Pantai Nganteb

Alamat: Pantai Nganteb, Area Gn., Sidurejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Para arek – arek Malang, pernahkan Anda mengunjungi Pantai Nganteb? Sejak ditemukan dan dibuka, pantai ini semakin ramai. Tak hanya orang Malang, Anda yang berdomisili di luar Jawa Timur pun dianjurkan untuk memasukkan Pantai Nganteb menjadi salah satu destinasi wajib. Bagi Anda yang kebetulan sedang berkunjung ke kota ini, jangan sampai tidak mampir ya!

Selain untuk wisata pantai, nyatanya beberapa orang datang untuk berziarah dan bahkan bertapa untuk mencari keuntungan. Di pantai tersebut terdapat pusara yang memang sering didatangi masyarakat sekitar. Wah, jadi membuat Anda penasaran bukan? Hilangkan rasa penasaran Anda dengan segera mengunjunginya.

Harga Tiket Masuk di Pantai Nganteb

Untuk dapat memasuki pantai Nganteb, Anda wajib membayar retribusi sebesar Rp 5.500,00 – Rp 7.500,00. Kenapa harganya berbeda? Untuk mendapat harga terendah, Anda bisa datang saat weekdays atau di hari saat bukan libur panjang.  Tetapi Rp 7.500,00 merupakan harga yang sangat murah bila dibandingkan dengan keindahan yang akan disaksikan.

Rute Menuju Lokasi Pantai Nganteb

Dikelola oleh Perhutani KPH Malang, pantai ini letaknya berada di Dusun Sukorejo, Tumpakrejo Gedangan Malang Jawa Timur. Kira – kira sekitar 72 km dari pusat Kota Malang. Langsung saja Anda mengambil arah ke Pasar Gadang jika sudah mencapai tengah kota. Setelah itu, cari papan penunjuk arah menuju Bululawang dan Gondanglegi. Lalu ambil jalan menuju ke Pantai Balekambang.

Jika Anda sudah sampai di Balekambang, carilah papan penunjuk arah yang akan menuntun Anda menuju Pantai Nganteb. Jika bingung, jangan segan untuk bertanya kepada masyarakat sekitar. Mereka dengan senang hati akan memberi tahu jalan menuju ke sana.

Obyek Wisata di Pantai Nganteb

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di pantai ini. Hal tersebut dikarenakan objek wisatanya yang begitu menarik, mempesona, dan unik. Apa saja itu?

1. Rekreasi dan Piknik

Untuk Anda yang bertujuan hanya untuk sekedar menikmati alam saja, di pantai ini terdapat dudukan yang dibuat dari potongan kayu besar. Anda bisa bercengkrama dengan sahabat sambil menghabiskan kudapan. Di dekatnya juga terdapat pepohonan dan bunga pandan yang cantik. Tentu itu menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

2. Berenang dan Bermain Air

Bukan untuk berenang di pantai ya! Pantai ini gelombangnya besar, jadi jika Anda ingin berenang pergilah ke muara sungai di sebelahnya. Airnya sangat bersih dan bening, juga tidak asin. Badan Anda tak akan lengket seperti saat mandi di air laut.

3. Tebing Karang

Di sekitar pantai terdapat tebing karang yang cantik. Untuk mencapainya Anda harus melewati Gunung Batok. Tenang saja, gunung ini tidak besar. Hanya setinggi 50 meter kurang lebih. Tetap hati – hati ya, karena jalannya kecil dan cukup terjal. Dari atas Tebing Karang, para wisatawan bisa melihat panorama yang menyejukkan mata. Kapan lagi bisa melihat pemandangan seperti ini di kota?

4. Kuliner Pantai

Di dekat Pantai Nganteb terdapat perkampungan nelayan yang setiap hari menyediakan ikan segar. Pesan saja dan minta untuk dimasak sesuai dengan keinginan. Setelah itu, makanlah di tepi pantai sembari menikmati pesona Nganteb yang tiada tara. Anda juga bisa menjadikan kuliner khas Nganteb sebagai oleh – oleh keluarga di rumah.

5. Wisata Religi

Sudah disinggung di awal bahwa di tempat ini terdapat pusara atau makam keramat. Para penduduk dan pengunjung sering kali melakukan ziarah di tempat tersebut. Jika Anda ingin tahu, Anda bisa pergi ke Pendopo Agung Gunung Batok, tepatnya 200 meter dari pantai. Untuk mencapai puncak, sudah disediakan tangga bertingkat. Di dalam Pendopo tersebut, juga ada sebuah kentongan yang dianggap keramat.

Agar Anda tidak kehilangan kehistorisan tempat tersebut, Anda bisa mengajak penduduk asli untuk memandu Anda. Beberapa pengunjung sering juga melakukan hal ini dan membayar seikhlasnya. Ingat! Jagalah tata karma, jangan berkata kotor, jangan menyumpah, dan tetap jaga kebersihan.

6. Kemah Pantai

Untuk Anda yang menyukai kehidupan alam terbuka, silakan berkemah di pantai ini. Bahkan, ketersediaan air bersih dan perkampungan nelayan yang tidak jauh bisa mendukung diadakan malam keakraban organisasi di sini. Peduduk bisa membantu beberapa hal jika memang diperlukan. Penginapan pun di sekitar Pantai Nganteb sudah tersedia, jadi jika air pasang Anda bisa beralih ke penginapan tersebut.

7. Surfing Santai

Karena ombaknya yang tidak tenang dan berpotensi untuk digunakan untuk selancaran, Anda bisa belajar surfing di pantai ini. Meskipun tidak sebesar gelombang yang ada di pantai – pantai Bali, namun besarnya stabil sehingga untuk Anda para pemain surfing pemula, bisa belajar surfing dengan tenang di pantai ini.

8. Menikmati Senja

Pemandangan matahari tenggelam dari Pantai Nganteb benar – benar luar biasa. Sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Bahkan banyak wisatawan yang berhasil mengabadikan jingganya langit bersama matahari yang mirip dengan bundarnya kuning telor ceplok.

9. Foto Suka – Suka

“No pict, hoax!” pernah mendengar ungkapan ini bukan? Tak ada foto, tak ada bukti pernah mengunjungi suatu tempat. Nah, untuk membuat Anda tetap eksis dan hits di media sosial, sempatkan diri untuk mengambil gambar ya! Bisa dimana saja, misalnya tengah – tengah pasir lembut pantai, tepi laut, dekat Gunung Batok, di Tebing Karang, atau bisa juga berfoto siluet saat senja. Wah epik sekali pastinya!

10. Jalan – Jalan Sepanjang Pantai

Garis Pantai di sini lumayan panjang. Anda bisa berjalan – jalan dari ujung sampai ke ujung lagi. Meskipun di satu lokasi, tapi dijamin Anda tidak akan bosan dengan pemandangan yang ditawarkan. Mau bukti? Coba datanglah sendiri ke pantai ini!

11. Bermain Layangan

Saat musim panas tiba, Anda bisa datang sambil membawa layang – layang. Terbangkan saja di tepi pantai. Anginnya yang cukup kuat mampu membuat layang – layang terbang ke atas lebih mudah dan cepat. Adu layangan Anda dengan para sahabat. Pasti akan menjadi quality time yang tak terlupakan.

Wah banyak sekali bukan hal – hal yang bisa dilakukan di pantai ini? Alam Pantai Nganteb memang sangat mendukung untuk melakukan aktivitas pantai apa saja. Anda tak akan menyesal meluangkan waktu untuk singgah ke pantai ini. Jangan lupa ajak para sahabat dan kerabat agar lebih ramai ya!

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Nganteb

  1. Mengunjungi pas waktu liburan lebaran, sangat ramai tp terobati dengan pindah di pantai sebelahnya, pantai putri ayu pintu masuk jadi satu dengan pantai nganteb. Ombak besar ada larangan untuk berenang, ada petugas yg selalu mengingatkan. Harga tiket 10rb/orang, parkir mobil 15rb

    3 Juli 2018, 22:44 WIB

  2. Syuka syuka syuka…!!. Deretan pantai yg bersebalahan sama tebing.gak begitu padat..masih agak sepi.bersih…. Yang bikin agak takjub..sisi sebelah pantainya ada sungai tawar yg bermuara kepantai..jadi bisa maen maen lewat tebing rasa sungai..rasa pantai..cobain deh!!

    6 Juli 2018, 14:49 WIB

  3. Pantai selatan dng pemandangan pantai yg bagus..cm sedikit kotor oleh sampah2 pengunjung..ada bukit2 batu nya jg

    8 Juli 2018, 18:46 WIB

  4. Pantainya indah,bersih udaranya sejuk , ada kolam air tawar di sini, bisa main – main air di pinggir pantai di karenakan ombaknya kecil, fasilitas juga lumayan lengkap , kalau hari biasa ke sini pantainya sepi

    21 Agustus 2018, 00:38 WIB

  5. Pantai yg indah sekali di wilayah selatan kab.malang,tepatnya di desa Sidorejo,kec.gedangan,kab.malang,,jalan sangat mulus (jalur lintas selatan),tiket masuk 5 ribu rupiah/org,parkir sepeda motor 5 ribu,parkir mobil 10 ribu rupiah,sewa tenda 20 ribu/malam,toilet 2 ribu,,,,tempat nya enak buat bersantai dg keluarga,,tapi dilarang mandi di pantai bila ombak besar,karena berbahaya,,silahkan berkunjung,

    26 Agustus 2018, 01:50 WIB

  6. Jalanannya menuju pantai diperbaiki donk.. Buatlah senyaman mungkin.. Aplg ini tempat wisata… Hrs benerr dibangun agar bisa menarik wisatawan.. Soalnya pantainya indah banget

    8 September 2018, 10:08 WIB

  7. Pantai dg dua lokasi…. Pantai nganteb dan pantai taman ayu. Sering di gunakan latihan marinir dan dibuat lokasi surfing internasional.. great beach . Disini dapat melihat sunser dengan posisi yg amat bagus beda dengan pantai lainnya. Kita bisa memanjat tebing dari pantai taman ayu untuk melihat keseluruhan pantai nganteb.. Makanan enak disini dan ombak paling lumayan besar ada di lokasi pantai ini..

    16 September 2018, 14:51 WIB

  8. Akses jalan menju lokasi gampang karena penunjuk arah sudah banyak terpasang, cocok untuk kemah atau liburan bersama keluarga, cocok juga untuk festival layang

    27 September 2018, 05:25 WIB

  9. Pantai yang masih alami dikabupaten Malang.. Meski tempat sangat masuk jauh kedalam hutan tapi akan terbayarkan dengan tempat yang sangat bagus.. Selain digunakan wisata, sebelah timur gunung karang adalah tempat/markas TNI AL.. Spektakulerr..

    19 Oktober 2018, 02:54 WIB

  10. Pantai romantis mempesona. Pantai Taman Ayu adalah pantai kecil yg berada di dalam Pantai Nganteb tepatnya sebelah barat Panembahan Gunung Bathok.Pantai ini mempunyai spot Puncak Taman Ayu yang mana dari atas puncak bukit ini kita bisa menyaksikan SUNRISE dan SUNSET yang begitu menawan dan memukau.Pantai ini juga tempat pembaretan TNI dan berbagai acara TNI PURBOYO di adakan disini.Dan pantai Nganteb jg surganya untuk surfing,bibir pantai yg panjang dan luas shg even2 besar jg sering di adakan disini

    26 Oktober 2018, 04:16 WIB

  11. Pantai yang ombaknya cukup besar. Dipinggiran pantai juga Ada gazebo kecil, cocok buat santai sambil minum air kelapa karna gak jauh dari situ banyak warung yang jual kelapa. Jalan dari parkiran ke pantainya juga deket, jadi cocok buat bawa orang tua atau anak kecil yang gak bisa jalan jauh.

    27 Oktober 2018, 10:24 WIB

  12. pantai yang cantik 😍😍, ombaknya cukup berteman kalau cuma buat jalan” santai di pinggir pantai, atau bisa juga bersantai ria di gazebo yg tersedia di pinggir pantai. htm murah banget, cuma 10k per orang, dan untuk parkir 10k ajah, itu udah bisa masuk pantai nganteb sama taman ayu (sama aja kayaknya yaa) 😊. dan buat yang haus”, recomended es kelapa muda (degan) nya, cuman 10k ajah loohh. udah banyak warung makan, penginapan dan toilet tersedia, cocok banget buat liburan sekeluarga . meski judulnya wisata religi, tapi juga cocok kok buat wisata keluarga 😊

    2 November 2018, 08:11 WIB

  13. Pantai yang sangat bagus dan masih sunyi.Pada saat kesana kebetulan juga ada penampilan seni oleh warga sekitar.Cocok untuk ngecamp namun jangan terlalu ketengah karena ombak yang besar

    18 November 2018, 00:37 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Nganteb

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *