Pantai Kesirat

Pantai Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta

Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872, Indonesia, Gunungkidul, Yogyakarta

19 Ulasan

Pantai Kesirat, sebuah destinasi wisata alam bahari di surganya pencinta pantai, Yogyakarta. Namanya tak se tenar pantai-pantai lain yang mainstream di kota Tugu ini, namun ternyata suguhan alamnya tidak akan mengecewakan para pengunjungnya. Pantai ini terletak di sebuah desa di Gunungkidul bernama desa Girikarto. Letaknya yang tersembunyi memuat banyak orang menyebutnya sebagai โ€˜Surga yang Tersembunyiโ€™.

Jika Anda berlibur atau sedang berada di Yogyakarta, mengunjungi pantai Kesirat adalah pilihan yang sangat direkomedasikan. Mengapa? Tak lain karena keindahan alam dengan berbagai paduan menarik seperti sunset, pasir putih, dan geografis pantai ini yang tidak akan Anda temukan di pantai-pantai lainnya. Tak heran pantai ini ramai dibicarakan di akun-akun dan website wisata dan menjadi destinasi favorit para pelancong.

Harga Tiket Masuk

Berwisata di alam yang masih natural dengan keindahan yang berbeda dan menarik merupakan keinginan banyak orang. Mengunjungi pantai Kesirat adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi keinginan tersebut. Tentunya untuk menikmati segala pesona alam di pantai ini tidak Anda dapatkan dengan biaya tiket masuk yang mahal. Tiket dibandrol dengan harga Rp 5.000,- per orang sedangkan biaya parkir motor hanya Rp 2.000.- dan mobil Rp 5.000,-

Rute

Akses menuju Pantai Kesirat cukup menantang. Namun Anda tetap bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti kendaraan roda empat maupun sepeda motor. Tentu saja, perjalanan Anda akan terbayar dengan keindahan panorama alam di pantai Kesirat. Selain itu, sangat direkomendasikan untuk berangkat sore agar saat tiba di pantai Anda tinggal menunggu sunset.

Pergi ke wisata pantai ini, Anda dapat melewati beberapa rute yang disarankan. Setidaknya ada dua rute yang bisa Anda gunakan. Yang pertama adalah dari kota Jogja, Anda silakan menuju ke Piyungan, Bantul hingga bertemu simpang tiga Lanud TNI Angkatan Udara. Dari sana, arahkan kendaraan Anda menuju Playen lalu meneruskan perjalanan hingga bertemu pasar Paliyan Bantul.

Dari pasar tersebut, lanjutkan perjalanan hingga menemukan Puslatpur milik TNI AD. Setelah itu Anda akan akan menemukan simpang tiga. Di simpang tiga, arahkan kendaraan menuju Saptosati hingga menuju ke SDN 1 Jetis dan Girikarto. Dari Girikarto Anda hanya perlu lurus saja sampai menemukan simpang tiga menuju ke Padukuha Ngalos. Jika sudah sampai di sana, ikuti saja jalur yang ada hingga bertemu pantai tujuan Anda, yaitu pantai Kesirat.

Menuju ke pantai yang masih alami ini bisa juga melalui Imogiri. Rutenya yaitu dari Imogiri, Anda menuju ke Panggang dan nanti akan menemukan simpang tiga tepat setelah sekolah MTS Yappi. Silakan lanjutkan perjalanan menuju ke arah Girikarto. Setelah itu rutenya sama dengan rute di atas. Nantinya Anda akan segera menemukan pantai Kesirat yang letaknya bersebelahan dengan pantai Gesing.

Obyek Wisata

Setiap pantai di Yogyakarta selalu mempunyai sesuatu yang berbeda satu sama lain. Itulah mengapa banyak orang menjelajahi pantai-pantai tersebut tanpa merasa bosan, salah satunya mengunjungi pantai Kesirat ini. Jika pada umumnya pantai identik dengan pasir dan bermain ombak, Anda akan mendapatkan sesuatu yang berbeda di pantai satu ini. Berikut ini obyek wisata yang dipunyai pantai Kesirat.

1. Tempat memancing favorit bernama Rock Fishing

Sebuah tebing tinggi (sekitar 15 hingga 30 m) menjadi pusat perhatian para pelancong di Pantai Gunungkidul ini. Tebing tersebut dijadikan sebagai tempat rock fishing oleh para pemancing, baik dari warga lokal atau pengunjung dari luar daerah. Anda dapat ikut menyaksikan warga yang sedang memancing dan mendapat hasil pancingannya, ataupun ikut serta memancing dan mengumpulkan banyak ikan.

2. Pemandangan matahari tenggelam yang eksotis

Sunset Pantai Kesirat

Posisi pantai ini sangat tepat untuk melihat sekaligus menikmati keindahan panorama sunset atau matahari tenggelam. Oleh karena itu, biasanya pengunjung berdatangan saat sore hari dan menunggu saat-saat terbaik sunset tiba. Apalagi dihias dengan adanya sebuah pohon yang letaknya sangat strategis juga unik. Menambah kesan eksotis pantai ini terutama saat menjelang senja.

3. Keindahan alam yang unik

Jika Anda berkunjung saat cuaca sedang cerah, Anda akan mendapatkan suguhan panorama alam yang lebih indah. Paduan antara langit biru, hijaunya vegetasi di pantai Kesirat, hamparan rerumputan, juga sebuah pohon yang menjadi ikon pantai eksotis ini akan Anda nikmati. Ditemani juga suara deburan ombak yang samar-samar akan menjadikan liburan Anda lebih berkesan.

4. Spot Foto

Tak perlu khawatir menentukan spot foto terbaik sebagai kenang-kenangan berlibur di pantai ini. begitu banyak spot foto di pantai ini akan membuat Anda bingung untuk memilih, tentu saja karena setiap sudut sangat indah. Tinggal bagaimana Anda mengatur pencahayaan dan pose. Tak jarang pantai ini dijadikan sebagai pilihan dalam foto-foto pre wedding.

5. Area untuk berkemah

Di pantai ini memang tidak ada tempat menginap seperti hotel maupun villa. Namun Anda bisa mendirikan tenda maupun kemah. Di pantai Kesirat terdapat area yang cukup luas untuk berkemah maupun camping. Apalagi jika Anda ke pantai ini saat tahun baru dan akhir pekan sambil menikmati kebersamaan bersama teman dan keluarga.

6. Warung-warung kuliner

Tak jauh dri tempat wisata alam yang unik dan eksotis ini terdapat beberapa warung kuliner yang menyediakan menu makanan dan minuman untuk Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika perut keroncongan dan merasa haus. Harganya pun tidak terlalu mahal. Sangat cocok untuk para pengunjung.

19 Ulasan untuk Pantai Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta

  1. Tau pantai ini udah lumayan lama, dan Alhamdulillah kemarin kesampaian ๐Ÿ˜. . Jadi…. #Letuzitellyousomething. . 1. Seperti biasa, pantai cantik di Jogja itu letaknya di Gunung Kidul. . 2. Waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit (posisi UMY). . 3. Akses jalan menuju ke sana alhamdulillah mulus. . 4. Biaya masuknya free, tapi tetap harus bayar parkiran. Kalau nge camp sepertinya bakalan diminta lebih (gak tau sih. Cuma tadi ada ditanyain nge camp atau enggak). . 5. Dari tempat parkir, kita harus lewat jalan setapak kurleb 5 menitan buat sampai ke pantainya.. . 6. Sebaiknya pakai sepatu/sendal gunung. Pokoknya jangan pakai alas kaki yg licin2. Banyak batu2, hati2 kepleset.. . 7. Jangan harap kita bakalan nemu pasir putih di sini. Karna sebenarnya, pantai kasirat itu adalah semacam tebing (?) yang menghadap ke laut. Jadi di sini kita gak bakalan bisa main air.. . 8. Salah satu tempat rekomendasi buat mancing/camping. . 9. Sangat tidak disarankan di atas jam 10 pagi. Panas ๐Ÿ˜‚. . Sekian. . Recommended banget sih buat yang mau refreshing. Bagus kok tempatnya ๐Ÿ‘

  2. Meski tergolong baru, pantai yg satu ini cukup terkenal dg pemandangan sunset nya yg sangat indah, selain itu pantai ini juga mempunyai beberapa spot Rock Fishing yg menjadi favorit para pemancing, di area sini jg terdapat camping ground yg recomended banget bagi siapa saja yg ingin mencoba camping di atas tebing pantai, untuk akses ke tempat ini juga sangat mudah dan bagus karena jalan sudah beraspal, sudah terdapat toilet dan tempat parkir untuk mobil dan motor meskipun tidak terlalu luas.

  3. Pantai yg bersebelahan sama pantai wohkudu, sangat direkomendasikan untuk camping dan disini tidak ada pasir melainkan tebing batu.di pantai kesirat sering digunakan para pecinta mancing untuk rock fishing.suasana malam disini apabila cerah sangat bagus.sangat rekomendasi sekali.parkir 3000. Dan karcis masuk satu area dengan pantai wohkudu.jalanan beraspal hanya cukup 1 mobil.

  4. Salah satu rangkaian pantai di kabupaten gunungkidul tepatnya masuk wilayah kecamatan panggang. Merupakan tebing yang memiliki ke khas an adanya pohon kesirat dan itu merupakan satu satunya pohon kesirat yang ada disana. Untuk mencapai lokasi seperti halnya beberapa pantai yang lain, tetap harus melewati jalan cor blok sekitar lima kilometer. Sudah ada tempat parkir dan beberapa warung kecil disana. What a beautiful view with the only one kesirat tree.

  5. Ujung selatan jogja, walaupun ga bisa main air atau pasir, tp terbayar dengan pemandangan yang indah dan segar nya udara, akses jalan Udah halus sampai ke parkiran, top lah.

  6. Klo blm pernah kesini bakalan nyesel, wong yg udah bolak-balik kesini , pngen trus… . Akses emang rada susah untuk mobil karena jalan cuman muat buat semobil, tp kanan kiri masih tanah gitu.. Dan untuk fasilitas udah adalahh.. Dan ini Cocok banget huat CAMPING

  7. Spot yang bagus untuk menikmati matahari tenggelam dan memancing. Terdapat camp ground yang cukup luas untuk menampung puluhan tenda. Tempat ini masih bersih dan cukup terawat. Akses pun cukup baik dengan jalan aspal meskipun sempit dan banyak blind spot.. Di tempat ini pengunjung tidak bisa menikmati air laut secara langsung karena berada di tebing yang tinggi. Cukup menikmati deburan ombak dan hembusan angin.

  8. Pantai yang cocok untuk camping. Sayangnya tidak bisa bermain air karena pantainya memang hanya berupa tebing, sehingga hanya bisa menikmati pemandangan laut yang biru saja. Jalan menuju ke Pantai Kesirat sudah bagus karena sudah beraspal. Sebelum memasuki area pantai kita akan melewati jalanan yang di kanan kirinya banyak pohon jati. Berdasarkan pengalaman, di area yang banyak pohon jatinya tersebut banyak ulat yang berada di jalan bahkan bergelantungan di tengah jalan. Saat itu memang pohon jati dalam kondisi kering sehingga banyak ulatnya. Jadi, tetap berhati-hati ya. Kata warga sekitar ulat berwarna hitam itu tidak membuat gatal, bahkan bisa untuk dimakan.

  9. Tiket masuk murah meriah kurang lebih cuma 5rb. Kalau mau kesini disarankan lewat imogiri barat langsung arah panggang. Pastikan kendaraan dan tenaga harus fit karena untuk ke pantai kesirat kudu tracking sedikit. Tapi terbayarkan capeknya. Luar biasa pemandangannya. Sudah disediakan toilet umum dan 1 warung untuk sekedar istirahat atau beli minum

  10. Tempat yang indah buat foto2 atau nikmatin Sunset tpi jalan cukup mengerikan jalan kelok dan nanjak cuman bisa 1 mobil kalau pas2an susah untuk keluar. Harus sedia rem yang kuat karna pulng dari sana rem bisa habis kebakar

  11. Cukup indah digunakan untuk foto foto… Dengan pemandangan bukit dengan hamparan rumput hijau yg indah, sangat cocok untuk mengabadikan momen…Dan menurut saya bagus juga jika digunakan untuk foto preweding, atau foto bersama pasangan.

  12. Haiii gaiiisssss…. Selamat pagi siang sore malam…. Balik nulis lagi niih, maap lama ngilang, lagi sering jadi korban php soalnya, wkwkwk. Okeeeiii kita mulai, kali ini aku bakal bahas tentang pantai kesirat, jadi baru banget, kemarin ini aku habis camping di sini gais. . Pantai ini letaknya di daerah panggang gunungkidul, pakai maps bisa banget deh langsung tkp, menurutku adalah pantainya gunungkidul yang deket banget sama jogja. . Aku dari jogja kota, cuma perjalanan sekitar 1,5 jam aja untuk sampai ke pantai ini… . Jalannya udah halus mulus sampai di parkiran terakhir, sebelum kita jalan kaki menuju tebingnya, owh iya, pantai ini berupa tebing ya gais, jadi kita gak bisa turun ke laut, walaupun cuma pegang pasir doang, lumayan tinggi sih tebingnya 15 meter ada kali… . Pantai kesirat ini recomended banget kalau mau dipake camping, track dari parkiran ke lokasi camp yg gak jauh, dan jalannya juga udh Bagus, terus kalau sabtu minggu ads toilet yg beroprasi di lokasi camp, jadi klo kebelet pipis gak jauh2 jalan sampe parkiran… . Terus bagi orang yang ribet rempong seperti saya, kalau mau camping gak perlu repot2 bawa tenda dari rumah, soalnya di sini ada yg nyewain tenda gais, jadi tinggal bawa logistik aja kalau males masak juga, wkwkw biaya sea tenda 50 ribu. Retribusi masuk objek wisata ini adalah rp 5.000 per kepala. Kalau di lokasi parkir, mandi rp 7.500, pipis rp 3.000. Kalau di lokasi camping mandi rp 5.000 pipis rp 2.000. Parkir menginap rp 7.000. Daaan jangan kaget kalau udah pagi disana bakal ada yg mintain duit dari karang taruna untuk pemeliharaan lokasi, rp 10.000. Kaget bgt sih, banguninnya pagi2 banget waktu itu pas kita belum bangun wkwkwk. Selain panti kesirat dilokasi ini ada juga yg cocok buat camp yaitu pantai wohkudu, dan deket juga pantai nelayan bagi yg mau memanjakan perut setelah camp, bisa ke pantai gesing… . Naaah sekian dulu ya gais, capek ngetiknya, semoga bermanfaat, bagi yg kurang jelas, bisa nanya2…

  13. Tempat yang luar biasa untuk menikmati matahari terbenam. Jejeran pantai di Gunung Kidul bukan saja menyajikan hamparan pasir sebagaimana di Baron, Indrayanti dan sekitarnya, tapi juga tebing-tebing curam yang memberikan sensasi yang berbeda.. . Khusus Pantai Kesirat, rasanya lebih tepat disebut Tebing Kesirat, datanglah sebelum matahari terbenam dan kita akan disuguhi keindahan alam yang luar biasa. Kesyahduan senja berbalut hempasan ombak menerjang karang!. . Kalau mau kemping, Tebing Kesirat pun merupakan tempat yang tepat. Areanya cukup luas, tidak jauh dari tempat parkir dan sudah ada warung dengan kamar mandi umum didekatnya.

  14. Lokasinya mudah dijangkau, tp sudah banyak pembangunan, disarankan banyak uang receh….. Asik buat ngecame tp jgn berharap banyak karna sudah banyak yg berubah….

  15. First time pergi ke lokasi ini .. berasa orang melihat apa itu yang namanya mahakarya ciptaan Tuhan.. suka sama views nya
    Ke sini sama temen, dateng di saat matahari berada di atas kepala..rasanya begitu sedap dan meluruhkan keringat sekujur tubuh, kulit terasa sedikit menggelap dan hangatnya cuaca menyayu dengan semilir angin dri samudera hindia..
    Tempat nya cocok untuk camping alam.. akses jalan ke tebing sudah di semen.. โ™กโ™กโ™ก dan untuk harga tiket masuk perorang 5k aja.. belum termasuk parkir, ada beberapa area parkir..

  16. Pemandangan dari pantai ini cukup indah, masih alami.
    Akses untuk kendaraan roda 4 saja yang susah untuk sampai ke tempat ini, meski jalannya sudah beraspal halus tetapi hanya cukup untuk lewat 1 mobil, kalau simpangan pas di tempat yang sempit salah satu harus ngalah, mundur cari tempat yang agak longgar. Tanjakan juga ada yang cukup tinggi. Dibutuhkan driver dengan skill yang cukup dan kendaraan harus sehat bila ke sini.
    Kalau untuk roda 2 tidak masalah, asal kendaraan sehat dan terampil mengendarai.
    Dari parkiran masih harus jalan sejauh kurang lebih 200m untuk sampai ke pinggir tebing/ bibir pantai, jalanan berupa cor blok.
    Di pantai ini anda tidak bisa bermain air, hanya bisa bersantai menikmati panorama alam saja, karena pantai berupa tebing yang curam.

  17. 27 Desember 2019
    Asik buat camping cuman ga bisa berenang/mainan air. Ada spot khusus buat mancing.
    Belum banyak warung2. Ada persewaan tenda, ada toilet umum.
    Parkir ada 2 opsi, atas buat yg suka jalan kaki, bawah yg langsung deket sama camp ground.
    Khusus buat yg nginep:
    Sewa tenda 35k
    Iuran kebersihan 10k/tenda
    Parkir nginep 7k/motor

    *) Buat yg kurang suka suasana terlalu ramai saat camping, hindari weekend.

  18. Dari segi pemandangan sih bagus tapi memang kondisi sekarang berubah dibandingkan foto foto yang ada..Sangat penting diperhatikan keamanannya terutama kemanan motor dan helm soalnya kalo sudah malam tukang parkirnya pulang dan tempat parkirnya kurang safety bagi teman teman yg mau ngecamp.. Selain itu..Kalo memang disitu camp ground harusnya tidak ada WC yang dikunci..Dan yang paling penting bagi pengurus diharap memberikan himbauan sekaligus penjelasan terkait ngecamp diarea tsb (karena Pantai Kesirat banyak di rekomendasikan untuk tempat ngecamp).. Jika kondisi memang tidak memungkinkan harusnya ada pemberitahuan atau himbauan dari petugas..jadi memang masih perlu perbaikan dari segi pelayanan (standar mengacu kepada pantai lain yang biasa untuk ngecamp) atau bila perlu ada biaya tambahan asalkan aman dan nyaman bagi teman teman yg ngecamp..

  19. Tempat yang cocok buat pemburu sunset. Jgn lupa kalo kesini parkir ke warungnya mbah mo, beliau udah sepuh tapi masih semangat bekerja cari ikan dan lobster di laut. Perjalanan dr warung mbah mo ke area camp lbh deket di jangkau drpd lewat parkiran yg sebelumnya, ga cuman deket tp jg lebih murah dan cukup ramah ketika makan di warung mbah mo sambil ngobrol dg istrinya yg jaga warung pas mbah mo ke laut.

Tinggalkan Balasan