangan yang unik lho. Penasaran dengan pantai ini? Baiklah kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai objek wisata Pantai Gerangan, simak penjelasan dibawah ini ya!

Pesona Pantai Gerangan

wisata-pantai-gerangan

Pantai Gerangan ternyata menawarakan pemandangan keindahan yang menarik. Dengan karakteristik pasir berwarna putih yang tersebar di sepanjang pesisir sehingga akan terasa nyaman dan lembut ketika dipijak.

Selain itu, terdapat pula runtuhan-runtuhan bekas gugusan bukti kapur yang berada di sisi kiri pantai. Runtuhan bukit kapur ini sudah sejak ratusan tahun yang lalu dan akhirnya membentuk ceruk.

Hal lain yang bisa Anda temukan di Pantai Gerangan yaitu karakteristik ombak yang tidak terlalu besar. Mengingat pantai ini berada di kawasan pantai selatan, sehingga ombak yang datang cukup tenang.

Harga Tiket Masuk Pantai Gerangan

Berbeda dengan pantai di Tulungagung lainnya, untuk memasuki tempat kawasan wisata Pantai Gerangan ada perbedaan mengenai tiket masuk.

Anda akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang  ketika hari libur saja. Apabila anda datang ke pantai Gerangan pada hari biasa atau weekday, maka Anda tidak akan dikenakan biaya masuk, tetapi jangan lupa berikan imbalan jasa ke tukang parkir ya.

Rute Menuju Pantai Gerangan

Rute Pantai Gerangan
source: instagram.com/atin_lemon/

Pantai Gerangan terletak di Dusun Wonokoyo, Desa Ngrejo, Kecamatan tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Jaraknya dari Alun-Alun kota sekitar 35 km. Dibutuhkan waktu sekitar 65 menit untuk menempuhnya dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Rute yang bisa anda pilih dari Alun-Alun Kota Tulungagung yaitu anda bisa langsung menuju arah Desa Besole, lalu lanjut saja ke arah Pantai Popoh.

Ketika sampai di pertigaan menuju Pantai Popoh, Anda tinggal ambil jalan menuju ke arah Pantai Brumbun, ikuti saja jalan tersebut dan disitu sudah ada papan penunjuk jalan.

Ketika berada di perjalanan menuju pantai, Anda akan disuguhi pemandangan Gunung Tanggul dan kebun jagung.

Namun sayangnya akses jalan ditempuh banyak yang berliku dan naik-turun, bahkan ada beberapa titik yang curam. Maka tetap berhati-hati dalam berkendara ya!

Obyek Wisata Pantai Gerangan

Mengingat lokasinya dekat dengan Pantai Brumbun, pantai Gerangan ini merupakan objek wisata yang tak jauh berbeda dengan pantai Brumbun. Namun, ada perbedaan mengenai objek wisata ketika mengunjungi pantai ini yaitu:

1. Menikmati Pemandangan

Objek Wisata Pantai Gerangan
instagram.com/atin_lemon/

Anda juga bisa melihat Teluk Brumbun dari pantai ini.  Di sepanjang tepi pantai ditumbuhi pepohonan besar, Anda bisa duduk-duduk santai di bawahnya sambil memandang lautan yang berwarna biru dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar.

2. Berjalan-jalan

Pantai Gerangan Tulungagung
source: instagram.com/tulungagungtourism/

Karena memiliki panorama yang indah, kurang lengkap jika hanya menikmati pemandangan dengan duduk-duduk saja. Anda dapat berjalan-jalan menyusuri kawasan pantai untuk menemukan hal unik lainnya, pastinya tetap dengan suasana nyaman dan juga tenang.

3. Rumah Apung

Lokasi Pantai Gerangan
source: instagram.com/tulungagungku/

Daya tarik wisata Pantai Gerangan yang satu ini berbeda dengan wisata pantai lainnya. Dikarenakan memiliki objek wisata yaitu rumah apung.

Penasaran dengan rumah apung ini? Anda bisa mengunjungi rumah apung dengan menaiki kapal yang sudah tersedia untuk menuju rumah apung ini dahulu ya dengan harga Rp. 10.000 per orang saja kok.

4. Camping

Harga Tiket Pantai Gerangan
source: instagram.com/zyaiful_saridin/

Meskipun belum ada tempat penginapan di kawasan pantai, Anda tetap bisa bermalam di pantai ini dengan mendirikan tenda camping. Namun, Anda harus mempersiapkan peralatan dan keperluan sendiri dari rumah ya.

Karena di pantai ini hanya sebagai tempat saja, belum ada penyewaan tenda. Eitss, Jangan lupa untuk melapor ke ketua RT dahulu ya, letak rumahnya tidak terlalu jauh dari kawasan pantai kok.

Hal ini dikarenakan terkait dengan keamanan Anda, dengan mengisi buku tamu kunjungan di RT setempat, camping Anda akan terasa aman karena dilindungi oleh warga.

5. Bermain Air dan Pasir

Objek Wisata Pantai Gerangan 2
instagram.com/dolantulungagung/

Agar liburan anda terasa semakin asik, Anda juga bisa bermain air dan pasir di kawasan pantai. Air laut terlihat jernih dan berwarna biru.

Dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang lembut dan bersih. Dengan begitu, bermain di kawasan pantai ini cukuplah aman. Namun sebaiknya tetap berhati-hati ya ketika bermain. 

Fasilitas Pantai Gerangan

Fasilitas Pantai Gerangan
instagram.com/tulungagungtourism/

Buat Anda yang mencari tempat untuk menenangkan diri bisa mengunjungi Pantai Gerangan. Kenapa demikian? Karena pantai ini sudah ada fasilitas pendukung lho, seperti:

1. Area Parkir Kendaraan

Berlibur menggunakan kendaraan pribadi rasanya memang lebih bebas daripada menggunakan kendaraan umum. Nah, di pantai ini sudah disediakan area parkir yang memang disediakan untuk para wisatawan.

Sehingga Anda dapat menggunakan area parkir kendaraan ini untuk menaruh motor maupun mobil pribadi Anda.

2. Mushola

Di kawasan pantai juga sudah terdapat mushola. Anda bisa menggunakan mushola ini sebagai tempat ibadah.

3. Kamar Mandi dan Toilet

Dahulu, pantai ini belum memiliki fasilitas kamar mandi maupun MCK, sehingga wisatawan harus numpang dulu ke rumah warga yang dekat dengan pantai.

Tetapi, untuk saat ini sudah didirikan kamar mandi yang bisa dipergunakan lho, jadi Anda sudah bisa menggunakan fasilitas ini dan airnya pun bersih.

Untuk tarif kencing Rp.2000 per orang, sedangkan untuk mandi dan buang air besar Rp.5000 per orang.

4. Warung

Apabila Anda merasa lapar ataupun haus, Anda bisa singgah di warung warga sekitar untuk membeli makanan maupun minuman pengganjal perut. Karena warga sekitar membuka warung di sekitar kawasan pantai yang menyediakan untuk para wisatawan.

Kabar baiknya dari pantai ini bahwa akan dipergunakan sebagai konservasi terumbu karang lho. Dengan begitu nantinya Pantai Gerangan ini dapat menjadi salah satu icon wisata Tulungagung yang bisa dipergunakan snorkeling atau diving bagi para wisatawan untuk melihat keindahan bawah laut.

Yang perlu dipersiapkan apabila ingin berwisata ke Pantai Gerangan Tulungagung yaitu menyiapkan kondisi fisik yang fit agar Anda bisa menikmati liburan yang seru dan menyenangkan. Mengingat bahwa akses untuk menuju pantai melewati jalanan yang naik-turun dan berkelok.

9 Ulasan untuk Pantai Gerangan, Tulungagung, Jawa Timur

  1. Pantainya kurang menarik, tempatnya tersembunyi, pemandangannya dari tepi pantai tak begitu… Suasana pantai biasa saja. Tidak ada fasilitas umum, hanya kampung nelayan saja. Dan saat kita berkunjung menjadi pusat perhatian mereka. Hwhwkwk

  2. Pantai masih bersih dan jernih, bagi kalian yg berkunjung kesini, jangan buang sampah sembarangan!

  3. Tempat ini bagus

  4. Pantai yg masih asli..Jauh dr keriuhan..Mantap buat menenangkan pikiran

  5. tempat ini sangat bagus buat spot mancing bisa rock fishing ato d rumah apung.pokoknya mantep lah

  6. Jalan masih berupa tanah dan naik turun sangat sulit dilewati mobil. Pantai nya pun kotor dan tidak terawat

  7. Pantai kurang terawat,jalan masih sulit untuk di lalui

  8. Medan yg digunakan sangat berbahaya untuk roda 4 , jadi harap hati* .
    Setelah melewati rute yg tidak mudah . Anda akan disuguhkan image waahh

  9. Masih alami.. tapi sayang jalurnya untuk mencapai pantainya sangat parah.. perlu perhatian khusus supaya kedepanya lebih baik lagi

Tinggalkan Balasan