Pantai Kayu Arum

Pantai Kayu Arum, Gunungkidul, Yogyakarta

Kanigoro, Sapto Sari, Kranon, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871, Indonesia, Gunungkidul, Yogyakarta

13 Ulasan

Pantai Kayu Arum terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.  Lokasi pantai ini sebenarnya tidak jauh dari Pantai Baron tepatnya di sebelah baratnya.Selain itu pantai ini juga terlihat kecil namun tetap menunjukkan keindahan alamnya yang menakjubkan.

Pantai Kayu Arum tergolong pantai yang masih alami dan masih banyak yang mengetahui keberadaannya.Kebanyakan yang gemar ke pantai ini adalah kalangan muda yang sekedar untuk berjalan-jalan dan menyusuri kawasan laut di Gunungkidul. Jadi, pantai ini relatif sepi pengunjung khususnya untuk hari-hari biasa atau selain hari libur.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk menuju Pantai Kayu Arum sebesar Rp 10.000 per orang, dimana ini sering disebut sebagai retribusi masuk kawasan pantai termasuk untuk pantai di sekitarnya seperti Ngobaran, Nguyahan, Ngrenehan dan lainnya. biaya tersebut dipungut ketika sampai di pantai Baron karena memang sudah satu jalur dan lokasinya yang berdekatan.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil akan diparkir di sekitar pantai yang dikelola oleh penduduk sekitar. Hal itu disebabkan pemerintah daerah belum melakukan pengelolaan kawasan pantai Kayu Arum dengan maksimal. Untuk biaya parkir adalah Rp.5000.

Rute Menuju Lokasi

Akses menuju Pantai Kayu Arum bisa menggunakan kendaraan apapun baik sepeda motor maupun mobil. Biasanya kendaraan pengunjung diparkir di Baron Techno park. Jika berangkat dari Yogyakarta bisa melewati Wonosari – Bukit Patuk Gunung Kidul ketika sampai di pertigaan sebelum pantai Baron ambil arah belok kanan. Kemudian pengunjung bisa berjalan kaki menuju pantai Kayu Arum melewati semak dan hutan.

Lebih lengkapnya lagi jika dari Yogyakarta bisa melewati Ringroad Ketandan – Perempatan Sampaan – Piyungan – Bukit Bintang – Pasar Buah Sambipitu – Hutan Bunder – Perempatan Gading – Pertigaan Udara belok kiri menuju Wonosari – Pemda Wonosari – Pasar Wonosari – Petigaan sebelum Polres ke kanan – Jl Baron – Karangrejek – Mulo – Kemiri – Kemadang hingga pasar lurus menuju tempat pemungutan retribusi dan pertigaan sebelum pantai Baron ambil jalan belok kanan kemudian masuk ke arah pantai parang Racuk (Baron Technopark) lalu sampai ke pantai Kayu Arum.

Hal Menarik

1. Cocok Sebagai Tempat Memancing

Bagi pengunjung yang menyukai dunia memancing pantai ini bisa dijadikan sebagai alternatifnya. Di sana banyak terlihat beberapa jenis ikan baik berukuran besar maupun kecil di laut dekat pantai.Selain itu juga banyak terlihat hewan laut lain seperti gurita, ubur-ubur, dan sebagainya. Namun pengunjung harus tetap hati-hati demi menjaga keselamatan diri.

2. Bisa Menjadi Tempat Camping

Meskipun pantai ini cukup kecil dan sempit, namun tetap bisa dijadikan sebagai tempat camping baik bersama teman maupun keluarga kecil. Sebaiknya pengunjung membawa peralatan dan kebutuhan camping sendiri karena di sana tidak ada yang menyediakan. Pastinya camping harus tetap menjaga kebersihan pantai agar tetap indah dan alami.

3. Pantai Pasir Putih yang Bersih

Pantai Kayu Arum mempunyai pasir yang putih dan bersih karena memang masih sangat alami, tidak ada limbah maupun sampah yang bertebaran di pinggir pantai. Hal itu dikarenakan masih sedikit pengunjung yang datang ke pantai ini. Kondisi yang demikian bisa dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar bermain pasir, voli, dan lainnya.

Sementara itu lautan di pantai ini terlihat kebiruan menambah eksotisme pemandangan di sekeliling pantai. Pemandangan yang demikian, bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berselfi dan memotret keindahan laut. Sayangnya, ombak air lautan sangat besar sehingga mengharuskan pengunjung tetap hati-hati ketika bermain air di lautan serta tidak disarankan untuk berenang.

4. Dikelilingi oleh Batu Karang

Di samping kanan kiri pantai Kayu Arum terdapat bukit dan batuan karang yang menghiasi pemandangan sekitar. Batuan karang yang besar dan tajam menambah eksotis suara ombak yang berdebur besar.Meskipun demikian, batu karang tersebut bisa dimanfaatkan sebagai spot foto bagi pengunjung khususnya bagi yang suka selfi.

5. Berwisata Sambil Tracking

Perjalanan menuju pantai Kayu Arum dari Baron Technopark cukup sulit karena melewati jalan setapak yang licin. Selain itu juga ada beberapa bukit kecil yang harus dilalui, sehingga menjadikan perjalanan pengunjung menjadi seperti trekking. Oleh sebab itu, sebaiknya pengunjung menggunakan sepatu atau sandal anti licin untuk menjaga keselamatan.

Jarak dari Baron menuju pantai Kayu Arum sebenarnya tidak jauh hanya sekitar 100 meter. Selama dalam perjalanan pengunjung akan diiringi dengan suara kicauan burung, sehingga menambah semangat perjalanan pengunjung. Ketika sudah mendengan deburan ombak, maka di sanalah pantai sudah semakin dekat.

6. Pemandangan Sunrise dan Sunset

Pengunjung akan tetap bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset meskipun harus berjalan sedikit dari pantai Kayu Arum ke Baron Technopark. Di sana pengunjung dapat melihat jelas pemandangan matahari terbit dengan sinarnya yang cerah juga ketika terbenam yang menjadikan warna langit kekuningan dan jingga.

7. Tempat Latihan Tertentu

Pantai Kayu Arum ternyata cukup sering dijadikan sebagai tempat latihan tertentu seperti mapala dan semacamnya. Memang lokasi dan rute untuk menuju ke pantai ini sangat cocok untuk latihan kealaman. Seperti halnya harus melewati perbukitan, ladang pertanian, dan jalan yang terjal dan becek menjadi tantang tersendiri bagi pengunjung ke Pantai Kayu Arum.

Demikian adalah sedikit ulasan tentang Pantai Kayu Arum yang bisa menjadi solusi atau alternatif  wisata alam Anda. Wisata Pantai Kayu Arum ini sangat murah dan eksotis, sehingga bisa dijangkau oleh setiap kalangan baik pegawai, pelajar, dan lain sebagainya.

13 Ulasan untuk Pantai Kayu Arum, Gunungkidul, Yogyakarta

  1. Pantainya bersih, belum terjamah banyak orang, biasanya buat ngecamp buat yang pemberani karena jauh banget dari keramaian.. . Untuk menuju lokasi bisa titip parkir kendaraan ke satpam baron techno park, karena satpam tidak menerima uang parkir sebaiknya bawakan snack atau rokok untuk ganti jasanya. (Jangan pelit, belom ada tpr nya kok jadi kesini gratis). Dari baron waterpark ke lokasi pantai sekitar 20 menit (kaki cewek). Melewati jalan pinggir sawah yang sempit banget. Jalannya sulit dan membingungkan, jangan sungkan tanya petani yang lagi menggarap sawah. . Disarankan membawa p3k karena jalannya licin kalo hujan dan batu gampingnya juga tajam.. Kalo udah sampe pantai bakal terbayar usahanya kesini. Dijamin…. Di dekat pantai sudah ada toilet.

  2. Pantai yang eksotis dengan suasana yang sangat asri dan tenang. Cocok buat camping atau bagi yang ingin menyendiri. Lokasi pantai cukup jauh dengan akses yang masih sangat terbatas melewati jalan setapak di antara hutan jati dan kebun-kebun warga.

  3. )antai yang masih sangat alami berjarak sekitar 1 km garis lurus dari Baron Tekno Park, (BTP) jika Anda berminat mengunjungi dapat titip parkir di BTP

  4. Pantai masih sepi dan bersih,ada toilet, saran buat yg mau ngecamp sebaiknya di dekat gubuk saja, karna kalo petang angin kencang frame tenda rawan patah, ga rugi saya jauh2 dari kebumen wehehe. Dan tiket masuk hanya parkir 5 ribu di baron techno jika dari arah barat. Kalo dari arah timur(baron) akan ada bayar tiket di gerbang timur.

  5. Untuk Semua yang mau berkunjung ke Pantai Kayu Arum. -parkirnya di Baron TechnoPark. -jalan menuju lokasi pantai lumayan jauh ±1KM karena belum ada akses jalan motor menuju pantai harus jalan kaki. -Cocok Buat Ngecamp, pantainya yg masih Perawan,Sepi,Alami. -di Dekat pantai Juga terdapat Toilet,WC untuk memudahkan para wisatawan buang air besar,mandi,BAB. -Untuk parkir Motor semalam dikenai biaya 5Rb permotor. –

  6. Tempatnya private sekali, karena memang belum banyak orang tahu tentang Pantai Kayu Arum. Sesampainya di Baron Techno Park, berjalan ke arah barat sekitar 1km melewati ladang2 milik warga. Sayang disini tidak bisa melihat sunset karena tertutup tebing di sisi kanan dan kiri, tapi keseluruhan tempatnya nyaman baik untuk yang ingin camp maupun tidak.

  7. Tmpt nya bagus hanya saja perlu jalan sekitar 20 menitan

  8. Pantai sepi, parkir motor di Baron techno park kemudian jalan kaki sekitar setengah jam. Medan tidak terlalu susah. Ada 1 rumah warga di pinggir pantai tapi tidak disinggahi. Ada sumur & toilet sederhana tapi tidak ada warung. Jadi jangan lupa bawa bekal makan dan minum kalau mau ke sini atau bisa juga beli makanan & minuman di warung dekat tempat parkir Baron Techno Park

  9. Pantai ini masih asri belum banyak diketahui orang menyebabkan lingkungan masih terjaga… Akses menuju pantai bisa dicapai dengan berjalan 30 menitan sekitar 500 meter dari tempat parkir di Baron techno park, tetapi terbayar dengan pemandangan dan suasana pantai ini. Fasilitas juga masih terbatas, baru ada kamar mandi dan sumur. Jangan lupa membawa bekal jika ingin ke pantai ini

  10. Pantainya masih sepi, brasa pantai pribadi..sayangnya blm ada akses jalan kendaraan yg smpe ke laut..klo aku parkir di baron tekno park, lanjut jalan kaki melalui jln setapak sekitar 30 mnt..🏄

  11. Jalan menuju tempat ini masih alami..katna melewati ladang warga..jika kalian beruntung kalian akan dijamu oleh warga untuk membakar jagung atau sekedar minum teh di salah satu gubuk…pantai yg masih alami dengan biota laut ny..tidak ada warung disekitar pantai..dan bawalah air minum sendiri..

  12. Pantai Kayu Arum cocok buat kalian yang ingin menikmati suasana yang tenang dan damai.Selamat berkunjung

  13. bagus, natural akses jalan lumayan spot. mancing tebingan bagus

Berikan Ulasan