Pantai-Sanglen

Pantai Sanglen

Walaupun namanya masih asing terdengar, eksistensi dari Pantai Sanglen yang terletak di Yogyakarta ini bukan sesuatu yang baru lagi. Jika disejajarkan dengan pantai yang berdekatan dengan lokasi pantai ini misalnya Pantai Watukodok, Pantai Sanglen memang masih terbilang baru dan belum menarik perhatian banyak wisatawan.

Pantai berpasir putih ini terletak di Dusun Kelor, Desa Kemandang, Tanjungsari, Gunungkidul. Di dalam kawasan dusun ini tidak hanya memiliki Pantai Sanglen saja, namun juga Pantai Watukodok yang biasa dijadikan wisatawan sebagai destinasi lanjutan.

Pantai ini terbilang masih sangat asri dan bersih karena jarang terjamah oleh banyak wisatawan, oleh karena itu banyak orang yang menganggap pantai ini adalah pantai perawan. Untuk bisa menenpuh pantai ini Anda harus menempuh ±70 km dari pusat kota Yogyakarta.

Untuk menempuh ke Pantai Sanglen, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 hingga 2,5 jam dari Yogyakarta kota. Pantai yang penuh dengan pohon cemara yang memenuhi area ini memang menjadi daya tarik tersendiri, walaupun belum banyak foto-foto yang beredar di sosial media karena belum banyak dikenal oleh orang-orang.

Harga Tiket Masuk

Akses masuk ke Pantai Sanglen ini dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000,- untuk akses ke seluruh pantai di area ini, salah satunya Pantai Sanglen. Selain itu Anda bisa mengunjungi pantai lainnya seperti Pantai Watukodok, Indrayanti, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk biaya parkir, dikenakan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000,- untuk kendaraan roda empat.

Rute

Untuk menempuh ke pantai ini tidak perlu khawatir, karena medannya sudah sangat baik dan jalanannya sudah beraspal untuk sampai di area Dusun Kelor ini. Namun sayangnya sewaktu Anda mulai memasuki kawasan Pantai Sanglen ini perlu berhati-hati karena jalanan masih berupa corblok dan pastikan kendaraan yang digunakan berstatus fit. Jika Anda khawatir dengan kendaraan, solusinya Anda bisa menitipkan di tempat parkir yang tersedia dan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit untuk ke pantai.

Sewaktu mulai berjalan juga perlu berhati-hati karena jalanan cukup curam dan sedikit sempit. Apabila Anda mulai kebingungan untuk rute pasti menuju ke arah pantai, jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar yang sedang berladang atau berjalan di jalanan. Namun jika Anda sudah sampai ke lokasi, lelah dan kebingungan Anda akan terbayar dengan panorama indahnya.

Apabila Anda berasal dari Yogyakarta, dapat menggunakan rute perjalanan melalui Jalan Wonosari yaitu dari Piyungan-Patuk-GCD-Pasar Sambipitu-Hutan Bunder-Gading-Siono-Lapangan Pemda-Wonosari kota-Pasar Hargosari-belok kea rah kanan sebelum polres-Jalan Baron-Karangrejek ambil ke arah lurus-pertigaan Mulo ambil yang ke kiri-Bintaos-Tepus ambil ke kanan ke arah Pantai Pulang Sawal/Indrayanti-pembayaran tiket masuk-Pantai Indrayanti-Pantai Sundak-Pantai Krakal-Pantai Watukodok-Pantai Sanglen.

Objek Wisata

Memancing-di-Pantai-Sanglen

1. Spot untuk Memancing

Selain dipenuhi dengan tanaman pohon cemara di sekitar area pantai, Pantai Sanglen adalah pantai yang tepat jika Anda memiliki hobi memancing. Namun Anda perlu berhati-hati karena pantai ini memiliki pasir putih yang curam dan ombak yang besar disbanding pantai yang lainnya.

2. Spot Camping yang Private

Pemandangan yang masih asri dan kawasan yang masih alami membuat tempat ini sangat tepat untuk dipilih sebagai tempat refreshing dan camping dengan teman-teman sembari melepas penat. Pantai ini juga tidak terlalu ramai seperti pantai lainnya sehingga akan terasa sebagai pantai milik pribadi.

3. Gubug Tua yang Menambah Keunikan Pantai

Gubug tua yang berada di area pantai justru membuat banyak wisatawan yang datang tertarik untuk berfoto disana ditambah lagi dengan pemandangan bukit-bukit tinggi di area pantai. Disana biasanya digunakan untuk menaruh barang-barang atau bahkan alat pancing yang digunakan untuk memancing.

Keindahan-Pantai-Sanglen

Di luar kelebihan yang dimiliki Pantai Sanglen ini, sayangnya disana belum memiliki banyak fasilitas seperti pantai lainnya seperti toilet yang belum memadai, warung makan yang sangat minim, hingga perjalanan menempuh ke area pantai yang masih belum memadai. Namun apabila Anda menginginkan definisi liburan yang sebenarnya dan ingin mendapatkan ketenangan, pantai ini sangat tepat dijadikan salah satu destinasi wisata karena masih sepi dan asri.

Mengingat destinasi pantai ini mengharuskan ditempuh dengan jalan kaki dari tempat parkir, selain harus menyiapkan fisik Anda juga harus menyiapkan kendaraan yang prima karena jalanan yang masih cenderung berbahaya dengan batu-batuan yang ganas.

Untuk selebihnya, pantai ini memang begitu sangat menawan karena akan memberikan pengalaman berlibur, bermain, dan berpetualang yang tidak akan terlupakan. Selain keindahan pantai, Anda juga bisa melihat aktivitas warga setempat yang masih sangat kental dengan profesi berkebun dan merawat hewan peliharaannya. Jadi tunggu apalagi, selamat liburan di Yogyakarta dan berkunjung ke Pantai Sanglen!

Ulasan Pengunjung

Belum ada ulasan untuk tempat ini