Pantai-Sanglen

Pantai Sanglen

Alamat: Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881, Indonesia

(4.5/5) Baca ulasan

Walaupun namanya masih asing terdengar, eksistensi dari Pantai Sanglen yang terletak di Yogyakarta ini bukan sesuatu yang baru lagi. Jika disejajarkan dengan pantai yang berdekatan dengan lokasi pantai ini misalnya Pantai Watukodok, Pantai Sanglen memang masih terbilang baru dan belum menarik perhatian banyak wisatawan.

Pantai berpasir putih ini terletak di Dusun Kelor, Desa Kemandang, Tanjungsari, Gunungkidul. Di dalam kawasan dusun ini tidak hanya memiliki Pantai Sanglen saja, namun juga Pantai Watukodok yang biasa dijadikan wisatawan sebagai destinasi lanjutan.

Pantai ini terbilang masih sangat asri dan bersih karena jarang terjamah oleh banyak wisatawan, oleh karena itu banyak orang yang menganggap pantai ini adalah pantai perawan. Untuk bisa menenpuh pantai ini Anda harus menempuh ±70 km dari pusat kota Yogyakarta.

Untuk menempuh ke Pantai Sanglen, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 hingga 2,5 jam dari Yogyakarta kota. Pantai yang penuh dengan pohon cemara yang memenuhi area ini memang menjadi daya tarik tersendiri, walaupun belum banyak foto-foto yang beredar di sosial media karena belum banyak dikenal oleh orang-orang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Sanglen

Akses masuk ke Pantai Sanglen ini dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000,- untuk akses ke seluruh pantai di area ini, salah satunya Pantai Sanglen. Selain itu Anda bisa mengunjungi pantai lainnya seperti Pantai Watukodok, Indrayanti, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk biaya parkir, dikenakan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000,- untuk kendaraan roda empat.

Rute Menuju Lokasi ke Pantai Sanglen

Untuk menempuh ke pantai ini tidak perlu khawatir, karena medannya sudah sangat baik dan jalanannya sudah beraspal untuk sampai di area Dusun Kelor ini. Namun sayangnya sewaktu Anda mulai memasuki kawasan Pantai Sanglen ini perlu berhati-hati karena jalanan masih berupa corblok dan pastikan kendaraan yang digunakan berstatus fit. Jika Anda khawatir dengan kendaraan, solusinya Anda bisa menitipkan di tempat parkir yang tersedia dan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit untuk ke pantai.

Sewaktu mulai berjalan juga perlu berhati-hati karena jalanan cukup curam dan sedikit sempit. Apabila Anda mulai kebingungan untuk rute pasti menuju ke arah pantai, jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar yang sedang berladang atau berjalan di jalanan. Namun jika Anda sudah sampai ke lokasi, lelah dan kebingungan Anda akan terbayar dengan panorama indahnya.

Apabila Anda berasal dari Yogyakarta, dapat menggunakan rute perjalanan melalui Jalan Wonosari yaitu dari Piyungan-Patuk-GCD-Pasar Sambipitu-Hutan Bunder-Gading-Siono-Lapangan Pemda-Wonosari kota-Pasar Hargosari-belok kea rah kanan sebelum polres-Jalan Baron-Karangrejek ambil ke arah lurus-pertigaan Mulo ambil yang ke kiri-Bintaos-Tepus ambil ke kanan ke arah Pantai Pulang Sawal/Indrayanti-pembayaran tiket masuk-Pantai IndrayantiPantai SundakPantai Krakal-Pantai Watukodok-Pantai Sanglen.

Obyek Wisata di Pantai Sanglen

Memancing-di-Pantai-Sanglen

1. Spot untuk Memancing

Selain dipenuhi dengan tanaman pohon cemara di sekitar area pantai, Pantai Sanglen adalah pantai yang tepat jika Anda memiliki hobi memancing. Namun Anda perlu berhati-hati karena pantai ini memiliki pasir putih yang curam dan ombak yang besar disbanding pantai yang lainnya.

2. Spot Camping yang Private

Pemandangan yang masih asri dan kawasan yang masih alami membuat tempat ini sangat tepat untuk dipilih sebagai tempat refreshing dan camping dengan teman-teman sembari melepas penat. Pantai ini juga tidak terlalu ramai seperti pantai lainnya sehingga akan terasa sebagai pantai milik pribadi.

3. Gubug Tua yang Menambah Keunikan Pantai

Gubug tua yang berada di area pantai justru membuat banyak wisatawan yang datang tertarik untuk berfoto disana ditambah lagi dengan pemandangan bukit-bukit tinggi di area pantai. Disana biasanya digunakan untuk menaruh barang-barang atau bahkan alat pancing yang digunakan untuk memancing.

Keindahan-Pantai-Sanglen

Di luar kelebihan yang dimiliki Pantai Sanglen ini, sayangnya disana belum memiliki banyak fasilitas seperti pantai lainnya seperti toilet yang belum memadai, warung makan yang sangat minim, hingga perjalanan menempuh ke area pantai yang masih belum memadai. Namun apabila Anda menginginkan definisi liburan yang sebenarnya dan ingin mendapatkan ketenangan, pantai ini sangat tepat dijadikan salah satu destinasi wisata karena masih sepi dan asri.

Mengingat destinasi pantai ini mengharuskan ditempuh dengan jalan kaki dari tempat parkir, selain harus menyiapkan fisik Anda juga harus menyiapkan kendaraan yang prima karena jalanan yang masih cenderung berbahaya dengan batu-batuan yang ganas.

Untuk selebihnya, pantai ini memang begitu sangat menawan karena akan memberikan pengalaman berlibur, bermain, dan berpetualang yang tidak akan terlupakan. Selain keindahan pantai, Anda juga bisa melihat aktivitas warga setempat yang masih sangat kental dengan profesi berkebun dan merawat hewan peliharaannya. Jadi tunggu apalagi, selamat liburan di Yogyakarta dan berkunjung ke Pantai Sanglen!

13 Ulasan dari Pengunjung Pantai Sanglen

  1. Masih sepi, asri. Untuk pengelola atau para pengunjung jika melihat sampah tolong diambil dan dibawa pulang atau cari tong sampah diluar pantai. Terakhir kesini tahun 2015 an hehe

    5 Juni 2018, 18:56 WIB

  2. Pas kemarin sunsetnya ga keliatan. Tapi ini recommended banget untuk ngecamp. Saran saya jangan kesini pas Ramadhan soalnya ga ada orang yang ngejaga.

    13 Juni 2018, 03:05 WIB

  3. Viewnya cukup indah karna masih terbilang pantai baru. Motor mobil sudah bisa lewat, Hanya saja akses jalan masih belum berupa jalan aspal. Sehingga perlu usaha lebih untuk bisa sampai ke pantai ini.

    20 Juni 2018, 00:53 WIB

  4. Pantainya masih alami, bersih, belum tercemar. Dan pengunjung nya masih sedikit. Cocok untuk camping👌 tapi akses menuju pantai agak sulit, jalan bergelombang, curam, belum beraspal.

    22 Juni 2018, 07:12 WIB

  5. Kalo pas weekday kesini sepi, udah beda bgt sm dulu pas masih awal2 pantainya ditemuin skrg udah banyak warungnya

    24 Juni 2018, 21:52 WIB

  6. Tempatnya bagus. Udah bisa buat ngecamp per orangnya bayar 7ribu. Sayangnya bus besar ngga bisa masuk. Cuma bisa parkir di atas. Motor mobil bisa parkir sampai bawah. Tapi dengan catatan harus kuat karna medannya nanjak banget. sayangnya juga, para wisatawan pada buang sampah sembarangan jadi kasihan pantainya jadi kotor. Tolong ya buang sampah di tempat sampah bukan pantai.

    26 Juni 2018, 22:11 WIB

  7. Pantai Sanglen terletak diantara pantai Watukodok dan pantai Sepanjang. Untuk masuk ke area wisata pantai Sanglen tidak dipungut biaya, cukup membayar uang parkir dan uang kebersihan (bila menggunakan fasilitas kamar mandi). Warung di pantai ini juga masih sedikit. Pantai ini juga menyediakan fasilitas musholla. . Pantai Sanglen cocok digunakan untuk kegiatan camping bersama keluarga atau sahabat.

    2 Juli 2018, 10:09 WIB

  8. Pantai ini dekat sekali dengan pantai watu kodok, cukup membeyar parkir 3000rupiah untuk 1 motor, hanya saja tolong jangan buang sampah sembarangan ya guys …

    2 Juli 2018, 17:36 WIB

  9. Pantai yang ini enak buat ngecamp. Lebih syahdu lagi jika sambil bercerita diatas hammock sembari menikmati secangkir minuman favorit kalian…

    10 Juli 2018, 09:44 WIB

  10. Pantai terletak di sebelah kanan pantai watu kodok, pas banget kalo buat ngecamp ramai ramai nih, bayar 7000 udah dapet fasilitas listrik dan kamar mandi sepuasnyaa tapi sayang kalo mau liat sunrise harus naik dulu kebukit gabisa liat dari pantai langsung, jadi harus ada perjuanganya nih guys, jalan menuju kesini masih terjal ya banyak bebatuan disarankan ban motor harus diganti nih kalo udah tipis, antisipasi aja

    25 September 2018, 22:57 WIB

  11. Masih sepi pengunjung, cocok untuk yang ingin berhibernasi.. . In frame : kanca mbolang. 📸 : saya dengan Canon 1200D (kalo gak salah) dan belaian mbah gugel 😅

    17 Oktober 2018, 01:49 WIB

  12. Bagus tempat nya… pantai masih sepi cocok untuk camping dan acara kumpul 2 keluarga.sejuk ada fasilitas parkir, toilet,warung dan istirahat juga cocok untuk Mancing dan hehehe pacaran.

    19 Oktober 2018, 04:50 WIB

  13. Beautiful beach!! Sanglen ada di sebelahnya pantai watu kodok..cuma ada pengalaman yang sedikit gak enak..pas mau masuk area sanglen ada cabang ke watu kodok dan sanglen ditanya mau kemana..kita jawab mau ke sanglen, ditariklah parkir setelah kita turun ke sanglen ternyata masih ada parkiran lagi..jadi doble lah bayar parkir..bayarnya sih gak seberapa..tapi kan tetep jadi gak nyaman..sharing mawon..

    21 Oktober 2018, 19:21 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Sanglen

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *