Pantai Kajaran

Alamat: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia

(4.7/5) Baca ulasan

Indonesia merupakan sebuah negara dengan garis pantai terpanjang. Sayangnya, hanya pantai – pantai tertentu saja yang terkenal. Sebut saja Bali dan Lombok. Pantai di dua daerah tersebut memang terkenal keindahannya. Akan tetapi, pantai di daerah lain pun tak kalah menarik. Tak jauh dari Pulau Bali, bergeser sedikit ke barat, di Malang Jawa Timur ada pantai Kajaran.

Meskipun tidak seterkenal pantai lain di Jawa, namun jangan pernah memandangnya sebelah mata. Panorama yang mengesankan akan membuat Anda takjub. Alamnya masih bersih dan pure karena memang belum begitu ramai dikunjungi. Bentuk pantai ini seperti teluk dan unik karena posisinya di belakang ladang milik warga. Di sisi kanan kirinya terdapat tebing yang tinggi dan menghijau.

Harga Tiket Masuk di Pantai Kajaran

Untuk bisa memasuki kawasan pantai ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 10.000,- harga ini ternyata termasuk ke dalam tiket menuju ke dua pantai yang lainnya, yakni Pantai Paranglot dan Pantai Bajulmati. Sebab ketiga pantai ini memiliki satu gerbang wisata yang sama. Biaya lain yang harus dikeluarkan yaitu untuk parkir Rp 5.000,- per sepeda motor.

Pantai ini masih dikelola oleh warga, oleh sebab itu harganya pun tergantung kepada kebijakan peraturan desa. Jika musim liburan dan pengunjung naik harga pun bisa berubah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kajaran

Dari Pusat kota Malang kira – kira jaraknya 78 km ke arah selatan. Tepatnya, Pantai Kajaran ini berada di Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Prov.Jawa Timur. Jika ingin pergi ke pantai ini maka Anda dianjurkan untuk menggunakan kendaraan beroda dua saja. Kendaraan umum, belum ada yang lewat. Jika menggunakan mobil akan memakan waktu yang lebih lama. Lalu, rute mana yang harus dilewati?

Mulailah perjalanan Anda dari pusat kota. Setelah itu pergilah ke arah selatan menuju Gadang. Terus saja lurus hingga Anda mencapai Bululawang, kemudian Krebet. Ikuti jalan sampai nanti menemukan sebuah pertigaan. Ikuti papan arah yang menunjukkan jalan menuju Turen. Setelah itu pergilah menuju Sumbermanjing Wetan. Cari pertigaan Telon Manjing dan ambil jalan menuju Pantai Sendang Biru.

Belum sampai di penghujung jalan pantai, Anda akan sampai di Jalur Lingkar Selatan. Nah, dari sini Anda ikuti arah menuju Pantai Jelangkung. Terus saja hingga ada papan penunjuk arah yang membimbing Anda menuju Pantai Kajaran. Jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk sekitar jika Anda mulai tersesat.

Obyek Wisata di Pantai Kajaran

Keindahan Pantai Kajaran yang menawan dan tiada tara pastinya menyediakan tempat dan obyek wisata yang bisa membius para pengunjungnya. Apa saja itu?

1. Wisata Teluk

Pantai ini bentuknya bagai teluk. Terhadang oleh karang atau tebing yang besar dan menghijau membuat ombaknya tidak terlalu besar dan cenderung tenang. Jadi, Anda bisa menikmati keindahan tanpa akut derasnya ombak pantai selatan.

2. Gradasi Air Laut Memukau

Karena masih belum banyak tangan manusia yang menjamahnya, pantai ini sangat bersih dan jernih. Sampai – sampai Anda dengan jelas bisa melihat gradasi biru air lautnya bagai melihat sebuah lukisan alam yang nyata.

3. Hamparan Pasir Putih

Meskipun berada dekat dengan jajaran pantai lain sejenis namun ternyata tekstur pasir di pantai Kajaran lebih lembut. Anda bisa bermain sepuasnya. Mulai dari berguling – guling, menggambar atau menulis di pasir, membangun castil seperti anak – anak, berjemur, dan lain – lain. Pasirnya yang sangat lembut bahkan baik untuk dipakai merilekskan otot – otot kaki yang tegang dan lelah dalam perjalanan pun hilang.

4. Wisata Ala Pantai Pribadi

Wilayah pantai ini tidak terlalu besar, garis pantainya pun melengkung dan tidak terlalu panjang. Ditambah dengan medan yang tidak mudah membuat banyak orang tidak menyambanginya. Padahal pesona pantai ini sangatlah membelalak mata. Tetapi, inilah keuntungan bagi Anda! Pantai ini bagaikan sebuah pantai pribadi milik sendiri. Apalagi jika Anda datang di hari – hari biasa. Penasaran dengan sensasinya?

5. Biota Laut

Di tepi pantai terdapat karang dan bebatuan kecil tempat beberapa binatang bersembunyi. Meskipun tidak banyak, namun Anda bisa menemukan ikan kecil, sejenis keong, dan juga binatang air kecil lainnya. Anda bisa bermain – main untuk menangkap dan kemudian dilepaskan lagi. Sejatuh cinta apapun Anda dengan biota laut tersebut, jangan pernah di bawa pulang ya. Mereka tak akan bisa bertahan hidup di air tawar.

6. Bukit

Di sekitar pantai terdapat bukit tinggi menyerupai tebing yang menghijau. Anda bisa menaiki bukit tersebut setelah berputar dari arah belakang pantai. Pastinya dari atas Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat memukau. Pandangan mata juga akan terasa lebih luas.

7. Spot Fotografi

Untuk Anda yang menyukai dunia fotografi, silakan hunting foto sepuasnya di pantai ini. Untuk digunakan sebagai latar juga sangat oke. Ada pasir putih, bukit, ladang, pepohonan rimbun, batuan karang kecil, dan air laut yang tenang.

8. Rekreasi Tikar

Nama lainnya adalah piknik. Pantai Kajaran masih minim fasilitas dan bahkan tidak ada orang yang berjualan makanan di tempat ini. Jadi, sambil menikmati panorama yang luar biasa ini, dari rumah usahakan untuk membawa tikar atau kain sebagai alas duduk. Berikut bersama dengan beberapa camilan dan minuman ringan. Nikmati bersama sahabat untuk meningkatkan keakraban.

Selain delapan poin di atas, pastinya masih banyak lagi hal lain dan spot yang pasti akan membuat Anda betah bermain di pantai ini. Satu hal yang pasti, Anda akan mendapatkan suasana menyenangkan dan menyegarkan di tempat ini. Jadi, segera agendakan ya!

3 Ulasan dari Pengunjung Pantai Kajaran

  1. Belum banyak diketahui orang.. So, masih perawan cuy… Kuy lah kesitu.. Gratiss loww.

    19 Januari 2018, 20:01 WIB

  2. Cocok untuk bersantai

    21 Maret 2018, 02:55 WIB

  3. Tempatnya nyaman

    16 Juli 2018, 02:59 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Kajaran

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *