Pantai-Sarangan

Pantai Sarangan

Satu lagi destinasi wisata pantai yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta, yang menawarkan suguhan keindahan alam yang berbeda dari yang lainnya yaitu Pantai Sarangan. Pantai yang memiliki garis pantai yang melengkung dan seolah membentuk setengah lingkaran ini terasa sangat indah, walaupun tidak memiliki area pantai yang luas seperti yang lainnya. Sebagian besar wisatawan mengira bahwa Pantai Sarangan adalah Pantai Krakal, karena lokasi yang sangat berdekatan dan seolah masih menjadi satu kawasan.

Pantai Sarangan terletak di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul dan dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 2 hingga 2,5 jam jika ditempuh dari kota Yogyakarta dengan jarak 70km.. Keindahan pantainya bukan hanya dari hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut yang berwarna biru tosca, namun jika ombak tidak terlalu besar dan air laut yang sedikit surut, Anda akan disajikan dengan pemandangan biota-biota laut yang akan tampak di tepi pantai. Misalnya saja ubur-ubur, namun Anda harus tetap berhati-hati karena bisa berdampak gatal pada kulit jika bersentuhan secara langsung.

Harga Tiket Masuk

Untuk dapat mengakses ke kawasan Pantai Sarangan Anda cukup dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000,- yang dapat dimanfaatkan sebagai akses juga ke pantai lainnya seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Krakal dan Pantai Baron yang terletak dalam satu kawasan. Selain tiket retribusi, Anda juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000,- dan Rp 5.000,- untuk roda empat.

Rute

Keindahan-Pantai-Sarangan

Perjalanan menuju ke kawasan Pantai Sarangan sudah sudah baik, Anda tidak perlu khawatir karena jalanannya sudah halus dengan jalanan beraspal. Walaupun nama pantai ini kurang terdengar familiar di telinga para wisatawan, Anda tidak perlu takut karena Anda tidak perlu menyusuri jalanan setapak seperti pantai yang masih baru lainnya.

Sampai saat ini ada beberapa alternatif rute perjalanan untuk menempuh ke Pantai Sarangan, dan semuanya ditempuh dari Jalan Wonosari yang dirasa memakan waktu yang lebih singkat disbanding melewati Jalan Imogiri. Berikut rute yang harus ditempuh :

1. Melalui Jalan Wonosari

Piyungan-Bukit Bintang-Patuk-Sambipitu-Gading-Wonosari-Jalan Baron-Mulo ambil ke arah kiri-Bintaos-Tepus-ambil ke arah kanan ke Pantai Indrayanti-Pantai Sundak-Pantai Krakal-Pantai Sarangan.

2. Melalui Jalan Wonosari pilihan kedua

Jalan Wonosari-Sampaan-Piyungan-Bukit Bintang-Patuk-Sambipitu-Hutan Bunder-Gading-Wonosari-Jalan Baron-Mulo-Kemadang-Pantai BaronPantai Kukup-Pantai Sepanjang-Pantai Krakal-Pantai Sarangan

Objek Wisata

1. Bukit Giri Sarangan

Pasir-Pantai-Sarangan

Bukan hanya spot pantai dan keindahan alam di sekitar pantai, Anda dapat mengeksplore keindahan dari bukit ini yang terletak tepat di atas pantai. Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto dari ketinggian bukit ataupun selfie dengan background bukit. Bukit ini dibangun oleh pemerintah daerah dan biasanya digunakan untuk para wisatawan menghabiskan waktu seharian sambil menunggu matahari tenggelam.

2. Spot tepat untuk berburu sunset

Pantai ini sangat tepat jika digunakan untuk Anda yang gemar hunting sunset dan foto siluet, karena dengan naik ke bukit pandang Anda dapat dengan sepuasnya mendapatkan momen matahari tenggelam dari ketinggian.

3. Spot untuk camping

Selain menjadi tempat yang memiliki air pantai yang jernih sehingga bisa melihat ikan-ikan yang banyak berenang, pantai ini juga bisa dijadikan area camping bersama teman-teman. Namun yang perlu diingat bahwa Anda sebaiknya tetap menjaga kebersihan pantai dan tidak merusak alam sekitar. Pantai ini bisa dibilang tidak terlalu ramai pengunjung, namun juga tidak terlalu sepi.

4. Fasilitas cukup mempuni

Bagi Anda yang ingin bermalam di area Pantai Sarangan namun tidak ingin camping, di area ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan. Jadi bagi Anda yang membawa segenap keluarga dan ingin bermalam di kawasan pantai ini dapat melakukan reservasi di penginapan sekitar. Selain penginapan, fasilitas lainnya yang dapat dimanfaatkan jika berkunjung di pantai ini adalah banyaknya toko yang tersedia, parkiran yang luas, dan toilet yang cukup memadai.

5. Berburu sunset

Wisata-Pantai-Sarangan

Beberapa wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sarangan ini biasanya mereka yang berasal dari Pantai Krakal terlebih dahulu. Disamping lokasinya yang sangat berdekatan bahkan dikira satu lokasi, namun Pantai Sarangan memiliki kelebihan tersendiri, tentunya bagi Anda yang sangat menyukai sunset karena keunggulan satu-satunya di pantai ini adalah ‘Bukit Sarangan’.

Dengan dibangunnya fasilitas tersebut oleh pemerintah, seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke kawasan ini untuk mendapatkan kesempatan naik ke bukit dan berburu sunset. Walaupun begitu, keindahan pantai disana juga tidak kalah elok disbanding pantai lainnya.

Jadi bagi Anda yang hendak berlibur dan ingin menentukan destinasi wisata pantai di Kota Gudeg tersebut, jadikan Pantai Sarangan sebagai salah satu destinasi wisata Anda yang akan memberikan kesan tak terlupakan. Selamat menikmati sunset dan mengabadikan momen di Pantai Sarangan!

Ulasan Pengunjung

Belum ada ulasan untuk tempat ini