Pantai Ngrumput

Alamat: Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

(4.9/5) Baca ulasan

Pantai Ngrumput terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Ngrumput termasuk pantai yang masih sangat alami dan belum banyak diketahui oleh warga luar. Begitu juga belum banyak wisatawan yang berkunjung di pantai Ngrumput.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngrumput

Harga tiket masuk Pantai Ngrumput sangat terjangkau yaitu sebesar Rp 10.000,00 per orang. Harga ini sebenarnya sudah termasuk tiket masuk ke pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Drini, Baron, Krakal, Kukup, Indrayati, Sepanjang, dan Watu Kodok. Jadi, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini seharusnya tidak bisa melewatkan destinasi wisata pantai sekitar.

Bagi pengunjung yang membawa motor harus parkir di wilayah pantai Drini dan dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per motor. Sementara itu untuk parkir mobil dikenakan Rp 5.000 dan bus Rp 20.000. Jika pengunjung ingin naik ke bukit karang akan dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 dan selfie di spot foto sebesar Rp 2.000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput jaraknya berdekatan dengan Pantai Drini tepatnya sekitar 1 km ke arah timur. Adapun rute yang bisa dilalui dari Pantai Drini bisa dilakukan dengan cara jalan kaki menyusuri pantai. Jika wisatawan membawa motor, alangkah baiknya diparkir di lokasi Pantai Drini saja.

Jalan dari Pantai Drini menuju Pantai Ngrumput ini cukup sulit untuk dilalui dengan kendaraan roda dua apalagi roda empat. Hal itu disebabkan di sana merupakan jalan setapak yang hanya bisa dilalui dengan cara jalan kaki. Dari jalur ini hanya membutuhkan waktu sakitar 20 menit. Selain itu, wisatawan juga bisa melalui jalur bukit Kosakora yang membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Jika perjalanan dimulai dari Yogyakarta, maka rute yang bisa diambil adalah menuju Cipayung kemudian Patuk – Sambipitu – Lanud TNI Gading – Siyono – Bundaran Tuga BPD jalan lurus ke Timur. Setelah itu akan sampai ke Wonosari dan lanjut menuju Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Restribusi kawasan pantai Gunung Kidul lalu mengikuti arah Pantai Drini dan Anda sudah sangat dekat dengan Pantai Ngrumput.

Sementara itu, jika dari Solo bisa melalui Klaten – Yogyakarta – Wonosari – Pos Retribusi Masuk Pantai Baron dan lainnya kemudian melewati Pantai Drini kemudian bisa sampai ke Pantai Ngrumput.

Daya Tarik Pantai Ngrumput

1. Pemandangan Bukit Kosakora

Sebelah timur pantai Ngrumput terdapat bukit yang bernama Kosakora. Di sana pengunjung bisa melihat pemandangan lautan juga pantai Ngrumput yang eksotis.Selain itu juga bisa menjadi spot foto yang indah dengan tetap memperlihatkan pantai Ngrumput.

Bukit ini sebenarnya menjadi destinasi wisata tersendiri, namun jika wisatawan berkunjung di bukut Kosakora pastinya tidak bisa melewatkan pantai Ngrumput. Secara tidak langsung, wisatawan juga bisa melakukan hiking ringan melalui buki Kosakora menuju pantai Ngrumput. Jadi, kedua objek wisata ini bisa dikatakan sebagai satu kesatuan atau saling berhubungan.

2. Lautan Biru yang Indah

Laut di tepi Pantai Ngrumput sangat indah dengan warnanya yang kebiruan alami. Hal ini bisa menjadi objek foto pengunjung termasuk untuk selfie dan sebagainya. Laut yang biru tersebut juga terbilang bersih, sehingga akan terlihat lebih eksotis jika dilihat dari kejauhan.

Keindahan laut biru di pantai Ngrumput disebabkan karena masih asli dan alami. Laut di sana tidak terkontaminasi dengan limbah, sampah, maupun bahan kimia lain yang dapat merusak ekosistem laut. Jadi, hewan dan tumbuhan laut juga tetap hidup dan terjaga dengan baik.

3. Pemandangan Rumput dan Hewan Laut saat Laut Surut

Ketika air laut surut terdapat pemandangan eksotis di pantai ini yaitu akan terlihat rumput dan hewan laut yang indah. Rumput laut terlihat sangat segar dan eksotis di atas batuan karang yang tipis.

Begitu pula dengan hewan laut seperti ubur-ubur dan bintang laut yang seolah sedang mendarat di tepi pantai. Pemandangan ini cukup langka karena hanya beberapa pantai saja yang mengalami hal ini, termasuk Pantai Ngrumpun. Jadi, sebaiknya wisatawan mempersiapkan kamera untuk mengabadikan momen atau pemandangan tertentu yang eksotis.

4. Pantai Pasir Putih yang Bersih

Pantai Ngrumput mempunyai pasir yang bersih dan putih, ditambah pula beberapa batuan karang di sekitar pantai.Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk sekedar bermain pasir, bermain bola voli, dan sebagainya.

Kebersihan di pantai ini memang lebih terjaga sebab ada pegawai yang bertugas untuk melakukan pembersihan sampah. Bagi pengunjung yang melakukan camping di sana akan dikenakan biaya retribusi untuk kebersihan pantai.

5. Cocok untuk Camping

Pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga sangat cocok untuk lokasi camping bersama teman dekat maupun keluarga. Pengunjung bisa menyewa tenda yang telah disediakan di sana harganya sekitar Rp 70.000–Rp 80.000 atau bisa membawa sendiri.

Bagi pengunjung yang sedang camping dan ingin melakukan bakar-bakar tidak perlu khawatir, karena di sana sudah ada yang berjualan kayu bakar harga sekitar 10 ribu per kayu. Sementara itu, untuk menjaga kebersihan pantai juga ada biaya retribusi kebersihan sekitar 15 ribu.

6. Pemandangan Sunset dan Sunrise yang Indah

Dari Pantai Ngrumput ini wisatawan bisa menikmati pemandangan sunset maupun sunrise yang sangat indah. Pengunjung bisa memanfaatkan hal itu untuk sekedar berfoto di tengah pemandangan sunset maupun sunrise.Wisatawan juga bisa melihat keindahan sunrise dan sunset dari atas Bukit Kosakora. Jadi, ini bisa menjadi spot foto yang instagramable.

7. Tebing dan Lorong Goa

Sekitar Pantai Ngrumput terdapat banyak bebatuan yang menghiasi laut dan pantai. Tebing yang ada di pantai ini cukup tinggi serta terdapat lorong goa yang menakjubkan. Begitu juga terdapat karang-karang besar yang berlubang, dimana ini menjadikan ombak yang mengenainya akan bersuara secara alami dan indah.

Demikian adalah sedikit ulasan tentang pantai Ngrumput yang bisa menjadi solusi wisata alam Anda. Wisata pantai Ngrumput ini sangat murah, sehingga bisa dijangkau oleh setiap kalangan baik pegawai, pelajar, dan lain sebagainya.

16 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ngrumput

  1. A perfect place for weekend gateway where you can enjoy a beautiful sunset and sunrise if you camp over a night. Pantai ini punya view spektakuler dengan dua bukit karang yang mengapit dan hamparan rumput laut nan hijau. Apalagi, pantainya belum begitu rame, jadi berasa private gitu. Untuk menuju lokasi pantai harus trekking melewati bukit dan sawah sekitar 10 menitan. But the view is so worthy. Akomodasi juga sudah cukup bagus. Kalau mau camping, disarankan bawa makanan dan cemilan sendiri karena warung2 sekitar hanya jual indomie dan mie goreng. Tenda bisa disewa dengan harga 50 rebu saja. And ada parkiran 24 jam dan community campers yang bersahabat. Have a great camping.

    8 Juli 2018, 00:51 WIB

  2. Gak bosen2 beberapa kali mengunjungi tempat ini..terakhir abis lebaran kemaren,selain Nyaman,buat camp jg nyaman.. Sekililingnya udh bnyak warung makan,mushola,wc,bahkan kayu bakar ada yg jual dll sewa tenda jg ada… ,beda yg dulu m skrg ,skrg udh dikelola oleh pengelola pihak setempat.. ,selain pantainya ,naik ke atas jg ada bukit yg jg jd destinasi wisata yg wow bgt, bisa jg buat camp muat beberapa tenda aja.. Dr atas disuguhi beberapa jajaran pantai dari p drini,trenggole,kukup,baron dsb.. Dijamin mantab pokoknya ( tapi jgn lupa buang sampah pd tempat yg udh disediakan y..klo gk dpt sial ntar haha)

    25 Juli 2018, 02:12 WIB

  3. Pantai Ngrumput terletak di sebelah timur pantai Drini. Parkirannya cukup luas. Untuk sampai di pantainya kita harus berjalan kaki dari parkiran dan melewati jalan setapak kanan kiri adalah ladang warga, kurang lebih 10-15 menit. Jika kalian datang di malam hari, sebaiknya bawalah penerangan sendiri, karena di sepanjang jalan menuju pantai minim lampu.. . Pantainya cocok untuk camping atau hanya sekedar piknik keluarga, pantainya bersih, sudah banyak terdapat warung-warung, mushola, dan toilet.. . Disisi kiri pantai terdapat bukit, yaitu Bukit Kosakora. Untuk mencapai puncak bukit kita harus berjalan menaiki tangga alami dari bebatuan. Di bukit tersebut kita bisa mendirikan tenda, berfoto-foto ria, selfie, atau hanya sekedar menikmati pemandangan laut disisi selatan dan bukit-bukit hijau disisi utara. Terlihat pula pantai-pantai lain, seperti Pantai Drini dll.

    8 Agustus 2018, 07:45 WIB

  4. Pantai yang sangat indah yang memiliki panorama alam yang sangat luar biasa. pesona alam yang ditawarkan begitu sangat menakjubkan Bagi siapapun yang berkunjung ke sana. Dengan pasir putih dan ombak lautan yang berdebur, menambah kelokan lukisan alam. Akses jalan yang mudah walaupun masih belum bagus infrastruktur yang ada untuk menuju ke lokasi Pantai tersebut tetapi wisatawan masih bisa untuk menuju ke sana dengan kendaraan roda dua.

    15 Agustus 2018, 03:13 WIB

  5. Pantainya keren. Dulu pertama kali kesini tahun baru 2017. Bersama teman teman kami mendirikan tenda buat nginep. Penjaganya ramah. Tempatnya juga gak terlalu dari kota jogja. Sekitar 2 jam lebih.

    18 Agustus 2018, 23:53 WIB

  6. Tidak terlalu ramai kemarin sunset nya bagus bener sayang nya gak bisa foto sendiri. Bisa booking kamar mandi klo ramai”, bisa beli kayu bakar buat api unggun

    9 September 2018, 23:36 WIB

  7. ini pantai yg sangat indah, bs utk camping jg gaess. ada bukit kosakora jg ckup byar 2rb saja. utk yg mau camping byar 15rb. tempatnya terawat, ada warung makan dan kamar mandinya banyak. mantull dah pokoknya.

    13 September 2018, 17:41 WIB

  8. pantai yang sangat indah ,anda bisa camping dengan keluarga ,teman ,kerabat ,pacar ,buat yang jomblo/single jangan berkecil hati dipantai ini banyak juga wanita cantiknya loh, seksi-seksi pula , banyak dedek-dedek gemesh ,jika anda beruntung anda akan mendapat pendangan yang sangat baik ,baik untuk jiwa maupun raga anda ,untuk akses ,dari kota jogjakarta sekitar 5 menit jika naik boeing 736 akan tetapi pergi dengan boeing 736 tidak disarankan karena belum ada tempat untuk mendaratnya ,jadi gunakanlah motor/mobil dengan waktu tempuh 2-3 jam, warung-warung disekitar pantai juga menyediakan makanan yang lumayan murah ,tenda(dome) ,api unggun.

    28 September 2018, 13:41 WIB

  9. Pantainya bagus sekali, dan dulu waktu kesini masih belum terlalu ramai dengan orang yang camping, sudah ada beberapa warung yang menyediakan fasilitas seperti makan, minum, dan wc.. Pantainya juga terletak disamping bukit kosakora, cocok untuk melihat sunrise atau sunset.. Untuk akses jalan motor dan mobil belum bisa masuk dan pengunjung harus jalan kaki melewati bukit dulu motor saya bisa diparkirkan didekat rumah warga dengan biaya 5k/malam.

    2 Oktober 2018, 18:52 WIB

  10. Pantainya baguuuus banget, saran ni ya jalo mau kesini jangan hari libur karena akan sangat penuh, ke sini kalo hari biasa aja dijamin kaya punya pantai pribadi, pantai ini cocok buat orang orang yang suka explore pantai, karena setelah memarkirkan kendaraan bermotor kita harus jalan ke pantainya sekitar 45 menit, dan kita akan disuguhi oleh nuansa pedesaan yang masih sangat asri

    3 Oktober 2018, 01:20 WIB

  11. Pantai ngrumput gunung kidul…salah satu pantai yg blm bnyk dikenal..masih alami..dsini bnyk petani rumput laut..

    9 Oktober 2018, 00:31 WIB

  12. Pantai yang belum terlalu terekspos. Karena akses jalan langsung ke pantai belum ada. . Kalian harus masuk lewat pantai drini dulu. Lalu lewati jalan setapak, jalannya lumayan terjal kaya lagi ngedaki gunung. Tapi perjuangan untuk mencapai pantai ngerumput ini akan terbalaskan ketika melihat pantai yang masyaAllah indahnya. . Disini juga bisa camp ya… Sedikit opini mungkin mengapa namanya ngerumput karena banyakkkkk sekali berbagai jenis rumput laut di pantai ini💕💕. So tunggu apa lagi buat mengeksplore pantai ini?

    21 Januari 2019, 08:06 WIB

  13. Pantai yang asik buat ngecamp, biarpun nggak sepi sepi banget karena udah cukup banyak warung warungnya. Pantainya nggak begitu luas sih, bagian timur ada tebing tinggi bagus banget kayak Uluwatu Bali. Terus bisa naik ke atas bukitnya juga disana juga bisa dipake buat camping. Oiya untuk sampai ke pantainya nanti parkir dulu terus kita harus jalan kaki tracking bentar 10menit turun ke pantai dan biasanya nanti ada warga lokal yang nganterin kita ke pantai. Kalau mau camp sampai sana pasti ditawarin beberapa alat bebakaran gitu karena banyak jasa sewa. Well tempatnya asik kalo dikunjungi pas weekday karena nggak akan rame rame amat ehehhe

    21 Februari 2019, 17:18 WIB

  14. Suka banget sama pantai ini!!!1!!1!!!!. . View nya bagus, pantainya masih bersih, dan warga lokalnya ramah-ramah. Pantai ini bisa dibilang salah satu ‘Hidden Beach’ yang ada di Gunung Kidul karena masih terhitung sepi. . . Ini bakalan jadi salah satu pantai yang aku rekomendasiin kalo ada yang bingung mau ke pantai mana di Jogja. . . Lagu Sesuatu di Jogja nya Adithia Sofyan, bisa dijadiin playlist wajib pas kamu ke pantai ini.. . Buat kamu yang suka pantai pasir putih, you’re gonna love it! 💃💃💃

    23 Februari 2019, 22:48 WIB

  15. Gara2 ikut camping ceria bareng #MeetTheExplorer2 acara kerennya anak2 jogja bisa sampai pantai ini 😊pengalaman yg luar biasa bisa bertemu dgn orang2 baik, seru, konyol, ramai. Dari berbagai kota berkumpul di pantai ini buat seru2an bareng 😊. Sampai jumpa di MTE 3 😘😘😘

    6 Maret 2019, 05:18 WIB

  16. Lokasi pantainya agak masuk kedalam , jadi agak susah ditemukan pada saat pertama kali.. Pantainya masih bersih dan belum tercemar dengan sampah.. Warga lokalnya juga ramah.. Kadang ombaknya agak tinggi. Pemandangannya lumayan bagus , apalagi view saat sunset ataupun sunrise.. Biasanya banyak yang camp disini sambil meresapi viewnya.. Mungkin itu saja sih yang dapat direview

    8 Maret 2019, 05:57 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ngrumput

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *