Pantai Kuncaran

Alamat: Area Gn., Sidurejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Alam Indonesia merupakan salah satu yang terbaik. Tak heran jika banyak turis dari mancanegara yang datang jauh – jauh untuk bisa menyaksikannya. Yap! Itu karena mereka tidak bisa menemukan keindahan tersebut di negara asal. Jadi, kita semua wajib bersyukur ya dengan karunia Tuhan ini. Salah satunya adalah dengan mengunjungi dan menjaga kebersihannya.

Adalah Pantai Kuncaran, tepi Samudera Hindia yang sangat menawan dan terjaga keindahannya sampai sekarang. Begitu membelalak mata dengan pasir putihnya yang tersapu oleh buih ombak, berpadu bersama cahaya matahari yang seakan – akan memeluk dengan hangat siapa saja yang datang. Apakah Anda jadi penasaran dengan objek wisata ini? Ikuti pembahasan selanjutnya!

Harga Tiket Masuk di Pantai Kuncaran

Agar dapat menikmati keindahan Pantai Kuncaran, Anda wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 7.000,- selain itu, jika Anda membawa kendaraan pribadi maka uang retribusi parkir yang harus dibayarkan adalah Rp 2.000,- sampai Rp 5.000,- Sebuah liburan indah dengan budget rendah. Harga tiket ini bisa sekaligus untuk memasuki pantai Ngudel. Sebuah keuntungan, dua dalam satu.

Rute Menuju Lokasi Pantai Kuncaran

Alamat Pantai Kuncaran adalah Desa Sindurejo Gedangan Malang Jawa Timur. Berdekatan dengan Objek Wisata Pantai Ngudel. Untuk perjalanan dari kota memakan waktu kurang lebih dua jam. Dari stasiun, kira – kira jaraknya 55 km. Direkomendasikan untuk pergi dengan kendaraan pribadi ya! Selain lebih hemat, Anda juga tak perlu khawatir dengan keterbatasan waktu.

Untuk bisa mencapai tempat tersebut Anda bisa melewati rute yang berada di JLS atau jalur lintas selatan. Dari Malang, Anda langsung saja menuju Gondanglegi. Setelah itu, ambil jalan yang mengarah ke daerah Balekambang. Kemudian ke Nganteb, dan terakhir pilihlah jalur menuju Sindurejo. Setelah Anda mencapai Sindurejo, carilah papan penunjuk jalan menuju Pantai Kuncaran.

Jika Anda bingung dan takut tersesat, sempatkan untuk bertanya kepada penduduk sekitar. Meskipun tergolong baru namun para penduduk sudah mengetahui keberadaan pantai yang indah itu. Atau bertanyalah tentang lokasi Pantai Ngudel karena masih satu wilayah dan tempat parkirnya pun berada pada satu tempat yang sama.

Obyek Wisata di Pantai Kuncaran

Tak hanya bisa menikmati keindahannya saja, Anda bisa melakukan banyak aktivitas ala anak pantai di sini. Apa saja itu?

1. Spot Memancing

Untuk para mancing mania, kabar baik untuk Anda bahwa pantai ini ramah untuk para pemancing. Jika berwisata bersama keluarga, maka para bapak – bapak dan abang – abang bisa menghabiskan waktu dengan memancing. Persiapkan kail dan peralatan dari rumah ya, karena disini tidak menyediakan persewaan alat pancing.

2. Swafoto dan Pre Wedding

Berfoto ria tentu tidak bisa ditinggalkan. Sayang sekali, pemandangan sebagus ini “for your eyes only”. Background hamparan pasir dan airnya yang membiru pasti akan menghasilkan foto yang menarik. Berfoto di antara gradasi air laut juga patut menjadi salah satu latar yang direkomendasikan. Unggah di media sosial, pasti bisa membuat para netizen berdecak kagum dengan pesonanya.

Bahkan untuk Anda yang ingin melakukan foto pre wedding, pantai ini sangat cocok. Foto ala – ala sepasang anak pantai misalnya, atau dengan tema petualangan, bisa juga foto prewed bertemakan alam dan manusia, vintage, dan lain – lain.

3. Bermain Pasir

Tak hanya anak – anak, Anda yang notabene adalah orang dewasa boleh juga bermain pasir. Pasir pantainya begitu lembut dan putih. Membuat kolam – kolaman atau membuat istana pasir pun bisa! Menguburkan setengah badan di pasir sambil menantang terik pun patut untuk dicoba, lho!

4. Menikmati Sunset

Para pemburu sunset, silakan berbondong – bondong datang menuju Pantai Kuncaran. Jika cuaca mendukung, maka sunset sempurna bisa Anda saksikan. Berpadu dengan langit jingga sore bersama debur ombak dan hembusan sepoi angin pasti akan menjadi salah satu moment yang sayang untuk dilewatkan.

5. Sunrise

Bagi para penikmat matahari pagi, silakan datang sebelum subuh. Saksikanlah sang fajar yang naik ke permukaan dengan gagah dan hangat. Sekaligus Anda bisa berjemur. Matahari pagi hingga pukul sembilan sangat bagus untuk kulit. Anda pun menjadi lebih siap dan semangat dalam menjalani hari.

6. Jalan – Jalan di Sepanjang Garis Pantai

Karena ombaknya yang tidak tenang maka Anda tak boleh berenang, tapi masih tetap bisa bermain air dengan berjalan di bibir pantai saja. Pantai Kuncaran memiliki garis pantai yang panjang. Berjalan dari ujung hingga ke ujung yang lain bersama orang terdekat sambil mengobrol maupun bercanda pasti akan meingkatkan kwalitas hubungan.

7. Camping

Tak lengkap rasanya jika tidak berkemah. Untuk bisa menikmati pantai secara maksimal, Anda bisa mendirikan tenda di tepi pantai ini. Datang dari pagi hingga pagi kembali pun mungkin tak akan ada puasnya. Tetapi setidaknya Anda sudah bisa melakukan begitu banyak hal. Bahkan malamnya Anda bisa melakukan foto ala milky way photography bersama jutaan bintang di langit dan rembulan.

8. Piknik Tepi Pantai

Hal mengasyikkan lain yang bisa dilakukan disini adalah piknik. Bawa perbekalan dari rumah bersama teman – teman atau keluarga. Hamparkan tikar dan hidangkan makanan. Lengkapi dengan minuman ringan dan beberapa potong buah – buahan tropis. Nikmatilah kuliner sendiri di tepi pantai, pasti akan ada sensasi tersendiri dan lebih menyenangkan.

9. Bermain Layangan

Angin Pantai Kuncaran di sore hari sangat baik untuk bermain layang – layang. Anda bisa menerbangkannya disini. Akan tetapi, bawa sendiri layangannya dari rumah ya! Disini tidak ada yang menjualnya.

10. Refreshing

Menyegarkan pikiran setelah terus menerus bekerja dan menghadapi banyak masalah adalah keharusan. Salah satu terapi terbaik adalah pergi ke pantai ini. Apalagi pantai Kuncaran masih sepi, jadi Anda bisa benar – benar memiliki quality time dengan diri sendiri. Pohon dan perbukitan hijau, dipadu dengan pasir putih yang membuat kaki lebih rileks, serta biru air lat sejauh mata memandang, pasti sempurna.

Wah banyak sekali ya aktivitas dan spot menarik di pantai ini? Pantai yang masih sepi dan bersih akan memberikan pemandangan yang sungguh menyejukkan dan merilekskan. Jadi, untuk Anda yang suntuk dan ingin bermain dengan alam, pergilah ke Pantai Kuncaran.

4 Ulasan dari Pengunjung Pantai Kuncaran

  1. Pntai mlang punya ciri khas masing2 .. Istimewaa pantainya. Ig @sotek_djo

    20 Desember 2017, 19:43 WIB

  2. Pantainya tenang, garis pantai panjang, bisa dapat sunset 💕

    19 Maret 2018, 05:13 WIB

  3. Pantainya ga terlalu ramai, bersih, bisa melihat ganggang merah dari permukaan,

    30 Juni 2018, 22:10 WIB

  4. Satu pintu dengan pantai ngudel. Pantai ini menawarkan keindahannya dikala senja atau pagi hari. Suasana yang sepi membuat kita betah berlama lama berada disini. Letaknya persis disebelah barat pantai ngudel. Disarankan berhati hati karena ombaknya cukup besar. Saat terbaik bermain airnya adalah saat air laut mulai surut.

    2 Juli 2018, 06:29 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Kuncaran

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *