Pantai Ungapan

Alamat: Jalan Lintas Selatan Gajahrejo Rt/Rw 42/05 GajahRejo, Gedangan, Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur 65178, Indonesia

(4.4/5) Baca ulasan

Dengan garis Pantai yang sangat panjang di Malang Selatan, Kabupaten Malang dianugerahi banyak sekali Pantai indah. Mungkin ketika pergi ke Malang kamu akan kebingungan Pantai mana yang sebaiknya kamu kunjungi terlebih dahulu. Ada Pantai yang terkenal dan ramai ada juga Pantai yang baru dibuka dan sepi pengunjung.

Nah, untuk mengatasi kebingungan kamu akan memilih Pantai yang akan dikunjungi di Malang, artikel ini akan mengulas satu Pantai yang ada di Malang, yaitu Pantai Ungapan. Pantai ini terletak di Desa Gajahrejo, Malang. Jika tiba di Pantai ini, kamu akan disajikan ombak yang besar yang indah lengkap dengan pasir putih yang luas.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Ungapan

Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk masuk ke kawasan Pantai Ungapan. Kamu hanya perlu membayar sebesar Rp.10.000 untuk satu tiket masuk, ini per orang, ya. Biaya tambahan akan diberlakukan jika kamu memarkir kendaraan. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp.10.000 dan untuk roda empat adalah Rp.15.000.

Lokasi dan Rute ke Pantai Ungapan

Pantai ini terletak di Desa Gajahrejo, KecamatanGedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota Malang ambil arah ke Kepanjen. Setelah itu pergi ke Turen dan ke Selatan menuju Sumbermanjing Wetan. Tujuannya adalah ke arah Pantai Sendang Biru. Sebelum kamu sampai di pintu masuk ke Pantai Sendang Biru, akan ada sebuah pertigaan Jalur Lintas Selatan.

Di pertigaan ini belok ke kanan menuju Pantai Bajul Mati dan Goa Cina. Lalu belok kanan lagi hingga sampai di jembatan Bajul mati. Nah, setelah ini, kamu tinggal mengikuti jalan kira-kira sepanjang 1 kilometer hingga melewati jembatan Bajul Mati. Pantai Ungapan terletak setelah jembatan tersebut dengan papan petunjuk bertuliskan “Pantai Ungapan Bumi Perkemahan”

Objek Wisata di Pantai Ungapan

Banyak keseruan yang berbeda yang bisa dilakukan di Pantai Ungapan ini. Jika kamu tertarik ingin pergi ke Pantai Ungapan, berikut beberapa objek wisata yang ada di Pantai Ungapan:

1. Sunset

Sudah barang tentu sunset adalah salah satu fenomena alam yang paling dicari para pencinta Pantai. Pantai Ungapan menyajikan sebuah sunset indah. Karena di Pantai ini banyak yang berkemah, menikmati sunset terasa istimewa.  Belum lagi ada banyak perahu yang berlabuh di Pantai ini. Jadi jika kamu beruntung, kamu bisa menikmati sunset dengan langit senja yang indah dengan siluet tenda-tenda perkemahan dan perahu.

2. Berenang

Berada di pesisir Selatan pulau Jawa tentu bisa dimaklumi kalau Pantai Ungapan memiliki ombak yang besar. Lalu bagaimana cara berenang di sini? Ada beberapa pilihan. Pertama, kamu bisa bermain air di bibir Pantai walaupun belum bisa disebut berenang, tapi kegiatan ini cukup menyenangkan. Kedua, kamu bisa menunggu hingga sore ketika air mulai surut dan ombak mulai tenang. Pada saat ini kamu bisa berenang agak ke tengah, tentu tetap harus hati-hati. Ketiga, kamu bisa berenang di muara sungai di mana air tawar sungai bertemu dengan air asin laut Pantai Ungapan. Seperti di Pantai Banyu Anjlok, kamu bisa berenang sepuasnya di sini.

3. Camping di Pantai Ungapan

Seperti yang tertulis di atas, sebelum masuk lokasi Pantai kamu akan menemukan papan bertuliskan “Pantai Ungapan Bumi Perkemahan”. Ini berarti kegiatan perkemahan sudah biasa di sini. Keuntungan berkemah di Pantai ini adalah kamu bisa menikmati keindahan Pantai Ungapan lebih lama. Tentu kamu ingin merasakan suasana Pantai dari siang, sore, malam dan pagi harinya. Jika ingin menyaksikan sunset dan sunrise tentu kamu harus mendirikan tenda di sini.

4. Jembatan Bajul Mati

Nah, karena jembatan unik ini berada dekat dengan lokasi Pantai, manfaatkan kesempatan untuk berfoto ria di jembatan ini. Jembatan Bajul Mati memiliki desain unik yang menyerupai buaya. Berfoto di jembatan Bajul Mati dengan latar perbukitan tentu sangat instagramable. Jembatan ini sudah sangat terkenal dan menjadi bukti kalau kamu pernah berkunjung ke Pantai di Malang.

5. Berkeliling dengan Perahu

Nah ini adalah salah hal yang sangat menyenangkan di Pantai Ungapan. Kamu tidak hanya akan mengelilingi Pantai Ungapan dengan perahu. Dengan perahu ini, kamu akan dibawa mengelilingi Pantai yang berdekatan dengan Pantai Ungapan, yaitu Pantai Bajul Mati. Pengalaman berkeliling dengan perahu sambil menikmati pemandangan pepohonan hijau yang rimbun di tepi Pantai akan sangat sulit dilupakan.

6. Olah raga memacu adrenalin

Jika kamu beruntung, datanglah ke acara Malang Beach Festival yang diadakan di Pantai Ungapan. Acara ini diadakan pada saat-saat tertentu. Nah, di acara ini akan ada beberapa perlengkapan olah raga yang bisa memacu adrenalin seperti kano, jetski, hingga fly board. Sangat mengasyikkan bukan?

Itulah ulasan tentang Pantai Ungapan yang ada di Malang, Jawa Timur. Pantai ini menyajikan pemandangan indah Pantainya, sunset, tempat perkemahan dan juga olah raga yang bisa memacu adrenalin. Segera atur jadwal liburan ke Pantai ini bersama orang-orang terdekat.

5 Ulasan dari Pengunjung Pantai Ungapan

  1. Pantai Ungapan adalah sebuah pantai di pesisir selatan atau berada di Samudra Hindia, dimana secara administratif masuk Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur[1]. Letak pantai ini berdekatan dengan Pantai Bajulmati. Pantai ini berjarak sekitar 64 km dari Kota Malang dan dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan untuk mencapainya. Jika dari Kota Malang Anda bisa mengambil arah ke Turen lalu berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan dan lurus menuju arah Pantai Sendangbiru. Jalannya sudah beraspal mulus tetapi berkelok-kelok karena harus melewati pegunungan. Tidak jauh sebelum memasuki Pantai Sendangbiru terdapat sebuah pertigaan Jalan Lintas Selatan (JLS) dan sudah ada plakat petunjuk arah bila berbelok ke kiri akan menuju Pantai Sendangbiru, sedangkan bila berbelok ke kanan akan menuju Pantai Bajulmati dan Pantai Goa China. Dari pertigaan itu, Anda berbelok ke kanan dan terus mengikuti jalan tersebut sampai menemui jembatan Bajulmati. Jika telah tiba di jembatan ini, artinya telah dekat dengan Pantai Ungapan

    25 April 2018, 21:48 WIB

  2. Pantainya bersih, ombaknya cocok untuk surfing, parkiran luas, selain pantai, ada juga sungai untuk konservasi bakau dimana pengunjung dapat menikmatinya dengan menaiki perahu yang disediakan dengan membayar. Banyaj kios yang menjual makanan ringan dan es kelapa muda dengan harga terjangkau. Pantai ini termasuk pantai yang mudah dijangkau dikarenakan letaknya yang berada di sepanjang jalan lingkar pantai dimana akses jalan tersebut sudah diperbaiki sehingga tidak lagi terjal.

    29 Mei 2018, 03:07 WIB

  3. Tempat yg bagus utk rekreasi, pantainya bersih hanya saja dibulan tertentu ombaknya tinggi. Dan tidak disarankan untuk berenang tp anda tidak perlu khawatir karena ada sungai yg bermuara di laut, sebelah pantai Ungapan yg bisa di buat berenang dan pemandangannya pun cukup bagus. Airnya payau dan ada perahu yg bisa disewa jika anda ingin berkeliling sungai…

    17 Juni 2018, 06:39 WIB

  4. Tempatnya enak. Deket ama ljn lintas selatan warung maem e ya lengkap. Tempat parkir deket pantai ada jual baju juga. Enak buat klrg refresss..

    18 Juni 2018, 21:40 WIB

  5. Pantai pasir putih yang luas, menghadap ke laut lepas. Parkir kendaraan langsung di bibir pantai. Mantap buat camp.. Ada pertemuan sungai dan laut .. jadi bs mandi di sungainya jg, asyik. Fasilitas toilet/mandi memadai. Mgkn sarana tempat menginap bs ditingkatkan

    27 Juni 2018, 19:41 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Ungapan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *