Pantai Pulodoro

Alamat: Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur 65167, Indonesia

(4.3/5) Baca ulasan

Refreshing setelah menjalani segudang aktivitas harian merupakan hal wajib, karena untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan meregangkan otot – otot yang tegang karena dipergunakan setiap hari. Pergi refreshing tak perlu mahal. Anda bisa pergi kembali ke alam. Melakukan wisata di pegunungan, perkebunan, hingga pantai bisa menjadi sebuah kado untuk diri Anda sendiri.

Untuk Anda yang bermukim di sekitar Kota Malang, cobalah untuk pergi ke pantai. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Pantai Pulodoro. Keindahan alamnya tak terbantahkan. Debur ombak khas pantai selatan bersama karang, angin, dan pasir putihnya yang begitu lembut mampu memanjakan pandangan serta memberi kesegaran di tubuh.

Harga Tiket Masuk di Pantai Pulodoro

Untuk dapat menghabiskan waktu di pantai yang elok ini, pengunjung dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp 5.000,-  per orang untuk sekali kunjungan. Selain harga tiket itu, bila Anda membawa kendaraan pribadi maka retribusi parkirnya adalah Rp 5.000,- (motor) dan Rp 7.500,- (mobil). Jika Anda parkir di Pantai Bantol maka dikenakan biaya tambahan untuk masuk pantai tersebut sebesar Rp 5.000,-

Kurang murah apa lagi? Baik tiket masuk maupun tarif parkir, semua masih dikelola oleh warga sekitar. Hal itu menyebabkan di saat tertentu tarifnya bisa berubah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Pulodoro

Tempat Wisata yang semakin hits ini berlokasi di Kedungsalam Donomulyo Malang Jawa Timur. Berada di pesisir selatan menghadap langsung Samudera Hindia, paling ujung selatan Kabupaten Malang. Meski tersembunyi, namun Anda akan takjub dengan hasil jerih payah perjalanan ini. Rute petualangan akan terasa lebih mudah jika Anda berangkat dari pusat kota.

Jadi, jalan pertama yang harus Anda lalui adalah Malang kota. Setelah itu, ambil arah menuju daerah Kepanjen. Kemudian ikuti jalan hingga Anda sampai di Pagak. Lurus saja hingga Anda menemukan sebuah perempatan. Cari tanda menuju Pantai Ngliyep. Ikutilah sampai Anda tiba di Desa Banjarejo. Dari situ Anda ambil jalan menuju Desa Sumber Celeng. Kemudian masuk jalur ke Pantai Bantol.

Nantinya, saat Anda sampai di Pantai Bantol, akan menemui papan arah yang akan membimbing perjalanan menuju Pulodoro. Tempatnya memang lebih jauh. Jika Anda beruntung dan memiliki signal internet yang bagus, bisa gunakan Google Maps. Masih bingung dan takut tersesat? Bertanyalah kepada masyarakat setempat.

Obyek Wisata di Pantai Pulodoro

Banyak hal yang dapat Anda lakukan di pantai ini. Meskipun hanya dikelola oleh warga sekitar, nyatanya pantai ini masih terjaga kealamian serta kebersihannya. Penasaran spot dan aktivitas menarik apa yang bisa dilakukan?

1. Pantai Luas Pandangan Tak Terbatas

Begitu Anda keluar dari area parkir dan berjalan langsung menuju bibir pantai, maka pemandangan luar biasa langsung akan menyambut bersama dengan wangi angin laut dan debur ombak. Air membiru di cakrawala, sejauh mata memandang. Berpadu dengan langit dan yang seputih kapas menjadi suguhan mata yang memanjakan.

2. Merasakan Debur Ombak

Untuk bisa menikmati kencangnya deburan ombak, Anda tidak harus menceburkan diri ke dalam air. Di Pantai Pulodoro terdapat sebuah karang besar yang mana dapat Anda naiki. Panjatlah dan hadang ombak di atasnya. Saking besarnya kekuatan ombak, ia bisa sampai membasahi karang hingga bagian atas. Nah hadanglah ombak di spot itu. Akan tetapi tetap berhati – hati dan jangan duduk terlalu di tepi ya!

3. Sunset Telur Ceplok

Jarang sekali sunset bisa dilihat dengan bentuk sempurna. Pantai ini memberikan Anda pemandangan menakjubkan di sore hari dengan fenomena tenggelamnya matahari. Anda bisa menyaksikan keagungan Tuhan tersebut dari atas bukit Pantai Pulodoro atau bisa juga dengan duduk di luasnya hamparan pasir pantai ini. Hadapkan diri ke arah barat. Warna jingga langit sore hari akan membuat Anda semakin terpana.

4. Shopping Beach

Istilah ini digunakan untuk mewakili aktivitas jelajah pantai. Pantai Pulodoro merupakan spot sempurna untuk melakukannya, sebab di sisi kanan dan kirinya berjajar pantai lain dengan keindahan masing – masing. Sebut saja Pantai Ngledakan Ciut, Pantai kondang Rowo, pantai Ngledakan Ombo, Pantai Makuto Ombo, Pantai Weden Ombo, dan lain – lain. Pasti akan sangat menyenangkan bukan?

5. Pemandangan Barisan Tebing

Tak hanya batu karang besar saja, di dekat Pantai Pulodoro terdapat barisan tebing yang akan membuat mata terpana. Untuk para komunitas pencinta alam bisa memanfaatkan spot ini untuk panjat tebing. Tentu saja dengan segala peralatan yang sesuai dengan standar keamanan agar meminimalisir kecelakaan. Sensasi panjat tebing di alam dekat pantai akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

6. Hunting Foto dan Video

Para selebgram, pencinta selfie, dan tak ketinggalan para vlogger cobalah untuk mengunjungi tempat ini untuk melakukan hunting foto dan video. Benar – benar anti mainstream dan belum banyak orang mengekspos tempat yang penuh pesona ini.

Sungguh Pantai Pulodoro dapat memberikan tempat yang cocok untuk berbagai foto dengan tema apapun. Untuk foto school year book pun bisa. Bahkan sekaligus bisa touring dengan teman SMA sebelum mengakhiri masa – masa sekolah. Untuk pra wedding pun tak kalah menarik. Dari sudut manapun bisa dijadikan latar yang cantik. Untuk foto bertemakan petualangan juga sangat dianjurkan.

7. Hutan

Hutan pekat yang tidak jauh dari pantai bisa dipergunakan sebagai spot untuk jelajah alam, hunting foto, melakukan research, dan bahkan untuk sekedar berjalan – jalan menikmati sensasi atmosfer alam liar. Wah, terdengar sangar sekali bukan?

8. Spot Bermalam

Walaupun di sekitar pantai ini belum tersedia penginapan, Anda masih tetap bisa menghabiskan malam di pantai ini dengan mendirikan tenda. Isi dengan berbagai kegiatan malam yang mengakrabkan bisa membuat liburan menjadi semakin menyenangkan. Bisa mengadakan pesta BBQ, membuat api unggun, berbaring di pasir sambil melihat bintang – bintang, dan lain – lain.

Banyak sekali spot dan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai tersembunyi ini. Jika Anda mempunyai segudang aktivitas lain dengan cara Anda sendiri, maka bisa saja dilakukan. Olahraga pantai, yoga, bermain layangan, atau berpiknik misalnya. Hal yang paling penting adalah tetap menjaga kebersihan dan jangan merusak alam.

8 Ulasan dari Pengunjung Pantai Pulodoro

  1. Salah satu pantai yang berada di malang selatan. Tidak kalah indah dibandingkan tempat yang lainnya. Jangan kesana waktu musim hujan , karena air pasang membuat kita tidak bisa melewati pantai untuk menuju pantai pulodoro.

    20 Juni 2018, 23:58 WIB

  2. Panorama yang didapatkan dari pantai ini sangat bagus, sesuai dengan harga yang harus kita bayar yakni jalan berbatu sejauh 5km. Namun cukup worth mengunjungi pantai ini, apalagi kita bisa menjelajah kepantai lainnya hanya dengan berjalan kaki dari pantai pulodoro. . Catatan untuk pengunjung yang ingin ke pantai ini, sebaiknya bersiap untuk melewati jalan berbatu yang cukup panjang. Tidak disarankan datang saat musim hujan, karena jalannya menjadi sangat licin dan rawan sekali selip.

    18 Juli 2018, 10:41 WIB

  3. pantai yang masih alami dimalang tiket masuk masih lumayan murah kalo camp 20k termasuk parkir tapi banyak nyamuk jadi siapin lotion kalo kesini

    24 Juli 2018, 21:05 WIB

  4. Tempatnya bagus tapi sayang , sekarang lagi besar”nya ombak sampah dari laut ke bibir pantai jadi kotor pantainya . Buat kesini jalannya seru hehe .

    27 Juli 2018, 04:13 WIB

  5. Pantainya bagus namun jalannya bebatuan mungkin 5km. Harganya sekarang 30k untuk semua fasilitas di sana kalo hujan saya sarankan agar tidak kesana karena jalannya batu semua dikhawatirkan ban bocor. Kalau air lagi pasang tidak memungkinkan untuk ke pantai pulodoro karna harus lewati pantai bantol dulu

    6 Agustus 2018, 19:16 WIB

  6. Cocok buat para penikmat sunset disini juga ada 7 pantai lainya dengan cukup satu kali bayar cuma 10000 satu orang itu sudah termasuk fasilitas semuanya

    20 Agustus 2018, 04:32 WIB

  7. Bagus banget pantainya.tapj harus hati2 ya,karena akses menuju kesana agak sulit.sempat agak putus asa,tapi waktu lihat pemandangannya,terbayar sudah 😍😍😍

    21 Agustus 2018, 16:37 WIB

  8. Bagian terbaik dari pantai ini adalah saat sunrise.. Sisanya ya biasa aja seperti pantai laut selatan lainnya.. . Akses masuk nya lumayan sulit karena jalannya ancur dan agak naik turun, mobil FWD dengan ground clearance rendah tidak dianjurkan.. Untuk pengelolaan nya jg agak kurang, mungkin karena ini pantai hanya dikelola oleh desa bukan pemkot Malang, jadi ya dapat dimaklumi.

    7 Oktober 2018, 00:02 WIB

Berikan Ulasanmu untuk Pantai Pulodoro

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *